P. 1
Metode Belajar Berfikir Efektif

Metode Belajar Berfikir Efektif

|Views: 57|Likes:
Published by anto_jambi
metode
metode

More info:

Published by: anto_jambi on Jun 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/04/2014

pdf

text

original

Sections

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.

com

Enam Langkah Cara Belaiar Efektif
Pemahkah Anda memperhatikan anak kecil? Setiap pagi ia bangun dengan gembira, dan tak sabar mencari hal-hal baru yang ada di dunia kecilnya.

Anak kecil adalah penjelajah tak kenal takut. Dengan sifat ingin tahu yang dimilikinya, tiap hari ia memulai sebuah petualangan baru, menjelajahi dunianya dan mencari hal-hal baru. Dan terlebih lagi, semuanya itu didukung semangat kedua orangtuanya yang penuh perhatian, dan dengan gembira merayakan tiap prestasi baru a.naknya.

Kenapa proses belajar tak bisa kita nikmati seperti saat kita keci(dufu, sebelum kata "befajar" dicampuradukkan dengan sekolah?

Kegagalan dianggap sebagai bagian dari proses belajar, bukan penghalang. Bila anak yang baru belajar jalan terjatuh, ia akan bangun begitu saja dan mencoba lagi.

Entah bagaimana, kegembiraan. belajar seperti itu seringkah berubah. Belajar kemudian menjadi pekerjaan yang sangat berat. Belajar disamakan dengan usaha memperoleh

Diplomasi yang dibutuhkan agar bisa lulus ujian dan mendapat nilai baik. Mata pelajaran dipisahkan. satu sama lain dan tak dikaitkan dengan dunia nyata. Proses belajar menjadi penuh, tekanan.

Kenapa begitu? Kenapa proses belajar tak bisa kita nikmati seperti dulu, pada waktu kita kecil, sebelum kata "belajar"

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

dicampuradukkan pendidikan kita

dengan tidak

sekolah?

Mengapa

metode semangat

bisa

mengembalikan

penjelajahan. seorang anak kecil yang dengan seksama melihat, mendengar, mencium, menyentuh, dan bahkan mencicipi segala hal, untuk memahami dunia. besar tempat ia berada? Sebenamya bisa., jika kita mempraktikkan apa yang kita ketahui tentang cara kerja otak.

"Untuk

bisa

menciptakan

suasana

belajar

efektif

dan

menunjang, kita memerlukan hngkungan yang mendukung dan penuh permainan, sama seperti lingkungan seorang anak kecil." Pandangan inilah yang dikembangkan Mihaly

Csikszentmihalyi. Ia seorang psikolog terkenal yang selama lebih dari dua puluh tahun telah,mempelajari sesuatu mengenai konsentrasi yang ia sebut "aliran". Yang dimaksud "aliran" ini adalah suatu keadaan konsentrasi yang

memungkinkan kita belajar secara optimal, suatu keadaan di mana kesadaran kita sangat terpusat sehingga kita bisa menyerap penuh segala aktifitas yang kita lakukan. Pada saat seperti ini seseorang akan menunjukkan puncak

kemampuannya. dan. mampu belajar tanpa susah payah.

Menurut

Csikszentmihalyi,

pada

tahun-tahun

pertama

hidupnya anak-anak bisa dianggap sebagai "mesin belajar" kecil yang setiap hari mencoba gerakan dan kata-kata baru. Konsentrasi penuh di wajah sang anak terlihat saat ia mempelajari setiap keahlian baru, sebagai indikasi adanya kenikmatan. Dan setiap proses belajar yang menyenangkan. ini akan menambah kompleksitas perkembangan diri sang anak.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Sayangnya,

hubungan

alami

antara

pertumbuhan

dan

kesenangan cenderung menghilang seiring berlalunya waktu. Mungkin karena setelah masa sekolah dimulai, proses'belajar' berubah menjadi beban ekstemal, sehingga semangat

mendalami ketrampilan baru menjadi lenyap.

Salah satu alasan anak-anak kecil mampu belajar dengan sangat baik adalah karena belum terbentuknya konsep awal dalam pikiran mereka mengenai bagaimana seharusnya belajar. Juga, belum terbentuk anggapan bahwa bermain dan bekerja adalah dua aktifitas berbeda. Bermain adalah bagian penting dalam proses belajar. jika kita menikmati proses belajar, kita bisa belajar dengan lebih baik. Bagaimana membuat proses belajar berhasil dan sekaligus

menyenangkan? Yaitu dengan: menciptakan lingkungan yang bertekanan rendah, lingkungan tempat kita merasa aman untuk berbuat kesalahan, tetapi harapan untuk bisa berhasil juga tinggi. memastikan bahwa subyek yang dipelajari relevan - kita mau belajar jika tahu tujuannya.

memastikan bahwa proses belajar itu positif bagi emosi kita umumnya hal ini terjadi jika kita bekerja dengan orang lain, di mana ada humor dan dorongan, waktu istirahat yang teratur, dan dukungan yang antusias.

dengan sadar melibatkan semua panca indera sekaligus juga pemikiran otak kiri maupun otak kanan.

menantang otak untuk berpikir jauh dan meneliti hal yang sedang dipelajari menggunakan sebanyak mungkin sisi

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

intelegensia kita untuk menciptakan pemahaman pribadi mengenai hal tersebut.

menggabungkan apa yang telah dipelajari dengan mengulang kembah pada waktu yang tenang dan santai.

Semua hal di atas tercakup dalam program Proses Belajar Cepat kita. Tapi tak perduh bagaimara menyenangkannya atau bagaimana menggairahkan sebuah proses belaj ar, hal yang juga sangat penting adalah bekerja dengan rencana terpadu, selangkah demi selangkah.

Struktur metode Proses Belajar Cepat kita tercakup dalarn enarn langkah dasar. Sernuanya bisa diingat dengan mudah melalui penggunaan singkatan M*A*S*T*E*R sebuah

rnnernonik yang diciptakan pelatih Accelerated Learning terkernuka, Jayne Nicholl, pengarang buku Open Sesame.

1. Memotivasi Pikiran

Pikiran harus berada pada kondisi puncak. Artinya, Anda harus santai, percaya diri, dan termotivasi. Bila merasa stres atau kurang percaya diri atau tak bisa melihat apa pentingnya mempelajari subyek itu, Anda tak akan bisa belajar dengan baik.

Merniliki sikap yang benar dalarn mernpelajari sesuatu merupakan syarat awal yang mutlak. Anda harus memiliki keinginan mempelajari pengetahuan atau keahlian baru tersebut. Anda Harus memiliki rasa percaya diri marnpu

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mempelajari hal itu, dan bahwa informasi yang diperoleh akan merniliki pengaruh yang berguna dalarn hidup. Dengan kata lain: lihatlah manfaat pribadi dari investasi waktu dan energi Anda. Pikirkanlah, "Apa manfaatnya bagiku?" Seperti

dikatakan Sir Christopher Ball, Direktur Pendidikan dari Royal Society for the Encouragement of Arts, Manufactures, and Commerce (RSA) yang bergengsi: "Tiga faktor paling penting dalarn belajar adalah motivasi, motivasi, dan motivasi."

2. Mempelajari Informasi

Anda harus mempelajari dan menyerap fakta-fakta dasar dari subyek pelajaran tersebut dengan cara terbaik, sesuai preferensi indera belajar Anda.

Walaupun ada strategi-strategi belajar pokok yang harus dijalankan semua orang, ada juga perbedaan-perbedaan kund di mana kita secara pribadi perlu untuk melihat, mendengar, atau terlibat secarafisik dalarn proses belajar. Dengan mengidentifikasi kekuatan-kekuatan Visual, Auditori, dan Kinestetik, Anda akan marnpu melaksanakan berbagai jenis strat6gi untuk bisa memperoleh informasi lebih mudah dari sebelurnnya.

3. Mencari Arti

Untuk

bisa

memasukkan

informasi

ke

dalam

ingatan

permanen, Anda harus mencari implikasi dan artinya pengertiannya secara keseluruhan - dengan meneliti materi pokok subyek tersebut dengan seksama. Ada perbedaan besar antara mengetahui dan benar-benar mengerti sesuatu.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mengubah fakta-fakta menjadi pengertian pribadi adalah elemen inti dalam proses belajar.

Sering sekali kita berusaha menghafal informasi supaya bisa dikeluarkan pada saat ujian, agar bisa lulus dengan baik, tanpa benar-benar berusaha mengerti apa arti informasi itu sesungguhnya. Fakta tidak membutuhkan banyak interpretasi. Karena itulah ujian pilihan ganda merupakan metode ya:ng sangat lemah. Metode ini hanya menguji perolehan fakta, dan tidak menguji apakah Anda telah membentuk pengertian pribadi Anda sendiri dari fakta-fakta tersebut.

Sebagai contoh, Anda tidak harus mengerti bahwa Paris adalah ibukota Perancis - Anda hanya harus mengingatnya. Hal ini merupakan hasil belajar tingkat rendah.

Tak ada orang yang akan memberi gaji yang besar kepada Anda hanya karena Anda "menguasai" tipe keahlian ini. Dengan cara yang sama, mengetahui bahwa Revolusi Perancis terjadi tahun 1789 adalah faktual. Tapi mengerti mengapa Revolusi Perancis penting dan bagaimana hal. tersebut mempengaruhi sejarah Eropa dan Amerika,

membutuhkan interpretasi. Dengan begini Anda perlu bereaksi terhadap sebuah hutan informasi dan memahami hal tersebut. Keahlian macam inilah yang dibayar mahal oleh dunia. Perbedaan antara menernukan fakta dan "membuat arti" adalah hal yang membedakan proses belajar yang dangkal dan yang dalam.

Mengubah fakta menjadi pengertian adalah hal yang harus dilaksanakan oleh delapan intelegerisia Anda. Tiap-tiap

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

intelegensia adalah sebuah sumber daya yang bisa Anda peroleh sementara Anda menjelajah dan memahami faktafakta dari subyek masalah.

4. Memicu Ingatan

Seringkali ada sejumlah besar hal yang harus diingat dalam sebuah subyek. Kini tugas Anda adalah memastikan bahwa pokok-pokok masalah tersebut terkunci dalam ingatan jangka panjang Anda.

Aplikasikan semua langkah-langkah sebelunmya dengan seksama sehingga subyek tersebut telah benar-benar Anda pahami. Lalu pastikan juga untuk "menguncinya" sehingga Anda bisa mengingatnya kembali sesuai kebutuhan.

Ada banyak teknik mengingat yang diperinci dalam bab khusus yang membahas cara pencarian arti (pokok ke 3). Antara lain digunakan asosiasi, pembuatan kategori, membuat cerita, akronim, kartu pengingat, peta belajar, musik, dan kilas balik.

5. Menunjukkan Apa yang Anda Ketahui

Bagaimana Anda tahu telah benar-benar memaharni apa yang Anda. pelajari? Pertama-tama, ujilah diri sendiri. Buktikan bahwa Anda mengenal subyek tersebut secara lengkap, bahwa Anda memiliki pengetahuan yang dalam, bukati hanya di permukaan.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Lebih baik lagi, cobalah saling berbagi informasi dengan mitra belajar atau'teman studi'. Latihlah sebuah presentasi dalam pikiran, atau di atas kertas, dan kemudian cobalah

mengajarkan hal tersebut. Seringkah Anda berpikir telah mengerti sesuatu, tetapi ternyata tak bisa menjelaskannya kepada orang lain. Bila bisa "mengajarkannya", Anda. menunjukkan benar-benar memahan-d hal itu. Anda tidak hanya tahu - tapi "menguasainya".

Menggunakan kelima langkah-langkah ini harus menjadi sebuah kebiasaan. Tapi untuk bisa melaksanakannya dengan benar, Anda harus berlatih berulang-ulang. Anda harus secara aktif mencari situasi-situasi di mana Anda bisa

mengimplementasikan langkah-langkah ini dan menguji diri Anda.

6. Renungkan Cara Anda Belajar

Anda perlu merenungkan pengalaman belajar Anda. Bukan merenungkan apa yang telah di pelajari, tapi bagaimana mempelajarinya. Pelajaran-pelajaran apa yang bisa di tarik untuk kah selanjutnya?

Kebanyakan orang menggunakan hanya sepotong kecil dari kapasitas otakmereka....

Pada langkah ini telitilah proses belajar Anda dan ambil kesimpulan mengenai teknik-teknik dan ide-ide apa yang paling berhasil untuk Anda. Lama kelamaan, pendekatan belajar Anda akan semakin berkernbang, dan otak Anda yang unik akan terbiasa melakukannya. Dan Andalah yang akan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mernegang kendah - Anda menjadi seorang pelajar yang bisa mengurus diri sendiri.

Langkah akhir dari tahap belajar Anda adalah berhenti, merenung, dan bertanya pada diri sendiri:

• Bagaimana jalannya tugas belajar?

• Bagaimana cara agar tugas ini bisa berjalan lebih baik?

• Apa arti sernua ini untukku?

Inilah yang pada kenyataannya merupakan langkah akhir dari "siklus belajar." Mengulang kembali dan merenungkan

pengalaman belajar Anda bisa membantu mengubah sernua penghalang yang menjatuhkan menjadi sebuah batu loncatan. Anda bisa. meninggalkan ide-ide yang tidak berhasil dan mencoba ide baru lainnya. Anda bisa. memulai pelajaran selanjutnya dengan berpijak pada analisis pribadi.

Hasilnya, Anda akan menemukan metode belajar yang paling baik bagi Anda sebagai individu yang unik. Anggaplah potensi Anda yang sebenarnya seperti sebuah kombinasi kunci. Sekah mengetahui kornbinasi intelegensia pribadi dan

preferensi belajar Anda, potensi belajar yang sesungguhnya akan mengalir keluar.

Hal ini pernah dikatakan oleh Brian Tracy: "Teknik-teknik Proses Belajar Cepat n-drip dengan program master pada sebuah

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

komputer.

Teknik-teknik

tersebut

bukanlah

programnya

sendiri, tapi Anda bisa menjalankan sernua program lain dengan menggunakan teknik-teknik tersebut. Teknik-teknik ini merupakan alat yang Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda dengan lebih cepat dan dengan kepastian keberhasilan yang lebih besar."

Kebanyakan orang menggunakan hanya sepotong kecil dari kapasitas otak mereka, bukan karena tidak memiliki kapasitas tersebut, tapi hanya karena mereka belum diajari bagaimana cara menggunakan apa yang sebenarnya mereka miliki.

Bab selanjutnya akan memaparkan bagaimana menjadi seorang master sejati atas pikiran Anda.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Memasuki Kondisi Pikiran yang Tepat
Marilyn King, atlet pancalomba kelas dunia sedang terbaring di ranjang rumah sakit. Babak penyisihan untuk ikut Olimpiade sudah dekat, tapi luka yang dideritanya menghalangi Marilyn untuk bisa berlatih.

Saat jadwal latihan intensif sedang kritis, halangan semacam ini bisa menghancurkan karier kebanyakan atlet berbakat.

Tetapi Marilyn memiliki senjata rahasia untuk me-' nyelesaikan masalahnya. Ia berani berimajinasi. la berlatih dalam

pikirannya - karena ia tak bisa berlatih di lapangan.

Dari ranjang rumah sakit yang membatasinya ia mengganti latihan fisiknya dengan gambaran mental. Secara terusmenerus di dalam kepalanya, ia membayangkan dirinya berlari dalam kondisi terbaik, membayangkan dirinya benarbenar berlatih, dan ikut berlomba di Olimpiade.

Secara mengagumkan, saat ia. benar-benar memulai kembah latihan yang "sesungguhnya", pelatihnya berkata bahwa ia hampir sepenuhnya dalam kondisi segar bugar. la telah mengemban9kan kekuatan visualisasinya sedemikian rupa sehingga pikirannya mengatakan bahwa ia segar-bugar maka ia benarbenar segar-bugar.

Hari ini, bintang lapangan yang telah tiga kah menang dalam Olimpiade tersebut menggunakan kekuatan yang dimilikinya untuk hal-hal yang berguna. di masyarakat. Kini ia

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

menerapkan proyek "Berani Berimajinasi" pada murid-murid yang berada dalam "kondisi kritis" di East Oakland, Califomia.

Di akhir tahun kedua, tiga belas dari lima belas anggota kelompok tersebut masih tetap bersekolah dan sedang menyelesaikan "kontrak sukses" yang didasarkan pada pembentukan gambaran yang ideal dan sedang mendesain sendiri peta sukses mereka.

Seperti Marilyn, banyak atlet kelas dunia, dari segala cabang olahraga, memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam kondisi pikiran yang tepat. Mereka membayangkan diri memecahkan rekor, menjadi orang pertama yang melewati garis akhir, medali emas dikalungkan di leher mereka dan terdengar sorak-sorai penonton.

Apakah, Anda memiliki keinginan positif menguasai pelajaran ini? Anda ingin menjadi pakar? Anda ingin mendapatkan medali emas akademi ?

Kemampuan seperti itu tentu saja tak terbatas pada superstar olahraga. Pada kenyataannya, semua orang yang mampu mencapai hal-hal besar dalam kehidupan seperti ilmuwan, orang-orang bisnis, politisi, dan pendidik, men-dliki visi yang sejemih kristal bagi hasil akhir dari pekerjaan mereka. Mereka membuat komitmen untuk sampai ke sana. Mereka sangat positif

mengenai segala usaha sendiri dan tahu ke mana mereka akan pergi.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Tapi apa hubungan hal ini dengan Anda? Apa kaitannya hal tersebut dengan belajar? Pertama-tama, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah benar-benar ingin belajar. Apakah Anda siap menyerap ilmu pengetahuan baru? Sudahkah Anda memikirkan semua keuntungan dari mempelajari subyek dan keahlian baru ini? Apakah Anda memiliki keinginan positif menguasai pelajaran ini? Anda ingin menjadi pakar? Anda ingin mendapatkan medali emas akademis Anda?

jika memiliki sikap negatif dan segan menanggapi apa yang diajarkan kepada Anda, dan menganggap belajar tugas yang harus dike~akan, hampir pasti Anda akan gagal.

Memiliki

keraguan,

ketakutan,

dan

ketidakpastian

saat

menjajaki teritori yang belum pemah dijelajahi men-Lang wajar, tapi Anda bisa mengalahkan kecenderungan tersebut jika Anda mau.

Kadang-kadang hanya diperlukan perubahan kecil untuk membuat perubahan sikap yang penting. Sebagai contoh, Anda bisa mengubah tanda negatif menjadi positif hanya dengan. sebuah coretan cepat dengan pena Anda:

Dengan cara yang sama, Anda bisa mengubah perasaan dan sikap Anda dalam belajar. Anda bisa - dan harus - memegang kendali dalam proses belajar dan menjadi peserta aktif dalam pendidikan Anda sendiri dan bukan menjadi konsumen pasif. Anda memerlukan kemauan, sama seperti Anda memerlukan keahlian untuk belajar.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Dan sebelum mulai, Anda harus tahu apa arti hasil akhir yang sukses bagi Anda.

Mencari Manfaat Belajar

Tanyakan pada diri sendiri, apa manfaat mempelajari hal ini bagiku? Ini bukan pertanyaan egois, melainkan sangat penting sebagai langkah pertama. Jika Anda tak merasakan adanya alasan yang baik untuk melakukan sesuatu, maka hanya

sedikit motivasi dalam diri Anda untuk melakukan hal tersebut. jadi, coba kita gunakan pertanyaan tersebut terhadap buku ini. Apa yang akan diberikan buku ini bagi Anda? Apa guna buku ini untuk Anda?

Inilah jawabannya:

Anda akan belajar bagaimana cara belajar yang baik. Ini adalah keahlian yang akan abadi seumur hidup Anda. Ingat, apa yang Anda pelajari bisa ketinggalan zaman, tapi bagaimana selamanya. cara Anda mempelajarinya akan bertahan

jika

kelak

menjadi

pelajar

yang

terpacu,

Anda

akan

mendapatkan nilai yang lebih.baik atau mendapatkan keahhan yang bisa memperbaiki penampilan ke~a.

Secara umum, semakin banyak belajar, semakin banyak yang Anda dapatkan. Semakin baik pendidikan, semakin mungkin Anda mendapat penghasilan lebih tinggi. Anda akan menjadi lebih fleksibel, produktif, dan menjadi aset besar bagi

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

perusahaan

Anda.

Dan

tentu

Anda

akan

mendapat

penghargaan yang sebanding.

Anda aka ' n mampu menolong seluruh anggota keluarga. Mengetahui cara belajar, menghargai bahwa masing-masing orang memiliki gaya belajar berbeda, dan memahami bahwa cara yang berhasil bagi Anda mungkin tak berhasil bagi pasangan. atau anak, akan memperkaya kehidupan rumah tangga dan hubungan-hubungan Anda yang paling pribadi.

Ini merupakan awal sebuah kehidupan yang baru!

Belajar adalah proses akumulatif. Buku ini adalah batu fondasi pertama yang penting dalam membangun kekuatan otak Anda.

Hampir pasti, Anda memiliki alasan-alasan pribadi untuk menjadi pelajar yang terpacu.

Seperti yang dikatakan Charles Handy dalam buku The Age of Unreason, "Mereka yang belajar paling baik dan paling banyak, dan yang fleksibel, adalah mereka yang:

a. bertanggungjawab terhadap diri dan masa depan mereka; b. memiliki pandangan jemih mengenai masa depan seperti apa yang mereka inginkan; c. ingin memastikan bahwa mereka akan mendapatkannya; dan d. percaya bahwa mereka bisa."

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Hampir pasti, Anda memiliki alasan-alasan pribadi untuk menjadi pelajar yang terpacu. Buatlah daftamya sekarang. Banyak orang yang mungkin merasa ingin meiewatkan latihan ini dan meneruskan membaca. Jangan! Hal seperti itu adalah kesalahan. Pikirkanlah, dan beri tanggapan.

Pertanyaanpertanyaan ini akan membuat Anda teta'p berada di jalur yang benar.

Mengajukan mendebat

pertanyaan-pertanyaan informasi yang

kepada

diri

sendiri, Anda,

dihadapkan

kepada

menanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti "Apakah hal ini benar? Apakah hal ini masuk akal?" kepada diri Anda adalah bagian penting dalam belajar karena hal-hal tersebut akan menjaga perhatian. dan fokus Anda. Maka susunlah daftar Anda sebelum melanjutkan.

Aku ingin memperbaiki kemampuan belajarku karena:

____________________________________________ ____________________________________________ ____________________________________________

Anda memiliki sikap positif dalam belajar. Anda telah termotivasi dan tahu mengapa ingin belajar. Anda telah mengidentifikasikan keuntungan-keuntungan yang akan

dinikmati setelah mencapai tujuan. Lalu, sekarang apa?

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Metode

Pertama:

Membentuk

Kondisi

Pikiran

yang

Berdaya guna

Sangatlah penting memulai proses belajar dengan sikap santai. Tarik nafas dalam-dalam beberapa kali, isilah paruparu dengan udara, dan kemudian keluarkan nafas dalamdalam sambil menekan perut keluar. Biarkanlah rahang dan otot-otot leher Anda mengendur. Putar kaset musik yang menenangkan (mungkin musik klasik). Otak Anda perlu berada dalam "mood" yang tepat. Otak tak akan bisa berfungsi dengan baik bila berada di bawah tekanan. Ketegangan atau ketakutan bisa membuat pikiran menjadi kosong.

Setelah

tenang,

habiskan

beberapa

menit

untuk

membayangkan akan seperti apa jika Anda telah menjadi pelajar yang terpacu dan telah mencapai tujuan pribadi. •

Lihatlah diri Anda dengan penuh percaya diri menggapai tugas belajar di masa depan.

Rasakan perasaan bangga karena mengetahui bahwa Anda bisa menguasai subyek tersebut.

Dengarkan komentar-komentar persetujuan yang akan diucapkan orang-orang mengenai kemampuan yang baru saja Anda temukan.

Untuk menciptakan situasi belajar terbaik, Anda harus berada dalam lingkungan mental yang nyaman. Mencoba menyerap informasi dengan baik, sambil berjuang melalui jalanan macet

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

atau sikut-menyikut dalam sebuah bis yang ramai, bukanlah hal ideal.

Tentu saja, Anda bisa membuat "kepompong mental" dan menutup diri dari lingkungan fisik di sekitar, tetapi akan lebih baik jika bisa menemukan sebuah pojok yang tenang di rumah Anda. Duduk dan bersantailah. Buka sepatu. Naikkan kaki. Pilihlah musik yang menyenangkan. (Musik rock mungkin cocok

untuk melakukan pekerjaan rumah tangga atau mencud mobil, tapi hampir pasti takkan cocok untuk belajar.)

Rekomendasi lain: Gantunglah karya seni favorit Anda di dinding. Letakkan tumbuhan di atas meja atau di lantai. Pastikan udara di tempat belajar Anda segar dan bersih (atau pergilah keluar untuk istirahat secara teratur). Pastikan ada sinar matahari yang alami (bekerjalah dekatjendela),

kemudian ikutilah rencana tujuh langkah berikut ini.

Langkah 1 Ingatlah saat-saat sukses dalam kehidupan Anda, saat melakukan sesuatu yang tidak biasa. Sesuatu yang membuat Anda bangga.

Setiap orang pasti pemah sukses dalam suatu hal. Mungkin sebuah peristiwa olahraga? Atau saat mendapat angka tinggi dalam sebuah ujian di sekolah, lebih tinggi dari yang Anda harapkan? Atau pada negosiasi bisnis saat Anda sadar akan mendapatkan perjanjian yang diinginkan? Mungkin suatu peristiwa keluarga yang menyenangkan atau prestasi dalam

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

hobi favorit atau kegiatan senggang Anda? Dengan kata lain: saatsaat puncak.

Langkah

2

Pusatkanlah

ingatan.

Ingatlah

persisnya

bagaimana perasaan Anda saat berada dalam kesuksesan tersebut. Apa yang Anda lihat? Yang Anda dengar? Yang Anda rasakan? Gunakan semua indera untuk mengisi pikiran dengan impresi gamblang mengenai kemenangan Anda.

Luangkan w aktu. Jangan memandang diri sendiri dari jauh seperti memandang sebuah gambar. Masuklah ke dalamnya, lihatlah melalui mata sendiri, dan bentuklah kembali rasa gembira atas kemampuan dan prestasi Anda, sama seperti yang Anda rasakan pada waktu itu.

Anda telah belajar cara memanggil kembali keadaan berdaya guna: yang hebat. Yang Anda butuhkan sekarang adalah cara memanggil kembali perasaan tersebut, kapan pun Anda mau.

Langkah 3 Setelah menangkap kembah waktu dan perasaan Anda pada saat berada dalam kondisi puncak, pikirkanlah satu kata yang bisa merangkumkan seluruh kejadian nyata tersebut.

Inilah kata "kunci" Anda. Kata "kunci" ini adalah mata rantai yang menghubungkan Anda langsung ke perasaan tersebut.

Langkah 4 Duduklah dengan tegak dan luruskan. badan. Tariklah bahu ke belakang, lihat ke atas dan tarik nafas dalam dalam. Hal ini sangat penting, karena pada saat-saat puncak kita secara otomatis bemafas dengan dalam.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Langkah 5 Kepalkan tinju - hal yang wajar dilakukan bila Anda merasa kuat.

Langkah 6 Sekarang pusatkan ingatan pada pengalaman

nyata

tersebut.

Pejamkan

mata

untuk

menutup

pengaruhpengaruh dari luar. Larutlah dalam perasaan hebat tersebut.

Langkah 7 Lepaskan kepalan dan bukalah mata Anda.

Ulangi rangkaian tujuh langkah ini sesering mungkin selama

dua hari berikut. Semakin banyak mengulangi rangkaian tersebut, semakin kuat pola rangsangan atau respons Anda. Kemudian, Anda akan bisa kembali ke kondisi pikiran yang berdayaguna. ini kapan pun mau hanya dengan mengepalkan tinju dan mengucapkan kata kuncinya.

Anda

juga

bisa

menggunakan

pendekatan

serupa

untukmengatasi perasaan-perasaan negatif menggunakan teknik aari sistem strategi belajar yang telah dikenal seperti Neuro-Linguistic Progranuning (NLP).

Pikirkanlah sebuah kejadian yang telah mengganggu atau membuat malu, bangkitkan kembali perasaan Anda pada waktu itu. Izinkan diri Anda untuk benar-benar merasakan ketidaknyamanan, kegugupan, dan rasa sakitnya. Mainkan kembali semuanya dalam pikiran Anda, dan rasakan

ketidaknyamanan yang sama sekali lagi.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Tapi kini, dalam gambaran tersebut, lewat sebuah barisan band alat musik tiup yang memainkan lagu bersemanigat simbal beradu, drum menghentak. Gambaran yang gembira, bersemangat, dan bergairah ini mulai masuk dan

menggantikan perasaan negatif Anda yang sesungguhnya. Begitu rupa sehingga setiap kali Anda mengingat kejadian yang tidak menyenangkan tersebut, bayangannya akan menyatu dengan gambaran dan bunyi band alat musik tiup tadi. Dengan begitu Anda bisa mengubah sesuatu yang negatif menjadi positif . Anda juga bisa menciptakan skenario bersemangat yang lainnya untuk menghilangkan kenegatifan agar Anda tidak menjadi benci pada band alat musik tiup!

Metode Kedua: Daftar Kesuksesan Saya

Nah, Anda pemah sukses dalam hal apa saja? Apa saat-saat yang paling membanggakan Anda? Mengenali prestasi diri sendiri adalah perlengkapan dalam membangun rasa percaya diri. Anda pemah sukses sebelumnya, maka Anda bisa sukses lagi!

Sangatlah

bagus

bila

Anda

mencatat

prestasi-prestasi

kehidupan yang paling Anda banggakan, dari segala aspek kehidupan. Keluarga, kehidupan sosial, sekolah, pekerjaan, olahraga.

Di bawah ini adalah jenis-jenis yang kita bicarakan:

Menjadi orang tua dan belajar bertoleransi! Lulus tes mengemudi.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mendapat A dalam matematika, padahal biasanya C.

Bisa menyelesaikan proposal bisnis yang penting tepat pada waktunya.

Mencetak home run.

Catatan Pribadi mengenai Kesuksesan Belajar ____________________________________________ ____________________________________________ ____________________________________________

Metode Ketiga: Kalimat Positif

Anda bisa memperbesar kesempatan sukses dengan mendkirkan dan mengucapkan hal-hal yang sangat positif mengenai diri Anda. Caranya adalah dengan menciptakan dan menggunakan kalimat yang positif dan mudah untuk

diucapkan kembali.

Katakanlah pada diri sendiri bahwa Anda sudah mampu dan penuh percaya diri dalam hal apa pun yanyAnda inginkan.

Gunakan kalimat positif untuk menggambarkan diri Anda sebagai orang yang Anda inginkan. Contoh:

"Aku pelajar yang penuh percaya diri." "Aku manajer yang baik." "Aku sanggup menangani urusan XYZ."

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Ucapkan kalimat positff ini dalam hati (atau keras-keras) secara berulang-ulang. Dan buatlah kahmat dalam konteks waktu saat ini. Jangan katakan "Kuharap aku bisa atau bahkan

"Semoga aku akan menjadi...." Katakanlah pada diri sendiri bahwa Anda sudah mampu dan penuh percaya diri dalam hal apa pun yang Anda inginkan. Jangan membuat kalimat rumit atau panjang. Kalimat positif yang pendek dan mengena dan lebih mudah diingat - dan, karena itu, bisa menjadi kenyataan.

Banyak orang merasa sulit melakukan hal ini. Bagaimanapun, jika berbicara pada diri sendiri, Anda pasti sedikit gila. Benar kan? Orang-orang yang sama yang berpendapat seperti itu seringkali tak memiliki kesulitan untuk mengerti bahwa komentar-komentar yang negatif bisa berpengaruh secara nyata dalam pikiran dan tingkah laku seseorang. Bila Anda berkata cukup sering pada seseorang bahwa ia bodoh dan tidak bertanggungjawab, tidakkah ia lalu benar-benar

melakukan tindakan bodoh dan tidak bertanggungjawab? Pemrograman negatif bekerja dengan sangat baik. Jadi mengapa tidak memprogram diri dengan hal-hal. positif? Tekankan hal. yang positif, hilangkan hal. yang negatif.

Pengulangan

adalah

salah

satu

cara

menanamkan

kalimatkalimat positif tersebut ke dalam. alam bawah sadar. Cobalah mengucapkan kahmat positif kepada diri Anda berulang kali dalam selang waktu yang teratur. Contoh, sepuluh kali di pagi hari, sepuluh kali saat makan siang, sepuluh kali sebelum makan malam, sepuluh kali saat akan tidur.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Ulangi kalimat positif tersebut bila berhadapan dengan tantangan dalam usaha mencapai tujuan. Bila. menjadi semakin terbiasa, ucapkanlah keras-keras. Bayangkan betapa menyenangkan perasaan Anda saat kalimat positif itu menjadi kenyataan.

MENENTUKAN TUJUAN SECARA ALAS

Anda tidak bisa menembak target yang tidak bisa Anda lihat. Belajar sama haInya seperti bersiap-siap mengadakan. sebuah perjalanan. Anda harus tahu tujuan akhir dan perlu tahu bagaimana cara bisa sampai ke sana.

Apa yang benar-benar Anda inginkan dalam kehidupan. ini? Untuk mencapainya, Anda harus:

1. Memiliki visi jelas mengenai apa yang ingin Anda capai.

2. Memiliki kepercayaan kuat bahwa Anda bisa mencapai visi

tersebut.

Kesamaan yang dimiliki para peraih prestasi terbaik, seperti telah dibuktikan para peneliti, adalah kemampuan mereka yang di atas rata-rata untuk melatih sebuah tugas dalam pikiran, dengan menggunakan penggambaran mental atau visualisasi.

Sebuah peneli ' tian universitas terhadap dua grup pemain basket menunjukkan. bahwa grup yang membagi rata waktu

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mereka antara berlatih pukulan bebas secara fisik dan dengan bayangan mental, mengalahkan grup kedua yang hanya menggunakan latihan. fisik saja. Tidak mengherankan, kedua grup tersebut lebih baik daripada sebuah grup kontrol yang tidak berlatih sama sekali.

Penggambaran mental bisa mencakup semua indera, dan

juga bisa berarti mehhat gambaran, mendengar suara, merasakan perasaan, dan bahkan mencium atau. mencicipi dalam pikiran. Memunculkan semua gambaran indera dengan seksama adalah alat belajar yang efektif dan hebat.

Bila belum pemah menggunakan penggambaran mental,

mungkin Anda akan mengalan-d sedikit kejutan budaya. Tetapi, Anda tentu pemah membayangkan sesuatu. dalam kepala yang Anda inginkan untuk terjadi? Dan tentu Anda mencemaskan halhal tertentu? Bila sering cemas, maka Anda ahli dalam penggambaran mental, karena di saat cemas membayangkan dan bersikap seolah-olah sesuatu yang tidak di inginkan telah benarbenar terjadi. Bila sering cemas, Anda bisa bervisualisasi. Maka, marilah kita menggunakannya secara positif untuk belajar.

Visualisasi bekerja dengan baik karena pikiran tidak bisa membedakan antara kejadian nyata dengan "bayangan." Penyebabnya adalah diaktifkannya jalur-jalur saraf lektrokimia yang sama di dalam otak kita.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Berikut contoh praktis mengenai apa yang dimaksud:

Bayangkan Anda berada dalam dapur. Anda mengambil sebuah lemon segar dalam keranjang buah. Buah itu terasa dingin di tangan. Kulit kuningnya yang tidak rata terasa berlilin. Lemon tersebut memiliki titik kerucut kecil berwama hijau pada kedua ujungnya. Saat memandangnya di telapak tangan, Anda sadar bahwa lemon itu keras dan sedikit berat untuk ukurannya.

Anda mengangkat lemon itu ke hidung Anda. Tak salah lagi, tercium bau sitrus yang khas! Anda mengambil sebuah pisau tajam dan membelah dua lemon itu. Kedua belahan tersebut jatuh - Kulit dalam yang putih dan lunak terlihat kontras dengan tetesan air lemon pucat yang perlahan-lahan mengalir keluar. Bau lemon pun menjadi semakin kuat. Sekarang Anda menggigit lemon tersebut dan membiarkan aimya mengalir memenuhi mulut. Rasa asam lemon yang tajam terasa di mulut Anda. Tunggu dulu! Apakah air hur Anda mengahr? Apakah Anda mengerutkan bibir? Mungkin Anda men emvit sedikit? Bila ya, Anda telah mencapai sintesia, karena telah membayangkan perasaan, penglihatan, bau, dan rasa lemon tersebut. Anda telah menggunakan imajinasi dengan sangat baik.

Implikasi ini sangat mempesona karena, tentu saja, tak ada yang benar-benar terjadi - kecuali dalam imajinasi Anda! Pikiran Anda telah berkomunikasi langsung kepada kelenjar ludah sendiri dan memerintahkan mereka membasuh rasa asam tersebut. Anda mengerutkan bibir Anda dan mengemyit.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Kata-kata yang Anda baca bukanlah kenyataan. Tapi katakata tersebut menciptakan kenyataan. Alam bazvah sadar tak bisa membedakan an tara apa yang nyata dengan apa yang ia percayai adalah nyata.

Tapi, alam bawah sadar tersebut mengontrol tindakan dengan cara sangat nyata.

Kemauan Meralh Sukses

Kita bicara mengenai orang-orang yang memiliki tekad untuk sukses. Tanyakan kebanyakan orang untuk mendefinisikan kata "tekad" dan Anda akan menemukan bahwa mereka menggunakan ekspresi seperti "kemauan teguh" atau

"menggertakkan gigi Anda dan bertahan." Ada sebuah implikasi menarik mengenai definisi semacam itu. Definisi tersebut menggambarkan perjuangan, dan tampaknya

perjuangan yang dimaksud adalah perjuangan melawan diri sendiri. Apakah hal ini terdengar seperti kondisi pikiran. yang sehat?

"Imajinasi fe6ih kuat daripada tekad "

Di sini kita lebih suka mendefinisikan tekad dengan cara seperti ini:

TEKAD

=

VISI

YANG

JELAS

+

PERCAYA

PADA

KEMAMPUAN DIRI

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Visi merupakan hal penting karena jika Anda tidak berdiri

untuk sesuatu maka Anda akan jatuh dalam segala sesuatu. Napoleon, contohnya, memainkan semua peperangan dalam pikirannya sebelum hal tersebut terjadi. Ia mengekspresikan hal tersebut dengan baik: "Imajinasi lebih kuat daripada tekad."

Kekuatan dari kemauan yang keras secara gamblang diilustrasikan oleh penelitian selama lima tahun terhadap 120 artis, atlet, dan pelajar top Amerika, dipimpin profesor pendidikan Universitas Chicago, Benyamin Bloom.

Elemen kunci yang sama pada setiap peraih prestasi tertinggi bukanlah bakat alam, melainkan arah dan kemauan keras yang langka, yang datang dari visi mengenai apa yang mereka inginkan.

Dr. Bloom berkata, "Kami berharap untuk menemukan cerita tentang bakat alam yang besar. Kami sama sekali tak menemukannya. Ibu-ibu mereka sering berkata bahwa anak mereka yang lainlah yang memiliki bakat lebih besar." Tapi yang dimiliki oleh peraih prestasi tertinggi adalah visi.

Beran! Berimajinas!

Dalam proyeknya, "Berani untuk Berimajinasi", Marilyn King mencoba memberi inspirasi pada para pelajamya dengan mempromosikan tiga sifat yang menurutnya dimiliki

kebanyakan orang yang sukses.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

1. Mereka dimotivasi sesuatu yang benar-benar berharga, sesuatu yang benar-benar mereka inginkan. King

menyebutnya sebagi "Gairah." 2. Merekabisamehhattujuandengansangatjelas,dan mereka bisa membayangkan diri mengambil semua langkahlangkah yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut: livisi." 3. Mereka bersedia melakukan sesuatu setiap hari, sesuai rencana, yang akan membawa mereka satu langkah lebih dekat pada mimpi mereka: "Tindakan."

Gairah + Visi + Tindakan = Sukses!

Mantan juara. ini menyuruh murid-murid mengenah gairah mereka dan membentuk visi dalam pikiran sendiri. Kemudian mereka menaruh sebuah foto atau membuat gambar

mengenai hal itu di tengah-tengah selembar kertas. Muridmurid menggambar garis-garis menyebar dari gambar

tersebut dan menuliskan sikap-sikap atau keahlian yang diperlukan untuk mencapai visi mereka, dan mengurutkannya dari satu sampai sepuluh. Keahlian yang paling penting dilingkari. Peta sukses murid-murid juga mencakup langkahlangkah aksi yang diperlukan, nama-nama penasihat dan pemberi semangat, rintangan yang harus diatasi dan caracara mengatasinya, sumber daya yang tersedia, prestasiprestasi dan penghargaan, dan pembentukan kalimat

kesuksesan. King menyarankan untuk membaca kahmat tersebut di depan cermin sepuluh kali, pagi dan malam, selama sepuluh hari.

Banyak dari murid-muridnya yang mengalami perbaikan secara dramatis, baik dalam tugas-tugas sekolah mereka

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

maupun dalam perilaku mereka, dan program ini dengan antusias didukung gubemur dan usahawan bisnis real estat lokal. King sekarang sedang melatih mentor (pembimbing belajar) untuk anak-anak yang berada dalam "kondisi kritis" dan memperluas program ini agar bisa mencakup, lebih banyak murid.

Membentuk Visi Pribadi

Kenyataan bahwa Anda membaca buku ini merupakan bukti yang jelas memiliki keinginan memperbaiki diri dan/atau menolong orang lain untuk melakukan hal tersebut. Anda tahu hasil dari mempelajari hal ini dan kerugian bila

mengabaikannya.

Bagaimanapun, sangat penting bagi Anda sekarang ini untuk membuat tujuan-tujuan yang diharapkan secara lebih spesifik. Tidaklah cukup bila. hanya ingin melakukan "hal yang lebih baik". Memiliki rencana hidup di mana pendidikan dan tujuan karier Anda menjadi satu kesatuan adalah hal yang penting.

Seperti dikatakan Gus Tuberville, presiden William Penn College, "Agar proses belajar bisa efisien, murid-murid harus termotivasi. Untuk bisa termotivasi mereka harus tertarik. Dan mereka menjadi tertarik bila beke~a secara aktif dalam proyekproyek yang berhubungan dengan nilai-nilai dan. tujuan hidup mereka."

Apa nilai-nilai dan tujuan hidup Anda? Apa yang Anda inginkan dalam hubungannya dengan orang-orang yang paling berharga. bagi Anda - pasangan, mitra, orangtua, anak-

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

anak, saudara, teman, atau rekan bisnis yang akrab? Seperti apa kondisi kesehatan yang Anda inginkan? Tindakan apa yang perlu di lakukan untuk mencapai hal tersebut? Apakah Anda perlu mengubah kebiasaan makan dan olahraga?

Apa yang ingin. Anda lakukan untuk tumbuh menjadi orang berkepribadian seimbang? Hobi dan jenis olahrag'a apa yang ingin Anda kejar? Anda ingin. berkelana? Menuhs? Melukis? Naik gantole? Belajar memainkan alat musik? Apa yang akan membuat Anda bangga? Konsentrasikan pada apa yang Anda rasakan benar, bukan apa yang Anda pikir seharusnya di lakukan.

Langkah pertama adalah membentuk visi. Putuskan ingin. jadi apa Anda sebenamya. Anda perlu visi yang bisa Anda lihat dengan jelas, sebuah tujuan yang secara nyata bisa Anda gapai. Berhati-hatilah dengan kata-kata seperti berharap dan mencoba.

Saat orang berkata, "Kuharap aku bisa yang sebenamya mereka lakukan adalah "Aku sebenamya ingin tapi hal itu terlalu sulit dan butuh kerja keras." Saat mereka berkata, "Aku akan mencoba untuk..." yang biasanya mereka maksudkan adalah "Kuperingatkan kau dari sekarang bahwa aku mungkin gagal."

Berharap dan mencoba menandakan kurangnya keyakinan. Kata satu-satunya yang harus digunakan adalah "Aku akan ..!"

Setelah memiliki visi mengenai tujuan jangka panjang yang penting, Anda harus lebih spesifik dan menyusun

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

langkahlangkah untuk sampai di sana. Tulislah hal tersebut. Ini adalah hal sederhana untuk dilakukan, iapi sangat manjur. Hanya dengan menuliskan sasaran yang ingin Anda capai pada selembar kertas akan membuat hal itu menjadi "nyata." Bila menuliskannya, Anda tidak mungkin bersikap samarsamar tapi secara jelas menyatakan maksud-niaksud Anda.

Bila tujuan itu sangat penting, tulislah pada kertas stiker dan tempelkan di tempat yang bisa Anda lihat setiap hari.

Jadi - Anda ingin menyusun rencana. tindakan langkahdemilangkah. Yang Anda perlukan adalah:

Uang?

Berapa

banyak?

Di

mana.

Anda

bisa

mendapatkannya?

Waktu? Bagaimana meluangkan waktu dari jadwal Anda yang sudah padat itu?

Ilmu

pengetahuan?

Di

mana

Anda

mendapatkannya?

Keahlian? Di mana. Anda bisa mendapatkannya?

Dukungan? Siapa, di antara keluarga, teman-teman, rekan kerja, dan atasan, yang bisa dan akan membantu Anda?

Membuat Daftar Tugas

Orang-orang sukses selalu membuat daftar peke~aa,n yang akan mereka lakukan. Mereka memperbaharui daftar tersebut setiap bulan, setiap minggu, dan seringkali setiap hari. Daftar

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

yang mereka buat tersebut sederhana. dan diurutkan menurut prioritasnya.

Sebuah daftar akan menyebabkan dua hal. Daftar tersebut akan mengkonsentrasikan pikiran pada apa yang perlu dilakukan. sesuai rencana, dan karena itu, akan membuat Anda mencapai tujuan. Lalu daftar tersebut akan memberikan. perasaan puas kepada pada saat Anda menandai pekerjaan yang telah diselesaikan. Merasakan adanya kemajuan adalah bagian penting, dari motivasi.

Anda harus membawa daftar hal-hal yang harus dilakukan beserta Anda dan. mengurutkan prioritasnya menjadi A, B, dan C.

A adalah hal-hal yang "harus dilakukan." B adalah hal-hal yang "perlu dilakukan." C adalah hal-hal yang "baik untuk dilakukan."

jangan tergoda melakukan cara C terlebih dahulu karena. lebih mudah dilakukan. Pastikan bahwa bersenang-senang ada dalam daftar A Anda. Bahkan Einstein meluangkan waktu untuk pergi berlayar dan bermain biola.

Buatlah daftar itu SEKARANG JUGA untuk memastikan Anda mulai bekerja dalam Rencana Kerja.

Pengaturan Waktu

Waktu adalah komoditas paling berharga ketimbang uang. Bagaimana Anda menginvestasikan waktu akan menentukan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

seberapa kaya dan berharganya hidup Anda nanti. Dan waktu tidak bisa dibeh. Waktu diperoleh gratis. Waktu adalah hal yang sama yang din-dliki semua orang, tak peduli apakah kita kaya, bijaksana, berkuasa, atau tidak. Kita semua memiliki 1440 menit sehari dan - kecuali para tahanan penjara - kita bebas memutuskan apa yang akan kita lakukan dengan waktu itu.

Waktu adalah salah satu aset kita yang paling berharga bila dibatasi dengan ketat. Meski takkan pemah bisa menciptakan (atau membeli!) waktu secara fisik, Anda bisa membuang atau kehilangan waktu. Waktu adalah sumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Waktu adalah uang. Apakah Anda

menghabiskannya dengan bijaksana?

Entah sudah bekerja atau masih sekolah, Anda harus bertanya pada diri sendiri ' berapa nilaiku? Seberapa berharganya waktuku? Berapa nilai tiap jamku? Waktu yang Anda habiskan untuk belajar sesuatu yang baru lebih berharga daripada gaji bulanan Anda. Maka pergunakanlah sebaik-baiknya.

Mengendalikan Waktu

Ambil kendali! Anda bisa mengontrol waktu hanya bila merencanakan waktu Anda. Dan waktu yang pada awalnya Anda gunakan untuk membuat rencana akan berbunga. Untuk mengontrol waktu Anda harus menyadari bahwa waktu adalah sumber daya terbatas dan harus digunakan dengan bijaksana. Saat kita membuat anggaran keuangan, tidak jarang kita berkata, "Aku ingin pergi ke Hawaii, tapi aku tak mampu

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

membiayainya." Dengan cara yang sama, kita harus bisa berkata tidak untuk pemakaian waktu yang tidak sesuai dengan tujuan atau prioritas kita.

Bertanyalah pada diri sendiri, apakah hal ini penting atau hanya mendesak? Mulanya, pertanyaan ini mungkin terdengar bodoh, tapi pikirkanlah. Anda harus dapat membedakan keduanya. Di bawah ini ada beberapa contoh yang bisa membantu memberi gambaran kepada Anda:

Penting Tapi Tidak Mendesak § § § § Berpikir dan melakukan sesuatu yang spesifik setiap minggu untuk orang-orang yang Anda cintai. Mengambil waktu tiga puluh menit untuk latihan fisik tiga kali seminggu. Memutuskan apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan.

Mendesak tapi tidak Penting § § § Menjawab telepon yang temyata hanya menawarkan barang. Menyambut tamu yang tak diharapkan di depan. rumah Anda. Interupsi dari seorang rekan ke~a pada saat Anda sedang mengerjakan proyek Anda, untuk mendiskusikan

pertandingan sepak bola kemarin malam.

Apakah Anda melihat perbedaan dasar antara apa. yang penting dan yang "hanya" mendesak? Anda memutuskan apa yang penting. Orang lain memutuskan apa yang mendesak.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Tentu saja, ada saat-saat di mana suatu hal mendesak dan juga penting - sebuah kecelakaan, misalnya.

Tapi umumnya, hal-hal yang paling penting dalam hidup ini biasanya merupakan hal yang paling mudah untuk ditunda. Seringkah, kita membiarkan kebutuhan "mendesak" orang lain untuk mengalihkan kita dari jadwal pribadi kita. Kita. merasa suht untuk mengabaikan. dering telepon atau interupsi peke~aan, tapi kita. mampu memutuskan untuk memulai latihan. cara. hidup yang baru-dan kemudian menundanya. Atau memutuskan untuk duduk dan membuat daftar tujuantujuan kita dalam hidup ini dan kemudian tidak

melaksanakannya karena "selalu saja ada sesuatu yang muncul."

Jawaban untuk mengatur waktu Anda, dan bukannya membiarkan waktu mengatur Anda adalah:

1. Tentukan tujuan. 2. Buatlah Rencana Kerja untuk mencapainya. 3. Secara teratur buatlah daftar mengenai hal-hal yang harus di lakukan untuk menyusun prioritas .

Dengan begini, hidup Anda akan memiliki arah dan tujuan.

Tujuan-tujuan tersebut, tentu saja, tak akan tetap sama. Anda bisa mengubah dan memodifikasinya seiring berjalannya waktu, tapi setiap perubahan adalah bebas dan dibuat Anda sendiri.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Tiga saran untuk mempergunakan waktu sebaik mungkin

adalah:

1. Gunakan waktu luang. Kita semua tak bisa menghindari saat-saat di mana kita tergantung pada jadwal orang lain saat menunggu bis atau kereta atau di dokter gigi, misalnya. Pastikan Anda menggunakan waktu luang seperti itu. Hanya lima menit sehari bila dijumlahkan hasilnya akan lebih dari sembilan puluh jam per tahun. Anda bisa, misalnya, belajar sepuluh kata dari sebuah bahasa asing selama waktu luang tersebut - lebih dari tiga ribu kata per tahun. (Tips: catatlah katakata tersebut pada kartu-kartu pengingat sehingga Anda bisa dengan mudah menggunakannya.) 2. Tentukan batas waktu Anda sendiri. Pemahkah Anda memperhatikan bagaimana orang-orang mehgeluh

karenadiberi batas waktu untuk menyelesaikan sebuah tugas – dan kemudian Menepati memastikan batas waktu mereka bisa

menepatinya?

merupakan

kemenangan, dan kemenangan tersebut harus dirayakan. Sama seperti hal di atas, sangatlah penting membuat batas waktu bagi diri sendiri sehingga proyek-proyek Anda tidak "mengambang." Batas waktu yang Anda buat, dan bagaimana menepatinya, jauh lebih penting daripada batas waktu orang lain. Menepati batas waktu pribadi berarti Anda secara berkesinambungan mencapai tujuan-tujuan. 3. CeritakantujuanAnda.Saat mendiskusikan aspirasi dan tujuan spesifik pada orang lain, otomatis Anda akan meningkatkan motivasi sendiri. Anda telah

memberitahukan kon-titmen pada orang lain dan, karena

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

itu, Anda tak akan mengecewakan diri sendiri. Peluang Anda untuk mencapai tujuan akan lebih besar.

Maka talislah apa yang rencananya akan Anda pelajari, tanggal akan mempelajarinya, dan siapa yang akan menjadi pembimbing mendukung, Anda. Peran pembimbing dan Anda adalah Seorang

menasihati,

memotivasi.

pembimbing adalah dasar yang penting.

Perhatikan dengan Baik

Apakah

Anda

telah

Melakukan

Sesuatu

Anda lebih tahu daripada orang lain kapan melakukan suatu hal yang benar, saat di mana Anda dengan',sukses

menyelesaikan suatu proyek atau pekerjaan. Anda akan lebih bisa menghargai semua prestasi-prestasi kecil itu walaupun hal-hal tersebut mungkin tampak sepele bagi orang lain.

Seorang manajer yang baik selalu memperhatikan dan memuji keberhasilan bawahannya. Jadi, mengapa tidak memberi selamat kepada diri Anda - terutama untuk prestasi-prestasi yang terlihat remeh yang takkan diperhatikan orang lain? Berilah pujian pada diri Anda dengan cara yang sama seperti pada saat Anda memuji orang lain.

“Potensi Anda bukanlah pada masa lalu”

Perhatikan dan hargai tiap kemenangan kecil Anda, dan pujilah diri sendiri. Katakan dengan terbuka kepada diri sendiri, "Hei, John, kau melakukan pekerjaan bagus. Hebat!"

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mengatasi Penurunan Semangat

Turunnya semangat akan menghalangi pekerjaan. Hilangnya semangat akan menyebabkan kondisi gairah kita rendah. Cara mencegah turunnya semangat adalah dengan

menciptakan situasi yang bergairah tinggi, misalnya dengan memainkan musik, bermain, atau berlari.

Sepuluh Detik Pengontrol Stres: saat stres menghantam, gigi Anda akan menggertak dan seluruh tubuh tegang. Cobalah hal di bawah ini untuk mendapatkan kembali rasa santai Anda: biarkan. dagu. jatuh, bahu turun, dan bemafaslah perlahanlahan dari dasar perut. Cobalah sekarang - efeknya langsung terasa.

Kata TerakhIr Kondisi Pikiran

Anda telah diperkenalkan pada beberapa cara praktis dan yang telah terbukti bisa menciptakan sikap penuh percaya diri dan sekaligus santai dalam belajar.

Kita menyebutnya kondisi pikiran "penuh daya guna," karena sikap dan perasaan-perasaan Anda tersebut akan menjadi sumber daya, sebuah kekuatan yang siap pakai. Kekuatan tersebut mengganti pengertian yang selama ini ada dalam pikiran banyak orang.

Dengan kata lain, Anda kini men-dliki metode yang berguna dan positif untuk bersiap belajar. Dasar semua ide ini adalah kepercayaan yang kuat dan sederhana pada adanya

kemungkinan untuk berubah.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Kita mungkin tidak bisa memilih peristiwa-peristiwa yang

terjadi pada kita - tapi kita selalu bisa memilih bagaimana kita bereaksi kepada peristiwa-peristiwa tersebut. Kita bisa

mengontrol pikiran dan nasib kita. Seperti dikatakan dengan baik sekali oleh Marilyn Ferguson, penulis buku The Aquarian Conspiracy,

"Potensi Anda bukanlah pada masa lalu."

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mempelajari Informasi
Sang Dalai Lama membungkuk menghadap sebuah meja. Sinar matahari memantulkan deretan puncak pegunungan Himalaya yang bersalju. Dengan satu tangan pemimpin pertapa Tibet ini menekan lensa pembesar ke matanya; tangan yang lain memutar sebuah obeng masuk ke dalam mekanisme jam tangan. kuno.

"Ini sifat alamiku," ia menjelaskan kepada pembuat

dokumen. "Tiap kah mendapat mainan baru, beberapa menit kemudian aku akan mencoba membukanya. dan melihat apa yang ada di dalamnya." Ia mengangkat jam tangan tersebut, tertawa dengan puas, dan berkata dengan hati-hati, langsung ke dalam lensa kamera: "Inilah cara mempelajari sesuatu."

Apa yang dilakukannya memang merupakan salah satu cara belajar. Dan, karena itu, seperti yang akan kita lihat, Dalai Lama yang terkenal itu bisa kita golongkan sebagai pelajar kinestetik.

Tetapi ini hanyalah salah satu cara untuk belajar. Cara Anda mungkin sangat berbeda.

Pemahkah

Anda

dengan

sadar

memikirkan

mengenai

bagaimana cara belajar yang Anda sukai? Apakah Anda menyadari cara menyerap informasi baru dengan. sangat efektif?

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

(Pelajaryang sukses bisa belajar dengan banyakcara berbeda - tapi satu kesamaan yang mereka mifiki adalah pendekatan aktif dalam befajar

Ada orang, misalnya, belajar dengan sangat baik jika dibiarkan sendiri dengan peralatan mereka. Beberapa orang menjadi bergairah bila memiliki kesempatan berinteraksi dengan teman kelompok mereka. Yang lain menyadari pengaruh dari figur yang berkuasa seperti guru, dosen, pengawas, atau orang tua lebih berarti.

Beberapa murid suka menyetel musik sebagai teman belajar, yang lain mungkin membutuhkan keheningan. Ada yang membutuhkan tempat kerja rapi dan teratur, dimana semua barang berada pada tempatnya; yang lain lebih suka meja berantakan dan penuh kertas-kertas bertebaran di atasnya. Beberapa orang lebih suka duduk di kursi yang nyaman, yang lain merasa perlu berjalan mondar-mandir sambil

merenungkan jawaban sebuah teka-teki.

Pelajar yang sukses bisa belajar dengan banyak cara berbeda - tapi satu kesamaan yang mereka miliki adalah pendekatan aktif dalam belajar. Mereka selalu aktif duduk mendengarkan, membaca dan selalu mengajukan pertanyaan, dan melakukan sesuatu untuk memastikan bahwa mereka menyerap faktafakta tersebut dengan cara paling sesuai preferensi indera mereka.

Anda juga harus mendapatkan fakta-fakta yang sesuai dengan diri Anda. Pastikan Anda mendapatkan informasi dengan cara paling tepat, yaitu cara yang bisa memberi

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

kesempatart

terbaik

memperoleh

dan

mengingat

ilmu

pengetahuan baru tersebut.

Kita akan segera meneliti berbagai macam cara mengenali preferensi pribadi dan cara belajar yang sesuai dengannya, tapi pertama-tama, bacalah lebih dahulu strategi universal yang direkomendasikan.

Pelajari Gambaran Seluruhnya

Salah satu pendekatan terbaik yang bisa diambil semua orang adalah memandang proyek secara keseluruhan. Bila tidak, kita sama seperti mencoba menempatkan potongan-potongan jigsaw tanpa mengetahui gambar aslinya.

Mari gunakan bacaan buku ini sebagai contoh. Lihatlah sekilas ke semua halaman. Catat dalam pikiran Anda juduljudul. bab, sub Judul, dan ilustrasi-ilustrasi. Berhenti dan bacalah dengan cepat setiap hal yang menggugah rasa ingin tahu secara khusus. Ini adalah cara Anda membaca koran. Dan cara ird sangat efektif untuk memulai suatu pelajaran.

Membentuk Ide Pokok

Tiap pelajaran memiliki ide pokok. Sekali Anda mengerti ide pokoknya, semua hal lainnya menjadi masuk akal dan bisa menambah pengetahuan dan pengertian mengenai subyek ini.

Misalnya, ide pokok yang membuat pelajaran sejarah sangat penting adalah karena pelajaran tersebut membantu kita mengenali pola berulang perilaku manusia untuk

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

memperkirakan masa depan. Ide tersebut hanya berhubungan secara tidak langsung dengan tanggal-tanggal. Sekali Anda menggenggam ide pokoknya, keseluruhan subyek menjadi menarik. Sama. seperti novel detektif. Mempelajari berbagai kejadian dan tanggal-tanggal, yang j elas-j elas. tidak saling berkaitan, sangat membingungkan dan tampak tak berguna.

Sketsalah Apa yang Anda Ketahui

Jangan belajar dengan membabi-buta. Buatlah catatan sebelum memulai suatu pelajaran.

Pertama-tama, tulislah apa yang telah Anda ketahui. Jarang Anda masuk ke dalam sesi belajar apa pun tanpa mengetahui

sesuatu mengenai pokok masalahnya. Kenyataan bahwa Anda memiliki beberapa pengetahuan dasar tak hanya akan menimbulkan rasa percaya diri tetapi juga menerangi kesenjangan-kesenjangan dalam pengetahuan Anda. Dengan demikian Anda bisa waspada dan meraih informasi yang bisa mengisi kesenjangan ini.

Catatlah apa yang perlu Anda ketahui lebih lanjut. Dengan begini Anda akan mulai merumuskan pertanyaan-pertanyaan di dalam pikiran, seperti: "Apa yang perlu kuketahui lebih banyak?" Kemudian Anda bisa mulai mencari

jawabanjawabannya dan, sebagai konsekuensinya, Anda akan benarbenar terlibat dalam proses belajar Anda.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Melangkah Satu Per Satu

Membuka buku pelatihan setebal dua ratus halaman bisa membuat proses belajar Anda terasa mengerikan dan penuh beban. Banyak pelajar yang gagal sebelum memulai karena sejak awal mereka sudah kehilangan semangat. Mereka merasa apa yang mereka lakukan sangatlah berat.

Anda bisa menangani hal ini dengan memecah pelajaran menjadi potongan-potongan kecil. Dengan melahap infomiasi seporsi-demi-seporsi, Anda akan mengalan-d sukses-sukses kecil yang berkesinambungan. Otak tidak perlu mengalami gangguan pencemaan. Dengan den-dkian motivasi dan rasa percaya diri akan tetap tinggi.

Sebagai contoh, jika Anda sedang mempelajari sebuah bahasa asing, tidaklah suht menguasai sepuluh kata-kata baru setiap hari. Mungkin jumlah ini kelihatannya,tak banyak, tapi setelah setahun Anda akan berhasil mempelajari 3650 kata, jumlah yang cukup memberi tingkat kompetensi dalam bahasa asing pihhan Anda tersebut.

Bertanya, Bertanya, dan Bertanyalahl

Bertanyalah selalu. Saat menemukan jawabannya, jawaban tersebut akan mudah Anda ingat karena berhubungan langsung dengan masalah-masalah yang diungkit Anda sendiri. Anda akan tetap tertarik dengan pokok masalah tersebut selagi Anda mencari jawabannya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Salah satu hal yang pertama. kah diajarkan kepada seorang jumalis adalah bahwa sebuah kisah (berita) belum lengkap kecuali pertanyaan-pertanyaan ini telah dijawab: Siapa? Apa? Kapan? Di mana? Mengapa? Bagaimana?

Bila diaplikasikan dalam proses belajar, Anda bisa bertanya:

Siapa sumber informasinya? (Apakah bisa dipercaya?) Siapa yang akan mendapat keuntungan dari informasi tersebut?

Apa arti dari ... ? Apa yang bisa kuperbuat dengan ilmu pengetahuan tersebut? Apa implikasi dari hal-hal yang sedang kupelajari?

Kapan penemuan ini dibuat? Kapan bisa diimplementasikan? Kapan aku bisa menggunakannya?

Di mana penelitian. tersebut diadakan? Di mana. hasilnya bisa digunakan?

Mengapa

perlu

melakukan

pekerjaan

ini?

Mengapa

kesimpulannya benar?

Bagaimana aku bisa menggunakan informasi ini? Bagaimana pengaruh informasi ini terhadap apa yang selama ini kulakukan?

Terus-menerus menanyakan hal yang tidak Anda ketahui akan membuat Anda tetap terfokus. Bertanya pribadi juga. yang

merupakan

kunci

pertumbuhan

berkesinambungan. Saat Anda melihat seseorang yang

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

benar-benar ahli dalam suatu hal, tanyalah kepadanya bagaimana ia bisa melakukannya. Anda bisa Apa rahasia

kesuksesannya?

Bagaimana

menyamainya?

Kemudian praktikkan penemuan-penemuan tersebut dalam hidup Anda. Dalam seni, selalu ada "sekolah" melukis pelukispelukis yang sedang belajar berusaha' menyamai teknik sang master dengan melihat, bertanya, dan meniru. Ini adalah cara. yang bagus dalam belajar.

Sekarang mari kita mulai meneliti gaya belajar Anda pribadi

V-A-K!!

Pada

saat

sesuatu

dijelaskan,

bagaimana

cara

Anda

merespons? Apakah Anda lebih suka mengatakan:

a. "Aku bisa melihat apa maksud Anda" § § "Aku. bisa menangkap gambarannya "Kelihatannya hal itu benar." ATAU b. "Kedengarannya benar begitu" § § "Aku mendengarkan apa yang Anda katakan" "Berita Anda terdengar sangat merdu di telingaku." ATAU c. "Rasanya itu benar" • • "Kenyataan itu menghantamku.." "Aku bisa nxnangani hal tersebut."

Mungkin Anda mulai bisa mengenali diri sendiri? Penelitian yang luas terutama di Amerika Serikat, dilakukan oleh Profesor Ken dan Rita Dunn dari St John University di

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Jamaica,

New

York,

dan

oleh

ahli

Neuro-Lingustic

Programming (NLP), Richard Bandler, John Grinder, dan Michael Grinder, menggolongkan tiga gaya berkomunikasi dan belajar yang berbeda:

a. Visual. Belajar melalui penglihatan. Senang melihat gambar-gambar atau diagram-diagram. Menyukai

demonstrasi atau menonton video. b. Auditori. Belajar melalui pendengaran. Senang

mendengarkan audiotape, kuhah, debat, diskusi, instruksi verbal.

Kinestetik. keterlibatan

Belajar

melalui

aktifitas

fisik

dan turun

melalui tangan,

langsung.

Senang

langsung

bergerak, menyentuh, dan mengalami.

Kita semua, sampai pada tingkat tertentu, menggunakan ketiga tipe ini, tapi kebanyakan orang akan menunjukkan preferensi terhadap salah satu tipe, lebih daripada dua tipe lainnya. Sebuah penelitian terhadap lebih dari lima ribu muridmurid di Amerika Serikat, Hong Kong, dan jepang, kelas 5 SD hingga SMA, menunjukkan preferensi cara belajar seperti berikut ini:

Visual 29 persen Auditori 34 persen Kinestetic 37 persen

Tapi, menurut Lynn O'Brien, direktur Penelitian Diagnosa Spesifik di Rockville, Maryland, yang memimpin penelitian ini, setelah mereka dewasa preferensi visuallah yang

mendominasi.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Hal ini tidaklah mengherankan bila Anda menyadari kenyataan bahwa 70 persen sensor penerima dalam tubuh kita berada di dalam mata. Untuk menyerap sinar terang, retina men-dhki 120 juta sel batang dan 7 juta sel kerucut, di mana tiap sel batang atau kerucut memusatkan diri pada sebuah segmen spesifik dan kecil di dalam area visual.

Pada praktiknya, menurut penelitian Universitas Wisconsin, murid-murid mengalami perbaikan sampai 200% ketika peralatan visual digunakan untuk mengajar kosa kata.

Mengenah dan memahami segala ragam gaya. belajar Anda pribadi - dan, hal yang sama pentingnya, gaya belaj ar orang lain -akan membuka pintu kepada kinerja yang lebih baik dan pengalaman yang lebih kaya dalam segala. aspek kehidupan Anda.

Anda akan mampu menyerap informasi dengan lebih cepat dan lebih mudah. Anda akan mampu mengenali dan menghargai cara-cara yang disukai orang-orang di sekitar dalam menerima informasi. Anda akan mampu berkomunikasi dengan lebih efektif dan memperat hubungan Anda dengan mereka. Anda akan mampu menyesuaikan gelombang Anda untuk mencapai pengertian dengan orang-orang yang selama ini tak pemah Anda mengerti, dan dengan orang-orang yang tampaknya tak pemah mengerti Anda.

Untuk bisa melakukan hal ini dibutuhkan latihan, kemauan, dan waktu. Anda harus mencari hal-hal yang tidak Anda lihat sebelumnya, mendengarkan dan merasakan hal-hal yang tak pemah Anda dengar dan rasakan sebelumnya. Anda harus

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

bisa menyesuaikan pesan dengan jalan pikiran orang yang Anda ajak berkomunikasi.

Apakah

ada

perkecualiannya?

Menurut

pendukung

neurolinguistik Michael Grinder, pengarang buku Righting the Educational Conveyor Belt, dalam sebuah grup tipikal berisi tiga. puluh murid, dua puluh dua orang memiliki

kecenderungan Visual, Auditori, dan Kinestetik yang cukup sehingga. mereka mampu belajar tak peduli bagaimana cara pelajaran disajikan.

Dua atau tiga. murid memiliki kesulitan. belajar, tak peduli bagaimana gaya penyajiannya, karena faktor-faktor di luar ruangan kelas. Yang lain, 20 persen dari grup, menyukai satu gaya begitu rupa sehingga. mereka sangat sulit mempelajari sesuatu kecuali subyeknya disajikan dalam model yang mereka sukai.

Menurut Grinder, dari ketiga tipe ekstrim di atas, yang paling sulit adalah bila seseorang hanya menyukai gaya belajar kinestetik. Dalam tiap penelitian terhadap "anak-anak dalam kondisi kritis", kinestetik merupakan mayoritas terbesar dari 26 persen remaja putus sekolah."

Apakah Anda termasuk tipe Visual, Auditori, atau Kinestetik?

Visual §

Suka membaca, menonton TV, pergi ke bioskop, mengisi teka-teki silang. Lebih suka membaca daripada dibacakan.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mungkin akan memperhatikan ekspresi wajah pada saat Anda berbicara atau membacakan sesuatu kepadanya. § Mengingat orang melalui penglihatannya, tidak pemah melupakan wajah orang. Mengingat kata-kata menurut bentuknya, biasanya mahir dalam mengeja, tapi sulit mengingat urutan abjad kecuali mengulanginya dari awal. § § § Saat diberi atau. memberitahu arah lebih suka

menggunakan peta. Selera berpakaian: penuh gaya. Memperhatikan

penampilan. Menyukai wama-wama. yang serasi. Mengungkapkan emosi melalui ekspresi wajah.

Auditori

Menggunakan

kata-kata

seperti

memandang,

melihat,

gambar, sudut pandang, menerangi, perspektif, kelihatannya, nampak jelas, fokus, terang, berpandattgan sempit.

Aktifitas kreatif: menulis, menggambar, melukis, mendesain, mencorat-coret.

Menangani proyek dengan membuat rencana awal, melihat gambaran utuhnya §ecara keseluruhan. Menyusun rencana permainan dengan membuat daftar-daftar. Berorientasi

sampai ke detil-detilnya.

Berbicara dengan cepat-tapi mungkin pendiam di dalam kelas.

Berinteraksi dengan mengadakan kontak mata dan ekspresi wajah.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Selama waktu tenang suka mencorat-coret atau memandang ke langit.

Suka berbisnis dengan bertemu muka-dengan-muka.

Memiliki ingatan visual yang sangat baik, mampu mengingat di mana ia meletakkan sesuatu pada harihari sebelumnya.

Merespons dengan lebih baik bila Anda memperlihatkannya daripada mengatakannya.

Suka mendengarkan radio, musik, drama, dan debat. Anakanak yang men-dhki kecenderungan auditori akan suka bila kita membacakan cerita dengan penuh penghayatan.

Ingat nama-nan-ta orang. Mahir dalam mengingat faktafakta. Suka berbicara dan memiliki kosa kata yang luas. Memberikan pengarahan secara verbal - "Belok kiri dan jalan terus sampai melewati jembatan, kemudian belok ke kanan." Senang menerima instruksi dengan cara yang sama.

Selera berpakaian: Merek sangat penting! Selalu tahu siapa desainemya dan bisa menjelaskan mengapa ia memilih baju tersebut.

Kinestetik

Mengungkapkan emosisecara verbal melalui perubahan nada suaranya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Menggunakan kata- kata dan ekspresi seperti: kedengarannya baik, aku mendengar apa yang kau katakan, berita itu sangat indah di telingaku, katakan, dengarkan, memanggil, omong kosong, alasan, telingaku siap nwndengarkan, tahanlah lidah Anda, jaga bicara Anda, ngomong-ngomong, perhatikan, berkata terus terang, lidahku kelu, .

Aktifitas

kreatif:

menyanyi,

bercerita,

main

musik,

menceritakan lelucon, berdebat, berfilsafat.

Menangani

proyek

dengan mendebatkan

membicarakan masalah-masalah,

prosedurprosedumya,

menghasilkan solusi verbal.

Berbicara dalam tempo medium. Suka berbicara, bahkan di dalam kelas.

Berhubungan dengan orang lain melalui dialog, diskusi terbuka.

Selama waktu tenang bersenandung atau berbicara pada dirinya sendiri.

Suka berbisnis melalui telepon.

Cenderung mengingat dengan baik kata-kata dan ideide yang diucapkan.

Merespons lebih baik bila mendengar informasi daripada membaca.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Menyukai kegiatan yang aktif, baik dalam hal sosial maupun olahraga, seperti berdansa dan mendaki.

Mampu mengingat kejadian-kejadian: hal-hal apa yang terjadi.

Memberikan

pengarahan

dengan

menunjukkan

sendiri

jalannya - "Lebih mudah bila Anda langsung mengikuti saya."

Selera berpakaian: Kenyamanan dan jenis bahan lebih penting daripada gaya.

Mengungkapkan gerakan otot.

emosi

melalui

bahasa

tubuh,

dengan

Menggunakan- kata-kata dan ekspresi seperti: rasanya benar, menyentuh, menangani, buka kartu, main tangan, tarik urat, genggamlah, ringan tangan, tahan!, katakatamu setajam pisau, kacau balau.

Aktifitas kreatif: prakarya, berkebun, berdansa, olahraga. Berbicara dalam tempo yang lebih lambat.

Berhubungan

dengan

orang

lain

melalui

kontak

fisik,

mendekat, menyentuh.

Selama. waktu tenang gehsah ke sana ke mari; tidak bisa duduk tenang!

Suka berbisnis sambil melakukan sesuatu, berjalan-jalan, sambil bermain golf.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mengingat lebih baik melalui peralatan belajar tiga dimensi, seperti kartu-kartu kecil.

Mampu mempelajari konsep-konsep dengan baik bila bisa. memanipulasi obyek, contoh: seperti Dalai Lama dan jam tangannya.

Cara kita menggunakan kata-kata adalah salah satu cara terbaik untuk menentukan kecenderungan gaya belajar kita. Bandingkan hal-hal berikut sebagai contoh:

Visual

Lihat saja nanti. Kelihatannya.... Jelas sekali kita memiliki pandangan yang berbeda. Aku ingin Anda melihat hal ini. Anda harus mengusir bayangan keraguan Anda. Masalah itu agak kabur bagiku.

Auditori Mari kita bicara nanti. Aku berkata pada diriku.... la berlidah dua. Kedengarannya... Setiap kata yang diucapkannya benar. Aku tak pemah dengar bahwa....

Kinestetik

Mari tetap berhubungan. Perasaanku mengenai hal itu... Aku tidak bisa menangani hal ini. Aku ingin Anda memegang hal ini. Aku tidak yakin aku bisa mengikuti Anda.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Sangatlah tidak biasa jika Anda berada hanya pada satu kolom saja, karena kita semua menunjukkan gabungan beberapa elemen dalam keseluruhan gaya komunikasi dan belajar kita. Tapi mungkin Anda dengan mudah bisa mengenali kecenderungan metode Anda.

Intinya adalah bila menggunakan teknik yang paling sesuai dengan kecenderungan indera Anda, Anda bisa menyerap informasi dengan efisien.

Tentu saja, tugas-tugas belajar yang berbeda memaksa kita menggunakan metode belajar berbeda, karena itu. Anda harus fleksibel. Dan, biasanya, kita tak bisa memilih bagaimana sebuah informasi disajikan kepada kita. Tapi, jika Anda memiliki teknik untuk mengubah sumber informasi (tak peduli apakah itu buku, video, kuliah, atau kaset) menjadi bentuk informasi yang bisa dipelajari sesuai preferensi Andamaka Anda akan belajar dengan baik.

Inilah teknik utamanya. Ujilah semua uraian di atas dan temukan teknik apa yang paling sesuai dengan Anda. Cobalah menggunakan kombinasi teknik-teknik ini, karena kita

menyimpan ingatan visual (V), auditori (A), dan kinestetik (K) dalam bagian yang berbeda di dalam otak. Karena itu. cara belajar multisensor adalah cara paling efektif.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

STRATEGI VISUAL

Peta Belajar

Sebuah cara yang dinamis menangkap inti informasi yang penting adalah dengan menciptakan peta belajar. Di dalam peta belajar digunakan format global, sehingga informasi bisa ditunjukkan seperti cara kerja otak, yaitu dengan bekerja ke banyak arah secara berkesinambungan.

Penelitian

yang

dilakukan

Robert

Omstein

dan

penelitianpenelitian lain telah menunjukkan proses berpikir merupakan kombinasi kompleks dari kata-kata, gambar, skenario, wama, dan bahkan bunyi serta musik. Karena itu cara menyajikan dan menangkap isi pelajaran dengan membuat peta belajar rata-rata cukup dekat dengan cara operasi pemikiran otak yang alami.

Otak bagai hutan lebat yang terdiri berpuluh-puluh ribu. pohon, dengan beratus-ratus dahan, berjuta-juta cabang, dan bermilyar-milyar ranting. Peta belajar dibentuk dengan cara yang sama. Di sini informasi disimpan pada cabang-cabang dari sebuah tema pusat, walaupun dalam skala yang jauh lebih kecil! Ketika membuat peta belajar, gaya pemrosesan dari belahan otak kiri maupun kanan akan sepenuhnya terlibat.

Dengan menggunakan peta belajar, informasi baru yang diserap akan mudah diingat dan terus diingat otak kita. Format ini sangat sesuai untuk pelajar Visual dan Global dan sebagai tambahan, otak yang "emosional" bisa dilibatkan lebih jauh

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

dengan penggunaan berbagai jenis wama dalam peta belajar tersebut. Lagipula, informasi yang Anda buat sendiri dalam bentuk peta belajar tersebut akan bersifat pribadi dan spesifik bagi Anda.

Membuat catatan visual adalah hal yang telah dilakukan sepanjang sejarah manusia. Lihatlah lukisan-lukisan gua dari manusia primitif dan tuhsan hiroglif dari zaman Mesir kuno. Jika ditinggalkan dengan peralatan mereka sendiri, anak-anak juga akan membuat sketsa dan mencorat-coret ketika diberikan ide-ide baru.

.... proses berpikir merupakan kombinasi kompleks dari katakata, gambar, skenario, wama, dan bahkan bunyi serta musik

Seniman

master,

Nancy

Margulies,

pengarang

buku

Mapping Inner Space dan Yes, You Can Draw berkata, "Sebelum menciptakan bahasa, kita memvisualisasikan

gambar-gambar di pikiran kita dan mengaitkannya pada konsep-konsep. Sayangnya, kita sering memblokir saluran kreatif itu dengan melatih anak-anak menulis kata-kata saja, secara monokrom, di atas kertas bergaris."

Memang, bagi kebanyakan dari kita, ide tradisional untuk menulis adalah secara linier, pada kertas bergaris,

menggunakan satu wama senada (biasanya biru, hitam, atau, abu-abu), adalah kebiasaan yang sudah mendarah-daging. Hal tersebut juga monoton dan membosankan!

Tanyalah Tony Buzan, pengembang teknik peta belajar yang disebutnya Pemetaan Pikiran, "Dan apa yang dilakukan otak

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

bila ia. bosan? Ia memudar, padam, dan pergi tidur. Jadi, sembilan puluh lima persen dari populasi manusia sedang membuat catatan-catatan dengan cara yang hanya akan membuat mereka bosan dan teralih perhatiannya, dan mengirim kebanyakan dari mereka ke kondisi tak sadar."

"Cobalah hhat perpustakaan di sekolah-sekolah, universitas, kota-kota besar maupun kecil di seluruh dunia. Apa yang dilakukan separuh orang-orang di perpustakaan itu? Tidur! Tempat kita belajar menjadi kamar tidur umum raksasa!"

Melatih kembali otak kita untuk menggambarkan ide-ide yang berhamburan dari sebuah gambaran pusat membutuhkan latihan dan kesabaran. Triknya adalah melatih keahlian itu sampai menjadi hal yang otomatis.

Anda akan menyadari bahwa sebuah peta belajar membuat Anda mampu menyimpan informasi yang besar dalam satu. halaman saja, dan juga menunjukkan hubungan di antara bermacam-macam konsep dan ide. Representasi visual ini menolong Anda untuk memikirkan sebuah subyek dalam cara yang global dan membiarkan pikiran Anda fleksibel. Dalam sebuah peta Anda bisa dengan jelas melihat struktur subyek, yang mungkin takkan terlihat jika ditulis dalam bentuk daftar catatan. Anda bisa melihat tema-tema berbeda tetapi juga bisa melihat hubungan di antara tema-tema tersebut. Catatan linier tidak bisa mengikuti kompleksitas pikiran kita. Peta belajar memungkinkannya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

MEMBUAT PETA BELAJAR

Mulai dengan Topik di Tengah

Mulailah dengan menempatkan tema pusat di tengah halaman. Hal ind memaksa Anda mendefinisikan inti pelajaran - titik awal dari cara belajar yang efektif.

Buatlah inti tema ini cukup kecil sehingga Anda men-tiliki tempat untuk menggambarkan sub-subtema dengan jelas di sekehhngnya. Subtema bisa dihubungkan dengan tenia utama dengan menggunakan garis, seperti jari-jari roda.

Gunakan Kata-kata Kunci

Ind peta belajar adalah menangkap hanya fakta-fakta penting sehingga, ketika Anda mengulang kembali, ingatan mengenai seluruh pelajaran akan terpicu hanya dengan melihat pokokpokok penting tersebut. Dengan begini, biasanya katakata yang digunakan sebagai kunci adalah kata ke~a dan kata benda. Setiap informasi "pengisC lainnya akan disediakan ingatan Anda begitu ia "disentakkarC peta belajar tersebut.

Bekerja Keluar

Bekerjalah dari tema pusat keluar ke segala arah. Batasi dahandahan utama sekitar lima sampai tujuh buah saja.

Gunakan Simbol, Wama, Kata, Gambar, dan Bentuk Lain Kombinasi dari banyak gaya akan membuat peta belajar makin mudah diingat. Untuk menambah keanekaragaman,

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

variasikan ukuran kata di seluruh peta. Tulislah kata-kata kunci atau frasa dalam huruf besar yang dicetak tebal. Gunakan sesedikit mungkin kata. Gunakan simbol yang mudah dikenali - tanda silang, tanda periksa, tanda seru, tanda tanya, gambar orang, hati, segitiga, dan seterusnya.

Buatlah Peta Belajar seperti Papan Reklame

Sediakan

tempat

kosong

yang

cukup

di

antara

informasiinformasi sehingga tiap kata dan bentuk berdiri sendiri. Buatlah peta ini menyolok, mengagetkan, dan mudah diingat. Buatlah semenyolok yang Anda suka. Buatlah katakata penting seperti melompat keluar dari halaman.

Beri Wama-wami

Tandai berbagai kunci atau. tema inti menggunakan wamawama yang menghubungkan mereka bersama. Buatlah segamblang yang Anda suka.

Sempuma karena Berlatih

Jangan berharap Anda bisa membuatnya dengan tepat pada saat pertama. Sebenamya, lebih baik jika menggambar ulang peta belajar Anda. Dengan begini, Anda akan semakin mengingat detil-detilnya.

Lakukan dengan Cara Sendiri

Anda tak perlu menjadi seorang seniman. grafis untuk bisa mahir membuat peta belajar ini. Yang penting adalah

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mengembangkan

gaya

sendiri.

Sebaiknya,

gunakan.

penggambaran. visual sebanyak mungkin. Tony Buzan, misalnya, gambar. sangat menekankan kebutuhan representasi

Tapi, sekali lagi, bakat seni tak diperlukan. Jauh lebih berarti jika mengembangkan gaya pribadi sendiri, dan menciptakan peta-peta yang bisa Anda mengerti dan bisa menolong menanamkan informasi tersebut ke dalam ingatan jangka panjang. Cobalah sedikit lebih kreatif tiap kali Anda

menggambar peta belajar yang baru.

Peta Belajar menjadi Peta Memori

Kita menggunakan istilah peta belajar untuk mendeskripsikan. kegunaan peta-peta ini sebagai alat masukan. Kita

menggunakan istilah peta nwmori untuk mendeskripsikan. pembentukan. mereka dan menggunakannya sebagai alat perevisi atau pembuat kesimpulan.

Mengapa Peta Belajar Cara yang Baik

Anda akan menghemat waktu karena hanya akan mencatat, dan kemudian membaca dan mengulang kata-kata kunci dan bukan menyelidiki semua materi tak penting. Hubungan antara berbagai inti juga akan lebih jelas. Sifat peta yang visual dan. beraneka segi ini membuat otak lebih mudah menyerap dan mengingat. Karena itulah kita mengakhiri tiap bab dengan peta memori sebagai kesimpulan.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Gunakan Stabilo

Bila buku pelajaran Anda milik pribadi, menggunakan stabilo akan sangat menolong. Ketika Anda melihat kembali materi itu sehari, sebulan, atau bahkan setahun kemudian, Anda telah menandai hal-hal penting dari informasi baru itu.

Perhatikan penekanan pada kata baru. Banyak orang

menandai semua ide-ide penting dalam sebuah paragraf. Memang kedengarannya logis, tapi sebenamya tidak. Inti dari proses belajar adalah mendapatkan informasi baru atau cara baru melihat informasi lama.

Menandai sesuatu yang telah diketahui hanya akan

menambah pekerjaan saat Anda ingin mengulang secara singkat di kemudian hari. Dan pengulangan singkat mengenai apa yang telah dipelajari adalah bagian penting untuk bisa benar-benar "mengunci" informasi tersebut.

Hasilnya? Anda bisa mengulang kembali seluruh buku hanya dalam waktu lima belas menit saj a.

Duduk Tenang dan Visualisasikan

Kebanyakan dari kita perlu duduk dan memikirkan dengan tenang apa yang baru saja kita lihat, baca, atau dengar. Ulangi semuanya itu dalam mata pikiran Anda dan buatlah "film mental" mengenai hal tersebut. Sedikit mirip dengan pengulangan langsung yang sering terjadi dalam siaran

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

olahraga. Hal ini akan menolong menyimpan informasi dalam ingatan visual Anda.

Pramugari TWA menggunakan gambaran tes keselamatan

untuk mendorong angka kelulusan mereka dari 70 persen menjadi 100 persen dengan tahap berikut.

1. Mereka menjelajahi pesawat dan memperhatikan semua lokasi keselamatan., . 2. Kemudian mereka menuliskan dalam diagram-diagram semua lokasi yang bisa mereka ingat. 3. Mereka mengeceknya dengan diagram master., 4. Kemudian mereka duduk, memejamkan mata, dan

memvisualisasi penjelajahan yang sebenamya dalam mata. Pikiran mereka. Akhimya, mereka mengisi diagram lokasi itu. Sekali lagi.

Bagaimana Anda bisa menambahkan gambaran mental nanti bila mempelajari sesuatu yang baru?

Gambarlah

Seringkali strategi visual yang paling sederhana adalah menggambar sketsa atau mendesain sebuah tabel, grafik, atau diagram.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

STRATEGI AUDITORI

Bacalah Secara Dramatis

Kita mengingat apa yang dramatis. Sebuah gaun bungabunga berwama pastel mungkin terlihat cantik, tapi

kemungkinan tak akan diingat orang. Setangkai bunga wama. merah darah pada sebuah gaun hitam akan lebih mudah diingat,

Sama seperti bentuk-bentuk visual bisa diingat, begitu pula suara. Jadi bila Anda mempelajari sebuah kalimat yang penting atau sulit, cobalah membacanya keras-keras secara dramatis. Anda bisa menggunakan aksen asing atau

membisikkannya. (Kita seringkah membisikkan sesuatu yang penting!)

Melakukan penekanan auditori semacam ini pada materi pelajaran pasti akan membantu Anda "mencetak" informasi tersebut dalam ingatan.

Bacalah Kesimpulan Keras-keras

Apakah Anda ingat statistik yang telah kita kutip sejauh ini? Kita cenderung mengingat dua kali lebih banyak mengenai sesuatu yang kita ucapkan keras-keras daripada yang hanya kita baca.

Jadi berhentilah secara teratur dan simpulkan kalimatkalimat yang telah Anda baca dalam buku ini keras-keras. Bunyi dari suara sendiri menambah kemampuan mengingat. Tape

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

recorder baik untuk para pelajar auditori. Rekamlah catatan kesimpulan Anda dan putarliah di mobil.

Dr. Win Wenger dari Proyek Renaisans di Gaithersburg, Maryland, membuat penelitian bahwa kunci mempelajari sesuatu adalah apa yang ia sebut "artikulasi mendetil". Tindakan yang Anda lakukan untuk mendeskripsikan sesuatu yang baru akan mempertajam persepsi dan ingatan mengenai hal

tersebut. Semakin detil yang Anda ungkapkan, semakin banyak hubungan-hubungan yang Anda bentuk dan semakin m udah Anda mengingatnya.

Dr. Wenger merekomendasikan, bila Anda. membaca sesuatu yang baru, sebaiknya pejamkan mata dan deskripsikan apa yang telah Anda pelajari keras-keras. Alasan mengapa cara ini berhasil dengan baik adalah karena Anda telah

membaca*nya, membayangkannya (saat Anda mengingatnya kembali dengan mata terpejam), dan mendeskripsikannya keras-keras. Jadi otomatis Anda belajar dan menyimpan informasi dengan cara multisensor. Sederhana, tapi manjur.

STRATEGI KINESTETIK

Berjalan Mondar-mandir sementara Anda Membaca atau Mendengarkan

Di

sekolah

biasanya

kita

diperintahkan

untuk

tidak

mondarmandir. Ini sebelum kita menyadari, bahwa ada pelajar

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

dengan kecenderungan cara belaiar fisik yang memerlukan cara mengekspresikan kecenderungan tersebut.

Cobalah berjalan mondar-mandir. Bangkit dan bergeraklah setiap dua puluh lima atau tiga puluh menit. Corat-coret, beri garis bawah dengan spidol wama-wami, buat catatan, dan buat peta belajar. Bila perlu, gambarlah sebuah diagram atau grafik atau bahkan berhenti dan buatlah tiruan model sederhana.

Ujilah berapa banyak Anda memerlukan elemen fisik dalam. proses mengasimilasi informasi. Sebagai contoh, sebuah meja tulis mungkin tidak memberi hasil sebaik jika Anda

menggunakan meja pangku.

Buatlah Catatan pada Kertas Stiker atau Kartu Index

Toko alat tuhs menjual kertas stiker. Yang dimaksud dengan kertas stiker ini adalah lembaran-lerribaran kertas kuning kecil yang dibuat menjadi bloknote. Tiap lembar yang berbentuk bujur sangkar kecil memiliki jalur yang lengket di belakangnya sehingga bisa ditempel.

Karena kertas stiker kuning ini berukuran kecil, Anda terpaksa mengurangi catatan-catatan menjadi bentuk yang sangat singkat. Kata-kata kuncinya akan "melompat keluar" ketika Anda melihatnya kembali. Jika menempelkan semua kertas stiker tersebut pada selembar kertas yang besar dalam urutan logis, Anda akan bisa menyusun pikiran secara fisik.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Kartu indeks bekerja sama baiknya. Anda bisa menaruhnya di dinding sebagai pengingat.

Tuliskan

Menulis dan segala jenis membuat catatan mengubah masukan auditori (sebuah ceramah) menjadi sebuah bentuk fisik.

Belajar dalam Kelompok

Mungkin, strategi belajar satu-satunya yang terbaik adalah belajar bersama, belajar dengan orang lain atau dalam sebuah kelompok.

Beri Tanda Periksa

Bila Anda sedang mempelajari sebuah buku teks atau petunjuk instruksi yang besar, buatlah tanda tipis dengan pensil di tiap akhir paragraf untuk menunjukkan bahwa Anda telah benarbenar memahan-dnya. Ini semacam sinyal kepada otak untuk mengund informasi tersebut. Lebih lagi, Anda bisa mengenali tempat terakhir belajar bila. Anda mulai kehilangan konsentrasi. Tentu setelah tandai dengan tanda periksa!

Baca Ulang

Adalah baik membaca dan membaca ulang sebuah kalimat yang sulit. Sekali-sekali ucapkanlah keras-keras. Anda bisa berkonsentrasi memahami bagian per bagian yang berukuran kedl, sehingga tidak merasa terbebani keseluruhan bab.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Bahkan orang-orang yang telah mempelajari pelajaran paling run-dt sekahpun memulai pelajarannya dengan dasar-dasar yang sederhana dan baru kemudian meningkat.

STRATEGI VAK

Yang terbaik bagi Anda adalah menemukan kombinasi cara belajar. Proses belajar multisensor bisa sama sederhananya seperti:

Membaca melihatnya.

dan

menggambarkan

materi....

Anda

telah

Membuat pertanyaan-pertanyaan dan merekam jawabannya keras-keras …. Anda telah mendengamya.

Menuliskan inti-inti penting dalam kartu-kartu indeks dan menyusunnya dalam urutan yang logis ….. menanganinya secara fisik. Anda telah

Mengeja

Telah diungkapkan bahwa ~engeja-pengeja yang baik tanpa kecuali memasukkan gambaran (V) dari sebuah kata ke dalam ingatan dan bisa "merasakan~' (K) apakah kata tersebut benar. Pengeja yang buruk tidak menggunakan tahap ini. Sebaliknya, mereka mencoba mengecek hasil peke~aan mereka secara fonetik (A) dan, terutama bila Anda

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mempelajari bahasa Inggris, ini adalah perkiraan yang sangat payah untuk mengoreksi pengejaan!

Akibatnya, jauh lebih produktif bila kita mengajarkan pada pengeja yang buruk tahap-tahap V dan kemudian K, daripada memintanya mengingat dengan susah-payah pengejaan yang spesifik dari beribu-ribu kata. Anda akan mengajamya sebuah prinsip yang benar dan bisa dipegang kebenarannya dalam beribu-ribu situasi berbeda.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mencari dan Menafsirkan Arti
Pernimpin FBI, J. Edgar Hoover, adalah salah satu orang paling ditakuti di Amerika. Ia mendominasi biro pernerang kejahatan tersebut selama masa kekuasaannya yang panjang dan memerintah dengan tangan besi. Mengambil risiko untuk membuat Hoover murka sama dengan mengambil risiko "diasingkan" ke pos penjagaan yang paling tidak dinginkan di Midwest.

Hoover, yang dikenal sebagai orang yang rewel, selalu menginginkan kerapian dalam hal korespondensi. Suatu kali, ia sangat marah melihat kecerobohan dalam sebuah memo yang diterimanya. Memo tersebut mernberitahukan mengenai bahaya potensial adanya kelompok teroris di kota-kota Amerika Serikat. Memo itu. diketik dengan berantakan dan batas tepinya pun kacau-balau. Karena itu, Hoover menulis instruksi vital : Perhatikan batas-batas! pada bagian atas halaman memo tersebut dan mengembalikannya kepada eksekutif yang bersangkutan. Perintah Hoover dengan cepat dipatuhi. Dalam dua minggu ratusan agen FBI mengawasi perbatasan Mexico dan Canada!

Dari kisah ini bisa. dilihat bahaya mengartikan suatu masalah begitu saja, tanpa berhenti dulu untuk bertanya atau meneliti apa yang sebenarnya dimaksud. Tidak seperti bawahan Hoover yang sial itu, Anda perlu, benar-benar meneliti sebuah informasi untuk mendapatkan pesan yang benar.

Untuk benar-benar meneliti sebuah informasi, Anda harus menggunakan cara-cara yang sesuai dengan kombinasi

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

intelegensia Anda yang unik. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan seluruh kekuatan mental Anda.

Otak yang mengagurnkan memiliki delapan intelegensia: linguistik, logis-matematis, visual-spasial, musikal,

interpersonal, intrapersonal, naturalis, kinestetik tubuh,., Nah, dengan kedelapan intelegensia inilah Anda. bisa meneliti dan benar-benar mengerti sesuatu yang sedang dipelajari.

MENGAKTIFKAN KEDELAPAN INTELEGENSIA

Mengembangkan dan menggunakan seluruh intelegensi akan menghasilkan cara belajar seimbang. Cara belajar ini selain sesuai kekuatan yapg Anda miliki sekarang, juga membuat Anda dapat berkembang dan tumbuh sebagai seorang manusia.

Menggunakan seluruh intelegensia juga akan mendorong Anda berpikir dengan cara-cara baru, sehingga Anda akan menjadi lebih kreatif.

Guru-guru

sekolah

dan

pelatih

perusahaan

biasanya

menanamkan

pengetahuan

dengan

menggunakan

intelegensia. linguistik dan logis maternatis. jadi, bila otak secara. alami paling cocok bila bekerja dengan kata-kata dan gambar, Anda akan lebih berhasil dalam sebuah lingkungan pendidikan formal.

Bila menyukai gaya mengajar yang mengungkapkan pokok masalah sedikit demi sedikit dalarn langkah-langkah logis,

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Anda. akan menyukai susunan buku-buku teks dan buku kuliah.

Bila pendekatan-pendekatan semacam ini tidak sesuai, Anda tidak akan merasa puas, dengan cara pengajaran tradisional.

Howard Gardner menyebut cara pengajaran tradisional sebagai "teori pendidikan dengan satu kemungkinan." Bila materi disampaikan dengan gabungan sernua atau

kebanyakan dari kedelapan intelegensia itu, Gardner berkata bahwa ada "banyak kesempatan" bagi kita untuk bisa mendalami materi tersebut.

Anda harus meneliti proses belajar dengan bentuk-bentuk intelegensia mana yang Anda sukai, bahkan bila pengajar tak bisa memenuhi kebutuhan tersebut, untuk menciptakan proses belajar yang "dalam," bukan yang "dangkal".

"Dalam praktik pendidikan tradisional, begitu banyak orang yang dianggap hanya memiliki sedikit kernampuan belajar," kata Gardner.

Cara belajar yang baik adalah dengan menggunakan sebanyak mungkin intelegensia. Dengan demikian, Anda bisa mengolah apa yang di pelajari dengan cara utuh.

Para guru tak perlu mengenali gaya belajar yang disukai setiap murid. Hal ini terlalu berlebihan! Sebaliknya, yang harus mereka lakukan adalah berputar melalui sekumpulan aktifitas menggabungkan sebanyak mungkin jenis-jenis intelegensia.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Dengan begini, guru bisa mencapai keseluruhan kelas mereka, tak hanya orang-orang yang intelegensianya

didominasi linguistik dan logis matematis. Tapi bila mereka memperluas cara pengajaran, mereka juga akan mengajar dengan lebih mendalam, karena tiap orang memiliki beberapa cara untuk bisa memahami suatu pelajaran.

MIS INTELEGENSIA

Intelegensia mana yang lebih Anda sukai? Intelegensia mana yang menjadi kekuatan Anda?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut, Anda akan mampu mengukur bentuk intelegensia mana yang merupakan kekuatan, dan yang mana-yang merupakan kelemahan Anda. Dengan mengetahuinya, Anda akan mampu memusatkan diri dan memanfaatkan kemampuan-kemampuan yang Anda miliki sebaik mungkin, dan selain itu - bila Anda memang mau - bisa mengembangkan kemampuan-kemampuan lainnya.

Sekali lagi perlu ditekankan di sini, kebanyakan orang memiliki gabungan beberapa intelegensia sehingga kita tak bisa menganggap seseorang hanya sebagai tipe "logis-matematis" atau kinestetik fisik. Daftar berikut didesain untuk membantu mengembangkan apresiasi yang lebih utuh terhadap

intelegensia - intelegensia yang Anda sukai. Periksalah tiap kalimat yang sesuai dengan Anda dan jumlahkanlah.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Linguistik

1. Anda senang bermain dengan kata. Membuat permainan bunyi kata, mengucapkan serangkaian kata-kata sukar, dan bermain pantun jenaka. Anda menyukai puisi, cerita, dan pantun. 2. Anda membaca segala hal - buku, majalah, koran, bahkan label-label produk. 3. Anda bisa dengan mudah dan percaya diri

mengekspresikan diri baik secara lisan maupun tulisan, mungkin Anda adalah seorang pendebat persuasif dan seorang pencerita atau penulis yang baik. 4. Anda sering membumbui percakapan dengan kiasankiasan mengenai apa yang pernah Anda baca atau dengar. 5. Anda suka teka-teki silang, main scrabble, atau teka-teki katakata lainnya. Anda bisa mengeja dengan baik. 6. Anda memiliki kosa kata luas sehingga orang-orang kadang harus meminta Anda menjelaskan arti kata yang Anda gunakan. Anda suka menggunakan kata yang tepat dalam konteks. 7. Di sekolah Anda lebih suka mata pelajaran seperti bahasa dan sastra Inggris, sejarah, dan studi sosial. Anda sadar akan kebutuhan membangun kosa kata anak Anda. 8. Anda bisa mempertahankan pendapat dalam argumen verbal atau debat, dan memberi petunjuk arah dan penjelasan yang jelas. 9. Anda suka berpikir dengan cara. membicarakan masalah, menjelaskan penyelesaian, mengajukan pertanyaan pertanyaan.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

10. Anda

bisa

langsung

menyerap

informasi

dengan

mendengarkan radio atau tape-recorder atau kuliah-kuhah. Katakata dengan mudah tercatat dalam pikiran Anda.

Total:

Logis-Matematis

1. Anda senang bekerja dengan angka dan bisa melakukan kalkulasi dalam pikiran. 2. Anda tertarik pada kemajuan ilmu pengetahuan terbaru, dan suka bereksperimen dengan sesuatu untuk melihat bagaimana cara kerjanya. 3. Anda bisa membuat perNtungan buku cek dan anggaran rumah tangga dengan mudah. Anda menciptakan

targettarget numerik dalam bisnis dan kehidupan pribadi. 4. Anda suka membuat rencana perjalanan yang detil untuk sebuah liburan atau perjalanan bisnis. Anda sering menyiapkan, memberi nomor, dan melaksanakan daftar halhal yang ingin Anda lakukan. 5. Anda menyukai tantangan permainan otak, puzzle atau permainan yang membutuhkan pemikiran logis dan statis, contoh: dam, catur. 6. Anda cenderung untuk segera mengenali kesalahan logo dalam hal-hal dilakukan atau dikatakan orang lain. 7. Matematika dan IPA adalah salah satu mata

pelajaran,favorit Anda di sekolah. 8. Anda bisa menemukan contoh-contoh spesifik untuk mendukung sudut pandang umum, dan terbiasa

menganalisa situasi dan argumen.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

9. Anda mengambil pendekatan sistematis, selangkah demi selangkah untuk menyelesaikan, masalah. Anda senang berusaha menemukan pola dan hubungan antara obyek atau angka. 10. Anda perlu mengkategorikan, mengelompokkan, atau menjumlahkan sesuatu untuk bisa mengapresiasi

hubungan di antara mereka dengan tepat.

Total:

Visual-Spasial

1. Anda memiliki apresiasi terhadap seni-seni visual dan suka melukis dan memahat. Anda memiliki kepekaan wama yang baik. 2. Anda cenderung mernbuat rekaman visual untuk berbagai peristiwa dengan sebuah kamera atau video kamera. 3. Anda senang mencorat-coret ketika membuat catatan atau memikirkan sesuatu. Anda bisa menggambar dengan cukup akurat. 4. Anda tidak punya masalah dalam membaca peta dan navigasi. 5. Anda memiliki kepekaan yang baik terhadap arah. Anda menikmati permainan-permainan seperti jigsaw dan maze (menemukan arah-arah). 6. Anda cukup ahli dalam memisah-misahkan sesuatu dan mengembalikannya kembali seperti semula. Anda bisa memasang peralatan-peralatan dengan cukup mudah dan bisa mengikuti diagram untuk melakukan hal tersebut. 7. Di sekolah, Anda menyukai pelajaran seni dan lebih memilih geometri daripada aIjabar.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

8. Anda sering menjelaskan sesuatu dengan menyediakan diagram atau garnbar dan bisa menginterpretasikan diagramdiagram dengan mudah. 9. Anda bisa mernbayangkan bagaimana rupa sesuatu dari perspektif berbeda atau bagaimana rupa sebuah gedung hanya dari rencananya. 10. Anda lebih suka membaca sesuatu yang banyak diberi ilustrasi.

Total:

Kinestetik Fisik

1. Anda suka berolahraga atau secara teratur melakukan latihan-latihan fisik. Anda senang berjalan-jalan, berenang, dan menikmati sensasi menggunakan tubuh Anda. 2. Anda cukup ahli melakukan segala sesuatu sendiri. 3. Anda senang memikirkan masalah sambil melakukan latihan-latihan fisik seperti berjalan atau berlari. 4. Anda tak keberatan terjatuh di lantai dansa. 5. Anda suka menaiki mainan yang paling mendebarkan dan paling menjungkirbalikkan tubuh di pasar malam. 6. Anda perlu secara fisik menangani sesuatu,

memegangnya dan memanipulasinya, agar dapat benar benar memahami-nya. Anda menyukai jigsaw dan

pembuatan model. 7. Pelajaran yang paling Axida sukai di sekolah adalah olah raga, teori olahraga, dan pelajaran kerajinan tangan'. Anda suka seni memahat. 8. Anda menggunakan sikap tangan atau jenis-jenis bahasa tubuh lain untuk mengekspresikan diri.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

9. Anda suka bermain gulat-gulatan dengan anak-anak.

10. Anda 16bih suka menangkap pelajaran baru dengan langsung turun tangan daripada hanya membaca buku petunjuk atau menonton video.

Total:

Musikal

1. Anda bisa memainkan alat musik. 2. Anda bisa bernyanyi pada kunci yang benar. 3. Anda mampu mengingat sebuah irama setelah

mendengarnya hanya beberapa kali. 4. Anda sering mendengarkan musik di rumah dan di mobil, dan kadang-kadang pergi ke konser-konser. Anda suka atau bahkan memerlukan - latar belakang musik saat bekerja. 5. Anda sering menge~tuk-ngetuk secara ritmik dengan tepat. 6. Anda memiliki kepekaan ritmik yang baik. 7. Anda bisa mengenah suara dari berbagai alat musik berbeda. 8. Tema musik atau lagu Man sering muncul di kepala Anda. 9. Anda tak bisa membayangkan hidup tanpa musik. Bagi Anda, musik mudah menimbulkan diri emosi sendiri dan saat

bayanganbayangan mendengarkannya.

pada

10. Anda sering bersiul atau menyenandungkan nada.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

11. Anda sering menggunakan irama (atau pantun) untuk mengingat sesuatu, contoh: mengucapkan nomor telepon dengan berirama.

Total:

Interpersonal

1. Anda senang bekerja dengan orang lain dalam sebuah kelompok atau komite. 2. Anda sangat bangga'menjadi mentor atau penasihat bagi orang lain. 3. Orang-orang cenderung datang pada Anda untuk meminta nasihat. Anda bisa menggarnbarkan diri sebagai orang yang simpatik. 4. Anda lebih suka olahraga tim seperti basket, softball, sepakbola, daripada olahraga individual seperti berenang dan berlari. 5. Anda suka permainan-permainan yang melibatkan orang lain, misalnya bridge, monopoli. 6. Anda suka bersosialisasi. Anda jauh lebih suka berada di pesta daripada sendirian di run-Lah menonton televisi. 7. Anda memiliki lebih dari satu orang teman yang sangat dekat. 8. Anda berkornunikasi dengan baik kepada orang lain dan bisa mernbantu orang menyelesaikan perselisihan. 9. Anda tak ragu mernimpin sesuatu; menunjukkan kepada orang lain bagaimana cara menyelesaikan sesuatu; 10. Anda lebih suka membicarakan masalah dengan orang lain daripada berusaha menyelesaikannya sendiri.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Total:

Intrapersonal

1. Anda senang menulis di buku harian pribadi atau merekarn pikiran-pikiran terdalam Anda. 2. Anda sering menghabiskan waktu tenang untuk

merenungkan hal-hal yang penting dalam kehidupan Anda. 3. Anda telah menetapkan tujuan dan tahu ke mana Anda pergi. 4. Anda pernikir yang mandiri - Anda mengetahui keinginan dan membuat keputusan sendiri. 5. Anda memiliki hobi atau minat pribadi yang tidak pernah Anda ceritakan pada orang lain. 6. Anda suka pergi memancing sendiri atau melancong sendirian. Anda bahagia dengan diri sendiri. 7. Ide Anda mengenai liburan yang menyenangkan adalah sebuah kabin terpencil di. atas bukit, bukan hotel bintang lima dan orang banyak. 8. Anda bersikap realistis terhadap kekuatan dan kelemahan sendiri. 9. Anda menghadiri sciminar-seminar pengembangan diri atau mengikuti semacam penyuluhan untuk belajar lebih banyak mengenai diri Anda. 10. Anda bekerja untuk diri sendiri atau dengan serius bermaksud untuk berwiraswasta.

Total:

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Naturalis

1. Anda memiliki atau menyukai binatang peliharaan. 2. Anda bisa mengenali dan menyebutkan berbagai jenis pohon bunga, dan tumbuhan berbeda. 3. Anda memiliki minat dan pengetahuan yang baik mengenai bagaimana cara tubuh bekerja, misalnya: di mana letak organ-organ internal penting, dan Anda mengikuti

perkembangan masalah kesehatan. 4. Anda mampu mengenali jejak-jejak, sarang burung, dan kehidupan liar saat berjalan-jalan dan bisa membaca tandatanda cuaca. 5. Anda bisa membayangkan diri sebagai seorang petani, atau mungkin Anda suka memancing. 6. Anda suka berkebun dan mengenal efek-efek musim. 7. Anda memiliki pengertian dan minat dalam masalah lingkungan secara global. 8. Anda selalu mengetahui perkembangan-perkembangan astronomi, asal-usul alam semesta, dan evolusi kehidupan. 9. Anda tertarik pada masalah-masalah sosial, psikologi, dan motivasi manusia. 10. Anda menyaclari pelestarian sumber daya alam dan mencapai pertumbuhan yang seimbang adalah dua hal paling penting di zaman kita.

Total:

Bandingkan total dari kedelapan intelegensia tersebut dan Anda akan segera melihat kekuatan dan kelemahan terbesar Anda. Semakin tinggi nilai Anda, semakin Anda menyukai intelegensia tersebut.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

DELAPAN CARA MENJELAJAHI APA YANG TELAH ANDA PELAJARI

Eksplorasi Lingustik

Kata-kata Anda lebih kuat daripada kata-kata orang lain- Anda terbiasa dengan cara yang Anda sukai untuk mendeskripsikan situasi dan peristiwa. Sulit bagi Anda untuk mempelajari rangkaian kata-kata baru yang ditulis orang lain, misalnya kalimat-kalimat dalam sebuah drama atau puisi. Bila Anda mempelajari kata hanya dengan mengucapkan kembali kata tersebut, belum tentu Anda memahaminya.

Mengapa takmufai dari sekarang dengan mengubah apa yang tefahUda pefajaii dafam buku ini ke dafam kata-kata sendifi?

Cara terbaik adalah "menerjemahkan" apa yang telah Anda dengar atau baca ke dalam kata-kata Anda sendiri. Dengan demikian Anda tidak hanya membuktikan pa ' da diri sendiri bahwa Anda mengerti, tetapi juga cenderung mengingatnya dalam jangka panjang.

Mengapa tak mulai dari sekarang dengan mengubah apa yang telah Anda pelajari dalam buku ini ke dalam kata-kata sendiri? Ada beberapa cara mernbuatnya lebih mudah:

1. Perhatikan seluruh kunci-kunci penting. Rekan-dah pikiran yang muncul sejauh ini dalam tape-recorder. Atau tulislah kunci-kunci pokoknya. Kernudian Anda bebas membolikbalik halaman buku ini sekilas untuk memacu ingatan dan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

menambahkan pikiran-pikiran selanjutnya. Pastikan Anda mengatakannya dengan kata-kata Anda sendiri. Jangan menyalin kata demi kata. Sekarang Anda memihki daftar kunci-kunci penting. Susunlah daftar Anda dengan cara. apa saja yang cocok bagi Anda. Misalnya, tuhslah dalam kart-ukartu kecil. 2. Tulis sebuah artikel surat kabar. Berpura-puralah bahwa Anda harus menjelaskan konsep utama buku ini untuk sebuah kolorn surat kabar lokal. Ciptakan judulnya dulu, contoh: "Rahasia Cara Belajar telah

Diungkapkan!"Kemudian tuhslah kata. pengantar yang mengena…..Anda bisa mengeluarkan sisi jenius dalam diri Anda dengan mengikuti "enam langkah cara belajar para master" yang mengatakan……" dan sebagainya. Sebagai alternatif, tulislah sebuah surat kepada seorang teman yang menjelaskan apa sebenarnya Cara Belajar yang Terpacu dan bagaimana hal tersebut mengubah cara belajar Anda dan bisa melakukan hal yang sama terhadapnya. 3. Isilah bagian berikut dengan ringkasan pendek mengenai apa yang telah Anda pelajari mengenai tiga tahap belajar yang telah diungkapkan sejauh ini. Membuat sebuah ringkasan adalah keahlian yang sangat berguna, karena Anda harus mengurangi hasil pelajaran Anda menjadi intiinti yang dibutuhkan saja. Ini berarti Anda menyaring halhal yang benar-benar penting saja. Untuk

melakukannya dibutuhkan tingkat pernikiran yang lebih dalam mengenai subyek pelajaran kita, dan dengan demikian kita akan mampu mengingat dengan lebih baik.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Memasuki Kondisi Pikiran yang Tepat ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________

Mempelajari lnjbrmasi ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________

Mencari Artinya ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________ ______________________________________

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Eksplorasi Logis-Matematis

Daftarkan inti-inti pentingyang telah Anda pelajari dengan urutan yang logis dan diberi nomor. Dengan menyeleksi kuncikunci penting berarti Anda telah men-dkirkan apa yang sedang Anda pelajari dengan seksama.

Analisis apa yang sedang Anda pelajari. Jangan menerima segala sesuatu seperti adanya, carilah di bawah permukaan yang nampak. Pendekatan sisternatis berikut bisa menolong. Gunakan huruf hidup A*E*I*O*U untuk mengingat kelima pertanyaan berikut.

A - Asumsi

Asumsi apa yang sedang dibuat? Adakah sesuatu yang salah? Adakah sesuatu yang tertinggal? Apakah pengarang menggunakan contoh yang berdiri sendiri untuk sampai pada kesimpulan yang umum atau luas?

E - Evidence (Bukti)

Apa bukti dari hal ini? Apakah kita berhadapan dengan fakta atau opini? Bila opini, bisakah aku mempercayai sumbemya?

Bila fakta, apakah selalu benar? Penjelasan lain apa yang mungkin ada? Bila hal ini benar, hal lain apa yang mengikutinya?

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

I - Ilustrasi

Bisakah aku memikirkan sebuah ilustrasi atau contoh yang baik untuk hal ini? Apakah hal ini sesuai dengan kategori atau kelas yang selama ini kukenal? Apakah apa yang kubaca atau kudengar ini konsisten dengan pengalamanku?

0 - Opini

Apa opini atau kesimpulan yang bisa kutarik dari hal ini? Apakah opini tersebut dapat dibenarkan?

U - Unik

Apa inti-inti yang unik dalam hal ini? Apa kunci dan intiinti pokoknya? Apa yang perlu diketahui dan apa yang hanya tambahan?

Pertanyaan-pertanyaan ini memastikan Anda selalu berhenti dan memikirkan apa yang Anda pelajari, bukannya langsung melompat kepada kesimpulan awal. Anda juga bisa membuat dia F am alir atau tabel yang menunjukkan langkah derni langkah dan apa yang sedang Anda pelajari.

Eksplorasi Visual Spasial

Pada akhir setiap bab dalam buku ini, Anda diberikan sebuah Peta Belajar, sebuah pengingat visual yang hebat mengenai apa yang telah Anda pelajari.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Peta Belajar akan lebih dinamis bila Anda membuatnya sendiri. Ketika Anda menuliskan informasinya sendiri,

informasi tersebut bersifat pribadi dan jauh lebih berarti bagi Anda sebagai seorang individu yang unik. Informasi itu kepunyaan Anda. Anda "memilikinya".

Cobalah membuat Peta Belajar yang besar sekarang, yang mencakup semua hal yang telah Anda kumpulkan sedikit demi sedikit sejak Anda pertama membaca buku ini. Tinggalkan banyak ruang kosong sehingga Anda bisa menyisipkan informasi baru dari bab-bab yang akan datang.

Sebagai altematif, mungkin lebih efektif bila Anda hanya membuat sketsa singkat mengenai sesuatu yang sedang Anda pelajari. Banyak masalah matematis yang juga lebih mudah dipecahkan bila Anda menernukan sebuah cara untuk menggambarkannya.

Eksplorasi visual lainnya antara lain menclesain poster berwarna, kartun, membuat video, atau garis waktu. Gunakan simbol-simbol sebagai pengganti kata-kata, dan tentu saja jangan lupa pengaruh dari visualisasi.

Eksplorasi Kinestetik Fisik

Beberapa orang tidak bisa belajar dengan baik bila mereka dipaksa untuk ducluk diam. Mereka perlu lebih terlibat secara fisik dalam proses belajar.

Bagi mereka ini, dengan melakukan apa yang mereka pelajari, mereka bisa mengubah teori menjadi sesuatu yang lebih

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mudah

diingat.

"Permainan

Moder

menolong

mereka

mengeksplorasi materi pelajaran dengan cara. yang berarti bagi mereka. Dan terutama penting sekah untak berganti-ganti peran sehingga Anda bisa melihat dunia dari pandangan orang lain.

Hal ini tidaklah mengejutkan. Secara umum diterima bahwa hanya sekitar 20 persen dari komunikasi yang kita lakukan adalah dengan perkataan kita. Kira-kira 80 persen adalah nonverbal, nada pengucapan (intonasi) clan bahasa tubuh. Banyak konsep yang benar-benar bisa dimengerti bila kita menambahkan elemen nonverbal pada penjelasan kita. Mari kita melihat dua contoh untuk menjelaskan sesuatu.

Kita "tahu" bahwa bulan mempengaruhi pasang laut karena massa fisik bulan menciptakan gaya tarik gravitasi. Tapi apakah kita benar-benar memahami bagaimana hal tersebut terjadi? Atau, dengan kata lain: kita telah "menemukan faktanya" tapi apakah kita telah mengerti artinya?- Sekarang cobalah ini.

Anggaplah Anda memakai sebuah kemeja atau blus dengan lengan panjang, luruskan tangan kanan Anda. Sekarang pegang kuat-kuat lengan kemeja Anda di sekitar siku dan tariklah ke atas. Lihat apa yang terjadi pada bagian pergelangan tangan Anda. Lengan kemeja Anda akan naik ke sebelah atas, ya kan?

Inilah tepatnya yang terjadi saat bulan ada di atas laut. Massa bulan menciptakan kekuatan gravitasi yang menarik air ke atas di bagian tengah laut. Hasilnya? Air di pinggir laut

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

menjadi surut, dan dinamakan pasang surut. Saat bulan kembali menjauh, tarikan gravitasi hilang, "bukit" di tengah laut kembali rata, dan pasang naik kembali.

Mana yang lebih hebat, kata-kata atau representasi fisik?

Peter Kline adalah seorang pelatih Accelerated Learning yang brilian. Dalam bukunya Ten Steps to a Learning Organization, yang ditulis bersama Bernard Saunders, ia memperkenalkan ide "Pembuatan Model Kinestetik" untuk mernbantu

menjelaskan hubungan-hubungan di sebuah perusahaan. Idenya sederhana, tapi pengaruhnya dalam.

Bagaimana Anda bisa membuat orang mengerti bahwa departemen-departemen yang terpisah di sebuah perusahaan sernuanya berhubungan satu sama lain? Dengan

menggunakan pernbuatan. model kinestetik dalarn sebuah seminar, Anda bisa menantang orang~orang untuk

mernerankan pernrosesan pesanan seorang pelanggan. Setiap delegasi akan merepresentasikan satu departemen (atau satu proses) antara. kedatangan pesanan dan proses pengirimannya. Tindakan dan deskripsi mengenai apa yang terjadi oleh para partisipan tidak hanya menjelaskan

prosesnya, tapi juga hubungan-hubungan tersembunyi, dan apa yang mungkin berjalan salah.

Ketika seseorang mendeskripsikan sesuatu kepada orang lain, ia berusaha menerjemahkan gambaran mentalnya mengenai subyek itu. ke dalarn kata-kata. Dengan demikian hasil deskripsinya sudah merupakan representasi kedua. Kemudian, ia. berharap kata-kata yang ia gunakan akan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mernberi pengertian yang benar-benar sama pada orang lain seperti pengertiannya, supaya orang lain memiliki garnbaran mental yang sama. Tentu. saja, kata-kata seringkali tidak bisa menerjernahkan sesuatu ke dalam gambaran yang sama, dan hal inilah yang menyebabkan begitu banyak salah pengertian.

Bila

bisa

menggambarkan

ide

tersebut,

Anda

akan

mernperkecil kernungkinan salah komunikasi. Lebih baik lagi bila Anda. menemukan cara sehingga orang lain juga bisa mengalami ide tersebut. Dengan demikian Anda berdua bisa berbagi pengalaman. yang sama terhadap suatu ide yang sebelumnya abstrak. Karena itulah permainan model dan pernbuatan model kinestetik sangat penting.

Bila menggunakan proses serupa, kita. akan tahu bahwa hal terpentirtg adalah mencari cara membuat model fisik dari sebuah proses atau hubungan yang kompleks. Pertama-tama mungkin sulit, tapi usaha mencari jalan keluar akan

menghasilkan wawasan yang dalam. dan ingatan yang panjang.

Bukan tanpa sebab Konfusius berkata: "Aku mendengar dan aku lupa. Aku melihat dan aku mengerti. Aku melakukan dan aku ingat."

Anda juga bisa menggunakan permainan model untuk menyingkapkan perilaku. Peter Kline mernberikan contoh yang baik dengan mengundang anggota sebuah tim untuk tanpa suara mengambil posisi mereka dalam. berhubungan satu sama lain, dan merepresentasikan perasaan mereka mengenai cara kerja sebuah tim.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Saat membuat "tablo" tiap orang ditugaskan memikirkan. apa yang sedang terjadi dan posisi apa yang dimaksudkan kawannya. Apakah mereka membentuk sebuah lingkaran? Atau struktur hirarki? Apakah mereka berjabat tangan? Di akhir permainan, tiap orang diundang menyumbangkan pengamatannya dalarn sebuah diagram kecil. Perbedaan antara apa yang telah terjadi dan apa yang mungkin terjadi menjadi pengalaman belajar yang bisa saling dibagikan. Hal tersebut membantu. mereka mengeluarkan ide-ide perbaikan yang dramatis terhadap kehidupan, yang tidak bisa dilakukan hanya dengan kata-kata.

"Tindakan," seperti yang dikatakan Peter Kline dan Bernard Saunders, "seringkah tidak hanya berbicara lebih keras daripada kata-kata, tapi juga berbicara lebih jelas."

Kita akan belajar sangat baik dengan melakukan dan mengamati, tetapi bagaimanapun kebanyakan pengajaran menggunakan kata-kata abstrak.

Kadang-kadang

permainan'model

bisa

sangat

spesifik,

misalnya dengan memerankan kata-kata dan kalimat-kahmat saat belajar bahasa asing. Permainan model juga baik untuk belajar sejarah. Bayangkan Anda adalah tokoh yang sedang Anda pelajari. Apa yang akan ia katakan, lakukan, rasakan, dan hhat? Bicarakan mengenai orang itu dengan kata ganti orang pertama. "Aku Henry VIII. Aku memiliki enam istri."

Ada banyak cara lain untuk menjelajahi sebuah subyek secara fisik. Anda bisa menulis semua eksplorasi ini dalam selembar

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

kertas besar dan memotongnya menjadi bentuk-bentuk yang tidak teratur. Dengan menyatukan kertas itu kembali, seperti menyusun teka-teki jigsaw, Anda akan bisa melihat

bagaimana tiap hal "saling bersesuaian".

Anda juga bisa mernbuat kartu-kartu indeks berisi ide-ide pokok dan menyusunnya menjadi rangkaian yang logis. Bawalah kartu-kartu tersebut bersama Anda dan lihatlah dari waktu ke waktu. Atau Anda bisa menjepitkan kartu-kartu tersebut pada sebuah papan peringatan dan membacanya secara teratur.

Menulis adalah latihan fisik, jadi kita tak perlu terkejut melihat kenyataan bahwa bila kita menuliskan sesuatu, kita.

mempelajari hal tersebut dengan lebih baik. Kita telah menambahkan elemen fisik (menulis) kepada penglihatan (membaca) dan suara (ucapan dalam hati).

Sebagai catatan samping yang menarik, tampaknya mulai ada apresiasi terhadap intelegensia kinestetik fisik dengan

hakhaknya sendiri.

Di Kanada, Associated Examining Board (AEB) - Dewan Penguji - sekarang menawarkan A-levels (ujian yang harus diambil sebagai syarat masuk universitas) dalam pendidikan fisik dan pelajaran olahraga.

George Turnbull dari AEB mengatakan, "Bila Anda pandai dalam matematika, Anda mengambil A-level dalarn bidang tersebut. Kami tidak melihat apa salahnya untuk

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mengaplikasikan prinsip yang sama terhadap olahraga seperti sepak bola."

Kevin Wesson, yang membantu menyusun silabus (ikhtisar rencana. pelajaran) menambahkan, "Aku percaya hal ini akan menjadi salah satu dari A-level tersulit. Dalam fisika Anda. hanya belajar satu subyek. Dalam sepak bola Anda mengkombinasi Ikernampuan praktik, teori olahraga. dan sains sekaligus. Hal ini sangat sulit."

Ada beberapa kritikan, tentu saja, dari para tradisionalis pendidikan yang tidak menganggap hal ini sebagai tanda intelegensia.

Eksplorasi Musikal

Musik adalah alat belajar yang j auh lebih. hebat ketimbang yang disangka orang.

Pikirkan berapa banyak lagu yang Anda tahu, walaupun tak pernah secara sadar benar-benar mempelajarinya. Seringkali Anda hanya perlu mendengar beberapa birama pertarna, dan kata-kata dari seluruh lagu pun keluar. Iklan-iklan radio dan televisi menggunakan jingle mengena. yang tak bisa lepas dari ingatan masyarakat.

Pola melodis dan ritmis musik benar-benar meringankan tugas mengingat. Musik merangsang pusat emosi dari otak kita, dan seperti yang telah Anda temukan, emosi kita terhubung erat dengan ingatan jangka panjang kita. Jadi memutar musik

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

sebagai latar belakang, terutarna musik klasik yang tenang, adalah strategi efektif bagi banyak orang.

Anda tak perlu berbakat musik untuk bisa mengambil keuntungan dari eksplorasi musikal. Yang penting adalah Anda melakukannya sendiri sehingga hal itu bersifat pribadi bagi Anda. Di bawah ini adalah beberapa cara belajar melalui musik.

1. Pilihlah jingle yang mudah diingat dari sebuah Man radio atau TV. Ambillah informasi penting yang telah Anda baca dalam buku ini dan cobalah menyanyikannya dengan nada jingle tersebut. 2. Dengarkan lagu-lagu rap dan perhatikan bagaimana. katakatanya berirama sesuai ritmik musik. Pertarna-tarna, cobalah membaca pokok-pokok utama sebuah buku. Sekali Anda terbiasa melakukan hal tersebut, temukan syair-syair Anda sendiri. Anak-anak tampaknya memiliki bakat alami melakukan hal ini, jadi mintalah mereka untuk membantu! 3. Buatlah beberapa syair sederhana mengenai proses Belajar Cepat ini. Kualitas ritmis dari kata-katanya akan menolong Anda dalam belajar. 4. Filih1ah sebuah lagu terkenal dan tulislah kata-kata Anda sendiri ke dalam melodi yang sudah Anda kenal itu.

Menjelajahi sebuah subyek melalui intelegensia musikal adalah hal yang dianggap aneh oleh banyak orang., Tapi bertahun-tahun yang lalu, sebelum. musim. surat kabar, radio, dan kemudian televisi datang, umumnya pengetahuan

diajarkan dari generasi ke generasi melalui pantun dan lagu.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Bahkan dewasa ini, beberapa suku, seperti suku Maori dari Selandia Baru melestarikan hampir semua sejarahnya dalam bentuk lagu.

Penelitian dalam ujian sekolah menunjukkan, bila satu jam musik, seni, dan drama ditambahkan dalam jadwal, nilai-nilai SEMUA mata pelajaran lain naik 20 persen.

Eksplorasi Interpersonal

Mendiskusikan apa yang Anda. pelajari adalah s'ebuah cara yang sangat baik memeriksa pernahaman Anda mengenai suatu hal baru. Anda juga bisa mendapatkan sesuatu dari pengalaman, wawasan, dan pandangan orang lain. Lebih menolong lagi bila. orang lain bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada Anda dan bahkan menantang opini Anda.

Kami menyarankan Anda mendorong teman-teman atau kolega berkumpul secara informal, mungkin pada saat makan siang? Diskusikanlah sambil lalu apa yang telah Anda pelajari: "Aku menemukan hal yang menarik.... bagaimana meminta

menurutinu?"

Buatlah

debat

terbuka

dengan

seseorang menceritakan ketidaksetujuannya.

Seperti yang dikatakan Stephen R. Covey dalam The 7 Habits o fHighly Effective People - 7 Kebiasaan Orang-orang Yang Sangat Efektif "Orang yang benar-benar efektif mendidik rasa malu dan rasa hormat dalam mengenali batas-batas

persepsinya sendiri dan menghargai sumber daya kaya yang tersedia melalui interaksi dengan hati dan pikiran manusia yang lain. Orang seperti ini menghargai perbedaan karena

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

perbedaan-perbedaan tersebut menambah pengetahuannya dan pemahamannya mengenai suatu realita. Bila kita ditinggalkan dengan pengalaman-pengalaman sendiri, kita akan terus-menerus menderita karena kekurangan data."

Semua ini adalah elemen yang penting. Belajar tidak harus dilakukan dalarn lingkungan formal sambil duduk di ruang kelas. Beberapa proses belajar yang paling berharga mungkin terjadi saat kita duduk bersama keluarga untuk makan malam. Diskusi teratur mengenai apa yang Anda lakukan, dan bagaimana Anda sernua bisa belajar dari pengalamanpengalaman ini, merupakan hal sangat berharga bagi tiap anggota keluarga.

Carilah teman belajar; eksplorasi interpersonal bisa lebih efisien bila dilakukan sata-lawan-satu. Berkumpullah bersama seorang teman sekolah atau kolega. Sebelun-Lnya pelajari bagian atau bab tertentu secara terpisah.

Ketika

Anda

kernudian

bertemu,

Anda

bisa

saling

membacakan ringkasan mengenai hasil belajar Anda dan mernbuat catatan, kemudian diskusikan interpretasi-

interpretasi Anda yang berbeda.

Untuk murid-murid sekolah: libatkan orang tua Anda, mereka mungkin akan berpandangan yang sepenuhnya berbeda dari apa yang Anda pelajari.

Bagi orang tua: tanyakan pada anak Anda apa pikiran mereka mengenai beberapa ide dalarn program Belajar Cepat ini. Bila

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mereka biasanya diajarkan dengan cara yang "tradisional", program ini akan benar-benar mernbuka mata mereka.

Eksplorasi Intrapersonal

Apa hobi favorit Anda? Apa pun itu, tak ada yang menekan Anda untuk belajar bagaimana melakukannya. Anda memiliki keinginan dari dalam diri sendiri. Anda memiliki minat pribadi yang kuat. Tapi apa yang bisa Anda lakukan bila menghadapi pelajaran yang Anda anggap membosankan?

Dalam suatu penelitian, ingatan murid-murid terhadap lukisan diuji. Beberapa hanya melihat karya seni tersebut; yang lain diberi informasi mengenai lukisan dan pelukisnya. Grup terakhir mengingat lukisan tersebut dua kali lebih baik.

Mereka ingat karena membentuk minat mereka sendiri terhadap subyek tersebut dengan menggali lebih dalam. Mereka tidak hanya melihat saja. Mereka menjelajahi subyek tersebut pada sebuah tingkat yang bersifat pribadi. Mereka mampu mengingat materinya, dan merenungkannya secara mendalam dalarn pikiran mereka.

Renungkan semua aspek yang berkaitan dengan subyek yang Anda pelajari. Apa pikiran dari pencipta atau

pengembangnya? Apa yang membuat pekerjaannya sangat berbeda? Teknik baru apa yang cligunakan? Langkah-langkah apa yang dijalaninya sebelum ia mencapai kesimpulan penting?

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Bila, misalnya, Anda mengulang kembali sebuah peristiwa bersejarah, bayangkan pribadi-pribadi yang membuat

perubahan politik atau sosial. Bayangkan seakan-akan Anda sedang membaca sebuah novel. Carilah ambisi, pergumulan, kelemahan, kekuatan, cinta, kebencian, dan keistimewaan karakter-karakter dari orang-orang yang terlibat.

Libatkan sisi emosi dari otak Anda. Tanyakan pada diri Anda pihak mana yang akan Anda dukung: izinkan diri Anda untuk menyukai dan tidak menyukai. Bila Anda mulai memikirkan sejarah dalarn karakter-karakter, judul utama dalam surat kabar, dan kejahatan politik, sejarah itu akan menjadi nyata. Lihatlah bagaimana banyak ahli-ahli sejarah belajar dengan membaca novel historis James Michener yang mernuat faktafakta. la adalah seorang guru sejarah yang hebat!

Mungkin seorang murid yang dituduh melamun sebenamya sedang menyerap pelajaran dengan membayangkan dirinya ada di sana!

Anda selalu belajar lebih baik jika bisa mernbuat subyeknya menarik. Tanyakan pada diri sendiri:

Mengapa hal ini penting untukku?

Bagaimana aku bisa menggunakan ide ini? Apa arti yang bisa kutemukan untukku?

Tanyakanlah pada guru atau dosen apa yang ia anggap sangat menarik mengenai subyek yang seclang Anda pelajari? Bagairnanapun, ia memilih subyek tersebut sebagai

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

pekerjaannya, jadi ia harus bisa menceritakan hasratnya kepada Anda.

Dan buatlah sebuah buku harian atau catatan pelajaran untuk menyimpan reaksi pribadi Anda terhadap informasi yang sedang Anda pelajari. Buatlah catatan untuk mengevaluasi bagaimana hal tersebut bisa mernbantu Anda mencapai tujuan. Apakah masa depan Anda bisa diubah dengan hal tersebut? Renungkan. Dan pelajari.

Howard Gardner berkata bahwa dalam sistem sekolah perhatian terhadap intelegensia intrapersonal tidak cukup diberikan. "Sayangnya kebutuhan intrapersonal diabaikan dalam setiap area pendidikan. Sangatlah penting bahwa orang yang hidup dalarn dunia yang kompleks ini bisa mengerti diri mereka, kemampuan mereka, dan pilihan-pilihan mereka," katanya.

Tanda-tanda Kejeniusan?

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kebanyakan orang yang sukses menyimpan buku harian dan jurnal dan menulis surat-surat secara mendetil pada keluarga dan teman mereka?

Sebenarnya

kenapa

semua

orang-orang

berbakat

ini

menyimpan buku harian?

Di tahun 1920-an Catherine Cox, seorang peneliti melakukan studi terhadap tiga ratus orang jenius dalam sejarah. Ia meneliti dengan cermat kehidupan dari orang-orang terkenal

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

seperti Sir Isaac Newton, Thomas Jefferson, dan Johann Sebastian Bach. Salah satu tanda dari orang jenius adalah ia mencatat, dan hal ini tidak hanya dilakukan oleh penulispenulis yang bercita-cita tinggi, tapi juga oleh jenderal, orangorang pemerintah, dan ilmuwan. Mereka gemar merekarn pikiran-pikiran dan perasaan yang mengesankan dalarn buku harian, puisi, dan surat kepada teman dan keluarga. Mulai dari abad awal, hal inilah yang menjadi kebiasaan para "orangorang hebat" ini seumur hidupnya.

Edison, contohnya, menghasilkan sekitar tiga juta halaman untuk catatan dan surat. Dan kita semua mengenal buku catatan Leonardo da Vinci yang multidimensi, tebal, dan penuh dengan sketsa, diagram, pikiran dan ide-idenya.

Dr. Win Wenger, seorang peneliti, mengajukan pertanyaan yang menarik: "Sebenarnya kenapa sernua orang-orang berbakat ini menyimpan buku harian? Apakah karena mereka tahu sejak awal bahwa suatu hari mereka akan menjadi terkenal dan ingin meninggalkan sebuah catatan untuk para ahli sejarah masa depan? Apakah tulisan mereka hanyalah hasil sambilan yang tidak berkaitan dari pikiran yang sangat ekspresif, atau dari ego yang terlalu tinggi? Atau corat-coret ini adalah sebuah mekanisme yang digunakan orang-orang yang tidak terlahir sebagai jenius tanpa sadar untuk mernelihara dan mengaktifkan intelektual yang super?

Wenger memilih interpretasi terakhir dan hal tersebut memang patut dipikirkan!

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Eksplorasi Naturalis

Intelegensia naturalis menawarkan cara yang lebih sedikit untuk menjelajahi subyek selain menyediakan pengujian "ekologi" pada nilai sosial yang sedang dipelajari seseorang.

Sebagai contoh: § §

Apa implikasi lingkungan dari apa yang sedang Anda pelajari? Apakah hal tersebut berpengaruh terhadap pelestarian sumber daya?

Apakah hal tersebut akan membantu atau menghalangi keadilan sosial? Apakah hal tersebut berhubungan dengan pemecahan masalah-masalah sosial yang penting di masa kita?

Apakah hal tersebut membantu Anda memahami pikiran seorang individu ataukah hal itu merupakan perilaku sosial?

Apakah hal tersebut mengeksploitasi atau merugikan orang atau sesuatu yang lain?

Apakah hal tersebut membawa Anda pada tindakan atau keperluan sosial?

Jelas sekali untuk kebanyakan pelajaran, pertanyaan pertanyaan ini tidak relevan. Tapi bila suatu kali cocok, maka hal tersebut akan berguna.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Anda tidak perlu mengikuti SEMUA nasihat di aias. Tapi, carilah kombinasi eksplorasi yang sesuai untuk Anda, yang memungkinkan Anda menggunakan daerah intelegensia yang lebih luas. Dengan demikan Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang pi~nuh dan seimbang.

Ingat, maksud semuanya adalah membuat informasi menjadi nyata dan mudah diingat, serta memungkinkan mengubahnya Anda dari

menginterpretasikan

fakta-fakta,

dan

pengetahuan dangkal yang hanya di permukaan menjadi pengertian yang mendalam. Untuk menghubungkan apa yang baru dengan apa yang sudah Anda ketahui. Untuk membuat perbandingan, menarik kesimpulan, melihat arti, dan

membuatnya bisa digunakan dan berarti bagi Anda pribadi. Inilah proses belajar yang sebenamya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Memicu Ingatan
Seorang jurnalis Rusia, Solomon memiliki Veniaminovich ingatan yang

Sheresheveskii, sempurna.

terkenal

karena

Bila didorong untuk mengingat apa yang terjadi pada suatu hari tertentu lima belas tahun. yang lalu, ia hanya akan diarn untuk beberapa saat sebelum bertanya, "Pada jam berapa?"

Sheresheveskii telah diteliti selama lebih dari dua puluh lima tahun oleh psikologi terkenal, Aleksandr Luria, yang

melaporkan penernuannya dalam sebuah buku berjudul The Mind of a Mnemonist - Pikiran dari Seorang Mnemonis.

Dalarn tes demi tes untuk meningkatkan kompleksitas, " S”, begitu sang jurnalis dipanggil, mampu mengingat daftar panjang kata-kata yang tak masuk akal dan membingungkan. karena mirip satu sama. lain, seratus persen akurat!

Bahkan lebih hebat lagi, S mendemonstrasikan ingatan yang sempurna saat diminta. untuk mengingat daftar-daftar tersebut delapan tahun kemudian. Ia juga mampu mengingat apa yang dipakai Luria saat itu dan faktor-faktor lingkungan laminya.

Prestasi ingatan yang sangat tidak umum seperti S ini bukan yang pertama kali sepanjang sejarah.

Mehmed Ali Halici dari Turki mampu mengulang kernbali lebih dari 6500 ayat Qur'an. Hideako Tomoyori dari Jepang mengingat 10.000 desimal pertama dari nilai pi, dan menurut

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mayun-d Mori, seorang peneliti Jepang, belakangan ini Hideako mampu memperluas ingatannya yang mengagurnkan sampai 40.000 desimal.

Kepala suku Maori Kaumatara dari Selandia Baru mampu menceritakan kernbali keseluruhan seribu tahun sejarah sukunya, pekerjaan yang memerlukan waktu. tiga hari.

John Milton yang buta menggubah Paradise Lost dalam pikirannya, empat puluh baris hebat sekaligus. Dirijen Arturo Toscanini yang hebat tahu. setiap not dari empat ratus partitur lebih. Dan Julius Caesar bisa secara berkesinambungan mendiktekan sebanyak tujuh surat berbeda kepada para sekretarisnya tanpa lupa apa yang sedang ia katakan.

Di zaman modern, pemimpin Microsoft, Bill Gates masih ingat beratus-ratus baris kode surnber dari bahasa pernrograman BASIC-nya yang asli. Warren Buffett, seorang investor yang jenius bisa mengutip detil-detil finansial dari perusahaan yang ia selidiki bertahun-tahun lalu.

Semua prestasi-prestasi ingatan ini, ternyata. bisa terjadi hanya karena individu-individu yang bersangkutan melakukan strategi-strategi tertentu. S memiliki kapasitas visualisasi dan sinestesis yang hebat, kemampuan mengekspresikan ingatan yang dihasilkan satu. indera, dalam pengertian yang lain. Misalnya, bunyi-bunyi diekspresikan seperti warna-warna.

Dalam bab ini Anda akan menernukan banyak strategi yang bisa di aplikasikan dengan sukses untuk membantu mengunci apa pun yang Anda pelajari ke dalam ingatan jangka panjang.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Sebenarnya, bila memperhatikan ketiga bab sebelurnnya, Anda telah belajar tiga tahap kunci untuk memperbaiki kernampuan mengingat.

Tahap 1. Jika sedang berada dalam kondisi pikiran yang tepat, merasa santai dan percaya diri untuk belajar, bagian dari otak Anda yang menciptakan ingatan bisa benar-benar bekerja dengan baik.

Tahap 2. Jika mempelajari informasi baru dengan cara-cara yang sesuai dengan Anda, maka informasi dengan segera menjadi mudah diingat.

Tahap 3. Jika mencari arti materi tersebut dengan cara berlainan, maka Anda akan memahami arti dari apa yang sedang dipelajari. Kita ingat apa yang masuk akal, dan lupa kalimat-kalimat yang tak masuk di akal.

Seberapa Cepat Kita Lupa

Penelitian menunjukkan, 70 persen dari apa yang Anda pelajari hari ini bisa terlupakan dalam waktu dua puluh empat jam bila Anda tak membuat usaha spesial untuk

mengingatnya.

Anda bisa menganggap ingatan Anda seperti perpindahan domba-domba ke sebuah padang luas. Ingatan jangka pendek sama seperti sebuah kandang penahan pada pintu masuk ke padang. Untuk memindahkan domba-domba ke padang (ingatan jangka panjang), Anda perlu dengan hati-hati

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mengarahkan mereka ke dalam.. Anda perlu membuat usaha spesifik.

Dan ingatlah: sama seperti orang-orang yang berbeda memiliki berbagai tipe intelegensia, orang-orang yang berbeda juga memiliki kernampuan yang berbeda untuk mengingat. Beberapa orang mahir dalam mengingat nama-nama atau wajah atau angka, tapi bukan ketiganya. Tapi sebenarnya sernua jenis ingatan bisa diperbaiki dengan latihan yang benar.

Ingatan Anda Sudah Baik

Selama. masa hidup manusia otaknya telah menyimpan sejumlah besar ingatan. Sebagai contoh, lakukan satu permisalan kecil ini.

Bayangkan Anda seclang berjalan ke dalam dapur. Sekarang, mulailah dengan tembok di kiri, dan perhatikan dalam pikiran Anda segala hal yang ada dalam ruangan. Posisi rak-rak, gambar, peralatan dapur, kulkas, oven, microwave, guci-guci penyimpanan, dan sebagainya. Dalam pikiran, bukalah rakrak, satu per satu, dan ingatlah apa yang ada di sana. Jumlah detil yang bisa Anda ingat luar biasa. Dan itu hanya di dapur. Anda bisa melakukan hal yang sama untuk tiap ruangan lain dalam rumah Anda.

Teliti Bagaimana Ingatan Anda Bekerja

Di bawah ini ada sebuah daftar kata-kata. Santailah, kemudian pusatkan perhatian pada kata-kata tersebut dan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

bacalah perlahan-lahan - sekah saja. Ketika telah selesai, ikuti instruksi di bawah kata-kata.

Rumput Kertas Kucing Pisau Cinta Burung Pohon

Kebenaran Meja Garpu Zulu Radio Kebijaksanaan Bunga

Biru Domba Arti Padang Pensil Sungai Pena

TINDAKAN

Sekarang isilah daftar dan tulislah sebanyak mungkin katakata yang bisa Anda ingat, boleh tidak berurutan.

Sekarang Anda telah selesai (dan tidak peduli seberapa banyak atau seberapa sedikit yang Anda ingat), mari kita lihat kesimpulan yang bisa kita tarik. Bandingkan daftar tertulis Anda dengan daftar yang tertera di atasnya dan kami duga Anda akan memperhatikan hal-hal berikut:

Anda mungkin mengingat kata-kata pertama. Anda cenderung mengingat lebih banyak awal dari setiap sesi belajar. Maka Anda mungkin ingat rumput dan bahkan mungkin kertas.

Anda mungkin mengingat kata-kata terakhir. Anda juga cenderung mengingat lebih banyak apa yang Anda pelajari di akhir sebuah sesi belajar, sehingga Anda mungkin ingat pena dan mungkin sungai.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Satukanlah dua kesimpulan ini bersama dan Anda memiliki pola mengingat yang umum dalam sebuah sesi belajar seperti berikut :

Menciptakan Peta Belajar Awal

Menciptakan ulang dalam ingatan

Membandingkan keduanya. Pikiran segera terfokus pada apa yang terlupakan.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Nah, inilah tips yang menarik. Jika ingin ingatan Anda tetap tinggi, pastikan memiliki banyak "awal" dan "akhir" dalarn sesi belajar Anda.

Cara

melakukan

hal

tersebut,

tentu.

saja,

dengan

terusmenerus berhenti sebentar. Kebanyakan orang merasa sulit benar-benar berkonsentrasi lebih dari dua puluh menit. Berhentilah secara teratur, ambil waktu istirahat singkat, dan Anda akan memperbesar jumlah materi yang Anda ingat dan kuasai.

Tingkat Ingatan

Satu sesi panjang

Sebuah sesi dengan tiga kali istirahat

Biasanya Anda Mengingat Apa yang Tidak Biasa

Anda mungkin mengingat kata Zulu. Mengapa? Karena kata tersebut tidak berkaitan dengan kata-kata lain yang ada di daftar dan sebuah gambaran mental yang gamblang, yang segera muncul dalarn pikiran Anda adalah seorang prajurit Zulu dengan perisai dan tombak.

Kita mengingat apa yang ganjil, aneh, lucu, atau kasar. Karena itu, jika Anda ingin mengingat sesuatu, usahakan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

menghubungkannya dengan gambaran mental yang lucu atau tidak biasa. Ini adalah cara yang digunakan oleh "manusia pengingat" profesional. Dan kami akan menunjukkan pada Anda bagaimana melakukan hal yang sama.

Anda mungkin juga. mengingat kata radio atau bahkan garpu karena kata-kata tersebut mengambil perhatian ekstra yang Anda berikan pada kata Zulu. Kata-kata tersebut merupakan kata berikut setelah Zulu atau kata yang berhubungan dengan kata Zulu.

Mengingat Informasi yang "Tersusun Rapi"

Anda mungkin secara otornatis menuliskan beberapa kata dalam kelompok - obyek dan subyek yang memiliki hubungan atau berada dalam satu kategori. Sebenarnya, daftar tersebut memiliki beberapa kelompok yang cukup nyata:

hewan ---------------- kucing, burung, domba

pedesaan ------------- rumput, pohon, bunga, padang, sungai

kantor ----------------- pensil, pena, kertas, meja

Menyusun apa yang Anda pelajari menjadi kelompokkelompok atau kategori-kategori tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Karena, Anda secara aktif melakukan sesuatu terhadap informasi tersebut, tak hanya memandangnya secara pasif, serta membentuk hubungan-hubungan yang penuh arti.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Hal-hal "Nyata" Mudah Diingat

Daftar tersebut juga. berisi kata-kata seperti cinta, kebenaran, kebijaksanaan, dan arti. Kata-kata ini paling ticlak kita ingat karena tidak spesifik atau konkret. Kata-kata ini bukan benda, tetapi ide-ide.

Hal-hal "nyata" lebih mudah diingat daripada ide-ide abstrak karena Anda bisa menggambarkan hal-hal tersebut dalam mata pikiran. Kita mengingat gambar jau. ' h lebih baik daripada kata-kata, jadi carilah membuat gambaran apa yang sedang dipelajari, baik secara tertulis maupun dalam ingatan Anda.

Memori visual sangat kuat. Sebuah gambar, seperti yang dikatakan pepatah kuno, sama dengan seribu kata. Dan sebuah penelitian di Universitas Rochester, New York, menunjukkan kebenaran perkataaan itu.

Dalam suatu penelitian, ditunjukkan 2500 foto yang terpisah pada sebuah kelompok, satu foto diperlihatkan selama sepuluh detik. Tiga hari kemudian mereka ditunjukkan 250 pasang foto. Foto-foto ini sengaja dibuat mirip. Satu yang mereka pernah hhat; yang lain sebuah garnbar yang baru. Ternyata para partisipan bisa mengetahui, dengan keakuratan lebih dari 90 persen, fotofoto mana yang pernah mereka. lihat sebelumnya, dan mana yang tidak.

Penyebabnya adalah kekuatan memori visual. Karena itulah kan-d telah menekankan begitu banyak peralatan belajar visual: membuat gambaran mental dari materi pelajaran,

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

membuat diagram, tabel, sketsa, atau kartun; menggunakan warna, stabilo, dan garis bawah; dan mengkonstruksikan peta belajar Anda pribadi.

Ketika membuat diagram atau tabel sendiri, Anda mulai melihat pola informasi. Misalnya begini: anggaplah Anda sedang mempelajari negara-negara di Timur Jauh.

Kebanyakan orang tidak mengetahui dengan jelas di mana letak negara-negara tersebut, dan hubungan letaknya satu sama lain.

Gambarkan peta daerah yang sudah disederhanakan, salinlah dari atlas. Kemudian gambarlah peta itu sekali lagi

berdasarkan ingatan dan bandingkan dengan usaha ash Anda. Sekarang Anda mulai "memiliki" informasi tesebut.

Pentingnya Membuat Hubungan

Pikirkan ingatan Anda seperti sebuah perpustakaan yang menyimpan ribuan buku (fakta-fakta). Bila buku-buku tersebut disimpan dengan sembarangan dan tak logis, n-dsalnya menurut ukuran atau warna, maka sangatlah tak mungkin menentakan lokasi buku tertentu.

Tapi, bila buku-buku tersebut disusun rapi (menurut subyek atau pengarang), maka pengambilan kernbali m6njadi mudah dan cepat. Jadi, untuk dapat mengingat dengan baik, buatlah hubungan dan kaitan-kaitan yang kuat.

Dua penelitian menanclakan nilai dari hubungan aktif untuk membuat ingatan yang hebat. Dalam. penelitian pertama, tiga

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

kelompok murid masing-masing diminta mempelajari sepuluh kata baru.

Grup 1 hanya membaca kata-kata tersebut. Grup 2 me nyusunnya menurut tipe kata (kategori). Grup 3 membentuk kahmat yang berisi kata tersebut. Hasilnya? Murid-murid di Grup 3 mengingat dua setengah kah lebih baik daripada mereka yang berada. pada dua kelompok pertama.

Dalam penelitian kedua, murid-murid diminta mempelajari sepasang kata-kata yang tak berhubungan seperti burung dara dan mobil. Grup 1 membaca kata-kata tersebut dalam hati. Grup 2 membaca sebuah kalimat yang berisi kata tersebut keras-keras. Grup 3 membuat kalimat mereka sendiri dan membacakannya keras-keras. Grup 4 membuat

gambaran mental yang gamblang di mana kata-kata tersebut saling berinteraksi satu sama lain, contoh, "Seekor burung dara hampir tertabrak mobil yang sedang ngebut."

Setiap kelompok lebih baik daripada kelompok sebelumnya dan kelompok terakhir belajar tiga kah leih baik daripada grup pertama. Apakah ada cara yang membuat Grup 4 bisa lebih baik lagi? Ya dengan mendeskripsikan keras-keras

gambaran mental yang mereka bentuk. Dengan demikian Anda akan memiliki sebuah cerita dengan gambaran dan suara interaktif. Belajar dengan multimedia!

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mengisahkan Cerita Memperkuat Ingatan

Cerita selalu merupakan alat pengingat yang baik karena menghubungkan kata-kata dalam. sebuah rangkaian dan mudah digambarkan dalam pikiran. Ini contohnya.

MisaInya, Anda ingin mengingat nama-nama Tujuh Kurcaci Putri SaIju. Buatlah sebuah cerita seperti ini:

Aku ini seorang PENID UR dan biasanya masih mengan tuk pada pukul tujuh pagi, tapi saat aku bangun hafi ini tiba-tiba aku langsung segar dan langsung menjadi MENGGERUTU karena aku tahu aku harus mengunjungi DOKTER (DOC). Biasanya aku sedikit PEMALU untuk pergi, tapi temanku berkata agar aku berhenti bersikap TOLOL, dan karena alergiku nwmbuatku BERSIN terus, aku benar-benar harus pergi. Setelah aku diberi obat, aku merasa lebih baik dan benar-benar merasa RIANG.

TINDAKAN

Bacalah kisah itu dalam hati dan kemudian bacalah keraskeras. Kemudian lihat apakah Anda bisa menuliskan nama ketujuh kurcaci dari ingatan. Anda juga bisa menciptakan kisah sendiri sehingga bersifat pribadi dan lebih mudah diingat.

Hubungan Menciptakan Pengertian

Kita juga mengingat hal-hal yang berarti bagi kita. Dan sesuatu menjadi berarti bila kita bisa menghubungkan atau

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mengkaitkannya dengan apa yang sudah kita ketahui. Saat kita belajar sebuah bahasa asing, contohnya, sangatlah berguna untuk mulai dengan hal-hal yang mirip dengan bahasa ibu kita.

Kursus bahasa mandiri Belajar Cepat kita berisi ide yang kita sebut "Permainan Menamai." Kita ingin belajar bahasa Jerman dengan dasar-dasar dari bahasa Inggris yang telah kita kuasai. Prinsip dari Permainan Menamai diambil dari fakta bahwa bahasa Inggris berkembang dari bahasa Jerman Kuno dan juga bahasa Latin. Tentu saja, delapan ratus tahun yang lalu Jerman Kuno dan Inggris Kuno merupakan bahasa yang amat mirip.

Secara alamiah, seiring berlalunya waktu, bahasa Jerman dan Inggris mulai tampak dan terdengar berbeda, sama seperti dialek Inggris modern dan Amerika. Bagaimanapun, dalam sekitar satu jam saja kita bisa menyingkapkan banyak kendripan dasar antara kedua bahasa. Dengan demikian pelajaran bahasa Jerman menjadi permainan yang

menggugah rasa ingin. tahu dan kenyataan bahwa kita mungkin mengenali ribuan kata bahasa Jerman hanya dalam beberapa jam belajar akan sangat memotivasi kita.

Di bawah ini ada beberapa contoh untuk menunjukkan pada Anda betapa mudahnya hal itu:

1. Bila Malz dalarn bahasa jerman = malt dalam bahasa Inggris, dan bila Zinder dalarn bahasa jerman = tinder dalarn bahasa Inggris, apa kesimpulan Anda? Bahwa bunyi z dalarn bahasa Jerman telah, sesudah bertahun-

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

tahun, kadang-kadang diubah menjadi t dalarn bahasa Inggris.

Bila. hal ini benar, menurut Anda apa arti kata-kata berikut ini?

Katze (cat)

Zweig (twig)

zu (to) [kepada]

Zinn (tin) [kaleng]

Zoll (toll)

Salz (salt)

[kucing] [ranting]

[bea] [gararn]

2. Bila Bein dalarn bahasa jerman = bone dalarn bahasa Inggris, apa kesimpulan Anda?

Bahwa kadang-kadang (tentu saja tidak selalu) bunyi ei~ dalarn bahasa Jerman telah berkernbang menjadi bunyi o dalarn bahasa Inggris. Jadi carilah arti kata-kata di bawah ini:

Stein

ein

Eische

(stone) [batu]

(one) [satu]

(oak) [eik]

3. Sekarang beginilah permainannya. Setelah mengetahui halhal di atas, menurut Anda apa arti kata Jerman zwei?

Bila danken dalarn bahasa Jerman = to thank dalarn bahasa Inggris, apa kesimpulan Anda?

Bahwa d dalarn bahasa Jerman kadang-kadang sarna dengan th dalam bahasa Inggris. Jadi lihatlah arti dari kata:

Dorn

Ding

dick

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

(thorn) [duri]

(thing) [benda]

(thick) [tebal]

"Prinsip-prinsip" ini bahkan bisa beke~a untuk kata-kata yang tampak berbeda. jadi Dach = roof [atap]. Masuk akal bila Anda menyadari bahwa atap dulunya terbuat dari alang-alang (thatch)! 4. Dalam banyak bahasa Eropa, bunyi b dan v bisa dengan mudah diubah. jadi ich habe = I have. Dengan

berdasarkan prinsip ini Anda bisa melihat mengapa ich gebe = I give,

Hal ini bahkan memberikan wawasan menarik bagi Anda mengapa kata jerman untuk mati (to die) adalah sterben. Anda harus sedikit menjadi detektif untuk bisa melacak hal ini, sampai Anda menyadari bahwa to starve [kelaparan] adalah bentuk spesial dari kematian!

Permainan Menamai membuat "titik masuk" yang efektif dalam mempelajari sebuah bahasa karena alasan-alasan berikut:

1.

Membentuk arti secara cepat. Seketika apa yang tampak sebagai tugas belajar yang berat mulai menyusut menjadi proporsi yang masuk akal.

2.

Anda melihat bahwa ada sebuah pola, sebuah hubungan antara bahasa-bahasa. Hal ini sesuai bagi pelajar "global" dan juga. pelajar logis yang ingin mengetahui aturan-aturan apa yang terlibat.

3.

Membentuk sebuah bingkai pikiran yang baik dan optimis pada awal proses belajar. Anda tidak hanya

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

mendapatkan awal yang cepat, tapi bahasa itu fidak lagi begitu aneh atau merintangi. 4. Hal ini menyenangkan, dan Anda terlibat di dalaninya.

Singkatnya cara seperti ini sangat berarti, dan jika sesuatu berarti bagi Anda, jauh lebih mudah bagi Anda untuk mengingatnya.

Tindakan

Setiap kah belajar sesuatu, tanyalah pada diri Anda hubungan atau kaitan apa yang dimiliki hal tersebut dengan sesuatu yang sudah Anda kenal sebelumnya.

Berusaha Mengingat untuk Jangka Panjang

Kemampuan Anda mengingat tergantung lamanya waktu yang dihabiskan untuk mempelajari sebuah subyek.

Psikolog Harry P. Bahrick dari Universitas Ohio Weleyan menguji seribu lulusan SMA untuk mengetahui seberapa baik mereka mengingat pelajaran aIjabar.

Bagi beberapa lulusan, sudah lima puluh tahun berlalu sejak mereka mempelajari subyek itu; yang lain duduk dalam kelas aIjabar kira-kira bulan lalu. Murid-murid yang ingatannya paling baik, kebahkan dari apa yang mungkin diharapkan, bt1kanlah siapa yang baru saja belajar, tapi siapa yang telah menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajarinya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Dalam penelitian pada orang-orang yang telah belajar bahasa Spanyol, Bahrick menemukan hasil-hasil yang saxna. Muridmurid yang telah mengambil beberapa kursus dalarn jangka waktu beberapa tahun bisa mengingat, setelah berpuluhpuluh tahun kernudian, 60 persen atau lebih dari kosa kata yang telah mereka pelajari. Mereka yang hanya mengambil saW kursus menguasai hanya sedikit, hanya sisa-sisanya yang tertinggal, tiga tahun kemudian.

Karena itu, bila Anda ingin. belajar sesuatu, akan lebih baik jika mengambil kursus seminggu sekali selama satu tahun daripada kursus seminggu dua kali selama. enarn bulan. Dan sebagai ganti berlatih piano selama tujuh jam di hari Minggu, berlatihlah satu jam sehari, tujuh hari seminggu.

Lakukan dengan Cara Sendiri

Mendesain peralatan pengingat sendid mungkin adalah pendekatan terbaik bagi Anda. Susun ulang, atau tinggalkan sesuatu di tempat yang tidak biasa sehingga bila melihatnya, ingatan Anda akan terpicu. Ikatkan dasi di gagang kulkas untuk mengingatkan Anda agar membeli ~usu, atau lebih baik lagi, gantunglah bel sapi. Semakin unik alat pengingatnya, semakin Anda akan mengingatnya!

Tidurlah Dengannya

Seringkah kita "lupa" karena informasi tersebut tidak pernah benar-benar terdaftar dalarn ingatan kita. Tapi kadangkadang, informasi tarnpaknya mernudar begitu saja dari ingatan. Tentu saja, para peneliti pernah berpikir bahwa

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

ingatan lama-kelarnaan mernudar, kira-kira sarna seperti sebuah gorden bisa menjadi pudar karena terkena sinar matahari.

Beberapa

penelitian

menunjukkan

saat

manusia

tidur

sebenarnya mereka sedang menyimpan dan mengisi hal-hal yang telah dipelajari selarna hari itu.

Dulu, di tahun 1970-an Vincent Bloch, dari Universitas Paris, menunjukkan bahwa bila tikus-tikus dilatih tugas mencari arah, waktu. yang mereka habiskan dalarn fase tidur REM (Rapid Eye Movement, fase saat bola mata bergerak-gerak cepat setiap jangka waktu tertentu pada saat tidur, karena mimpi) meningkat. Sebaliknya, beberapa penelitian menunjukkan bila baik tikustikus maupun manusia pada saat fase tidur REM diinterupsi, ingatan mereka mengenai peristiwa-peristiwa hari sebelurnnya akan lebih buruk.

Terrence Sejnowski dari Salk Institute, mengulang dua dari penelitian terbaru yang dipublikasikan dalarn majalah Science, dan mengornentari bahwa sernua penernuan-penernuan itu memberikan "bukti bahwa sesuatu yang penting sedang terjadi saat kita tidur dan hal tersebut berhubungan dengan pelajaran dan ingatan."

Suatu penelitian dilakukan dengan sukarelawan manusia di Wizmann Institute di Rehovot, Israel. Para peneliti, dipimpin Avi Karni dan Dov Sagi, menunjukkan bahwa selarna fase REM subyek mereka memperbaiki keahlian yang dipelajari secara berulang-ulang.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Para sukarelawan telah diberi pelatihan pada malarn hari sebelurn "pergi tidur." Kernudian mereka dibangunkan dengan dering bel setiap kali gelombang otak mereka menunjukkan sedang mernasuki fase tidur REM, sekitar enarn puluh kali sernalarn. Grup lain juga diinterupsi tidurnya dengan cara serupa, tetapi pada saat fase tidur SW (S107V Wave gelornbang lambat). Hasilnya benar-benar jelas.

Subyek yang menjalani penghilangan REM tidak mengingat apa pun; yang lain menunjukkan perkembangan nyata mengenai apa yang mereka pelajari malarn sebelumnya.

Apa yang terjadi selama fase tidur REM untuk mengikat informasi dalam otak tidaklah sepenuhnya dipahan-d, tapi dalam penelitian terhadap binatang-binatang yang sedang tidur, telah dicatat adanya ahran neurotransmitter

acetylcholine dari saraf-saraf subcortical ke dalam cerebral cortex.

Elemen kunci pekerjaan Karni dan Sagi adalah bahwa mereka mungkin telah memperluas ide penggabungan ingatan selama fase tidur REM untuk memasukkan ingatan prosedural, ingatan-ingatan mengenai tugas sederhana yang dilakukan berulang-ulang. Pengujian terakhir telah difokuskan pada ingatan deklaratif, penguncian peristiwa yang hanya terjadi sekali.

Sementara itu sebuah penelitian lain yang dilakukan Matthew Wilson dan Bruce McNaughton dari Universitas Arizona di Tucson, mehhat ke dalam otak tikus-tikus yang sedang tidur

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

dan menemukan aktifitas neuronal yang mungkin membantu memperkuat ruang ingatan hewan.

Mereka memperhatikan bahwa sekelompok sel otak identik yang aktif ketika tikus-tikus sedang mempelajari sebuah tugas, aktif kembali saat mereka tidur, walaupun dalam tempo lebih cepat. Para peneliti sekarang percaya, ledakan gelombang tajam dari aktifitas neuronal mengkompresi berjam-jam aktifitas menjadi beberapa detik.

Penernuan dua studi baru ini, bila disatukan, membuat kesimpulan yang patut dipertimbangkan mengenai

kepercayaan yang telah lama ada bahwa sesuatu yang terjadi selama kita tidur, terutama dalam fase REM, mungkin berperan dalarn memperkuat ingatan.

Seperti yang dispekulasikan Chris Evans, seorang peneliti: kita tidur untuk bermimpi. Dan, sebaliknya, kita bermimpi untuk menyusun dan menyatukan pengalaman-pengalaman baru kita ke dalam jaringan yang sudah ada dalam ingatan.

Implikasinya agar kita bisa berkembang dalam mempelajari sesuatu ialah dengan mengikuti pola berikut: 1. Belajar. 2. Mengulang materi tersebut secara singkat sebelum tidur. 3. Tidur. 4. Secara singkat ulangi kembali pelajaran hari sebelumnya.

Jenkins dan Dallenbach, juga peneliti, menguji pola ini. Mereka memiliki dua kelompok murid yang menghabiskan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

jumlah waktu yang sama dalam mempelajari sebuah daftar katakata.

Satu grup diuji setelah delapan jam aktifitas siang hari. Mereka hanya mengingat 9 persen. Grup kedua diuji setelah delapan jam tidur. Skor mereka 56 persen benar!

Mengingat yang Telah Terlupakan

Ketika

melupakan

sesuatu,

kita

cenderung

berusaha

mengingatnya dengan berkonsentrasi pada apa yang telah kita lupakan. Dengan kata lain, kita berusaha mengorek unit spesifik tersebut seakan-akan hanya dialah satu-satunya ikan di laut.

Tapi hal tersebut tak masuk akal. Kita tak bisa mengharapkan pikiran yang hilang (ikan satu-satunya dalam laut!) melompat keluar dan dengan santai mengaitkan dirinya ke kail pancing kita. Kita harus pergi memancing, dengan menggunakan kekuatan asosiasi.

Lacak kernbah dalam pikiran Anda apa yang membawa dan yang mengikuti peristiwa, nama, fakta, atau artikel yang terlupakan itu. Apa yang waktu itu Anda lakukan, pikirkan, rasakan, katakan? Bersama siapa Anda waktu. itu? Apa yang ada di sekeliling Anda?

Menjaring melalui segala sesuatu yang ada di sekitar "ikan" tersebut biasanya akan membawa Anda menuju hal yang ingin Anda tangkap. Anda akan sadar telah membuat sebuah hubungan yang membantu jawaban itu "melompat keluar" dari

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

otak. Tentu saja, jawabannya selalu ada di dalam ingatan Anda, dan Anda hanya harus menemukan cara untuk mengambilnya kembali.

Kadang-kadang

menambahkan

hubungan-hubungan

lain

dengan perlahan-lahan menyebutkan abjad satu. per satu bisa menolong. Anda mungkin akan merasakan perasaan kuat untuk abjad yang mengawali kata yang terlupakan - dan hal itu men-dcu ingatan Anda.

TITIK UNTUK MERENUNG

Semakin Anda bisa melihat, mendengar, dan melakukannya, semakin mudah hal tersebut dipelajari. Telah dikatakan bahwa, rata-rata, kita mengingat:

20% apa yang kita baca 30% apa yang kita dengar 40% apa yang kita lihat 50% apa yang kita katakan 60% apa yang kita lakukan 90% apa yang kita lihat, dengar, katakan, dan lakukan.

Jadi bagaimana Anda bisa belajar dengan cara-cara yang mengkombinasikan penglihatan, pendengaran, pengucapan, dan perbuatan? Jawablah pertanyaan ini dan Anda berada dalam perjalanan untuk memiliki ingatan yang super.

RENCANA TINDAKAN INGATAN ANDA

Ada banyak cara untuk memastikan Anda mampu mengingat sesuatu. Di bawah ini ada beberapa peralatan untuk mengingat informasi, baik yang kompleks maupun sederhana.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Seperti keseluruhan program Belajar Cepat, Anda perlu meneliti peralatan-peralatan ini untuk menemukan mana yang bekerja paling baik untuk Anda.

Putuskan Untuk Mengingat

Anda bisa mengingat apa pun yang ingin Anda ingat. Katakata pelaksana, di sini adalah Anda mau. Anda harus mernbuat keputusan secara sadar mau mengingat sesuatu.

Alasan mengapa saksi mata kecelakaan tidak bisa dipegang kebenarannya adalah karena mereka tidak pernah berencana untuk harus mengingat kejadian tersebut. Bila Anda mau belajar sesuatu, Anda harus men-dlih untuk melakukan hal tersebut. Anda harus membuat pilihan, keputusan, untuk mengingat atau tidak mengingat. Beberapa ahli mengatakan bahwa untuk menyisipkan informasi ke dalam ingatan jangka panjang, Anda perlu berfokus pada informasi itu selama setidaknya delapan detik.

Ambil Waktu Istirahat Cukup Sering

Pernahkah Anda ducluk dalam sebuah kelas, kuliah, atau seminar pelatihan dan menyadari pikiran Anda

melayanglayang? Atau mungkin. Anda pernah merasa sangat tak nyaman duduk di satu tempat begitu lama? Anda mungkin tahu dari pengalaman pribadi bahwa sesi kerja yang panjang tidak mendorong proses belajar.

Anda perlu beristirahat setidaknya setiap tiga. puluh menit. Hanya sekitar dua sampai lima menit saja - tapi harus

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

benarbenar beristirahat dari apa yang sedang Anda pelajari. Cobalah minum air putih pada setiap waktu istirahat. Tubuh kita berisi air lebih dari 70 persen dan segelas air putih secara teratur akan membuat kita lebih terjaga.

“Ulangi" Selama dan Setelahnya

Sepanjang buku ini kami telah terus-menerus meminta Anda untuk memikirkan apa yang baru saja dipelajari dan mengulanginya dengan kata-kata Anda sendiri. Melihat kembali dan mengulang kembali adalah tahap-tahap yang sangat penting dalam menciptakan ingatan jangka panjang. Dan itulah sebabnya mengapa Anda akan menemukan banyak elemen-elemen penting diulang-ulang dengan cara yang berbeda dalam halaman-halaman buku ini.

Anda harus melihat kembah materi tersebut secara teratur, walaupun hanya sekilas saja, setelah satu jam, satu hari, satu minggu, satu bulan, dan enam bulan. Yang perlu Anda lakukan ialah melihat catatan-catatan. yang telah Anda buat atau bagianbagian yang telah Anda tandai. Telah ditunjukkan bahwa tahap kilas balik ini akan memperbaiki ingatan akan materi pelajaran sampai 400 persen.

Menciptakan Ingatan Multisensor

Kita telah belajar bahwa kita memiliki ingatan yang terpisah bagi apa yang kita lihat, dengar, ucapkan, dan lakukan. Karena itu, pengalaman multisensor akan memperluas dan memperdalam potensi kita untuk mengingat. Jadi pastikan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

bahwa pengalaman Visual, Auditori, dan Kinestetik ada setiap kali Anda menangkap pengetahuan.

Ingatlah untuk: a. Membuat catatan atau Peta Belajar saat Anda belajar dari percakapan. Anda mendengar (Auditori), membuat catatan atau gambar (Kinestetik), dan melihat apa yang telah Anda hasilkan (Visual). b. Mengingat langkah-langkah dalam sebuah proses. Anda menonton demonstrasi orang lain (Visual), mengucapkan langkah-langkah kemudian (Kinestetik) tersebut keras-keras (Auditori), itu dan

melakukan sebelum

langkah-langkah benar-benar

sendiri

mempraktikkannya

dalam kehidupan nyata. c. Membuat interaksi garnbaran visual. Ingatan visual

biasanya paling kuat, terutama bila Anda bisa membuat gambaran mental yang lebih besar dari kenyataannya dan terhubung satu sama lain. Bayangkan seekor kuda berderap, bukan hanya berdiri diam. Tambahkan warna dan kecerahan. Bayangkan sesuatu yang lucu atau aneh. Bila Anda memarkir mobil Anda di lantai 4B, pikirkan "empat bebek."

Ciptakan Singkatan-singkatan

Satu dari alat pengingat yang paling umum, dan berguna, adalah singkatan. Singkatan adalah sebuah kata yang dibuat dari huruf-huruf pertkna,setiapkata, frase, atau kalimat yang sedang berusaha Anda ingat. SCUBA (scuba diving - alat menyelam) merupakan singkatan dari Self - Con tained Underwater Breathing Apparatus - Teralatan Bernafas Bawah

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Air." Anak-anak Amerika sering diajarkan untuk mengingat danau-danau besar dengan singka.tan HOMES -Huron – On tario - Michigan - Erie - Superior. Birokrasi pernerintah juga sangat mencintai singkatan, DepKes, Mendagri, Kedubes, Polantas, dsb.

M*A*S*T*E*R, juga merupakan singkatan enam langkah cara belajar para master dalarn mempelajari sesuatu. Seperti yang telah Anda ternukan, ini merupakan singkatan dari Mind Acquire Search - Trigger - Exhibit - Review.

Pendekatan lain adalah dengan membuat kalimat yang ganjil seperti Gudeg Daging Amat Enak Banyak Fitamin Cis. Ini adalah sebuah cara untuk mengunci huruf-huruf tangga nada berpalang ke dalam otak Anda: G-D-A-E-B-F#-C#.

Ada berbagai versi kalimat yang dapat Anda buat dari serangkaian huruf-huruf tersebut. Pilihlah satu yang lebih Anda suka, atau lebih baik lagi, ciptakan sebuah yang sesuai dengan diri Anda. Membuat singkatan sendiri membuat ingatan Anda lebih kuat.

Kilas Balik

Cara mengingat jenis ini, sangatlah manjur dan sederhana. Sebenarnya bila kita menggunakannya di kelas, murid-murid akan memilihnya sebagai strategi ingatan satu-satunya yang paling baik. Beginilah cara kerjanya.

1. Buatlah catatan dalam bentuk peta belajar, atau daftar singkat lainnya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

2. Pelajari dengan seksama. selama satu atau dua menit. 3. Kemudian kesampingkan catatan Anda dan buat ulang di kertas lain berdasarkan ingatan Anda. 4. Sekarang bandingkan kedua peta belajar atau dua set catatan tersebut (yang asli dan yang baru saja dibuat). Anda akan dengan segera memperhatikan setiap hal yang Anda lupakan.

Sekarang buatlah peta belajar ketiga atau catatan-catatan dan sekali lagi bandingkan dengan aslinya.

Ketika catatan asli dan baru menjadi sama, Anda telah menciptakan ingatan yang sangat kuat mengenai catatan ini. Hampir seperti ingatan fotografis. Lebih dari itu, karena peta belajar sendiri adalah sebuah cara mengkonsentrasikan sejumlah besar informasi ke dalam beberapa catatan singkat, Anda mungkin telah merekam seluruh buku atau program belajar dalam satu bentuk yang-mudah diingat. Kata-kata KUNCI-nya akan memicu ingatan Anda bersama dengan banyak detil-detil lain.

Ide yang bahkan leih baik adalah menyatukan kekuatan Kilas Balik dengan sebuah singkatan. Ambillah sernua peta belajar yang Anda buat dari keseluruhan latihan. Katakan ada dua belas peta dalam setahun. Berikan judul bagi setiap, peta, buatlah sebuah singkatan untuk mengingat judul-judul

tersebut. Hasilnya? Anda bisa mengingat peta-peta belajar itu satu per satu, dan dengan demikian mengulang kernbali latihan selama satu tahun penuh hanya dalam sekitar sehari saja. Atau bawalah inti-inti pelajaran tersebut dalam pikiran Anda, satu per satu ke dalam ruang ujian!

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Kartu Pengingat

Beberapa

subyek

sangat

ideal

untuk

dibuat

kartu

pengingatnya, contohnya rumus-rumus ihniah atau kata-kata bahasa asing. Gunakan waktu luang, misalnya pada waktu berjalan jalan, untuk mehhat ulang dan menguji diri Anda.

Pelajari Secara Keseluruhan

Bagaimana bila Anda perlu menghafal banyak materi, sebuah puisi lengkap atau peran dalam sebuah drama? Jangan menghafalnya kalimat per kalimat, pelajarilah sebagai satu keseluruhan.

1. Bacalah keseluruhannya dengan seksama. Pastikan Anda mengerti hal tersebut. Ulangi kalimat-kalimat tertentu yang sulit, pastikan bahwa Anda memahan-iinya. Anda tidak akan mudah ingat bila Anda tidak mengerti. 2. Baca ulang, dengan lebih cepat. Lakukan sekali lagi. 3. Sekarang baca ulang keras-keras dan dengarlah kata-kata itu dalam pikiran Anda. 4. Baca ulang keras-keras dengan sebanyak mungkin gambaran visual yang bisa Anda hasilkan. Bayangkan sernuanya sejelas mungkin. 5. Baca lagi keras-keras dengan menambahkan tindakan atau gerakan sejauh yang diperlukan. 6. Ulangi langkah 1-5 di atas.

Ya, banyak sekah pengulangan. Tapi telah terbukti bahwa metode mernecah-mecah (keseluruhan subyek dibagi

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

sebagiansebagian) ini setidaknya 50 persen lebih cepat daripada metode menyatukan (dari bagian-bagian kecil dijadikan keseluruhan). Alasannya? Cara ini berawal dari gambaran utuh, pola keseluruhan, dan multisensor.

Permainan Kata dengan Angka

Anda bisa menggunakan kata-kata untuk merepresentasikan gambar. Contoh:

1945 Tahun kemerdekaan Indonesia.

Biasanya, Anda bisa melepaskan angka 1 dan 9 pada tahun, dengan anggapan bahwa tanggalnya setelah tahun 1900. jadi Anda ingin menemukan dua kata-kata yang lucu atau relevan untuk merepresentasikan 4-5, sebuah kata yang terdiri dari empat huruf, dan lima huruf lagi.

Bagaimana dengan ......

Saya 4

Hebat 5

Anda bisa menggunakan strategi bentuk dan kata untuk mengingat nomor mahasiswa, nomor KTP atau nomor rekening bank Anda. Ini adalah cara yang praktis!

SEBUAH CONTOH NYATA

Contoh penggunaan singkatan yang nyata dalam kehidupan bisa dilihat pada pelatihan negosiasi yang paling laris, " The

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Secrets of Power Negotiating - Rahasia Bernegosiasi Yang Hebat", yang dikembangkan oleh salah satu ahli terkemuka dalam lahan negosiasi, Roger Dawson. Di sana teknik di atas diaplikasikan sebagai berikut.

Singkatan

Sebuah singkatan dibuat untuk menolong kita mengingat beberapa teknik kund untuk dirnanfaatkan dalarn situasi negosiasi.

NEGOTIATE

Huruf

N

berarti

Navigate

(mengarahkan).

Anda

perlu

mernegang kendali dalarn sebuah negosiasi, seperti seorang nahkoda mengemudikan kapalnya ke arah yang ingin dia, tuju.

E mewakili Eyes dan Ears (mata dan telinga) karena. Anda perlu menjaga agar mata Anda tetap terbuka dan telinga Anda tetap waspada dalarn mernbaca petunjuk bahasa tubuh dan arti-arti terselubung yang dikatakan atau tidak dikatakan oleh pihak lawan Anda.

G berarti Grimace (cemberut). Satu hukurn prinsip dalarn situasi negosiasi adalah Anda harus selalu bersikap seperti akan mundur, selalu terlihat kesal, saat Anda pertarna kali mernbuat tawaran untuk menunjukkan bahwa tawaran

tersebut tidak bisa diterima.

O berarti Outrageous! (rnelarnpaui batas). Anda selalu menganggap tawaran pertarna orang lain melampaui batas -

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

tidak bisa diterima - sernentara Anda sendiri harus mernbuat pern-dntaan yang melampaui batas juga. Maka Anda meniihki ternpat untuk mendesak lawan.

T pertarna dalarn T berarti Trade-off (pertukaran). Setiap kah seseorang merninta kelonggaran, Anda segera, dan secara otornatis merninta sesuatu sebagai imbalannya.

I berarti Impersonate (berpura-pura). Sering kah ada saat dalarn acara negosiasi ini dirnana Anda akan menyetujui sesuatu yang tidak benar-benar Anda percayai. Misalnya, Anda bertingkah Atau tidak seperti pembeli atau penjual sesuatu Anda, yang yang suatu

ogahogahan. sebenarnya

mungkin menjadi

mengungkit masalah bagi

perangkap atau umpan. Atau mungkin berpura-pura bodoh saat tahu Anda benar-benar cerdik. Anda "berpura-pura".

A berarti Agree (setuju). Selalu dengan terbuka menyetujui pihak lain. "Ya, saya bisa melihat posisi Anda, saya mengerti apa yang Anda katakan, tapi Anda bisa memakai strategi kata "perasaan, merasakan, menemukan". "Aku tahu bagaimana perasaan Anda, orang lain akan merasakan hal yang sama, tapi mereka menemukan…..”

T kedua berarti Teasing (menggoda). Anda bisa menggoda pihak lawan untuk mendapat~,an kelonggaran ekstra,

terutama setelah Anda mencapati persetujuan dalam pokok masalah. Setelah Anda berjabat tangan menyetujui gaji $50.000 Setahun, asuransi kesehatan dan paket liburan, maka saatnya berkata, "Oh Ya, omong-omong, saya juga menjadi anggota country club, kan?"

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Huruf terakhir, E berarti Easy Acceptance (mudah diterima). Anda ingin mernbuat pihak lain mudah menerima tawaran dan tidak merasa buruk karena menyerahkan berbagai hal. Maka Anda menawarkan sesuatu yang mernbuat mereka merasa lebih baik walaupun hal tersebut tidak terlalu berarti. "Baiklah, George, lain kali aku pasti akan langsung mendatangi Anda sebelum mendatangi orang lain."

Nah,

kini

Anda

memiliki bisa

elemen-elemen diingat

kunci

dalam

bernegosiasi, NEGOTIATE.

yang

dengan

singkatan

Ubahlah Menjad! Sebuah Cerita

Anda bisa menarnbahkan dimensi lain dengan membuat sebuah cerita untuk mernbantu Anda mengingat elemenelemen kund tersebut. Pikirkan hal tersebut, bila Anda suka, seperti film kartun.

Dalam contoh ini, Anda akan membayangkan seorang nahkoda mengarahkan (Navigating) kapalnya ke pelabuhan. la yang mernegang kernudi dan mernegang kendali. Kapten kita ini memiliki mata (Eyes) dan telinga (Ears) yang besar. la tiba di pelabuhan dan bertemu seorang pedagang. Ia cemberut (Grimace) karena tidak senang dengan tawaran yang melarnpaui batas (Outrageous) yang dibuat oleh importir. "Aku bisa menerima lima puluh dolar per barel, tapi bila begitu, aku perlu Ia satu bulan ekstra untuk

mengantarkannya."

berpura-pura

(Impersonate),

seakanakan menjadi penjual yang ogah-ogahan. Kernudian

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Anda

melihat

sang

kapten Anda

menambahkan, mengenai

"Aku

tahu

bagairnana

perasaan

harga

tersebut.

Pelanggan lain juga merasakan hal yang sarna, tapi mereka menernukan bahwa mereka marnpu mernbuat keuntungan yang besar." Ia sedang mencari jalan untuk mencapai persetujuan (Agree). Dalarn skenario berikut, sang kapten berkata pada importir, "Baiklah, saya setuju.... tapi Anda akan mengurus pajak pelabuhan, kan?" la menggoda (Tease) atau mendesak untuk mendapat kelonggaran ekstra.

Dan akhirnya penerimaan yang mudah (Easy Acceptance). Kapten berkata, "Anda sangat adil. Lain kali bila aku kernari, aku akan memastikan Anda mendapat prioritas pertarna."

Buatlah Menjadi Musik

Irarna dan musik mernbuat sesuatu mudah diingat. Pikirkan saja sernua lagu-lagu lama yang kata-katanya membanjiri ingatan Anda begitu mendengarnya. Anda bisa benar-benar menyatukan taktik negosiasi ke dalarn pikiran dengan meneruskan terna pelayaran ini.

Ubahlah kata-kata dalarn lagu4agu pelaut seperti "Apa Yang Harus Kita Lakukan dengan Pelaut Mabuk Ini?" menjadi "Apa Yang Harus Kita Lakukan Saat Bernegosiasi?" Mungkin. kedengarannya konyol dan lucu - tapi itulah yang mernbuat kita mudah mengingatnya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Tunjukkan Apa yang Anda Ketahui
Seorang gadis kecil sedang bergumul dengan nilai

sekolahnya. la pelajar lambat, belum bisa berbicara dengan. benar sampai berusia lima tahun. Kemudian ia didiagnosa sebagai dyslexic (mengalami kesulitan membaca atau menulis karena tidak bisa membedakan bentuk-bentuk abiad).

Gurugurunya mulai putus asa terhadapnya.

Untungnya, gadis kecil ini, sebut saja Mary - memiliki seorang ayah yang sangat perduli terhadap masa depan anaknya. Sang ayahlah yang mampu menyelamatkan kemajuan

akademis gadis ini yang semakin menurun. Setiap malam, tanpa absen sekalipun, sang ayah akan duduk bersama Mary dan menanyakan apa yang telah ia pelajari di sekolah hari itu.

Ia mendorong gadis itu untuk menceritakan pelajaran hari itu padanya. Dan juga menuliskannya atau menggarnbarnya. Dan memikirkan apa hal-hal terpenting yang telah ia pelajari dan. mengapa.

Dengan begini Mary secara mental melatih aktifitas belajar hari itu, dan juga menciptakan catatan harian mengenai hal tersebut. Di akhir setiap minggu Mary bisa memandang ke belakang dan melihat kemajuannya. Merenungkan

pelajarannya membuat kemajuan gadis itu menjadi nyata.

Mary menunjukkan apa yang ia ketahui. Ini adalah bagian yang penting L'.alam proses belajar. Dan sekarang ia. telah mendapat gelar PhD dari sebuah universitas Amerika yang terkenal.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Menunjukkan apa yang Anda ketahui, mendemonstrasikan apa yang telah Anda pelajari, adalah saat Anda mulai menyingkapkan apakah telahmenggunakan empat tahap pertama dari cara belajar para M*A*S*T*E*R dengan sukses:

1.

Berada dalam kondisi pikiran yang benar - santai, percaya diri, dan siap untuk belajar.

2.

Mempelajari informasi dengan cara yang paling sesuai untuk Anda.

3. 4.

Mencari arti, implikasi, dan manfaat-manfaat pribadi. Mampu memicu ingatan tentang hal tersebut kapanpun Anda memerlukannya.

Sekarang, Anda harus membuktikan pada diri bahwa telah benar-benar memahami materi yang Anda pelajari dan bisa mempraktikkannya. Anda harus "menunjukkan bahwa Anda tahu." Dengan kata lain, sekarang adalah waktu untuk menguji, mempraktikkan, dan menggunakan apa yang telah Anda pelajari.

Ujilah Diri Anda

Apakah Anda benar-benar telah menguasai subyek tersebut? Apakah Anda telah benar-benar mengunci informasi dan keahhan yang telah Anda pelajari? Jelajahi sepenuhnya apa yang Anda ketahui. Temukan batas-batas terluar dari pengetahuan Anda. Ujilah kemampuan Anda secara otomatis dan terbuka. Gunakan alat-alat belajar yang Anda sukai: § § Rekonstruksikan sebuah peta belajar. Ujilah diri Anda dengan kartu-kartu pengingat.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

§ § § §

Ciptakanlah sebuah "film" dalam pikiran mengenai apa yang telah Anda pelajari. Ulangi membuat sebuah diagram alir. Buatlah sebuah daftar yang logis dan terurut. Katakan keras-keras pada diri Anda sendiri.

Bila menguji diri telah menjadi bagian otomatis dari teknik belajar, Anda akan lebih bisa menerima, kesalahan. Anda bisa melihat bahwa kesalahan memang hal yang wajar terjadi, dan tidak memiliki pikiran menakutkan bahwa Anda yang

"membuatnya salah."

Anda bisa melihat bahwa setiap kesalahan sebenarnya adalah masukan yang berguna. Kesalahan adalah batu loncatan, bukan rintangan yang menjatuhkan. Kesalahan memperjelas area-area keraguan atau keticlakmampuan Anda. Kesalahan menunjukkan tempat di mana. Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu, atau daerah di mana Anda harus menjelajah dengan lebih seksama. Sepanjang bertekad untuk belajar dari kesalahan Anda tak mungkin salah jalan.

Jenis pengujian seperti ini didesain untuk menunjukkan di mana Anda berada. Pengujian ini didesain untuk menjadi bagian yang alami dari setiap proses belajar, dan bukan ujian penghakiman yang ditakuti banyak murid-murid.

Ketakutan murid-murid terhadap ujian tampaknya te1ah meningkat sebanding dengan peningkatan volume ujian konstan di sekolah. Selama lebih dari empat puluh tahun, hampir setiap bentuk pendidikan penting memperluas ujian yang ada atau membuat ujian-ujian yang sepenuhnya baru,

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

dan yang menggemparkan, peningkatannya bisa mencapai 10 sampai 20 persen per tahun.

Haney dan Madaus, yang menulis makalah akademis untuk masalah yang diberi judul "Mencari Alternarif dari Ujian Standar: Mengapa, Apa, dan Ke mana", berkata, "Proses belajar dan mengajar dikorupsi bila kebanyakan instruksi yang diberikan sematamata hanya untuk persiapan ujian."

jadi konsentrasikan ticlak hanya pada berapa banyak kesalahan yang Anda buat, tetapijenis kesalahan apa yang Anda buat. Dan ingatlah: "Kesalahan hanyalah pos-pos persiapan dalam jalan menuju sukses."

Praktikkan Apa Yang Telah Anda Pelajari

Untuk bisa beralih dari seorang pemula menjadi seorang ahli, latihan sangatlah menentukan. Para ahli cenderung terlihat melakukan pekerjaannya dengan ringan dan mudah. Tapi penyebabnya adalah mereka telah dengan gigih dan sabar mempelajari keahlian mereka tersebut sehingga bisa

melakukannya dengan alami.

Contoh yang paling jelas bisa dilihat pada atlet-atlet dan olahragawan top. Kebanyakan dari kita tidak melihat jam-jam latihan yang melelahkan yang mereka lakukan dengan penuh kesungguhan; kita hanya melihat peristiwa kemenangannya saja.

Beberapa pelajar senang untuk terlibat langsung dan dengan segera mencoba mengaplikasikan apa yang telah mereka

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

pelajari. Yang lain merasa perlu berlatih sendiri atau dengan seorang teman.

Bila Anda termasuk dalam kategori terakhir, cobalah Pelatihan Mental. Gunakan imajinasi untuk membayangkan diri Anda benar-benar menggunakan apa yang telah Anda pelajari. Ciptakanlah gambaran penuh dan mendetil mengenai diri sendiri dalarn situasi nyata dan kemudian lihatlah diri Anda, dalam mata pikiran sendiri tampil dengan baik.

Cobalah Permainan Model juga, baik sendirian atau dengan pasangan, teman, atau kolega Anda. Bila hal yang ingin Anda kerjakan melibatkan orang lain, Permainan Model adalah bentuk latihan yang paling efektif. Anda bisa mendengar dan mengecek apa yang akan Anda katakan, dan cara ini merupakan pembangun rasa percaya diri yang baik.

Anda bisa membandingkan dan mempertimbangkan dua cara berikut yang bisa dipakai untuk mengkornunikasikan suatu pandangan: Kalimat

"Kekuatan korupsi dan kekuatan absolut sepenuhnya korupsi."

ATAU

Permainan Model

Sebuah

kelas

dibagi

menjadi

dua

kelompok.

Mereka

diperintahkan untuk membayangkan bahwa ruang kelas ini

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

adalah sebuah penjara. Kelompok pertama berperan sebagai kepala penjara. Kelompok kedua bermain sebagai tahanan.

Setelah beberapa jam eksperimen harus dihentikan karena terlalu banyak "tahanan" yang berada dalam tekanan mental yang sangat karena. perilaku semena-mena dari para "kepala penjara"!

Pendekatan mana yang memberikan pandangan mengenai korupsi kekuatan dengan lebih baik? Kahmat atau Permainan Model?

Permainan

model

juga

membuat

Anda

mengetahui

bagaimana. gaya belajar orang lain bisa berbeda dari gaya belajar Anda dan mengapa "dua, kepala lebih baik daripada, satu."

Anda Hakim Diri Terbalk

Satu hal yang terjadi dalarn proses belajar "formal" adalah bahwa kita terbiasa dihakimi orang lain. Orang lain yang menilai kita. Bagaimanapun, tentunya lebih memuaskan bila kita menghakimi kualitas kerja kita sendiri. Karena itu memperlihatkan apa yang Anda ketahui kepada diri sendiri sangatlah penting. Anda menciptakan standar diri sendiri dan mengecek penampilan menurut standar tersebut.

Bila Anda seorang murid, biasakanlah untuk memeriksa pekerjaan sendiri sebelum menyerahkannya. Nilai berapa, yang sejujurnya, akan Anda berikan? Apakah pekerjaan Anda sesuai dengan standar terbaik Anda sendiri? Saat pekerjaan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

tersebut dikernbalikan kepada Anda, bila nilai Anda tidak sesuai dengan apa yang selayaknya Anda dapat - menurut penilaian Anda - tanyakan kepada guru atau pelatih Anda apa yang seharusnya bisa Anda kerjakan dengan lebih baik untuk mendapatkan nilai tersebut.

Dan Anda juga bisa memakai kamera video untuk merekam diri sendiri Buatlah sebuah video di mana Anda

mempresentasikan apa yang telah Anda pelajari, atau rekamlah sebuah permainan model. Dengan demikian Anda bisa menghakimi penampilan sendiri dengan lebih kritis. Dengan menonton diri sendiri di layar, Anda bisa melihat diri sendiri seperti orang lain melihat Anda.

Gunakanlah

Anda. telah benar-benar sukses bila Anda bisa menggunakan hal-hal yang telah Anda pelajari secara bebas dan terlepas dari lingkungan belajar. Karena itulah tahap "tunjukkanbahwaAnda-tahu" ini sangat penting. Menggunakan apa yang telah Anda pelajari dengan cara-cara. yang berbeda,

mengernbangkan dan memperbaikinya akan membuat Anda benar-benar menguasai subyek tersebut.

Contohnya, belajar menggunakan komputer di tempat kursus dan mempraktekkannya di tempat kerja, adalah dua hal yang sangat berbeda. Di kantor Anda mungkin berada dalarn tekanan untuk membuktikan kemarnpuan diri - dan tangan pengajar yang membantu Anda tidak lagi ada di dekat Anda. (Ingatlah bagaimana rasanya saat Anda lulus tes mengemudi dan kemudian untuk pertama kahnya mengemudi sendirian!)

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

.... salah satu keahhan terpenting dafam hidup ini adalah menganak~~ apayang mem6uat orang lain sukses dan mengadaptasikan strategi kemenangan mereka pada situasiAnda sendiri

Dan, tentu saja (seperti Mary dan ayahnya), menjelaskan apa yang telah Anda pelajari kepada orang lain merupakan suatu tantangan tertentu. Format belajar-kemudian-mengajar ini menguntungkan karena memaksa pelajar untuk menyusun pikiran mereka sendiri dan. menceritakan hasil belajar mereka.

Bukti yang nyata terlihat pada sebuah pengujian tethadap sekelompok cetakan, murid. Satu kelompok bahwa mempelajari nanti depan materi harus kelas.

dan

diberitahu sebuah

mereka di

mempresentasikan.

ringkasan

Kelompok kedua mempelajari materi yang sama tanpa menduga harus membuat presentasi.

Setelah itu, kedua grup dibagi tiga. Sepertiga dari tiap grup mempresentasikan ringkasan lisan, sepertiga yang lain mendengarkan presentasi, sementara sepertiga yang terakhir tidak melakukan salah satu pun dari aktifitas pengulangan kembali tersebut. Hasil terbaik dicapai oleh murid-murid yang benarbenar memberikan ringkasan atau bersiap-siap untuk melakukan hal tersebut!

Dan juga perlu diperhatikan bahwa penelitian menunjukkan bahwa Anda harus mencoba menggunakan apa yang telah Anda pelajari dalam waktu dua puluh empat jam berikutnya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Dengan demikian kemungkinan bisa disimpulkan bahwa Anda akan lebih menguasai informasi tersebut dalam. jangka panjang bila mulai mengaplikasikannya dengan segera.

Ambillah manfaat dengan belajar dari orang lain yang telah sukses. Perhatikan bagaimana cara mereka mempelajari jenis materi yang sama dan buatlah catatan-catatan dengan. seksama bagaimana mereka melakukannya. Mintalah mereka menjelaskan pendekatan mereka pada tugas belajar tersebut.

Sekali lagi, penelitian menunjukkan bahwa bila orang mempelajari banyak strategi, ia akan menjadi pelajar yang lebih fleksibel, dan akan mampu mengaphkasikan

keahhannya dalam. berbagai situasi berbeda.

Tentu saja, salah satu keahhan terpenting dalam hidup ini adalah menganalisis apa yang membuat orang lain sukses dan mengadaptasikan strategi kemenangan mereka pada situasi sendiri.

Meminta Dukungan dari Orang Lain

Belajarlah dengan Keluarga Anda

Cobalah untuk melibatkan keluarga Anda. Bila Anda minta mereka mendengarkan sementara Anda. menjelaskan apa yang telah Anda pelajari, mereka juga bisa mendapatkan sesuatu dari hal tersebut. Dengan demikian, mereka juga akan menyadari betapa pentingnya bagi Anda untuk

mempelajari dan mengembangkan keahlian baru dan tidak

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

akan mengomel tentang banyaknya waktu yang harus Anda habiskan untuk proses belajar tersebut.

Teman Belajar

Carilah pasangan belajar. Ia haruslah seseorang yang juga berusaha mengerti dan menggunakan keahlian yang sedang Anda pelajari. Anda bisa saling mendukung saat meneliti subyek tersebut, dan bisa dengan teratur saling menguji untuk mengecek sejauh mana kemajuan kalian. Dengan begini Anda akan mendapat masukan langsung mengenai keakuratan dan keefektifan proses belajar dan cara merepresentasikan hal tersebut - dan juga cara pandang yang berbeda dalam melihat subyek tersebut.

Teman belajar tidak hanya membantu dalam hal saling menguji tapi juga karena ia memiliki gaya yang berbeda yang bisa Anda bandingkan. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki pasangan belajar akan sangat bermanfaat bila. Anda dan teman belajar Anda secara teratur bergiliran untuk mempresentasikan dan mendengarkan.

Proses belajar kooperatif sejenis ini dinamakan kelompok kerja informal, dan kemampuan belajar bersama seperti ini sangat dihargai oleh berbagai organisasi modern.

Lingkaran Belajar

Lingkaran

belajar

adalah

kelompok

orang-orang

yang

mempelajari subyek yang sama, yang berkumpul secara informal untuk membagikan pengalaman-pengalaman,

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

pertanyaanpertanyaan, dan penemuan-penemuan mereka. Sebuah ide yang sangat efektif - terutama dalam tempat kerja.

Mentor

Temukanlah seorang mentor bagi diri Anda - seseorang yang san at ahli dalam masalah ini dan bisa mendorong, mendukung dan juga menjadi sumber informasi lebih lanjut bagi Anda.

Seorang mentor haruslah seseorang yang bisa akrab dengan Anda dan seseorang yang bisa menawarkan masukan positif, kritik membangun, dan ide-ide. Anda juga bisa mendapat pelajaran dari kesalahan-kesalahan yang telah ia buat selama kariernya. Untuk itu Anda harus bisa membuatnya bersikap terbuka pada Anda. Pengalaman. yang ia n-dliki, baik maupun buruk, bisa menghernat waktu secara dramatis untuk mendalami subyek tersebut.

Keseluruhan kemajuan manusia dibangun dengan belajar dari kesalahan dan keberhasilan orang-orang yang telah pergi ke sana sebelun-Lnya. Karena itulah Internet dan informasi super cepat sangatlah penting. Keduanya menempatkan

pengalaman dan pengetahuan dunia dengan segera dan nyata. di ujung jari Anda.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Renungkan Cara BelajarAnda
Tap kali memenangkan suatu pertempuran, Kaisar Napoleon akan melangkah menyusuri bekas medan pertempurannya. Sesudah kemenangannya, tokoh bertubuh kecil ini akan berjalan melintasi arena berdarah tersebut sambil

menganalisis.

Jenderal ini lebih tertarik menilai penyerangan dan serangan balasan yang terjadi selarna pertempuran daripada

merayakan kemenangan pertempuran sulit.

Ini hal yang terjadi berulang kali. Setelah sernua ke menangan, Napoleon akan segera berjalan di arena

peperangan, sementara strategi pertempuran masih segar dalam ingatannya.

Pertarna kali ia akan. melihat peperangan dari sudut pandang lawannya. Setiap kali lawannya yang telah kalah itu membuat keputusan penting, Napoleon akan menempatkan dirinya dalam posisi yang sama, dan bertanya pada dirinya bagaimana ia akan mernimpin peperangan. tersebut dari sisi lawannya.

Pernikiran Napoleon bahkan berkernbang lebih jauh lagi. Ia kernudian membayangkan bagaimana bila ia yang berperang melawan dirinya sendiri - agak mirip dengan berusaha bermain catur melawan diri Anda sendiri. Hal ini merupakan. sebuah proses belajar yang terus-menerus, yang akan memberi wawasan berharga baginya untuk pertempuran berikutnya.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Mengulang dan mengevaluasi, bukan hanya mengenai apa yang telah dipelajari tapi terutarna bagaimana Anda

mempelajarinya adalah cara pokok untuk inenjadi pelajar mandiri dan sukses.

jika Anda mengembangkan kebiasaan untuk secara otomatis berpikir dan mengevaluasi bagaimana cara belajar dan berpikir (atau bagaimana cara melakukan. sesuatu), Anda akan mernegang kendali dalam hidup, dan memiliki informasi yang dibutuhkan untuk tetap berkembang.

Memonitor, mengevaluasi, dan mengintrospeksi diri secara terus-menerus adalah karakter kunci pelajar yang memiliki motivasi diri. Kekuatan dan kelernahan perlu dikenali sehingga tindakan yang nyata bisa diambil.

Sebuah kegagalan bisa lebih berharga daripada satu kali sukses mujur, jika dari kegagalan tersebut Anda bisa belajar prinsip-prinsip baru dan penting untuk masa depan.

Introspeksi adalah perilaku yang disebut metacognitive (pengertian dalam pengertian). Perilaku ini memungkinkan kita mengetahui apa yang kita ketahui clan apa yang tidak. Pikirkan bagaimana cara berpikir kita selarna ini. Kenali langkah dan strategi apa yang kita ambil selarna proses belajar atau proses mernecahkan masalah, dan secara konstan mengembangkan langkah dan strategi ini.

Kebanyakan. orang jarang menyernpatkan diri merenungkan pengalaman mereka dengan cara yang bisa membantu

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

memperbaiki diri. Menganalisis diri tampaknya bukanlah hal yang biasa dilakukan orang. Dan, walaupun mernbutuhkan pernikiran serius dan jauh, evaluasi semacam ini tak perlu menghabiskan banyak waktu, meski hasilnya akan

terusmenerus bermanfaat bagi Anda.

David Perkins, seorang rekan peneliti senior di Harvard Graduate School of Education, meminta perhatian yang lebih besar untuk sesuatu yang ia sebut intelegensia "reflektie.

Ia percaya intelegensia tersebut menawarkan "harapan terbesar untuk pengembangan secara keseluruhan dalarn perilaku intelegensia seseorang."

Perkins

berkata, yang,

"Sedikit secara

sekah

praktik dan

pendidikan terbuka,

konvensional

langsung

menganjurkan refleksi dan manfaat strategi-strategi untuk mengarahkan pernikiran. Murid-murid yang mempelajari

intelegensia reflektif mengembangkannya sendiri dengan cara membuat daftar strategi-strategi pribadi."

"Atau

mereka

mungkin

mengenal

cara

tersebut

dari

lingkungan rumah. Ada beberapa orangtua yang mernberikan contoh pemikiran yang baik, menekankan pada anak-anak memikirkan menekankan keputusan-keputusan pentingnya pendekatan mereka sisternatis sendiri, dalam

mengerjakan pekerjaan rumah, dan sebagainya. Secara umum, tak ada sekolah atau tempat kerja biasa yang memberi contoh atau menganjurkan strategi bertahan menggunakan intelegensia reflektif ini."

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Merenungkan proses belajar tak terbatas hanya pada orang dewasa. Cara ini juga penting bagi murid-murid dalam segala usia, bukan hanya orangtua atau guru mereka saja untuk bisa mengerti profil intelektual mereka sendiri.

Dalam beberapa kelas "intelegensia ganda", murid-murid yang berusia empat tahun diminta untuk menyebutkan aktifitas yang paling mereka gemari, danjuga aktifitas yang mereka pikir paling baik mereka lakukan. Di sini kami merekomendasikan guru-guru untuk secara teratur memperkenalkan

aktifitasaktifitas yang melibatkan refleksi.

Murid-murid yang lebih tua bisa menulis buku harian, membuat diagram, atau mendiskusikan kekuatan-kekuatan mereka dengan murid-murid lain. Refleksi semacam ini akan mendorong pengembangan intelegensia intrapersonal, dan dengan demikian murid-murid mampu menggambarkan

kekuatan mereka untuk menyelesaikan masalah-masalah di masa depan.

Sebagai pelajar yang mandiri, ajukan tiga pertanyaan yang sederhana tapi baik bagi diri Anda adalah: § § §

Apa yang sudah berjalan dengan baik? Apa yang bisa berjalan dengan lebih baik? Bagaimana aku bisa melakukan hal yang lebih baik pada saat berikutnya?

Teruslah mengajukan pertanyaan-pertanyaan tersebut dan Anda akan menguasai cara menilai diri sendiri.

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

Filosofi kita secara keseluruhan adalah bahwa proses belajar, dan proses berpikir secara analitis dan kreatif, bukanlah aktifitas misterius yang hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu dan tak bisa dilakukan orang lain. Dalam tiap, kasus, strategi-strategi kesuksesan bisa ditarik, dicatat, dan

kemudian dipel~jari serta diikuti. Maka tiap orang pun bisa menjadi ahli strategi. Hal ini merupakan kesenjangan besar dalam pendidikan yang diharapkan bisa diisi dengan buku ini.

RENCANA KEMAJUAN PRIBADI

Memonitor

kine~a

sendiri

secara

terus-menerus

akan

memberi evaluasi konstan yang jujur mengenai kemampuan Anda saat ini. Anda bisa mencatat daerah mana yang telah mengalami perkembangan dan juga menandai daerah lain yang bisa Anda ke~akan lebih baik.

Bersiaplah juga mencatat kegagalan-kegagalan Anda. Saat mencoba sesuatu yang baru, adalah waj ar jika timbul rintanganrintangan yang menjadi batu sandungan. Hal ini adalah bagian dari kehidupan dan harus dipandang sebagai masukan yang bisa membantu negatif Anda, dan bukan sebagai Bila

perist4wa-peristiwa

yang

destruktif.

memandangnya seperti ini, Anda bisa mengubah batu sandungan menjadi batu loncatan.

Rencana kemajuan pribadi adalah sebuah alat yang berguna untuk menilai diri sendiri. Rencana tersebut akan membuat Anda menghargai tiap kesuksesan. Jangan lupa untuk memuji diri sendiri dan merayakan kesuksesan sendiri. Dengan

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

demikian proses belajar bisa menjadi suatu kebiasaan menyenangkan.

Rencana

ini

juga

akan

mengingatkan

Anda

untuk

menganalisis strategi belajar yang mana, dalam lima langkah awal yang sudah dibahas, yang berhasil paling baik bagi dan seperti apa gaya belajar pribadi Anda. Catatlah juga cara-cara mengembangkan diri Anda pada saat berikutnya.

Duduklah dengan tenang setelah menyelesaikan sebuah tugas belajar. Rasakan perasaan keberhasilan. Perhatikan bagaimana rasanya tubuh Anda saat tampil dengan sukses. Buatlah catatan tentang hal tersebut. Anda b1sa

mengembalikan perasaan tersebut sebagai bagian dari "kondisi penuh daya guna.

Pelajar

yang

menguasai

pikirannya

selalu

bersedia

mengevaluasi diri dan perilakunya. Ia secara teratur menguji kehidupannya.

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan untuk mengarahkan Anda saat merenungkan sebuah proses belajar :

1. Apakah proses belajar ini berhasil? Bila ya apakah faktor faktor utarnanya? 2. Apakah aku telah mempersiapkan diri dengan baik dalam proses belajar ini? 3. Apakah aku menemukan semua hal yang perlu kuketahui? Bila tidak, mengapa? 4. Strategi belajar mana yang terutama sekah sangat berguna? Yang mana yang tidak?

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

5. Adakah sebuah pola dalam keberhasilan-keberhasilanku, apakah aku belajar lebih baik dalam situasi-situasi tertentu? Jenis-jenis pelajaran macam apa yang kupelajari denganlebih/kurang baik? Hal apa yang bisa kupelajari dari sini untuk masa depanku? 6. Bagaimana aku bisa melakukan hal yang lebihbaik pada saat selanjutnya? 7. Aku bisa menduga kesulitan dalam melaksanakan apa yang kupelajari hari ini tapi aku akan mengatasi hal tersebut dengan cara ini: _______________________________________________ _______________________________________________ _______________________________________________

8. Apa "hadiah~' pribadi yang tepat untuk merayakan sebuah kesuksesan? 9. Siapa lagi yang mungkin bisa membantu di saat berikutnya?

Model belajar enam langkah yang ditulis dalam buku ini didesain sebagai model pemahaman untuk mempelajari setiap hal. Ini adalah keahlian "belajar - bagaimana - cara - belajar" yang merupakan satu dari dua inti keahlian abad 21. ampaknya mengejutkan - bahkan mengagumkan - bahwa kebanyakan sekolah tetap bersikeras mengajarkan apa, bukan bagaimana. Terutama setelah apa yang akan Anda lihat di babbab terakhir bahwa belajar bagaimana cara belajar bisa memberi hasil dramatis di perusahaan-perusahaan, sekolah, dan rumah.

****

PDF created with FinePrint pdfFactory Pro trial version http://www.softwarelabs.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->