BAHASA INDONESIA RINGKASAN MaterI semester II

DISUSUN OLEH

:SUCI INDRIANI :SRI MULYANI Kelas : VIII C

SMPN 1 KADUNGORA

PELAJARAN 1  Menemukan Pokok-pokok Berita dari Radio dan Televisi
Berita dari televisi memiliki keunggulan daripada berita radio,yaitu selain Anda dapat mendengar informasi mengenai suatu peristiwa,Anda juga dapat menyaksikan peristiwa tersebut,meskipun tidak seluruh peritiwa bisa Anda lihat. Informasi yang disampaikan dalam suatu berita bermacam-macam. Ada informasi dibidang politik,ekonomi,budaya,olahraga,kesehatan,kriminal,hukum,pertanian,lingku-ngan hidup,dan lain-lain. Informasi yang disajikan dalam suatu berita akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda sehingga Anda tidak akan mengalami ketertinggalan dalam mengakses informasi.

1. Mengenal jenis-jenis berita
Berita pada dasarnya memberikan suatu informasi tertentu. Berdasarkan isinya, berita dapat dibagi menjadi tiga yaitu berita ringan (softnews), berita utama (headlines), dan berita berat (hardnews).

2. Menemukan pokok-pokok berita
Adapun pokok-pokok berita itu sering diistilahkan dengan rumus 5W+1H yang dijabarkan sebagai berikut. a. What : apa pokok persoalan yang diberikan b. Who : siapa yang diberitakan dan sakit pemberitaan c. When : kapan peristiwa itu terjadi d. Where : dimana periatiwa terjadi e. Why : mengapa hal itu terjadi f. How : bagaimana proses kejadian tersebut

Saya tidak setuju dengan pendapat saudara sebab.. tentu sajah ada aturan-aturan yang hendaknya dipatuhi agar diskusi dapat berjalan lancar. 3. . 2. Menyampaikan Tanggapan dalam Diskusi Dalam suatu diskusi setiap perserta dapat menyampaikan pendapatnya. Pada saat memberikan pendapat.. Untuk menyampaikan pendapat...... Saya sependapat dengan pendapat saudara dengan atlasan.hendaknya disertai alasan dan bukti yang mendukung Contoh kalimat yang biasanya digunakan untuk menyetujui. Saya kurang setuju dengan Anda mengenai. Macam-macam pendapat ituantara lain pendapat yangmenyatakan persetujuan.sanggahan atau bantahan. menyanggah atau menolak adalah sebagai berikut : 1.serta penolakan.

sering antara media dangan media lain memuat berita yang bertopik sama. tetapi cara menyajikannya berbeda. Setelah membaca berita yang bertopik sama. Hal ini sangat dipengaruhi oleh visi dan misi masing-masing media dan cara pandang wartawan yang berbeda.hendaknya Anda dapat menemukan masalah utama dari masing-masing berota tersebut. Cara pandang wartawan yang satu mungkin berbeda dengan cara pandang wartawan yang lain dalam menuliskan berita. Membaca ekstentif tidak terikat oleh disiplin ilmu tertentu dan jenis bacaan tertentu. Objek kajian membaca ekstentif sangat luas. Oleh sebab itu. . Membaca Ekstentif Berita yang Bertopik Sama Membaca ekstentif adalah membaca sekilas berbagai ragam wacana. Suatu media tentu akan menyajikan berita yang aktual.artinya peristiwa yang sedang menjadi perbincangan khalayak atau banyak orang. antara lain koran dan majalah.

Kambangkanlah menjadi paragraf yang saling berkaitan . Sumber bacaan yang Anda baca sangat banyak dan beragam jenisnya.antara lain menambah wawasan dan pengetahuan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.harganya pun relatif terjangkau Setelah membaca buku pengetahuan populer. Menulis Rangkuman Isi Buku Ilmu Pengetahuan Populer Kegiatan membaca hendaknya selalu dibiasakan.beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut : 1. Tandailah istilahatau kata kuncinya dengan bolpoin warna atau Anda catat dibuku lain.dan paragraf penutup. 4. Anda dapat menyusun rangkuman terhadap isi buku tersebut. 2. Buku ilmiah populer ini bisa kita peroleh diberbagai toko buku.yaitu buku yang memuat pengetahuan atau wawasan populer atau bermasyarakat.sebab memberikan beragam manfaat. Buatlah rangkuman berdasarkan istilah yang telah Anda tandai atau catat tadi dengan bahasa Anda sendiri. Pada saat merangkum suatu buku.diharapkan Anda dapat mengetahui inti buku tersebut.paragraf isi. Bacalah semua bagian buku. Buatlah sesuai sitematika penulisan buku. Salah satu sumber bacaan adalah buku pengetahuan populer. Letakan paragraf pembuka. 3.

Peristiwa itu terjadi di suatu tempat. Penggunaan ungkapan dengan bahasa yang khas inipun akan sangat mendukung pemahaman terhadap tema. Hal yang sering dibicarakan itulah yang dapat kita simpulkan sebagai tema cerita. Identifikasi karakter tokoh Tokoh-tokoh dalam novel diceritakan secara rinci. latar. dan gaya bahasa. 1. Isi novel mencakup konflik yang kompleks. Identifikasi tema. Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Novel Novel adalah salah satu bentuk prosa yang memiliki panjang cerita lebih dari 30 halaman. Alur dibentuk darri beberapa peristiwa. .terutama perwatakannya. dan alur novel Tema dapat ditemukan pembaca karya sastra dan hasil memahami keseluruhan cerita. Dialog tokoh menggambarkan persoalan yang dibahas oleh tokoh-tokoh pada waktu dan tempat tertentu dalam novel. maka alur novel adalah alur jamak yang mungkin berupa perpaduan antara alur maju dengan alur mundur. alur. komentar tokoh lain. Untuk dapat menentukan karakter tokoh dapat ditandai dari dialog. Peristiwa dalam novel menunjukan hubungan sebab-akibat. Watak tokoh yang senantiasa baik sepanjang cerita dan mendukung penyampaian gagasan pengarang adalah tokoh protagonis. waktu. ataupun pengisahan pengarang secara langsung. Dari alur yang membangun cerita kita juga dapat memahami tema. Diantaranya dialog tokoh. 2. Karena konflik yang disajikan kompleks. Perwatakan dilukiskan secara rinci bahkan terjadi perubahan nasib tokoh. Perlu waktu yang cukup lama untuk membaca novel sampai akhir cerita. Penengahnya adalah tokoh tritagonis. dan suasana tertentu yang disebut latar (setting). Sebaliknya tokoh yang berwatak yang kurang baik disebut tokoh antagonis. Gaya bahasa adalah penggunakan kalimat narasi maupun deskripsi yang mendukung penyampaian persoalan.

Salah satu sumber informasi berupa berita. where. why. maka hendaknya kita menyampaikan dengan berpedoman pada enam unsur tersebut. baik milik pemerintah negara ataupun swasta yang dapat memberikan informasi berupa berita. Informasi berupa berita dari radio dan televisi dapat menjangkau daerahdaerah di negara kita sehingga dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Dalam hal ini jika ingin menyampaikan kembali isi berita yang kita dengar. . Suatu berita disusun atas unsur 5W+1H (what.dan how). when. ada banyak stasion radio dan televisi. Siaran radio dan televisi memudahkan kita mengetahui informasi dari daerah pelosok yang susah terjangkau oleh sarana transportasi.PELAJARAN 2  Mengemukakan Kembali Berita dari Radio/Televisi Saat ini informasi sangat kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dinegara kita. yaitu radio dan televisi. who.

f. Memahami tugas dan fungsinya. Mengetahui klasifikasi atau kelas pendidikan peserta yang hadir. g. Bersikap familiar. b. Mengetahui sifat acaranya (resmi atau tidak resmi). pendidikan. h. e. Sebaiknya didukung oleh penampilan fisik. Tugas pembawa acara Sebuah acara tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik tanpa dipandu seorang pembawa acara. diperlukan kemampuan bahasa yang baik tanpa terpaku pada teks. Memiliki suara yang jelas dan jernih. mudah bergaul. keberadaan pembawa acara sangat penting. Oleh karena itu. Pada acara tidak resmi. d. Membawakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan Benar Seorang pembawa acara dituntut memiliki kepandaian dan keterampilan berbicara di depan banyak orang. ramah. Mampu mengendalikan massa. 1. dan mempunyai wawasan yang luas. Jika acara bersifat resmi. Acara yang disusun secara sistematis perlu disampaikan kepada hadirin. dan pakaian yang seimbang . Tugas inilah yang dilakukan seorang pembawa acara. Syarat pembawa acara a. dan akrab dengan hadirin. 2. c. pembawa acara umumnya membawakan acara dengan membaca teks. Menguasai kosakata yang cukup.

Melalui proses diskusi yang benar. Kegiatan membaca ini menuntut pembaca membaca dengan kritis. Dengan demikian masalah yang kita temukan sesuai dengan kandungan isi teks dan kenyataan yang ada. Untuk dapat menemukan masalah-masalah tersebut.Menemukan Informasi untuk Bahan Diskusi Melalui Membaca Intensif Membaca intensif merupakan salah satu kegiatan membaca yang bertujuan untuk memahami isi bacaan secara mendalam. . 2. Karakteristik masalah yang dapat dijadikan bahan diskusi sebagai berikut. Membaca kritis dapat dilakukan dengan membaca sekilas isi bacaan. Anda harus dapat menentukan kata kunci dari teks atau kalimat yang kita baca. yaitu masalah yang menimbulkan perdebatan. yaitu hal-hal yang belum terpecahkan atau menjadi masalah. kemudian mengajukan pertanyaan seputar isi bacaan tentang informasi yang terkandung dalam bacaan tersebut. Diskusi merupakan salah satu cara untuk memecahkan masalah. Kata kunci itu kita kaitkan dengan persoalan dalam kehidupan sehari-hari yang Anda jumpai. 1. Tahap berikutnya meringkas isi bacaan dan diakhiri dengan menguji diri sendiri tentang apa-apa yang sudah dibaca. Setelah itu dilanjutkan membaca krmbali secara teliti setelah mengetahui informasi peting yang terdapat dalam wacana. Kontroversial. Problematik.kita akan dapat menghasilkan pemecahan masalah yang akurat dan benar. Informasi penting yang terdapat dalam bacaan dapat diangkat sebagai bahan diskusi.

penulis dapat dipandu dengan pertanyaan apa. 3. Menulis Teks Berita secara Singkat. siapa. mengapa dan bagaimana terkait isi berita. bencana alam. Sebagai bekal untuk menyusun berita. Adapun kelengkapan sebuah berita meliputi unsur-unsur pertanyaan apa. kapan. kebakaran.data korban.pencari berita perlu mencari dan menangkap kegiatan-kegiatan unik yang muncul dimasyarakat. Pencatatan hal-hal penting Selama proses pencarian informasi.penulis dapat mewawancarai pihak kepolisian setempat. 2. Penyusunan berita Penyusunan berita pada hakikatnya harus menggunakan bahasa yang singkat dan jelas agar mudah dipahami maksudnya .kapan. amati langkah penyusunan berikut.atau proses kejadiann. Pencarian sumber berita Agar isi berita akurat. 1.padat. dalam penulisan berita perlu juga Anda perhatikan penggunaan bahasa yang singkat. Padat dan Jelas Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk meliput suatu peristiwa menjadi sebuah berita adalah mencatat semua informasi berkaitan dengan unsur-unsur kelengkapan berita. Penemuan peristiwa atau kejadian Isi berita berkaitan dengan peristiwa-peristiwa aktual. Jika tidak muncul peristiwa seperti perampokan. dimana .dan jelas.siapa. penukisan berita harus dapat menemukan tokoh yang mampu memberikan informasi secara tepat mengenai peristiwa yang akan diberitakan.dimana. 4. dan kejadian mendadak lainnya. Pewawancaraan Wawancara dilakukan penulis berita untuk memperoleh fakta tentang suatu kejadian. Sebagai contoh untuk mendapatkan informasi tentang data korban dan proses kejadian suatu kecelakaan. Hal ini juga bertujuan agar pembaca mudah memahami berita yang Anda sampaikan. Selain memerhatikan unsur-unsur kelengkapan berita.mengapa.dan bagaimana proses terjadinya peristiwa 5.

Salah satu jenis prosa yaitu novel. Perbedaan itu meliputi tema.yaitu puisi. Novel remaja kebanyakan beralur sederhana dan mudah diikuti.selain cerpen dan roman.prosa. Novel remaja termasuk dalam jenis karya sastra berupa prosa.dan drama. bahasa. Mengomentari Hal-hal Menarik dri Kutipan Novel Remaja Karya sastra pada dasarnya terdiri atas tiga bentuk. Umumnya tema dalam novel remaja didominasi masalah roman atau percintaan dan pergaulan secara umum. bahasa yang digunakan pun lebih komunikatif. adapun pesan tersurat. yaitu pesan yang langsung terlihat pada ucapan atau tindakan. Novel remaja memiliki perbedaan dengan novel dewasa atau novel serius. Pesan atau amanat dapat ditemukan langsung atau melalui penafsiran. Anda diharapkan dapat memberikan komentar. Setelah membaca kutipan suatu novel. Oleh karena itu. Kegiata mengomentari isi novel berkaitan erat dengan pesan yang akan disampaikan kepada pembaca. Pesan tersirat berarti pesan yang tersembunyi di balik maksud ucapan atau perbuatan. dan plot atau jalan cerita. .

selanjutnya Anda dapat menyimpulkan isi berita. Adapun untuk memahami berita yang disampaikan melalui media elektronik diperlukan kosentrasi yang cukup.kita dapat membacanya. Memahami pokok-pokok berirta dan menentukan pikiran utamanya 3.kita dapat membaca ulang berita tersebut.PELAJARAN 3  Menemukan Pokok-pokok Berita dari Radio/Televisi Berita dari radio atau televisi disampaikan secara lisan. Menyusun pokok -pokok pikiran kembali menganalisisnya a 4. Anda tidak perlu menyimak berita tersebut secara kata per kata atau bahkan mengha falnya. Gal ini dikarenakan sifat beritanya hanya dibacakan satu kali atau tidak ada pengulangan. 1. Apabila kita belum memahami isi berita. Untuk dapat memahami berita dari media cetak. Menyimak berita secara utuh atau keseluruhan dan lengkap dengan penuh konsentrasi 2. Untuk itu beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan. Untuk memahami berita yang Anda dengar. Menarik kesimpulan isi beritanya . Memahami berita yang diperdengarkan berbeda dengan memahami berita dari media cetak. Adapun pokok isi kelengkapan dari sebuah berita meliputi unsur 5W+1H. Setelah Anda menemukan pokok-pokok isi berita .

ataupun sanggahan dan penolakan terhadap pendapat orang lain harus disertai dengan alasan yang logis atas ketidaksetujuan tersebut dan ada upaya menemukan solusi yang lebih baik.kritik.dan dapat dibuktikan kebenarannya.saran.sebaiknya menggunakan bahasa yang santun dan komunikatif Ketika memberikan pendapat dalam diskusi hendaknya disertai bukti dan alasan yang mendukung sehingga kebenaran pendapat benar-benar objektif. Dalam menyanggah ataupun memberikan solusi.masukan.logis. Menyampaikan tanggapan dalam diskusi Diskusi adalah sarana bertukar pendapat yang di dalamnya akan muncul berbagai tanggapan.setiap pendapat. .

Beberapa cara membaca berita yang baik dapat kita jadikan sebagai pedomonan bila kita ingin menjadi pembaca berita yang baik. Membaca Teks Berita Menjadi pembaca berita yang baik tentu merupakan keingin kita semua terutama bagi kita yang menginginkan menjadi presenter yang bagus. bila mengunakan kata-kata bahasa indonesia jangan mengunakan penekanan kata-kata untuk bahasa asing seperti bahasa Belanda. Inggris. berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita praktekkan. diantarnya adalah sebagai berikut : Intonasi Dalam membaca berita usahakan intonasi harus setabil naik turunnya diaturnya nada suara disesuaikan dengan berita yang dibacanya supaya pendengar tidak bosan Arikulasi / Pengucapan Dalam Artikulasi/pengucapan harus jelas huruf dan kalimatnya. dan lain sebagainya. membaca tidak perlu terlalu cepat. supaya hasilnya maksimal. kita harus bisa mengatur kecepatannya. namun untuk menjadi pembaca berita atau moderator yang baik tentunya tidaklah mudah kita perlu melakukan beberapa latihan. jika berada didalam ruang yang terbuka usahakan untuk membaca berita dengan suara keras. Kecepatan Untuk membaca berita yang baik faktor yang tak kalah pentingnya adalah kecepatan kita dalam membaca berita. karena setiap tempat yang digunakan untuk membaca berita memberikan kesan yang berbeda-beda. . selain itu kita juga harus bisa menyesuaikan dengan pengeras suara yang digunakan (jika mengunakan pengeras suara) Tekanan kata-kata Tekanan suara harus jelas dan mantap. Artikulasi harus berpedoman pada EYD (ejaan yang disempurnakan) Volum Dalam membaca berita volume suara harus jelas dan mantap. sebaliknya jika berada dalam ruangan kecil dan tertutup kita tidak perlu membaca berita dengan suara terlalu keras. Arab. atau terlalu lambat seperti orang mengeja. dalam membaca berita volume suara harus menyesuaikan dengan tempat.

Ciri-ciri 1) Menarik perhatian pembaca 2) Mudah dipahami 3) Bahasanya singkat. Poster lebih menekankan informasi dalam gambar/ilustrasi. Perbedaan Slogan dan Poster Slogan berisi penjelasan mengenai tujuan ideologi suatu organisasi. menarik. misi. Poster Kegiatan Bertujuan memberitahukan adanya suatu kegiatan dan mengajak pembaca berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. ajakan. Macam-macam Poster 3. pengumuman. Poster Penerangan atau Pendidikan Bersifat mempengaruhi pembaca untuk melakukan atau tidak melakukan perilaku tertentu. dan tujuan Poster adalah Plakat yang dipasang di tempat umum. klausa. atau kalimat 3) Menjelaskan visi. Poster Niaga Bersifat menarik pembaca untuk membeli atau menggunakan suatu barang atau jasa. Slogan lebih menekankan kepada kata-kata/kalimat. Poster Hiburan Berisi pemberitahuan adanya sesuatu hal yang bersifat hiburan. protes. mudah diingkat 2) Disajikan dalam bentuk frasa. padat. Bertujuan menyampaikan informasi dan mempengaruhi pandangan serta pendapat orang mengenai informasi tersebut. penawaran produk. Menulis slogan dan poster Poster dan Slogan                      Slogan adalah Kalimat pendek yang menarik dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu. Bertujuan menyampaikan suatu informasi dan mempengaruhi pandangan serta pendapat orang mengenai informasi tersebut. 4. dan komunikatif 4) Biasanya dilengkapi gambar/ilustrasi 5) Bersifat persuasif Macam-macam Poster 1. upaya pendidikan. dan sebagainya. . biasanya berupa ajakan. Ciri-ciri 1) Kata-katanya singkat. 2. Poster dapat berisi imbauan. atau iklan. golongan. atau penyaluran aspirasi tertentu.

2.dan latar. pelaku.yakni peristiwa yang terjadi kini diceritakan lebih dahulu.dan Latar Novel Remaja Novel merupakan karya satra berupa prosa yang dibangun atas unsur intrinsik dan ekstrinsik.yaitu rangkaian peristiwa.umumnya menggunakan alur cerita yang disebut alur maju dan kronologis.dalam pencritaan. 3. Bisa juga terjadi model penceritaan yang sebaliknya. 1. Pelaku. latar.inilah yang disebut alur mundur. Alur .gambaran watak atau tokoh seorang pelaku pada novel dapat dijelaskan dengan beberapa cara. atau kebiasaan yang dilakukan oleh tokoh. yaitu orang yang berperan dalam suatu cerita.merupakan waktu. penceritaan tidak selalu dilakukan secara kronologis. . Unsur intrinsik novel antara lain. dan suasana yang terjadi dalam cerita. Akan tetapi.baru kemudian cerita masalalu.alur.antaralain melalui ceria penulis novel. Menjelaskan Alur.dialog antar tokoh.tempat.tokoh.

2.isi antalogi puisi berupa puisi-puisi yang ditulis penyair dalam beberapa priode. Nada yaitu sikap penyair terhadap pembacanya. Tema. Nada berkaitan dengan tema dan rasa.irama. Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penyair kepada pembacanya. 1.hal ini disebabkan bahasa yang digunakan dalam puisi bersifat padat dan pekat. Unsur –unsur puisi a. Rasa yaitu sikap penyair terhadap pokok persoalan yang terkandung didalam puisi. Mengenali Ciri-ciri Umum Puisi darI Antalogi Puisi Antalogi puisi adalah buku yang berisi kumpulan puisi.berirama berarti terikat oleh jumlah baris.jumlah bait.ciri umum puisi Puisi merupakan rangkaian kata yang berirama dan bermakna.dengan membaca antalogi puisi kita dapat mengidentifikasi ciri-ciri bahasa. .dan persajakan. Puisi merupakan rangkaian kata yang bermakna karena puisi ditulis dengan menggunakkan kata-kata yang indah bergaya bahasa dan mengandung rasa sangat tinggi. baik karya pribadi seorang penyair atau karya dari beberapa penyair. c.pilihan kata keberanekaragaman makna puisi .yaitu pokok persoalan yang akan di ungkapkan oleh penyair tema biasanya tersirat dalam keseluruhan isi puisi. b.rima.jumlah suku kata.. Ciri. d.

informasi yang penting jusrtu tertinggal tidak disampaikan. Informasi yang kita sampaikan harus lengkap tanpa menmbah atau menguranginya. Agar dalam menyimak lebih efisien.PELAJARAN 4  Mengemukakan kembali berita dari Radio/Televisi Kemampuan mengemukakan kembali berita yang didengar merupakan kemampuan penting.hal penting dari penyampaian kembali dari berita atau informasi adalah kelengkapan.malah menyampaikan informasi yang kurang penting. Agar dapat menyimak dengan baik. Urutan yang dapat kita pilih untuk mengemukakan kembali tidak bersifat mutlak. Ini disebabkan waktu yang Anda gunakan lebih cepat daripada waktu yang digunakan oleh pembaca berita. Merupakan syarat utama dalam menyimak berita.pertimbangkan hal-hal berikut.orang yang lain. Anda harus mengetahui tema berita yang di bacakan 3. Menelaah materi. 1. 2.banyak orang ketika selesai mendengarkan berita tidak merasa mendapatkan informasi apapun. Konsentrasi. Catatlah ide-ide serta materi-materi yang menonjol .ketika menyampaikan isi berita.

.

pesta resepsi pernikahan. . semacam : seminar. atau tanpa persiapan dan pertimbangan jelas akan memberikan kesan pembawa acara yang amatiran. dan lain-lain. 1. ragu. penonton atau pendengar tidak cepat merasa bosan. Apalagi jika bertindak selaku pembawa acara resmi. seorang pembawa acara tidak akan berhasil mengantarkan sebuah acara yang baik. Bahasa Tanpa dibekali kepandaian dalam memerankan kepintaran berbahasa. Wawasan Seorang pembawa acara dituntut memiliki wawasan yang kuat dan luas. pembawa acara yang tidak memiliki wawasan yang luas terkesan picik. bahkan terlihat bengong dan terbatas. Tidak benar jika pembawa acara bisa dilakukan setiap orang tanpa pertimbangan tertentu. 4. Membawakan Acara dengan Bahasa yang Baik dan Benar Seorang pembawa acara (MC) hendaknya dipilih dengan mempertimbangkan bebrapa hal. Penampilan 2. Sikap (Performance) Dengan penampilan yang menarik. Sikap pembawa acara hendaknya mampu menjadi penghubung antara kepentingan penonton dan pelaku kegiatan yang ditampilkannya. Anggapan demikian itu sekurang-kurangnya memberikan kesan kurang profesional. 3. Dalam kata lain disebutkan bahwa seorang pembawa acara suatu kegiatan yang tampil acak. bahkan sering menimbulkan kejengkelan pemirsanya.

membaca teliti. Hal-hal yang berupa informasi behubungan dengan nama. merumuskan masalah untuk bahan diskusi kelompok masalah yang sudah kita identifikasi dari teks yang kita baca.an ide-ide. 2.dan kejadian. .tempat. Menemukan bahan diskusi dari membaca pemahaman Hasil membaca pemahaman adalah pembaca dapat membedakan isi teks yang berupa informasi dan persoalan.itulah yang disebut dengan rumusan masalah. Menemukan Informasi untuk Bahan Diskusi Melalui Membaca Intensif Membaca intensif adalah membaca untuk memperoleh pemahaman yang mendalam.waktu. Macam-macam metode membaca intensif antara lain membaca pemahaman.kita ubah menjadi kalimat tanya.kritis. 1.