P. 1
Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional

Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional

|Views: 17|Likes:
Published by Eki Megarani
ISPK
ISPK

More info:

Published by: Eki Megarani on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2013

pdf

text

original

SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL

PENGERTIAN HUKUM
 SM Amin  Hukum adalah kumpulan peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi untuk menjaga ketertiban dala pergaulan manusia sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara  E. Utrecht  Hukum Adalah Himpunan peraturan ( perintah dan larangan ) yang mengurus tata tertib suatu masyarakat dan karena itu harus di taati oleh masyarakat tersebut

 Perkara Pidana adalah Perkara yang menyangkut tindak kejahatan atau kriminal seperti pencurian, perampokan, pemerkosaan, pembunuhan, dan korupsi  Perkara Perdata adalah Perkara yang menyangkut hak, harta benda, dan hubungan antar orang atas dasar logika dan kebendaan

perceraian  Dalam praktek hukum suatu peristiwa hukum dapat mencakup tindak pidana dan perdata sekaligus  Seperti Dalam sengketa tanah antara 2 kelompok terjadi penyerangan yang berakibat meninggalnya salah seorang . Seperti Kasus jual beli tanah dan kasus warisan .

 Diantara keduanya.  Dalam peristiwa ini terjadi 2 kasus yaitu kasus sengketa tanah ( Perdata ) kasus pembunuhan ( Pidana ) .

Sikap yang sesuai dengan Hukum  Perilaku yang di perbuat tidak menyinggung perasaan orang lain  Perilaku yang di perbuat mencerminkan sikap patuh terhadap hukum  Perilaku yang di buat tidak merugikan diri sendiri dan orang lain .

Perangkat Kelengkapan Lembaga Peradilan  Polisi bertugas sebagai penyelidik dan penyidik dalam proses peradilan  Jaksa sebagai wakil pemerintah yang bertugas menuntut dalam perkara di pengadilan  Hakim bertugas untuk memutuskan perkara di pengadilan atau menjatuhkan vonis terhadap terdakwa .

 Lembaga Pemasyarakatan bertugas untuk membina orang.orang yang telah di jatuhi vonis hukuman oleh hakim agar kelak setelah masa hukumannya selesai dapat di terima kembali oleh masyarakat .

Mengawasi semua Pengadilan – Pengadilan yang ada di seluruh Indonesia . Kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan yang merdeka untuk menyeleggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan  MA bertugas a.Mengadili Suatu perkara pada tingkat kasasi b.

Memberikan pertimbangan hukum kepada presiden dalam permohonan grasi dan rehabilitasi. .c.

Pengadilan Umum  Suatu Pengadilan yang memeriksa dan memutuskan suatu perkara tingkat pertama dari segala perkara sipil untuk semua golongan penduduk ( WNI maupun WNA ) .

 Saudara A tertangkap ketika sedang beraksi melakukan pencurian kendaraan di lingkungan kampus STF B .

Pengadilan Agama  Pengadilan yang memeriksa dan memutuskan perkara yang timbul antar sesama penganut agama dan berkaitan dengan masalah keagamaan .

 Saudara Budi menggugat Andi . karena Andi di tuduh menguasai harta warisan ayah mereka yang sebenarnya tidak menjadi bagiannya .

Pengadilan Militer  Pengadilan yang mengadili tindak pidana yang dilakukan oleh seorang prajurit .

 Prajurit B menjadi tersangka dalam kasus pembunuhan terhadap rekannya sesama prajurit .

Pengadilan Tata Usaha Negara  Pengadilan pelaksana kekuasaan kehakiman bagi rakyat yang mencari keadilan dalam sengketa tata usaha Negara .

 Masyarakat desa Cipadung menggugat surat keputusan Bupati yang menetapkan ganti rugi di bawah standar atas tanah mereka yang di gusur untuk pelebaran jalan .

Pengadilan Tinggi  Memeriksa ulang semua perkara perdata maupun pidana  Memimpin Pengadilan – pengadilan Negeri dalam daerah hukumnya  Mengawasi perbuatan hakim pengadilan Negeri dengan daerah hukumnya secara teliti .

Memutuskan perselisihan tentang hasil pemilu c.Memutuskan sengketa yang terjadi antara lembaga negara .Memutuskan pendapat DPR tentang dugaan presiden dan wakil presiden telah melakukan pelanggaran hukum / tidak lagi memenuhi syarat sebagai presiden dan wakilnya d.Mahkamah Konstitusi  MK bertugas a. Memutuskan pembubaran partai politik b.

Mengusulkan pengangkatan hakim Agung # Melakukan seleksi terhadap calon hakim Agung # Menetapkan calon hakim Agung # Mengajukan calon hakim Agung Ke DPR .Komisi Yudisial  KY bertugas a.

Menjaga dan menegakkan kehormatan. keluhuran martabat serta perilaku hakim # Menerima laporan pengaduan masyarakat tentang perilaku hakim # Melakukan pemeriksaan terhadap dugaan pelanggaran perilaku hakim .b.

 Membuat laporan hasil pemeriksaan berupa rekomendasi yang di sampaikan kepada MA dan tindakannya di sampaikan kepada Presiden dan DPR .

Pengertian Korupsi  Korupsi adalah perilaku pejabat publik baik politikus maupun pegawai Negeri yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang di percayakan kepada mereka .

Penyebab Korupsi  Watak manusia yang selalu merasa tidak puas. hingga akhirnya melakukan korupsi dan menumpuk kekayaan  Gaji atau pendapatan yang mungkin terlalu kecil  Lingkungan yang penuh koruptor .

 Lemahnya badan hukum negara dan lemahnya pimpinan negara dan seluruh pemerintahan dalam penanganan kasus korupsi .

membuat warga negara tidak percaya lagi pada sistem pemerintahan . seluruh pemerintahan Indonesia juga mendapat pandangan sinis dari masyarakat.Akibat / Dampak Korupsi  Citra badan hukum negara seperti kepolisian akan menjadi jelek di mata masyarakat  Tidak hanya badan hukum.

menurut masyarakat mengikuti pemilu sama saja memilih koruptor berikutnya . Hal ini di sebabkan masyarakat sudah malas untuk memilih pimpinan. Pemilu tidak akan berjalan lancar sebagai mestinya.

Pengertian Kolusi  Sikap dan perbuatan tidak jujur dengan membuat kesepakatan secara tersembunyi dalam melakukan perjanjian yang di warnai dengan pemberian uang atau fasilitas sebagai pelicin agar segala urusan menjadi lancar .

Pengertian Nepotisme  Sikap dan perbuatan yang lebih memilih saudara atau teman akrab untuk menjabat sesuatu berdasarkan persaudaraan bukan berdasarkan kemampuan .

Putusan Hakim  Putusan Declaratoir artinya Putusan yang bersifat menerangkan. menegaskan suatu keadaan hukum semata mata  Contohnya : Ibu Kandung Andi adalah Ibu Tuti  Putusan Constitutif artinya Putusan yang meniadakan atau menimbulkan suatu keadaan hukum yang baru .

 Contohnya : Putusan tentang perceraian  Putusan Condemnator artinya Putusan yang menetapkan bagaimana hubungan suatu keadaan hukum di sertai dengan penetapan hukuman pada salah satu pihak  Contohnya tergugat di hukum dengan menyerahkan rumahnya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->