MAKALAH MSDM “Kasus : Kompensasi Pensiun Dini PNS”

DISUSUN OLEH : NIA HERNAWATI NPM. A1A. 11.0041

JURUSAN ILMU ADMINISTRASI PUBLIK FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS SUBANG 2013

karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam kelancaran penyusunan makalah kami ini. Penulisan makalah kami ini adalah merupakan salah satu tugas untuk mata kuliah Perekonomian Indonesia. Juni 2013 Penulis i . Kritik dari pembaca yang membangun sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah kami selanjutnya.KATA PENGANTAR Puji dan Syukur kami panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Subang. Makalah yang penulis susun ini memang masih jauh dari kata sempurna baik dari bentuk penyusunannya maupun materinya. Semoga makalah kami ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

.....................8 DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................................................................................................................................................... ii BAB I ARTIKEL ......................................................DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR....................................................................................................1 BAB II PEMBAHASAN ............3 BAB III PENUTUP ................................................................................................................................................ i DAFTAR ISI.......................9 ii .................

Dengan begitu.00 WIB) Pensiun Dini PNS Terlaksana Tahun Ini JAKARTA. program pensiun dini bagi PNS yang dicetuskan Kementerian Keuangan bisa diterapkan mulai tahun ini. "Target (keluarnya aturan) pensiun dini itu sekitar Juli atau Agustus. Jakarta. suaramerdeka. Wakil Menteri PAN-RB Eko Prasojo menyatakan pihaknya tengah memproses aturan pensiun dini tersebut.com/v1/index. "Masih dalam proses finalisasi dasar hukumnya.Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan mengeluarkan aturan terkait pemberlakuan pensiun dini bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Juli atau Agustus mendatang. 09-06-2013.suaramerdeka. belum ada landasan hukum untuk program pensiun dini tersebut oleh Kemenpan-RB. Menurutnya. maka akan kami laksanakan." ujarnya saat ditemui di Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).php/read/news/2012/05/30/119853/P ensiun-Dini-PNS-Terlaksana-Tahun-Ini (Diakses Hari Minggu. "Semua kebijakan Insya Allah akan kami buat 2012.com ." ungkap Eko. Pasalnya. Sementara itu. Badaruddin mengaku anggaran untuk pelaksanaan pensiun dini ini telah 1 . Sekjen Kementerian Keuangan Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan rencana program pensiun dini yang dicanangkan Kemenkeu sejak tahun lalu belum bisa dijalankan. Jam 10.BAB I ARTIKEL Sumber : http://www. Kementerian PAN-RB berusaha menyelesaikan beberapa aturan terkait PNS pada tahun ini." tegasnya. kalau dasar hukumnya sudah keluar. Niat Kemenkeu untuk melaksanakan program pensiun dini pun tidak tanggungtanggung. Rabu (30/5).

Namun. Karena itu. Dia pun mengaku semua proses pembahasan untuk mendapatkan landasan hukum itu telah dilakukan. izin pelaksanaan program tersebut. kalau tidak dilaksanakan tahun ini maka anggarannya akan hangus. Salah satunya." tuturnya." katanya. jumlah orang cukup banyak yang memenuhi syarat itu. 2 . "Sudah ada yang mau ikut. Badaruddin juga menyatakan banyak PNS di lingkungan Kemenkeu yang memenuhi persyaratan program pensiun dini. dia mengharapkan aturan untuk landasan hukum pensiun dini segera terbit. "Harusnya tahun ini karena anggarannya sudah ada. anggaran untuk pemberian kompensasi bagi pegawai yang mau mengikuti program ini.disiapkan dalam anggaran Kemenkeu tahun ini.

Dengan sistem yang baik ini akan dicapai tujuan-tujuan. Kompensasi sangat penting bagi karyawan itu sendiri sebagai individu. Pemberian kompensasi dalam suatu organisasi harus diatur sedemikian rupa sehinga merupakan sistem yang baik dalam organisasi.BAB II PEMBAHASAN 1. karena program-progam kompensasi merupakan pencerminan supaya organisasi untuk mempertahankan sumber daya manusia. antra lain sebagai berikut : a. Apa bila kompensasi diberikan secara tepat dan benar para karyawan akan memperoleh kepusan kerja dan termotivasi untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi. motivasi. Pemberian kompensasi merupakan salah satu pelaksanaan fungsi MSDM yang berhubungan dengan semua jenis pemberian penghargaan individual sebagai pertukaran dalam melakukan tugas keorganisasian. 3 . Tujuan Manajemen Kompensasi Secara umum tujuan manajemen kompensasi adalah untuk membantu perusahaan mencapai tujuan keberhasilan srategi perusahaan dan terciptanya keadilan internal dan eksternal. Kompensasi bukan hanya penting untuk para karyawan saja. Pemberian kompensasi kepada karyawan harus mempunyai dasar yang logis dan rasional. Pengertian Kompensasi Kompensasi merupakan segala sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengganti kontribusi jasa mereka pada perusahaan. karna besarnya kompensasi merupakan pencaerminan atau ukuran nilai pekerjaan karyawan itu sendiri. Sebaliknya besar kecilnya kompensasi dapat mempengaruhi prestasi kerja. melainkan juga penting bagi organisasi itu sendiri . motivasi dan kepuasan kerja karyawan. Apabila kompensasi itu diberikan tidak memadai atau kurang tepat. Memperolah SDM yang berkualitas. dan kepuasan kerja karyawan akan menurun. 2. prestasi.

h. Berbagia peraturan dan perundang-undangan. Gaji b. Upah c. peraturan pemerintah. 5. d. e. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut: a. Mempertahankan karyawan yang ada. Faktor-faktor ini merupakan tantangan setiap organisasi untuk menentukan kebijaksanaan kompensasi untuk karyawaan. Mengikuti aturan hukum. seperti: pasar tenaga kerja. Mengendaliakn biaya. Pengaruh Lingkungan Eksternal pada Kompensasi Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi upah dan kebijakan kompensasi adalah sesuatu yang berada diluar perusahaan. c. Kemampuan untuk membayar c. Produktivitas b. Kesediaan untuk membayar d. Penghargaan terhadap perilaku yang diinginkan. Suplai dan permintaan e. Kompensasi tidak langsung 4. Meningkatkan efesiensi administrasi. dan serikat pekerja. kondisi ekonomi. a. Komponen-komponen Kompensasi a.b. Pasar tenaga kerja 4 . f. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sistem Kompensasi Sistem pemberian kompensasi oleh organisasi kepada karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Menjamin keadialan. Organisasi karyawan f. Insentif d. 3.

kehadiran serikat kerja di perusahaan sektor swasta diperkirakan meningkatkan upah 10 sampai 15 persen dan menaikkan tunjangan sekitar 20 sampai 30 persen . Peraturan pemerintah Pemerintah secara langsung mempengaruhi tingkat kompensasi melalui pengendalian upah dan petunjuk yang melarang peningkatan dalam kompensasi untuk para pekerja tertentu pada waktu tertantu. terutama derajat tingkat persaingan. gaji. PPDK : Pilihan Bijak bagi Semua Pihak Sementara menunggu implementasi program pemberhentian pegawai yang digagas TRBTK. Jika tingkat pembayaran suatu perusahaan terlalu rendah. dan hukum yang menetapkan tingkat tarip upah minimum. b. d. yang mempengaruhi kesanggupan untuk membayar perusahaan itu dengan gaji tinggi. 6. c. Kondisi ekonomi Salah satu aspek yang juga mempengaruhi kompensasi sebagai salah satu factor eksternal adalah kondisi-kondisi ekonomi industry. Serikat pekerja sudah cendrung untuk menjadi penentu untuk upah . tenaga kerja yang memenuhi syarat tidak akan bersedia bekerja di perusahaan itu. manpaat dan meningkatkan upah kondisi kerja. di tahun 2012 ini Ditjen Perbendaharaan mengambil inisiatif untuk menjalankan sebuah program yang disebut Program Pensiun Dini dengan Kompensasi Khusus (PPDK). untuk menanggulangi kelebihan pegawai (overstaffing). Serikat pekerja Pengaruh eksternal penting lain pada suatu program kompensasi kerja adalah serikat kerja. pengaturan jam kerja. tingkat persaingan tenaga kerja sebagai menentukan batas rendah atau floor Tingkat pembayaran.Pasar tenaga kerja mempengaruhi desain kompensasi dalam dua cara: pertama. sebuah pendekatan yang jauh lebih bersahabat dan menguntungkan 5 . dan mencagah diskriminasi.

dalam hitungan bulan). diberikan pembekalan berupa pelatihan pengeleloaan keuangan.700. serta Perhitungan uang Pensiun (PP) yang akan diterima mulai persetujuan pensiun dini sampai dengan batas usia pensiun 56 tahun. seperti wirausaha dan investasi.pegawai. Cakupan pelatihan tersebut akan terus berkembang seiring aspirasi pegawai untuk apa dana kompensasi dari PPDK akan digunakan. adalah seorang pegawai Ditjen Perbendaharaan dengan data kepegawaian sebagai berikut:       Gaji & TKPKN bulan terkahir Masa Kerja keseluruhan Normal Masa Kerja Saat Pensiun Dini Sisa Masa Kerja Jumlah gaji ke-13 Estimasi Kompensasi Khusus = Rp 6. Sdr. perbandingan antara masa kerja pada saat Pensiun Dini dengan Masa Kerja (PMsK) pada saat batas usia pensiun 56 tahun. perkebunan dan budidaya tanaman hias. Besaran kompensasi khusus yang akan diterima tergantung besaran Gaji Bersih (GB). Beberapa kegiatan wirausaha dan investasi yang telah diinventarisasi antara lain peternakan dan perikanan. Fulan usia 50 tahun 01 bulan. Sisa Masa Kerja (SMK. Makna dari penghargaan atas kontribusi adalah bila pegawai mengikuti program ini.176.23 Sebagai komitmen Ditjen Perbendaharaan terhadap pegawai yang mengambil PPDK. Remunerasi (R). bisnis properti dan investasi danareksa.753.532. Filosofi yang dikedepankan melalui PPDK adalah penghargaan atas kontribusi di masa lalu dan pendampingan atas inisiasi di masa depan. Ilustrasi berikut ini dapat memberikan gambaran tentang penghitungan kompensasi bagi yang berminat. sejumlah kompensasi akan didapat sebagai bentuk penghargaan yang diberikan oleh organisasi ini terhadap kontribusi selama mengabdi di Ditjen Perbendaharaan. Sedangkan pendampingan atas inisiasi bermakna bahwa pegawai akan diberikan pembekalan berupa pengelolaan keuangan dari kompensasi yang didapat sekiranya mengikuti PPDK. 6 . 206.- = 32 Tahun = 27 Tahun = 70 bulan =5 yang akan diterima sebesar Rp.

PPDK diperuntukkan bagi para pegawai pelaksana yang berusia 50-55 tahun. dan fotokopi halaman depan buku tabungan. Surat Pernyataan Pengunduran Diri Secara Sukarela. Keikutsertaan pegawai pada PPDK tidak akan mengurangi hak pensiun yang akan diterima setiap bulan terhitung mulai SK pensiun dikeluarkan. Bahkan. Surat Rekomendasi dari Atasan. kompensasi yang didapat menjadi nilai tambah yang sangat bernilai bagi persiapan pegawai dalam memasuki masa pensiun. 7 . Persyaratan untuk mengikuti program ini sama seperti pengajuan pensiun sebagaimana dimaksud dalam PP nomor 11 tahun 1969 dengan tambahan dokumen berupa: Surat Pernyataan Pengembalian Barang Milik Negara (SPP-BMN). Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Kewajiban Hutang.

peternakan. yang dengannya Anda menjadi orang yang sangat beruntung. seperti perkebunan.d. Uang ”tali kasih” ratusan juta tersebut dapat Anda gunakan untuk berbagai hal yang sulit Anda realisasikan pada masa-masa aktif mengabdi di organisasi ini. Bagi Anda yang menyukai usaha yang lebih menantang. Seperti yang Anda sering dengar dari teman-teman Anda tentang kisah sukses teman-teman mereka yang memulai usaha hanya dengan modal yang jumlahnya jauh di bawah uang yang Anda terima. obligasi. retail/pertokoan. Dengan cara itu. Skema apa pun yang Anda pilih. 55 tahun. bisa Anda bayangkan uang sejumlah seratus atau dua ratus juta Rupiah yang Anda dapatkan sebagai kompensasi atas jasa-jasa Anda selama mengabdi kepada negara. Anda bisa menikmati keuntungan dari uang Anda tanpa perlu bersusah payah sembari menikmati harihari penuh kebahagiaan bersama orang-orang yang Anda cintai. atau dengan membeli properti. Anda juga bisa menyimpannya dalam bentuk tabungan/deposito di bank. dan saham. Anda bisa melipatgandakan keberuntungan Anda melalui program investasi.BAB III PENUTUP Jika Anda berusia 50 s. uang kompensasi yang menjadi hak Anda dapat Anda gunakan sebagai modal untuk berbisnis dalam berbagai sektor. Oleh karena Itu. dan properti. Sebuah penghargaan yang selama ini tidak pernah diberikan kepadaPNSmana pun di Republik ini. PPDK merupakan penawaran yang sangat menguntungkan untuk diambil. Anda layak mendapatkan penghargaan dalam bentuk kompensasi khusus yang jumlahnya jauh melampaui ekspektasi Anda. Anda pun dapat merealisasikan mimpimimpi Anda tentang hidup yang lebih bahagia dan berkecukupan secara keuangan. pemberlakuan mutasi bagi seluruh pegawai tanpa melihat latar belakang pendidikan serta pemanfaatan IT yang mendominasi proses penyelesaian pekerjaan merupakan fenomena yang tidak semua orang dapat menerima. 8 . Tantangan perkembangan organisasi berupa beban kerja yang semakin berat. seperti reksadana.

Kineka Cipta. DR. PT. 2006. Jakarta. 9 . Rajagrafindo Persada. Veithzal Rivai MBA. DR. Manajemen Sumber Daya Manusia PT. Prof. Jakarta 1997. Notoatmojo. Pengembangan Sumber Daya Manusia.DAFTAR PUSTAKA Prof.