P. 1
Kebudayaan Babilonia

Kebudayaan Babilonia

|Views: 399|Likes:
Published by Ennha

More info:

Published by: Ennha on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/04/2015

pdf

text

original

 Kebudayaan Babilonia Sejarah babilonia

Babilonia adalah wilayah budaya kuno di Mesopotamia pusat-selatan (Irak sekarang) terletak diantara Sungai Efrat dan Tigris, dengan Babel sebagai ibukotanya. Babilonia muncul ketika Hammurabi (fl. ca 1696 -. 1654 SM, kronologi singkat) menciptakan sebuah kerajaan dari wilayah mantan Kekaisaran Akkadia. Babilonia mengadopsi bahasa Akkadia ditulis Semit untuk keperluan resmi, dan mempertahankan bahasa Sumeria untuk penggunaan agama, yang pada saat itu tidak lagi menjadi bahasa lisan. Tradisi Akkadia dan Sumeria memainkan peran utama dalam kemudian budaya Babilonia, dan daerah akan tetap merupakan pusat budaya penting, bahkan di bawah kekuasaan luar, sepanjang Zaman Perunggu dan awal Zaman Besi. Penyebutan awal kota Babel dapat ditemukan dalam sebuah tablet dari masa pemerintahanSargon dari Akkad, datang kembali ke abad 23 SM.Setelah runtuhnya dinasti Sumeria terakhir "Ur-III" di tangan Elam (2002 SM tradisional, 1940SM pendek), orang Amori mendapatkan kendali atas sebagian besar dari Mesopotamia, di mana mereka membentuk beberapa kerajaan kecil. Selama berabad-abad pertama dari apa yang disebut "periode Amori". Akkadia secara bertahap menggantikan Sumeria sebagai bahasa Mesopotamia di sekitar pergantian milenium 3 dan 2, tetapi Sumeria terus digunakan sebagai bahasa suci, upacara, sastra dan bahasa ilmiah diMesopotamia sampai abad pertama.Pada saat kota Babel di bawah penguasa keenam, Hammurabi (fl. ca 1728 -. 1686 SM (singkat)). Dia adalah seorang penguasa yang sangat efisien, mendirikan birokrasi, perpajakan dan pemerintah terpusat, dan memberikan stabilitas wilayah. Babel meyakini bahwa raja sebagai agen atau utusan Dewa Marduk dan kotaBabel sebagai "kota suci" di mana setiap penguasa yang sah dari Mesopotamia harus dinobatkan di kota tersebut yang dianggap sebagai kota suci. Dimasa kekuasaannya. bala tentara Babilonia menaklukkan kota sekaligus negara dari Isin, Eshnunna, Uruk, dan kerajaan dari Mari. Tanggal Babel yang dibuat oleh rajaMursilis Het dianggap penting untuk berbagai perhitungan kronologi karena matahari

yaitu sejenis tugu batu yang permukaannya diberi relief tentang suatu peristiwa. Pada bagian pintu gerbang terdapat patung penjaga Ambang. Contohnya istana Sargon II di Khorzabad2. dengan cirri .dan gerhana bulan dikatakan telah terjadi pada bulan Sivan tahun itu menurut catatan kuno dan tanggal yang berkuasa pada saat itu  Seni Bangunan Mesopotamia 1. yaitu patung berkepala Raja dan berbadan banteng dan bersayap. yaitu sejenis menara bertingkat berbentuk kerucut yang berfungsi sebagai banguan suci 3. raut muka mengesankan kekerasan 3. 2. contohnyaStele Hamurabi Seni Patung. Stele. ciri – cirinya : 1. Patung Sumeria: tubuh kaku otot dilebih – lebihkan dan kepalanya bulat 2. Relief Asiria: bertemakan tentang kekerasan . Istana. ciri – cirinya : 1. 2. dekoratif. Patung Asiria: matanya diperbesar. Relief Babilonia : bertemakan tentang keagamaan2.ciri : menggunakan konstruksi lengkung tong tanpa menggunakan tiang. Patung Babilonia: bersikap tenang seolah – olah sedang menjalankan tugas keagamaan  Seni relief. Ziggurat. 3.

Gambar menunjukan ia sedang menerima undang-undang dari dewa matahari. temanya pemandangan dan kehidupan para raja. Relief Pembebasan terdapat di istana Dur Sharrukin ( Khorsabad). SENI PATUNG Stella Hammurabi adalah tugu batu yang memuat undang-undang/hukum tertulis Hammurabi.  SENI RELIEF Mesopotamian Relief Istana Mesopotamia masa lampau mempunyai sejumlah relief yang diukir dari batu pualam putih. menunjukkan Sargon II ( 721-705 BC) . Hammurabi merupakan raja Babilonia yang mempersatukan suku bangsa yang berbeda di Mesopotamia sekitar tahun1792 sampai 1750 BC.

suatu sistem menulis kepada tanah liat atau tablet batu yang mungkin yang dimulai Sumeria lebih dari 4. timur yang ditempatkan. Kota besar adalah [modal/ibukota] suatu kerajaan [yang] mencakup suatu bagian dari besar Asia barat daya dan adalah kota besar yang paling besar di (dalam) dunia yang dikenal [itu] .CuneiformOrang-Orang Mesopotamia yang masa lampau merekam dokumen penting di (dalam) tulisan berbentuk paku.000 tahun yang lalu. Koleksi tablet tulisan berbentuk paku di (dalam) Mesopotamia difungsikan seperti perpustakaan dikenal yang paling awal  SENI BANGUNAN Ruins of Babylon Kota besar Babilonia yang masa lampau. terletak Euphrates Sungai dekat Baghd?d sekarang ini. yang dikembangkan langkah-langkah dan mencapai puncak perluasan nya sepanjang dinasti Neo-Babylonian di bawah Nebuchadnezzar II.

Namun ada berbagai macam legenda rakyat dari peradaban kuno yang menceritakan menara Babel ini. Sampai saat ini Menara Babel merupakan misteri yang belum berhasil diungkap oleh para ahli sejarah. yang dibangun untuk dewa bulan Nanna. .Ziggurat Lapangan kota besar Ur Mesopotamian yang masa lampau berdiri ziggurat ini ( mudbrick menara kuil religius) . dan Menara Babel bukan merupakan zigurat. ziggurat biji dari 2100s BC dan berdiri 21 m ( 70 ft) tingginya . Tapi Babel bukan Babylonia. Menara Babel Banyak ahli yang membuat kesimpulan bahwa menara Babel merupakan salah satu zigurat yang didirikan oleh bangsa Babylonia kuno. berbentuk piramida berundak yang tersusun atas kisah atau tingkat yang mundur .

Taman Gantung Taman gantung ini begitu terkenal bahkan sampai sekarang. Menurut cerita bahwa taman ini di bangun untuk menghibur istri Nebukadnezar yang bernama Amyitis yang rindu pada kampung halamannya . entah itu mitos ataulah sebuah kenyataan. walaupun keberadaannya masih dipertanyakan.

MAKALAH SENI RUPA BABILONIA Mata Pelajaran : Seni Budaya KELAS : XI IPA 1 KELOMPOK 2 Akhmad Khanafi / 01 Anugrah Pekerti / 08 Kirana Tri W / 15 Tri Holy Dina F / 29 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->