P. 1
Stmik Jaya

Stmik Jaya

|Views: 180|Likes:
Published by Evha Putri

More info:

Published by: Evha Putri on Jun 13, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/09/2014

pdf

text

original

STMIK JAYA – AMIK JAYANUSA

Visi dan Misi yang terdapat pada Perguruan Tinggi ini adalah: VISI : Pada era globalisasi saat ini disetiap perusahaan, instansi, baik swasta maupun pemerintah dituntut untuk menyediakan informasi yang cepat, tepat dan juga akurat untuk dimanfaatkan bagi banyak orang atau dipublikasi, baik itu secara pribadi ( diri sendiri ) maupun orang lain ( banyak orang ). Oleh sebab itu Sumber Daya Manusia yang handal dalam menanggani informasi tersebut sangat dibutuhkan. Di STMIK – AMIK Jayanusa Mahasiswa dididik tidak hanya tentang teknologi informasi yang sederhana sampai yang kompleks, tetapi juga tentang pembinaan karakter yang lebih baik lagi. Belajar dan hidup bervisi yang jelas menyambut perubahan dunia yang semakin cepat dan masuk dalam komunitas Akademis yang canggih dan fasilitas teknologi Komputer yang modern, serta stafstaf dari STMIK – AMIK Jayanusa yang profesional. Banyak alasan kenapa memilih STMIK-AMIK Jayanusa sebagai jenjang masa depan anda.kami merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia untuk teknologi Informasi dan mempunyai hubungan yang kuat dengan dunia industri dan pemerintahan. Untuk mencapai tujuan kami, kami melakukan investasi yang besar untuk penelitian, pembelajaran, staf pengajar, kampus baru, fasilitas laboratorium, fasilitas kemahasiswaan dan lain-lain. MISI : 1. Membina Mahasiswa STMIK – AMIK JAYANUSA menjadi manusia yang mandiri dengan arti manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , serta juga memiliki akhlak yang mulai dan siapa untuk di pakai bila diperlukan. 2. Menyiapkan Mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang ,memiliki kemampuan yang profesional, yang dapat juga menerapkan dan mengembangkan ataupun memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, khususnya dibidang Sistem Informatika dan Sistem Komputer. SEJARAH SINGKAT : Berdirinya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Jayanusa berawal dari eksistens Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jayanusa merupakan pengembangan dari Yayasan Bina Manajemen Informatika yang didirikan dengan aktanotaris no. 18 tertanggal 28 Desember 1992. Diawal berdirinya Yayasan Bina Manajemen Informatika inin merupakan sebuah kursus-kursus singkat dan pendidikan keahlian 1 tahun serta seminar-seminar seperti perpajakan,manajemen,akuntansi dan lain-lain. Pada tahun ajaran 2002/2003 telah diperoleh izin berdirinya STMIK Jayanusa dengan 2 jurusannya itu sistem Informasi dan sistem Komputer. Sampaisaat ini baru berjalan selama empat tahun dan sudah memperoleh surat izin perpanjangan kegiatan program studi.

PROGRAM STUDI :

1. STMIK Jayanusa (S1) : Sistem Informasi
Jurusan sistem informasi (S1) Lulusan disiapkan menjadi tenaga ahli dan profesional di bidang sitem informasi yang bisa mengakomodir kebutuhan manajemen dalam menjalankan perusahaanya secara efisien dan efektif dengan menerapkan sistem informasi yang handal sehingga mampu mendapatkan keunggulan bersaing.

PENEKANAN JURUSAN SISTEM INFORMASI A. E-BUSINESS Lulusan dibekali dengan ilmu tentang e-business dan penerapannya. E-business saat ini mengalami penaglaman yang sangat pesat diseluruh dunia dan juga di indonesia. B. CORPORATE INFORMATION SYSTEM Lulusan dibekali dengan ilmu tentang management support system, enterprise resource planning, end user information system, corporate informasi system management, dan perencanaan strategi sistem informasi. C. BISNIS INTEGLLIGENCE Lulusan dibeakli dengan ilmu tenetang object oriented databese serta pengolahannya dan juga dilengkapi CISCO technology.

PROSPEK PEKERJAAN ( PROFESI ) LULUSAN Lulusan Sistemkomputer mampu berkarir diberbagai profesi, seperti : Information system specialist, Programer system analist Databese administrator IT / IS consultant Web- depeloper Web- designer Lecturer, dll

PROGRAM STUDI :

2. STMIK Jayanusa (S1) : sistem komputer
Jurusan sistem komputer (S1) Lulusan dipersiapkan untuk mapu mengusai dan merancang sistem komputer yang berupa, perangkat keras ( hardware ), perangkat lunak ( software ), dan jaringan komputer ( network), yang diterapkan pada teknologi informasi yang meliputi perancangan perangkat komputer yang bersifat pintar ( intelegent ), bergerak dan mudah dibawa ( mobility ), serta terhubung kejaringan luas ( connectivity ).

PENEKANAN JURUSAN SISTEM KOMPUTER : A. SYSTEM EMBEDDED Merupakan pembuatan produk yang bersifat inteligent atau mobile, baik untuk keperluan industri maupun rumah tangga. System embedded berupa microcontroller 8-bit sederhana sampai penggunaan embedded linux. Penerapan teknologi ini seperti pada kontrol peraltan listrik melalui SMS, teknologi sensor. B. SYSTEM KOMUNIKASI Merupakan bidang ilmu untuk sistem komunikasi berupa jaringan komputer. Mahasiswa diberi kemampuan perancangan dan pengelolahan sistem jaringan komunikasi data yang biak dengan melalui kawat atau tanpa kawat ( wired dan wireless ). Jayanusa menggunakan kurikulum CISCO networking academy, lulusan dibekali dengan sertifikasi CISCO international ( CCNA ) dan diharapkan mampu bersaing dilapangan kerja. C. ROBOTIKA Merupakan bidang yang sangat menantang dan kesempatan berkarir dibidang ini masih terbuka lebar, disebabkan tenaga ahli indonesia dalam hal robotika masih langka. Lulusan ini dibekali dengan pengetahuan tentang robotika mulai dari yang mendasar sampai dengan yang sangat kompleks.

PROSPEK PEKERJAAN ( PROFESI ) LULUSAN Lulusan Sistem Komputer mampu berkarir diberbagai profesi, seperti : Robotics Network administrator Network designer Embedded system developer Control system enineer Lecturer, dll

PROGRAM STUDI :

AMIK JAYANUSA ( D III ) : Manajemen Informatika Komputer
Jurusan Manajemen Informatika Komputer ( DIII ) : Lulusan disiapkan menjadi tenaga ahli madya dibidang teknologi informasi yang mampu mengimplementasikan sebuah rancangan sistem informasi berbasis komputer. Lulusan juga dibekali dengan dasar-dasar manajemen dan model proses pengolahan dta yang merupakan bagian dari pada aktivitas sistem informasi berbasis komputer. PENEKANAN JURUSAN MANAJEMEN INFORAMTIKA KOMPUTER A. INFORMATION SYSTEM DEVELOPMENT Lulusan dibekali dengan ilmu mekanisme pengembangan sistem informasi sehingga lulusan mampu melakukan pengembangan sistem informasi sesuai dengan permintaan manajemen dan dunia usaha. B. PROGRAMMINING SYSTEM Lulusan dibekali dengan ilmu programming dengan menggunkan berbagai bahasa pemograman sehingga lulusan mampu membangun suatu sistem informasi dengan berbagai altenatif bahasa. C. DATABASE AND MULTIMEDIA TECHNOLOGY Lulusan dibekali dengan ilmu perancangan database mulai dengan yang sederhana sampai dengan databese yang kompleks. Lulusan juga dibekali dengan ilmu tentang teknologi multimedia terutama untuk aplikasi teknologi berbasis WEB. PROSPEK PEKERJAAN ( PROFESI ) LULUSAN Lulusan manajemen informatika komputer mampu berkarir sebagai : Programmer Database administrator Network administrator Web designer Web administrator Dan semua bidang yang berkaitan dengan penyajian informasi dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi.

KEUNGGULAN STMIK – AMIK JAYANUSA :
FASILITAS VIDEO CONFERENCE Jayanusa memiliki teknologi video conference, sehingga proses perkuliahan dapat dilakukan dengan interaksi langsung lewat teknologi video conference dengan pakar-pakar teknologi informasi yang ada diseluruh wiliyah indonesia dan juga perguruan tinggi di luar negeri. BEST IT SERVICES Jayanusa memiliki sarana akses internet gratis bagi seluruh mahasiswa dan juga akses hotspot dilingkungan kampus Jayanusa. PEMEBELAJARAN MODERN ( MULTI CHANNEL LEARNING ) Dalam proses pembelajaran, Jayanusa menerapkan MCI ( Multi Channel Learning ) seperti penggunaan internet, sehingga mahasiswa Jayanusa dapat belajar kapan saja dan dimana saja. LAYANAN KARIR Jayanusa menyediakan pusat layanan karir bagi mahasiswa dan alumni melalui Jayanusa career yang telah berhasil melakukan penempatan kerja bagi lulusa-lulusan Jayanusa. Jayanusa career juga bekerja sama dengan ratusan perusahaan yang ada di perusahaan yang ada di Sumatera Barat. MANAJEMEN MUTU Dalam proses pembelajaran Jayanusa menerapkan standart mutu, dimana setiap lulusan telah dilakukan uji kompetensi sehingga mutu dapat diukur dengan lebih cermat. PEMBENTUKAN KARAKTER Jayanusa dlam membentuk karakter mahasiswanya, memberikan matakuliah etika dan interpersonal skill diharapkan dengan adanya matakuliah ini lulusan Jayanusa akan menjadi orang yang berkarakter yang lebih baik.

JAYANUSA IT OBSERVATION VISIT KELUAR NEGERI
Mahasiswa mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman lebih jika kuliah di STMIK – AMIK JAYNUSA, Jl Damar – E padang. Dikampus ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengikuti IT observation visit. Pada 20 – 26 april yang lalu, kunjungan observasi teknologi inforamsi mahasiswa dilakukan dirumah sakit Mahkota Medikal Center ( MMC ) Melaka, Malaysia. Selain dilakukannya observasi, 19 mahasiswa juga diajak wisata keobjek-objek wisata yang menarik seperti, Genting highland, Putra Jaya, dan Johor Malaysia serta ke Singapora. Ketua yayasan bina manajemen informasi STMIK – AMIK JAYNUSA, irwan kinun menejelaskan, IT observation visit ke Mahkota Medical Center merupakan program strategis guna peningktan ilmu pengetahuan dan teknologi mahasiswa, yang menggabungkan pengetahuan kesehatan dan teknologi informasi ( IT ). Mahasiswa diajak menggunjungi ruang-ruang rumah sakit, dan penerapan dari IT tersebut. Mahasiswa didampingi direktur marketing dan IT manager Mahkota Medical Center. Guna mendapatkan pengetahuan langsung, bagaimana penerapan critical system atau system vital yang menyangkut keselamatan manusia. Cristical system biasanya diterpakan untuk rumah sakit reaktor nuklir dan perusahan pesawat terbang. Dengan kunjungan ini, mahasiswa mengetahui kemajuan dan bagaimana penerapan IT bidang kesehatan, serta kebutuhan dunia kesehatan terhadap IT. Dibidang kesehatan, kata irwan kinun, IT berperan penting mempercepat proses administrasi pasien sehingga mendiaknosa penyakit yang diderita pasien, sehingga dokter bisa mengambil tindakan secara cepat dan tepat. Dalam kunjungan ini kita ingin membandingkan apa yang telah dipelajari mahasiswa di kampus dan bagaimana aplikasinya dirumah sakit yang maju. Ternyata terbukti artinya kurikulum STMIK – AMIK JAYANUSA singkron dan sesuai dengan perkembangan aplikasi teknologi informasi terki ni kata irwan kini didampingi kepala bagian kemahasiswaan imam gunawan Saat ini, menurut irwan kinun Mahkota Medical Center tengah mengembangkan digitalisasi rekammedis pasien yang bisa juga diakses oleh pasien di rumah sakit dari seluruh dunia, dismaping penerapan tele medicine untuk konsultasi kesehatan dan pengobatan jarak jauh. Ada juga teknologi cara menghilngkan tatto. Tahun yang lalu, kunjungan mahasiswa STMIK – AMIK JAYANUSA dilakukan ke bursa efek jakarta ( BEJ ), unicom bandung, universitas budi luhur, dan universitas guna dharma. “ kita akan teruskan dan tingkatkan kegiatan yang memiliki nilai tambah ilmu pengetahuan dan teknologi seperti ini “ , kata irwan kinun.

BIMBINGAN KARIR
STMIK-AMIK Jayanusa memiliki team yang khusus menangani karir alumninya. Team Jayanusa Karir memberikan pelatihan dan program pengembangan serta pemagangan untuk meningkatkan daya serap lulusannya di dunia kerja. Mahasiswa dilengkapi dengan keterampilan untuk merebut dunia kerja dengan mengadakan workshop tentang : perencanaan karir,membangun jaringan usaha,kewirausahaan,penulisan surat lamaran dan CV, teknik wawancara pelatihan komunikasi dan prestasi.

FASILITAS
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. Kampus milik sendiri berlantai empat di pusat kota 2 Labor stand alone PC 1 labor local area network (LAN) Labor internet dan multimedia Video conference (VitCon) Labor cisco Hotspot internet Labor bahasa Infrastruktur wireless Digital library Mussala Studio dan alat musik (band) Kafetaria Auditorium-aula Lapangan basket dan futsal Sarana kegiatan luar kampus, perkemahan, olahraga, kesenian, mapala, dan lain-lain.

BEASISWA
Bagi mahasiswa yang berprestasi telah disediakan oleh STMIK-AMIK Jayanusa berbagai beasisiwa, baik yang disediakan oleh yayasan ataupun oleh pemerintah ataupun juga perusahaanperusahaan milik negara maupun perusahaan swasta. Adapun kesempatan beasiswa yang telah tersedia di STMIK-AMIK Jayanusa adalah sebagai berikut : a. Beasiswa prestasi akademis terbaik setiap semester,di berikan oleh yayasan Bina Manajemen Informatika b. Beasiswa supersemar c. Beasiswa BBM (bantuan belajar mahasiswa) dari DIKTI. d. Beasiswa PPA (peningkatan prestasi akademik) dari DIKTI. e. Beasiswa dari BUMN, dll Seleksi penerimaan beasiswa mengacu kepada prestasi akademis, status ekonomi, dan kepribadian mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.

KENAPA DENGAN STMIK – AMIK JAYANUSA? Semua program studi yang ada pada STMIK – AMIK Jayanusa telah terakreditasi, akreditasi yang diperolehnya adalah “B”. Memiliki fasilitas video confrence yang baik. Tersedia Internet gratis bagi seluruh mahasiswa yang membutuhkan (hotspot kampus). Pemebelajaran yang sangat modern (multi channel center) seperti melalui internet. Tersediablayanan karir. Jayanusa telah menerapkan jasa standart mutu untuk setiap lulusan di STMIK –AMIK JAYANUSA. Lokasi kampus ini sangat strategis dan mudah dicari, dan kampus ini juga berada pada pusat kota yang memadai. Staff – staff dan dosen- dosen akademis S2, S3bdan praktisi, tamatan dalam dan luar negeri. Staff dosen terbang dengan kemampuan khusus. Tersedia beasiswa sampai tamat dari yayasan, pemerintah, dll

PROFILE SALAH SATU DOSEN TERBANG STMIK – AMIK JAYANUSA DR. Muhammad Romzi, BE, M. Eng Pendidikan : S1 – Fukui University Japan ( BE ) S2 – Fukui University Japan ( M. Eng ) S3 – Fukui University Japan (DR ) Matakuliah di Asuh : Artificial Intellegance Neural Network Decision Support System

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->