   Adib Yayuda Anindya Prajna Paramita Lana Pranaya .

 Menurut Paul Edwards :  Dalam Ati Luas: ◦ Etika digunakan dalam 3 hal yg berbeda : 1. Etika berarti seperangkat aturan2 tingkah laku. Etika sering dikaitkan dengan ilmu/filsafat. Berasal dari bahsa yunani kuno “ethos” = watak. perasaan. 3. yang menjadi standar baik dan buruknya adalah akal manusia. 2. Etika berarti penyelidikan mengenai way of life/aliran2 tingkah laku. Etika berarti pola umum. sikap dan cara berfikir  Tatanan perilaku Berdasarkan suatu sistem tata nilai dalam masyarakat tertentu. .

tetangga .        Contoh Moral : 1. dosen . Moral dalam berlalu lintas 4. Moral dalam Olahraga 5.  Berasal dari bahasa latin “mores” kata jamak dari mos = adat kebiasaan. dll . Moral dalam pemilu 3. Moral ketika bertemu orang tua. teman dst. Moral dalam antrian 2. Moral adalah Adat kebiasaan suatu masyarakat tertentu yang menentukan baik dan buruk perbuatannya dalam kehidupan bermasyarakat.

mentaati perintah. tawaduk Akhlak kepada orang tua dan keluarga : Akhlak kepada orang tua adalah berbuat baik kepada keduanya dengan ucapan dan perbuatan. Tawaduk (rendah hati) 2. serta menyantuni mereka jika sudah tua dan tidak mampu lagi berusaha. syukur. Berdzikir kepada Allah . Berdoa. Arti -> cermin dari apa yang ada dalam jiwa seseorang normal dan berakal. Akhlak terhadap keluarga adalah mengembangkann kasih sayang di antara anggota keluarga yang diungkapkan dalam bentuk komunikasi. Tawakkal. Akhlak kepada manusia Akhlak kepada diri sendiri : sabar. Akhlak kepada Allah ◦ Beribadah . menyayangi dan mencintai ibu bapak sebagai bentuk terima kasih dengan cara bertutur kata sopan dan lemah lembut. meringankan beban.    . Sasaran Akhlak : 1.

Misi tersebut tidak terlepas dari tujuan diangkatnya manusia sebagai khalifah di muka bumi. Akhlak kepada lingkungan ◦ Misi agama Islam adalah mengembangkan rahmat bukan hanya kepada manusia tetapi juga kepada alam dan lingkungan hidup. 3. Berakhlak kepada lingkungan hidup adalah menjalin dan mengembangkan hubungan yang harmonis dengan alam sekitarnya .yaitu sebagai wakil Allah yang bertugas mamakmurkan. mengelola dan melestarikan alam.

Tuhanmu tidak akan alpa terhadap apa yang kamu kerjakan. Dan kepada-Nyalah dikembalikan segala perkara.Akhlak kepada Allah ( tawakkal) ْ ‫ع‬ ْ ‫و‬ ُ ‫ر‬ َ ِ‫وإ‬ َ ‫ّلِل‬ ْ َ‫اْل‬ ُ ُّ‫كل‬ ُ‫م‬ ُ‫ج‬ ‫ه‬ ‫غيْبُ ال ه‬ ِ ‫ل ْي‬ ِ ‫اوا‬ َ ْ‫ه يُر‬ َ ‫ض‬ َ ‫ت‬ َ ‫م‬ َ‫س‬ ِ ‫وِه‬ َ ِ ْ‫اْلَر‬ ْ َ ‫ه‬ َ ْ ‫فاعْ ب‬ َ‫ب‬ ْ ‫ون‬ ‫ك‬ ‫ب‬ ‫ر‬ ‫ا‬ ‫م‬ ‫و‬ ۚ ‫ه‬ ‫ي‬ ‫ل‬ ‫ع‬ ‫ل‬ ‫ك‬ ‫و‬ ُّ ِ ‫غا‬ ِ َ ُ‫مل‬ َ ْ‫عمها َتع‬ َ ‫ل‬ َ َ َ َ َ َ ‫و َت‬ َ ُ‫ُده‬ ٍ‫ف‬ ِ Qs. Oleh karena itu pujalah Dia dan bertawakallah kepada-Nya.” . Hud ayat 123 “Kepunyaan-Nyalah segala rahasia langit dan bumi.

Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri” .Akhlak kepada Diri sendiri (tawaduk) Qs. Al-Luqman ayat 18 ْ ‫ش فِي‬ ُ ُّ‫يحِب‬ ُ ‫َل‬ َ ‫َّللا‬ َ‫و‬ َ‫و‬ ‫ك لِل ه‬ َ ْ‫صعِّر‬ ‫خه‬ ً ‫ر‬ ُ ‫َل‬ ‫ل‬ ‫ك ه‬ َ‫م‬ َ ‫ض‬ َ ‫اس‬ َ ‫د‬ َ ‫ت‬ َ ِ ْ‫اْلَر‬ َ ‫حا ۖ إِنه ه‬ ِ ْ‫َل َتم‬ ِ ‫ن‬ ْ‫م‬ ُ ‫ف‬ َ ‫ال‬ ‫ور‬ ٍ ‫ُخ َت‬ ٍ ‫خ‬ “Dan janganlah memalingkan muka dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh.

melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.” ً‫م‬ ‫اك إِ ه‬ َ ‫عا‬ ‫ين‬ ِ‫ل‬ َ ‫م‬ َ ‫ة لِ ْل‬ َ ْ‫رح‬ َ ‫َل‬ َ ‫س ْل َن‬ َ ْ‫ما أَر‬ َ‫و‬ َ . Al .Akhlak kepada Lingkungan hidup Qs.Anbiya ayat 107 “Dan tiadalah Kami mengutus kamu.

 Etika .

 Moral .

 Akhlak .

   MULAI DARI DIRI SENDIRI MULAI DARI YANG KECIL MULAI SEKARANG JUGA .

   Itok : dampak negatif memberi pengemis? Wahyudi: etika makan yang benar. Rara : pendapat kalian tentang misi Islam? .seperti rasullulah.