P. 1
Masyarakat Pedesaan

Masyarakat Pedesaan

|Views: 40|Likes:
Published by Cristiena Luzca

More info:

Published by: Cristiena Luzca on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2013

pdf

text

original

MASYARAKAT PEDESAAN

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan NKRI.

2

3 Unsur Desa Tata kehidupan Tempat Penduduk Free powerpoint template: www.com 3 .brainybetty.

Ketiga unsur tersebut tidak dapat lepas satu sama lain dan berdiri sendiri. namun merupakan satu kesatuan yang utuh yang disebut dengan “Living Unit”. 4 .

Pemerintah Masyarakat Pedesaan Masyarakat pedeesaaan memiliki pemerintahan sendiri. Pemerintahan Desa terdiri atas Pemerintah Desa (yang meliputi Kepala Desa dan Perangkat Desa) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 5 .

6 .  Sistem kehidupan mereka biasanya berkelompok atas dasar sistem kekeluargaan.Menurut Soekanto (2005). kehidupan masyarakat pedesaan diantaranya :  Warga mempunyai hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam.

 Golongan orang tua umumnya memegang peranan penting  Jalan pikiran masyarakat pedesaan yang sosial  Sistem komunikasi yang berkembang adalah komunikasi verbal  Hubungan antara penguasa dengan rakyat antara masyarakat pedesaan berlangsung secara tidak resmi 7 .

masing 8 . mengingat kemapuan fisik masing. Segala sesuatu dijalankan atas dasar musyawarah  Mengutamakan perhatian terhadap keperluan utama kehidupan  Pembagian kerja berdasarkan pada usia.

9 .pola ideal yang umumnya dianggap sebagai suatu keharusan dan mengandung peraturanperaturan yang lebih khusus.Nilai dan Norma Masyarakat Pedesaan Hubungan sosial antara warga masyarakat pedesaan sangatlah luas dan diatur oleh pola.

norma yang umumnya digunakan masyarakat pedesaan menurut Departemen Kesehatan RI (1996) adalah: • Adat Istiadat Asli • Hukum Agama • Hukum dan Pereturan Pemerintah 10 .Norma.

Karakteristik Masyarakat Pedesaan 1. 4. 6. Sederhana Mudah Curiga Menjunjung tinggi “unggah-ungguh” Kekeluargaan “guyub” Lugas Tertutup dalam hal keuangan 11 . 3. 5. 2.

Demokratis 12. Menghargai (“ngajeni”) orang lain 9. Jika diberi janji akan selalu ingat 10.7. Suka gotong royong 11. Perasaan “minder” terhadap orang kota 8. Religius 12 .

pada saat ini tidak bisa digeneralisasikan bagi seluruh warga masyarakat pedesaan 13 .Karakteristik tersebut.

brainybetty.com 14 .Masalah Kesehatan dalam Masyarakat Pedesaan Free powerpoint template: www.

Pokok permasalahan masalah kesehatan dalam masyarakat pedesaan menurut Erfandi (2010) : • Meraja lelanya penyakit-penyakit menular • Keadaan under-nourishment yang menyangkut terutama bayi dan balita maupun ibu-ibu dalam masa reproduktif 15 .

• Keadaan sanitasi lingkungan jelek ditambah akses dari perumbuhan industrialisasi • Pertambahan penduduk secara alamiah yang masih tinggi • Tingkat pendapat perkapita yang rendah 16 .

Free powerpoint template: www.brainybetty.Pemerintah berperan serta dalam upaya mengatasi masalah kesehatan yang terjadi dalam masyarakat pedesaan.com 17 . yaitu dengan mencanangkan program Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD).

Dalam membina kegiatan masyarakat diperlukan kerjasama yang baik 18 . Kegiatan masyarakat sebaiknya dimulai dengan kegiatan yang memenuhi kebutuhan masyarakat setempat 2.Prinsip-Prinsip PKMD 1.

maka pelayanan langsung diberikan oleh sektor-sektor yang bersangkutan 4.3. PKMD merupakan upaya swadaya masyarakat yang pembinaannya oleh Puskesmas 19 . Dalam hal masyarakat tidak dapat memecahkan masalah atau kebutuhannya sendiri.

Tugas-tugas Puskesmas dapat didelegasikan kepada pos-pos kesehatan 20 . Operasionalisasinya oleh pos-pos kesehatan yang didirikan dan dilaksanakan oleh tenaga masyarakat sendiri (kader kesehatan yang dilatih dan dibina oleh puskesmas 6.5.

kelompok atau masyarakat luas 8. baik secara individu. Dalam pembinaan PKMD menggunakan pendekatan lintas sektor dan lintas program 21 .7. Pembinaan peran serta masyrakat dalam kesehatan.

9. Pelayanan langsung dapat diberi oleh petugas kesehatan apabila masyarakat tidak mampu melaksanakannya 10. Type penyelenggaraan disesuaikan dengan budaya dan kemampuan masyarakat 22 .

com 23 .TERIMA KASIH Free powerpoint template: www.brainybetty.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->