II.

MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT

2.1. Pengertian Bakat Dalam aktivitas sehari-hari istilah bakat seringkali diinterpretasi secara berbeda-beda, seperti misalnya untuk menggambarkan kemampuan intelektual yang tinggi, minat yang menonjol, potensi, kemampuan yang diperoleh karena diturunkan dari orang tua, dan lain lain. Bakat (aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis, dan lain-lain. Seseorang yang berbakat musik misalnya, dengan latihan yang sama dengan orang lain yang tidak berbakat musik, akan lebih cepat menguasai keterampilan tersebut. Untuk bisa terealisasi bakat harus ditunjang dengan minat, latihan, pengetahuan, pengalaman agar bakat tersebut dapat teraktualisasi dengan baik. Sehubungan dengan cara berfungsinya, ada 2 jenis bakat : 1. Kemampuan pada bidang khusus (talent) misalnya bakat musik, melukis, dll 2. Bakat khusus yang dibutuhkan sebagai perantara untuk merealisir kemampuan khusus misalnya bakat melihat ruang (dimensi) dibutuhkan untuk merealisasi kemampuan di bidang teknik arsitek. Bakat bukanlah merupakan sifat tunggal, melainkan merupakan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. Misalnya dalam bakat musik terdapat kemampuan membedakan nada, kepekaan akan keserasian suara, kepekaan akan irama dan nada.

Bakat baru muncul atau teraktualisasi bila ada kesempatan untuk berkembang atau dikembangkan, sehingga mungkin saja terjadi seseorang tidak mengetahui dan tidak mengembangkan bakatnya sehingga tetap merupakan kemampuan yang latent.

‘13

1

Etik UMB Farida, MMA.

Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana

masing-masing dalam bidang dan derajat yang berbeda-beda. Tes bakat Tes bakat bertujuan membantu memberikan gambaran mengenai kemampuan seseorang di berbagai area minatnya di bidang-bidang tertentu. pembimbing perlu mengenal bakat anak-anaknya ‘13 2 Etik UMB Farida. seseorang tidak akan berkembang menjadi seorang ahli matematika. apabila saya ingin menjadi seorang akuntan? Setiap orang mempunyai bakat-bakat tertentu.Minat dan bakat John Holland. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Hasil tes bakat tidak dapat menentukan dengan mutlak pekerjaan atau karir apa yang harus dijalani. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu dimana ia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak diawali dengan adanya minat untuk hal tersebut atau hal yang berkaitan dengan bidang yang akan ditekuni. Melalui tes bakat diperoleh gambaran mengenai berbagai bidang kemampuan dan minat seseorang. MMA. Bakat dalam suatu bidang tertentu. orang tua. Tanpa minat untuk hitung menghitung. ahli yang banyak meneliti mengenai minat memberi pengertian minat sebagai aktivitas atau tugas-tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu. dan memberi kesenangan atau kenikmatan. misalnya seni. misalnya ”Apakah saya dapat menjadi seorang sekretaris?” Tes bakat dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti misalnya:    Apakah saya cocok untuk memilih bidang kedokteran? Manakah bidang yang lebih baik bagi saya. dan lain-lain merupakan hasil interaksi antara bakat bawaan dan faktor lingkungan serta didukung dengan faktor kepribadian dan sikap kerja seseorang. untuk kemudian merencanakan dan membuat keputusan mengenai pilihan pendidikan atau pekerjaan. musik. bidang keteknikan atau kedokteran? Apakah kelebihan dan kekurangan saya. hitung menghitung. Guru. bahasa. juga tidak untuk menjawab pertanyaan yang sangat khusus. perhatian.

dan bakat Anda mampu memenuhinya. Sayangnya. kini ada begitu banyak kesempatan bagi siapa saja untuk meraih pekerjaan sesuai dengan bakat dan bidang yang diinginkan.2. Artinya. Ada 10 cara untuk mengenalinya. Dengan mengembangkan minat dan bakat serta memberikan bimbingan karir sejak dini. bekerjalah sesuai dengan minat dan bakat. "Saat dunia membutuhkan. Sepuluh Kiat Berkarir Sesuai Bakat Untuk melancarkan karir. dan kekuatan yang dimiliki sehingga Anda mampu memanfaatkan semua kelebihan diri. 2. terdapat ribuan lapangan pekerjaan pada ratusan dunia usaha atau industri. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . ‘13 3 Etik UMB Farida. Ratusan kali lipat bila dibandingkan pada zaman Aristoteles. Di masa sekarang ini.sehingga dapat memberikan pendidikan dan menyediakan pengalaman sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Perkataan Aristoteles ini seolah menegaskan kepada siapa saja untuk menggapai profesi sesuai dengan apa yang diinginkan. Hanya. dengan sebaik-baiknya. remaja akan semakin menyadari mengenai apa yang ia suka dan mampu lakukan. masih ada saja para profesional yang 'terjebak' pada pekerjaan yang tak sepenuhnya mereka sukai. di sanalah lapangan kerja tercipta. MMA. dan akan menjadi lebih jelas pendidikan atau pekerjaan apa yang mungkin akan ditekuninya disertai dengan pemahaman tentang kekuatan dan kelemahannya." Begitulah petuah filsuf Yunani Aristoteles-yang hidup di tahun 300 SM-kepada para muridnya. minat. sehingga ia bisa menentukan pilihan yang tepat dan menyiapkan diri untuk menggapai impiannya. yang dibutuhkan sekarang adalah bagaimana cara mengenali bakat dan minat yang ada di dalam diri. Oleh karena itu mulailah untuk mengenali bakat.

karena terkadang apa yang terbaik menurut orangtua dan orang lain tidak selalu sama dengan apa yang Anda inginkan atau pikirkan. apakah bahasa Inggris sering membuat Anda mengantuk. tapi olahraga kerap membuat Anda lupa waktu? Di kala senggang apakah Anda lebih suka nonton film atau menceburkan diri ke kolam renang? Apakah acara debat di teve lebih menarik daripada siaran langsung sepak bola? Terlepas dari apa yang menarik bagi Anda. bersikaplah jujur untuk mengakuinya. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . ‘13 4 Etik UMB Farida. Hobi sangat menggambarkan bakat dan minat pada diri Anda. Saat mempersiapkan masa depan berarti juga harus mampu mempersiapkan tujuan karir. MMA. Bagaimana cara memulainya? Berikut 10 kiat yang bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi bakat dan karir: Kenali dri Sebelum menemukan karir yang tepat. Tanyakan pada diri sendiri apa saja yang membuat bosan atau membangkitkan semangat. Bila sejak awal memang mencita-citakan profesi tertentu kembangkanlah keahlian dan bakat yang Anda miliki.Belum ada kata terlambat untuk mengejar karir impian daripada selamanya tenggelam dengan pekerjaan yang tak menyenangkan. Jujurlah pada apa yang Anda rasakan. Buat daftar apa saja yang sangat ingin Anda lakukan. kenalilah diri sendiri. Mengetahui apa yang Anda inginkan merupakan pondasi terpenting dalam meraih pekerjaan impian. atau hal-hal apa saja yang membuat Anda lupa. Ketahui apa yang diinginkan Mengenali hobi dan minat juga bisa menjadi langkah untuk mendapatkan karir secara tepat. Sebagai contoh.

Hal-hal seperti ini pun dinamakan bakat. serta ada juga yang mampu membangkitkan semangat orang lain. Keduanya bisa memotivasi Anda bekerja secara lebih baik. sekolah beken. kekayaan.Hargai nilai diri Jangan lupakan untuk tetap menghargai nilai-nilai diri. mungkin karir sebagai kritikus film. Dengan bakat Anda bisa merasakan kesenangan atau kepuasan kerja yang Anda hasilkan. bila Anda suka menonton film dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sedangkan yang tak termasuk nilai diri adalah mobil mewah. Pekerjaan yang dijalani sesuai dengan bakat juga mampu membuat Anda terbangun di pagi hari dengan penuh semangat. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Mulailah mencari cara untuk menyelaraskan minat dan bakat. MMA. memiliki kemampuan mengorganisir. Hobi dan bakat sangat terkait erat. keamanan kerja. Banya korang yang memang terlahir sebagal seorang pemimpin. Kombinasikan minat dan bakat Pada intinya Anda harus menilai secara jujur kelemahan diri. perdamaian dunia. intergritas. atau. atau fitnes. etika kerja. ‘13 5 Etik UMB Farida. Temukan bakat Bakat juga merupakan elemen terpenting dalam menentukan karir. Bakat tak hanya terlihat dari hal-hal konkret semata-seperti bakat musik maupun olahraga-tapi juga bisa dilihat dari kefasihan saat berkomunikasi. atau efektif bekerja sama dengan orang lain. Tetapkan apakah terkait erat dengan keluarga. casting director ataupun penulis bisa mulai dipertimbangkan. Misalnya. Setelah itu temukan bakatbakat lain yang Anda miliki sehingga Anda tak hanya punya satu kelebihan semata. kesetiaan.

Apa hubungan antara minat. dan ke-darurat-an. apapun yang ingin Anda lakukan harus bisa membangkitkan semangat saat menjalaninya. bakatlah yang akan membimbing orang tersebut untuk menentukan kemana dia akan melangkahkan kakinya ke dunia kerja. Ada kata ke-darurat-an. Dari berbagai teori. Namun demikian bakat bukan sebuah takdir yang mesti dilaksanakan namun bakat itu dapat dimodifikasi sedemikian mungkin. Tak perlu terlalu muluk. Banyak orang mempunyai bakat atau kemampuan seperti melukis.Intinya. Tak jarang orang yang semulanya tidak berminat dalam menggeluti suatu bidang akan menjadi berminat jika dirinya terdesak oleh sebuah kebutuhan. dan Ke-daruratan Kata orang bakat akan mempengaruhi kehidupan seseorang ketika dia bekerja. Biarkan bakatAndabekerja di area yang memang membutuhkannya 2. Yang terpenting adalah mencoba melakukan apa yang Anda ingin lakukan sepenuhnya. di samping hasil yang didapat mampu mendatangkan kepuasan tersendiri. Minat. misalnya kebutuhan ‘13 6 Etik UMB Farida.3. Ada keterkaitan yang signifikan dari ketiga kata tersebut. bakat. apakah anggapan itu benar? Anggapan itu ada benarnya dan ada tidak benarnya. Bakat. Apakah hal tersebut tidak dibisa dilakukan oleh orang di luar fakultas keguruan? Tentu saja hal itu tidak benar seluruhnya. bakat adalah faktor bawaan. MMA. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . Maksudnya. tapi tanpa diasah dengan sedemikian rupa bakat tersebut akan menjadi ‘bakat (bekas)’ dan itu tidak membawa kebaikan sedikit pun untuk orang tersebut. jadi adanya atau tiadanya sudah ada sejak seseorang itu dilahirkan atau sering dikatakan sebaga takdir. Banyak anggapan bahwa guru itu harus berasal dari fakultas keguruan atau tarbiyah (Islam). yaitu minat dan bakat akan tersingkirkan bila keadaan seseorang akan berada dalam keterdesakan atau kedaruratan. mengapa? Benar karena di fakultas keguruan diajarkan teori-teori untuk mendidik anak yang baik dengan metode-metode pembelajaran yang sedemikian rupa.

dan nikmati pekerjaan Anda! (Disarikan dari berbagai sumber) ‘13 7 Etik UMB Farida. Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana . berminatkah Anda menggelutinya. maka yakinlah bahwa Anda bisa melakukan pekerjaan Anda itu. atau seberapa berbakatnya Anda terhadap pekerjaan itu. pahami. Sadari bahwa setiap kita akan mempertanggungjawabkan apa pun yang kita kerjakan. MMA. Sadari. Apa pun pekerjaan Anda.ekonomi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful