PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Novia Bani Nugraha (12030111130133) Rheza Dwi Respati (12030111140225) Muhammad Faishal (12030111140267)

PENGERTIAN IPA
IPA merupakan pengetahuan dari hasil kegiatan manusia yang diperoleh dengan menggunakan langkah-langkah ilmiah yang berupa metode ilmiah dan dididapatkan dari hasil eksperimen atau observasi yang bersifat umum sehingga akan terus di sempurnakan.

3 ASPEK IPA
1. Fisika 2. Kimia 3. Biologi

FISIKA
Fisika (Bahasa Yunani: φυσικός (physikos), "alamiah", dan φύσις (physis), "Alam") adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

Penerapan Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Gerak Lurus Beraturan Gerak Lurus Berubah Beraturan Gerak Vertikal Gelombang Elektromagnetik Energi Nuklir Apliksi hukum newton

KIMIA
Kimia (dari bahasa Farsi dan bahasa Indo-Eropa ‫ کیمیا‬/ kimia "seni transformasi" "alkimia") adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi,struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari.

Penerapan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
1. 2. 3. 4. 5.

Bidang Kedokteran dan Farmasi Bidang Geologi Bidang Pertanian Bidang Industri Bidang Sosial

BIOLOGI
Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda "biologie", yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios ("hidup") dan λόγος,logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu sampai pada tahun 1970-an digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya "ilmu kehidupan").Obyek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup.

Penerapan Biologi dalam Kehidupan Sehari-hari

1. 2. 3. 4. 5.

Bidang Kedokteran Bidang Pertanian Bidang Peternakan Bidang Perikanan Bidang Industri

TERIMA KASIH

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful