P. 1
Laporan Pendahuluan Vii Adc Converter

Laporan Pendahuluan Vii Adc Converter

|Views: 251|Likes:
Published by Agung Drajat

More info:

Published by: Agung Drajat on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/30/2015

pdf

text

original

LAPORAN PENDAHULUAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKA LANJUT PERCOBAAN Ke : VII ANALOG TO DIGITAL CONVERTER ( ADC

)

NAMA NIM KELOMPOK TGL. PERCOBAAN WAKTU PRAKTIKUM TGL. PENGUMPULAN DOSEN NILAI

: Agung Darajat : 10811028 :G : 10 – 05 - 2013 : 15.15 – 17.15 : 10 – 05 - 2013 : Iman Imanudin :

JURUSAN TEKNIK KOMPUTER FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA 2013

I.

Tujuan Praktikum 1. Menjelaskan proses perubahan dari besaran analog ke digital. 2. Membuat rangkaian ADC dari IC ADC0809.

II. Bahan Praktikum 1. IC ADC0809 2. Resistor 3. LED 4. Projectboard 5. Catu Daya 6. Multimeter

III. Ringkasan Teori Analog to Digital Converter (ADC ) adalah komponen elektronika yang berfungsi mengubah data masukan tegangan analog kedalam bentuk kode-kode digital. Pada umumnya ADC digunakan sebagai perantara antara sensor yang kebanyakan analog dengan sistim komputer seperti sensor suhu, cahaya, tekanan atau berat, aliran dan sebagainya kemudian diukur dengan menggunakan sistim digital (komputer). Adapun beberapa karakteristik penting dari ADC adalah : 1. Waktu Konversi 2. Resolusi 3. Ketidaklinearan 4. Akurasi

Berdasarkan kepada prinsip kerjanya ADC dibagi kedalam beberapa tipe yaitu Tipe Tracking Cara kerjanya yaitu menggunakan prinsip up down counter (pencacah naik dan turun). Binary counter (pencacah biner) akan mendapat masukan clock secara kontinyu dan hitungan akan bertambah atau berkurang tergantung pada kontrol dari pencacah apakah sedang naik (up counter) atau sedang turun (down counter).

Tipe Flash Dengan rangkaian kerja yang sederhana pada tipe flash dapat menunjukkan konversi secara lengkap pada kecepatan 100 MHz. Pada prinsipnya berfungsi untuk mengatur masukan inverting dari tiap-tiap konverter menuju tegangan yang lebih tinggi dari konverter sebelumnya, jadi untuk tegangan masukan Vin, dengan full scale range, komparator dengan bias dibawah Vin akan mempunyai keluaran rendah. Selain itu terdapat tipe lainnya yaitu tipe successive approximation dan tipe integrating. Akan tetapi Jenis ADC yang biasa digunakan dalam perancangan adaah jenis successive approximation yang memiliki waktu konversi jauh lebih singkat. Contoh ADC 0809 adalah termasuk jenis ADC successive approximation.

Cara Kerja Analog To Digital Converter (ADC0809) : Analog To Digital (ADC) digunakan untuk mengkonversi besaran analog menjadi besaran digital yang dimengerti oleh mikrokontroler. ADC yang digunakan adalah ADC 0809 dari National Semiconductor. ADC tipe ini merupakan komponen akuisisi data dengan 8 bit A/D converter, 8 bit channel multiplexer dan kompatibel dengan control logika mikroprosessor. Dengan adanya fasilitas 8 channel multiplexer memungkinkan untuk mengakses secara langsung 8 buah sinyal atau masukan analog

Kondisi masukan dijelaskan pada table dibawah ini.

IV. Tugas Pendahuluan 1. Jelaskan apa yang anda ketahui tentang ADC dan fungsinya!. Jawab : ADC singkatan Analog To Digital Converter piranti elektronika yang berfungsi mengubah sinyal kontinu (analog) menjadi keluaran diskrit/digital. Fungsi Utama dari ADC adalah mengubah besaran input analog ke bentuk besaran keluaran digital (bit-bit biner)

2.

Jelaskan Apa kegunaan dari tegangan referensi (V.ref) bagi ADC ? Jawab : Pada sebuah ADC dilengkapi dengan tegangan referensi ( Vref ) yang digunakan untuk

pembanding atau penyeleksi untuk menghasilkan bit keluaran high jika tegangan masukan lebih besar tegangan referensi dari atau low jika tegangan masukuan lebih kecil dari tegangan referensi.

3.

Jelaskan Beberapa Teknik konversi (Perubahan analog to digital) dalam ADC !. Jawab :

a. Pada mode free running, ADC akan mengeluarkan data hasil pembacaan input secara otomatis dan berkelanjutan . Pada mode ini pin INTR berlogika rendah setelah ADC melakukan konversi data,selanjutnya logika ini dihubungkan kepada masukan WR untuk memerintahkan ADC memulai konversi kembali.

b. Prinsip yang kedua yaitu mode control, pada mode ini ADC baru akan memulai konversi setelah diberi instruksi dari mikrokontroler. Instruksi ini dilakukan dengan memberikan pulsa rendah kepada masukan WR sesaat + 1ms, kemudian membaca keluaran data ADC setelah keluaran INTR berlogika rendah.

4.

Apa yang dimaksud dengan resolusi pada sebuah ADC? Jelaskan! Jawaban :

Resolusi dari sebuah converter menunjukkan banyaknya nilai diskrit yang dapat dihasilkan pada skala tegangan tertentu. Resolusi biasanya dinyatakan dalam bit .

Resolusi dapat juga dinyatakan secara elektrik dan dinyatakan dalam satuan volt. Resolusi tegangan dari sebuah ADC adalah sebanding dengan skala pengukuran keseluruhan dibagi dengan banyaknya nilai diskrit.

DAFTAR PUSTAKA

Modul praktikum elektronika lanjut bab ADC (Analog To Digital Converter) , Laboratorium Elektronika Lanjut,UNIKOM http://tutorial-elektronika.blogspot.com/2009/02/cara-kerja-analog-to-digitalconverter.html http://novertaeffendist.wordpress.com/2009/01/05/adc-0804/

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->