Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi”

ORIENTASI BANTARA SKU PENEGAK TERBARU
BANTARA Islam 1. a Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam Mampu menjelaskan makna Sholat 1. Mampu menberikan penjelasan 15 secara rinci dan terstruktur tentang rukun Islam dan rukun Iman 2. Bisa memberikan penjelasan terkait makna Sholat berjamaah, pengaturan Shaf, Syarat sahnya Sholat, Rukun Sholat. 3. Mendirikan Sholat secara berjamaah di Rumah, di Masjid, di Sekolah dibuktikan bulan penuh. 4. Mampu menjelaskan macam-macam Sholat Sunnah dan secara dapat Istiqomah makna puasa cara 15 10 menegakkannya Mampu menjelaskan makna berpuasa serta jenis - jenis Puasa Tahu tata cara merawat jenazah 5. Mampu berpuasa 6. Mampu lisan Dapat membaca doa Ijab Qobul Zakat 7. Mampu melafalkan dengan diluar kepala terutama Dapat menghafal sebuah hadist dan menjelaskan hadist tersebut 8. Mampu doa Ijab Qobul Fitrah Zakat, beserta Hadist 10 Zakat 10 dengan tanda tangan Imam Sholat – kurun waktu selama 1 30 10 berjamaah dan dapat mendirikan Sholat sunah secara individu KISI-KISI (TUJUAN) PERSENTASE

minimal 3 Sholat Sunnah setiap hari. menjelaskan serta jenis-jenis tata

secara rinci dan benar terstruktural. menjelaskan merawat Jenazah secara teori dan

makanya secara benar. menjelaskan utamanya Hadist Arbain Nawawi diluar kepala baik lafal maupun maknanya secara benar. Khatolik 1.b Tahu dan paham makna dan arti Gereja Katolik Dapat memimpin doa dan membangun
1

d Dapat Indonesia Dapat menjelaskan makna tujuan dan hakikat dari melaksanakan menjelaskan agama sejarah Hindu di perkembangan hukum Kasih dan mengamalkannya dalam kehidupan persembahyangan sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu Dapat menjelaskan maksud dan tujuan kelahiran menjadi manusia menurut agama Hindu. fungsi dan sejarah pura dalam cakupan Sad Kahyangan Buddha 1. Dapat menjelaskan makna dan hekekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan. Dapat mendeskripsikan struktur .e Saddha: Mengungkapkan dasar-dasar Buddha keyakinan Dharma sebagai salah satu agama Merumuskan dan cara mengembangkannya Menjelaskan sejarah Buddha Gotama Menjelaskan Tiratana sebagai pelindung 2 melafalkan satu dan bentuk mengkidungkan salah .Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” membuat katolik gerakan cinta pada keberagaman agama di luar gereja Protestan 1. Dapat mempraktekkan bentuk gerakan Asanas dari Hatta Yoga Dapat Dharma Gita.c Mendalami sehari-hari Hindu 1.

2. sama 20 berteman secara jejaring sosial atau sahabat pena. Mampu menjalaskan macam-macam diskusi 2. Secara rutin membayar iuran kepada gugus depan melalui pengurus Dewan Ambalan dengan toleransi keterlambatan pembayaran maksimal 5 kali berturut-turut. Bukti catatan dan tulisan rapi dan dapat dibaca dari setiap materi yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Pernah secara berkelanjutan. Dapat mempraktekkan secara 75 langsung dalam memberikan kritik dan saran yang membangun kepada sesama teman dengan benar dan sungguh-sungguh memberikan solusi. 2. Dibuktikan dengan sedikitnya 80 memiliki masing-masing 2 orang sahabat dengan berlatar belakang Agama yang berbeda dan menjalin komunikasi baik 2. 2. Dibuktikan dengan foto copy daftar hadir latihan dengan tercantum nama peserta tersebut sekurang-kurangnya 3 kali pertemuan secara berturutturut. dengan uang yang seluruh atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri . langsung. Memahami batasan-batasan kritikan dan saran secara sopan santun 25 30 70 dengan niatan 3 Dapat mengikuti jalannya diskusi 1. 6 Setia membayar iuran kepada 1. 5 Mengikuti pertemuan Ambalan 1. 4 Dapat hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam bakti 1. Dapat dengan mempraktekkan masalah-masalah diskusi yang dengan baik diambil dari setiap kali latihan atau program kerja Ambalan.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” 2 Berani menyampaikan kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman 1. melakukan kerja didalam menjalankan sebuah kegiatan dibuktikan dengan pernyataan dari sahabat yang melakukan kerja sama tersebut. Sedapatnya uang yang digunakan 30 3 50 sekurang-kurangnya 3 kali setiap bulan 50 70 Gugusdepan.

Pernyataan. depan umum. Bekerja point 1. dokumentasi Foto. 7 Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam pergaulan sehari-hari 1. 10 Dapat menampilkan kesenian daerah di depan umum minimal satu kali. Telah membaca sedikitnya 1 kali buku AD & ART Gerakan Pramuka. bersangkutan menunjukkan (Foto. Video) telah bahwa bukti Surat yang 75 masyarakat minimal 2 kali dengan sungguh-sungguh 35 dalam pelaksanaan tugas seperti pada 45 melaksanakan 25 kerja bakti dilingkungannya. Mampu dokumentatif Keterangan. Praktek dalam menampilkan kesenian daerah di depan umum dan mampu memberikan 2.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” untuk membayar iuran tersebut adalah uang hasil dari usaha sendiri dengan dibuktikan surat pernyataan dari pemberi kerja/usaha. 3. 2. 2. 11 Mengenal. 1. Mengerti dan memahami sejarah bahasa Nasional Indonesia dan 55 periode ejaannya 2. 9 Telah ikut aktif kerja bakti di 1. Bukti hiburan yang secara Video dapat Surat dalam 35 menambah manfaat dan kegembiraan. Pramuka Mengerti dan 1. Biasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar setiap kali pertemuan dengan sesama anggota Pramuka 8 Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan. Mempunyai dan memiliki sendiri buku dan atau foto copy AD & ART Gerakan Pramuka. 1. Dibuktikan dengan pengesahan 65 sebagai Pengurus Dewan Ambalan dan atau Panitia kegiatan (Sangga Kerja Kegiatan) 2. Membuat resume atau ringkasan AD 50 4 65 menampilkan kesenian daerah di 25 Memahami isi AD & ART Gerakan 25 . Pernah melaksanakan kerja bakti di masyarakat yang di tugaskan oleh Pembina Pramuka.

tanda jejak dan tanda-tanda alam lainnya dalam pengembaraan. atau buku-bukunya Baden Powell baik berupa Hard Copy atau ebook dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa yang mudah dipahaminya. 70 30 16 Dapat menjelaskan tentang 1. tanda-tanda alam di depan temantemannya sesama Pramuka Penegak. Dapat membuat Bivak. 3. kompas. 25 15 Dapat menjelaskkan tentang organisasi ASEAN dan PBB 1. Mampu memberikan penjelasan di depan diatas. Memberikan contoh-contoh bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 1. Rovering to Succes. PBB dan anggota kedua Organisasi tersebut serta mampu memberikan penjelasan terkait pernah keluarnya Indonesia dari PBB. Dapat konsep 10 5 . 2. dan memahami Survival 20 30 50 14 Dapat menjelaskan bentuk dalam 1. 2. Mampu mempraktekkan pada point 1 dalam medan pengembaraan Pramuka Penegak. Mampu memberikan penjelasan cara membaca jam. kompas. 13 Dapat menggunakan jam. Mengerti dan memahami tentang ASEAN. Sedikitnya memiliki buku Scouting for Boys. Mampu depan menjelaskan teman-temannya Sejarah sesama 75 25 Kepramukaan Indonesia dan Dunia Kepramukaan Indonesia dan Dunia di Pramuka Penegak 2. 3. tanda jejak. Hafal dan mengerti ke lima sila Pancasila 2. Api tanpa menggunakan korek api. Dapat memberikan penjelasan pada point 1 di atas kepada teman-teman sesama Pramuka membuat Penegak sebuah dan Organisasi lain yang semisal. teman-temannya sesama Pramuka Penegak erkait point 1 25 50 pengamalan Pancasila kehidupan sehari-hari.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” & ART Gerakan Pramuka 12 Dapat menjelaskan sejarah 1.

17 Dapat menerapkan pengetahuannya 1. 10. 18 Selalu berolahraga. 3. Mampu mengajarkan sedikitnya 5 simpul kepada orang lain. mampu melakukan olahraga renang gaya bebas dan 1. 3. Mampu melakukan olah raga renang dan dapat menjelaskan macam6 20 tentang tali temali dan pionering dalam kehidupan sehari-hari. 25. Berhemat dan menabung dengan dibuktikan buku tabungan dan atau alat lain yang semisal dengan 10 tabungan tersebut.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” kewirausahaan produk yang akan dijual dengan harga dibawah Rp. 20 50 konsep tersebut 20 sendiri atau bersama-sama temanPramuka Penegak 16 Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai bermanfaat. teman dan ataupun Penggalang. Dapat mempraktekkan tali temali dan pioneering tersebut dalam setiap 30 kegiatan dan kehidupan sehari-hari. Mempraktekkan konsep tersebut dan mampu mengajarkan kepada orang lain minimal 5 orang.2. menjadi barang yang 1. Mempraktekkan teman sesama lainnya. Mampu menjual barang hasil daur ulang tersebut dan kemudian hasil dari pada penjualannya untuk dapat dimanfaatkan mendukung 30 60 pelaksanaan kegiatan Ambalan dan atau Iuran Ambalan.000. 50 adik-adik Pramuka 65 . Mampu menjual produk tersebut seminimalnya dengan mendapatkan keuntungan Rp. 2. 3. Memahami dan mampu memberikan penjelasan tentang tali temali dan pioneering kepada teman-temannya sesama Pramuka Penegak.000. Mempunyai konsep rencana membuat daur ulang barang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat baik sendiri maupun dengan teman sesama Pramuka Penegak lainnya. 2.4.

2. Dapat membedakan cirri-ciri fisik perkembangan ke dewasa. dengan kemudian tangani membuat dan di 20 80 resume atau ringkasan data tersebut ditanda stempel oleh tenaga tersebut. 7 . 80 22 Ikut serta dalam perkemahan selama 3 hari berturut . Sedikitnya pernah melakukan dan dapat melakukan serta memahami ketentuan. berpindah tempat dan berjalan minimal 15 gerakan. degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat. 65 dengan memimpin barisan dalam melakukan baris berbaris. Mampu menjelaskan dan memahami KESPRO atau Kesehatan Reproduksi secara gender baik lisan maupun tulisan didepan teman-temannya sesama Pramuka Penegak. Mampu menyusun dan merencanakan persiapan sebelum perkemahan. 20 Dapat memimpin baris berbaris 1. Mampu menjelaskan beberapa 20 penyakit infeksi. degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” menguasai 1 (satu) cabang olahraga tim. 2. macam dimaksud. Melakukan pencarian data terkait point 1 kepada tenaga medis ataupun paramedis. 19 Dapat menjelaskan perkembangan fisik antara laki-laki dan perempuan 1. dapat menjelaskan tentang gerakan baris berbaris kepada anggota sangganya yang terdiri atas gerakan di tempat. Mampu menjelaskan kepada temantemannya sesama Pramuka Penegak tentang peraturan dan gerakan baris berbaris. 2. Praktek berkemah selama 3 hari berturut-turut sesuai dengan rencana yang telah disusun seperti pada poin1 diatas.turut 1. 1. gaya pada olah raga 35 2. 2. peraturan olah raga tim. Mampu mempraktekkan langsung laki-laki dan perempuan yang baligh atau menuju 60 40 35 sangganya. 21 Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi.

Lambang .) 5. dan Tanda pengenal 70 20 8 PERSENTASE 25 25 15 45 45 10 15 25 15 Kehormatan. gigitan binatang. Hubungan Trisatya dengan Dasadarma 3 Perjuangan Bangsa Indonesia dan Rencana Pemerintahan Pembangunan 1. bakar. Resusitasi (Menguasai metode Airway. Breathing. dan bidai juga teknik memindahkan korban 4. Arti dan makna pada setiap butir Trisatya 2. Perlengkapan PPPK dan Obat darurat 2 Dasadarma dan Trisatya 1. sejarah. Tanda Satuan.) 2. gores/parut. Memahami cara menangani jenis-jenis luka (Luka iris. Tanda Kecakapan. Perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia sekarang 3. Sejarah perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia 2. Menguasai teknik menghentikan 25 pendarahan. penyakit. tujuan dan pembagian tanda pengenal Gerakan Pramuka (Tanda Umum. penggunaan. dsb. dan Circulation (ABC) pada evaluasi kondisi korban juga pernapasan buatan) 2. Penggunaan 5 Lambang Gerakan Pramuka tanda-tanda Gerakan Pramuka 1. tusuk.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” MATERI TAMBAHAN MATERI 1 PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat) KISI-KISI 1. Arti dan makna pada setiap butir Dasadarma 3. teknik balut. Pengertian. Sikap dalam memperjuangkan pembangunan dan bangsa 30 45 mendukung Indonesia 4 Tanda Pengenal Gerakan Pramuka 1. fungsi. Tanda Jabatan. Perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia mendatang 4. Pengertian. Memanggil Ambulan dan Tata cara 10 melaporkan kejadian kepada pihak rumah sakit jug menertibkan massa 3. zat kimia.

Arti Lambang Negara Republik Indonesia 3. Penggunaan bendera Merah Putih 3. Makna dari setiap butir-butir Sumpah Pemuda 30 30 40 20 60 20 80 20 60 20 100 30 70 9 . Sejarah bendera Merah Putih 2. PP No. 55 tahun 1951 dan Sejarah Lambang Negara Republik Indonesia 2. Kiasan warna bendera Merah Putih 7 8 Pemerintahan Republik Indonesia Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 1. dan SK Kwarnas No. Peraturan penggunaan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berdasarkan PP No. 06/KN/72 – 31 Januari 1972 2. Makna kiasan Lambang Gerakan Pramuka 6 Bendera Merah Putih 1. Tokoh-tokoh sejarah Sumpah Pemuda 3. Peraturan penggunaan Lambang Negara Republik Indonesia berdasarkan PP No. Sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya 2. 44 tahun 1958 9 Lambang Indonesia Negara Republik 1. Sejarah Sumpah Pemuda 2. Susunan pemerintahan Republik Indonesia 1.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” Gerakan Pramuka. 43 tahun 1958 10 Sumpah Pemuda 1.

00 WIB 06.30-13.00-06. Butir ke-2.30-19.00 WIB 08.00-10. 24 Maret 2012 04.00-07.15-19.00-08...45 WIB Sujud Syukur Sambut Mentari Pagi dgn Ceria 1.00 WIB 09.00 WIB 1.00 WIB 16.anjang sini ISHOMA 1. Pendirian tenda 2 3 4 5 6 7 15.00 WIB 21.00 WIB 16. Butir ke-3 pada Materi Tambahan 2. Butir ke-15 pada SKU Penegak Bantara III 22 23 24 25 26 27 28 29 Minggu.00-04. WIB Sabtu.00-20.30 WIB 11.00 WIB 04.00-07. Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Outdoor Outdoor Indoor IO Outdoor Indoor Indoor IO Indoor Indoor IO Outdoor Outdoor IO Indoor Indoor IO IO IO IO zzzZzZzZzZzZzZzzZzzzZzZZZzzz… Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja K' Surojo K' Surojo Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Outdoor Outdoor Outdoor Outdoor Outdoor IO Indoor Indoor Outdoor Outdoor Outdoor Outdoor Outdoor Indoor Kegiatan Pemateri/Pengisi Jenis . Mengisi Energi Butir ke-1 pada Materi Tambahan 1.30. Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja IO Outdoor Outdoor Outdoor Outdoor Indoor IO Outdoor Outdoor 10 Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja Sangga Kerja K' Agus K' Wan Fahreza Nst. Butir ke-17 pada SKU Penegak Bantara Basmi Kuman dan Ketok Magic Butir ke-11 pada SKU Penegak Bantara 1.00-15.00-17.00 WIB 06.00 WIB 07.00-15.00 WIB Upacara Pembukaan Anjang sana . Basmi Kuman 2. Butir ke-14 pada SKU Penegak Bantara Cooling Down 1..30 WIB 17. Mengisi Energi Upacara Penutupan -------------------------------------------------dst. Butir ke-13 pada SKU Penegak Bantara 2.-00.30 WIB 00.00-11. Pengenalan sangga kerja. Basmi Kuman 2. Pemberian nama caba 8 II 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22.00-06. Sangga Kerja K' Agus K' Agus Sangga Kerja K' Hery S.9 pada Materi Tambahan 8. Butir ke-4 pada Materi Tambahan SIAGA: 1.00 WIB 20.. K' Hery S. Pembagian caba dan sangga 3. Registrasi peserta 2. Butir ke-21 pada SKU Penegak Bantara 2. Sangga Kerja K' Bambang K' Wan Fahreza Nst. I 1 Waktu Jum'at 23 Maret 2012 13.30-16.01.00-17.30 WIB 19. dewan ambalan. Butir ke-10 pada Materi Tambahan Menampilkan Kesenian Daerah 1.00 WIB 19.30 WIB 20.00-23.00-20. 3.00 WIB 22.30 WIB 15.00 WIB 13. Butir ke-12 pada SKU Penegak Bantara 2. Penetapan peraturan 4. Malam Keakraban 2.00-16.00-09. K' Wan Fahreza Nst.15 WIB 17.00-23.00 WIB 07. & 5 .00 WIB 10.00 WIB 01.Orientasi Bantara 2012 – “Kaderisasi Penegak Bantara untuk Bakti Bumi Pertiwi” JADWAL KEGIATAN ORIENTASI BANTARA No.00-08.00-21. 25 Maret 2012 .00 WIB 08. Evaluasi 2.00-. Butir ke-19 pada SKU Penegak Bantara Refresh 1.30-22.00-… WIB Istirahat Berkemas EVAKUASI Sujud Syukur Sambut Mentari Pagi dgn Ceria 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful