A.

Pengertian Gizi Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Gizi yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh, terlebih pada balita yang masih dalam masa pertumbuhan. Di masa tumbuh kembang balita yang berlangsung secara cepat dibutuhkan makanan dengan kualitas dan kuantitas.

B. Fungsi Gizi 1. Sebagai sumber energi. Zat makanan yang dapat digunakan untuk energi adalah karbohidrat, lemak dan protein. Energi yang terkandung dalam zat gizi dapat diukur menggunakan alat Bomb Calorimeter disebut energi pembakaran. Karbohidrat dapat dihidrolisis menjadi glukosa yang merupakan energi utama bagi tubuh. Protein dan lemak juga dapat memproduksi glukosa melalui proses glukoneogenesis. 2. Sebagai pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan, pembentukan senyawa esensial, regulasi keseimbangan air, mempertahankan netralitas tubuh, pembentukan antibodi dan transport zat gizi. Bila kekurangan karbohidarat dan lemak dapat juga sebagai sumber energi. Lemak berperan sebagai sumber energi, memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sebagai pembawa vitamin A,D,E,K dan dalam bahan makanan lemak akan meningkatkan rasa enak dan juga menstimulir mengalirnya cairan pencernaan. 3. Sebagai pengatur proses di dalam tubuh. Proses metabolism di dalam tubuh perlu pengaturan agar terjadi keseimbangan. Zat gizi yang mengatur proses metabolisme di dalam tubuh adalah mineral, vitamin, air, dan protein. Namun yang memiliki fungsi utama sebagai zat pengatur adalah mineral dan vitamin. C. Zat Gizi a. Karbohidrat Merupakan sumber energy dan cadangan energy, yang melalui proses metabolism. Karbohidrat banyak terdapat pada tumbuhan dan binatang yang berperan structural dan metabolic. Sumber karbohidrat: • Serelia (biji-bijian)

Dikenal sebagai sereal atau biji-bijian merupakan sekelompok tanaman yang ditanam untuk dipanen biji/bulirnya sebagai sumber karbohidrat.

Jagung Padi Fungsi dan Manfaat Karbohidrat 1) Sebagai sumber 2) energy atau kalori 3) Mencegah timbulnya proses ketosis 4) Memberikan rasa kenyang 5) Mengatur metabolism lemak 6) Menguatkan rasa manis pada makanan 7) Pembentuk dan pelindung sel • Umbi-umbian Merupakan satu organ dari yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai zat penyimpan zat tertentu (umumnya karbohidrat). batang. Orang yang dimodifikasi dapat berupa daun. atau akar. .

sebaliknya bila dalam keadaan padat disebut lemak. Lemak Merupakan komponen bahan makanan yang penting. Bila pada suhu kamar dalam keadaan cair. Istilah minyak atau lemak sebenarnya tergantung apakah pada suhu kamar bahan tersebut dalam keadaan cair ata padat. • Hewani Daging Sapi Daging Ikan • Nabati .Ubi Jalar Singkong b. maka disebut minyak.

Oleh karena itulah protein disebut sebagai zat pembangun. Protein sangat penting untuk perkembangan setiap sel dalam tubuh dan juga menjaga kekebalan Telur • Nabati Jambu monyet . • Hewani Manfaat protein bagi tubuh sangatbesar. Protein Merupakan bahan utama pembentuk sel tubuh. Kandungan protein dalam tubuh manusia mencapai 1/6 dari berat tubuh manusia. Sebanyak ¾ zat padat dalam tubuh adalah protein. hewan dan manusia.Kacang tanah Kacang hijau c.

Tak hanya itu. Air Manfaat air : 1. Dengan minum air putih. maka tubuh akan mampu menjaga kestabilan sirkulasi darah sehingga dapat membantu mencegah stroke. Melancarkan pencernaan Pernahkah Anda makan sesuatu dan merasa tenggorokan jadi tak nyaman. . proses pembakaran kalori pun berjalan lebih maksimal sehingga tubuh akan terasa lebih fit setiap hari. Membantu Mencegah stroke Dengan minum air putih. Dari sana. Dengan begitu. 5. tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan. hingga sembelit. Dengan cara ini. 2. Air putih yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu memperlancar pencernaan. penyakit akan ikut terbuang dengan kotoran di keringat dan air seni sehingga tubuh akan kembali fit. minum air putih yang banyak akan membantu mempercepat proses ini. Bahkan. seperti penyembuhan asam urat. kita akan terhindar dari masalah pencernaan seperti maag.d. Karena itu. jika tubuh kekurangan cairan. Dengan begitu. Dalam sistem pencernaan kita pun hampir sama prosesnya. kita akan lebih mampu mengontrol banyaknya asupan makanan yang kita makan. kulit akan jauh lebih mulus dan tampak cantik. ini akan mengakibatkan keriput. akan melancarkan pencernaan dalam melakukan tugasnya. tubuh akan menyerap kadar air yang ada pada kulit. maka secara otomatis. Biasanya. ada beberapa terapi kesehatan. Selain itu. 4. cairan yang masuk dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Merawat kecantikan Seperti yang sudah dikemukakan. solusi paling mudah adalah dengan minum air. Membantu menjaga berat badan Salah satu cara agar tidak terlalu banyak makan adalah dengan minum air putih hangat sebelum makan besar. Dengan sistem ini. Menyembuhkan berbagai penyakit ringan dan berat Salah satu upaya mengeluarkan penyakit dan kotoran dari dalam tubuh adalah melalui keringat dan air seni. susah buang air. Karena itu. 3. Jika dibiarkan. Karena itu. dengan memperbanyak air putih. mensyaratkan minum air putih dalam porsi besar. oksigen yang masuk dalam tubuh lebih tertata dengan baik karena dibantu oleh cairan yang masuk. maka kita akan lebih mudah menjaga berat badan.

peradangan. dan penyakit jantung. • Tembaga : Bermanfaat untuk fungsi otak. . • • Fosfor : Menjaga kesehatan tulang. kelelahan. kram. serangan jantung. perawatan kulit. metabolisme tubuh dan fungsi seksual. menjaga fungsi otak. infeksi tenggorokan. • • Yodium : Bermanfaat untuk perawatan rambut. menjaga kesehatan seksual. asma. membantu mengatasi anemia. perawatan gigi. Besi : Membantu pembentukan hemoglobin. • Magnesium : Bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi. berperan dalam penurunan berat badan. gangguan otot.Air mineral e. Mineral Adalah zat organic yang diperlukan tubuh walau dalam jumlah yang tidak banyak. mencegah kanker usus besar. Kalsium : Menjaga kesehatan tulang. dan nyeri otot. kekurangan hemoglobin. mencegah kanker. menjaga metabolisme tubuh. fungsi otak. • Mangan : Menjaga metabolisme tubuh. menjaga kesehatan tulang. dan menjaga fungsi otak. dan baik untuk masa kehamilan. Kalium : Mengatur tekanan darah. gangguan ginjal. dan tekanan darah tinggi. mencegah penyakit jantung. radang sendi. mencegah osteoporosis. kehamilan. • • Boron : Bermanfaat untuk kesehatan tulang. Zat organic ini terdapat pada makhluk hidup yangdiperlukan dalam proses metabolism manusia. hingga kanker. diabetes. epilepsi. kekebalan. kram. mengobati penyakit alzheimer. menjaga metabolisme tubuh. radang sendi. anti penuaan. menjaga kesehatan gigi. menjaga fungsi otal dan alat reproduksi. dan menjaga ketersediaan air dalam tubuh. penyakit jantung. mencegah artritis.

jerawat. gangguan postrate. eksim. menjaga tubuh dari sengatan sinar matahari. dan mencegah kram otot. . membantu dalam penurunan berat badan. perawatan mata dan rambut. anti penuaan. penyembuhan luka. reproduksi. • Zinc : Untuk perawatan kulit. menjaga fungsi otak.• Natrium : Menjaga keseimbangan air dalam tubuh.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful