BUKU PANDUAN KEGIATAN KEMAHASISWAAN

Oleh : Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh

Meliputi : Alur dan Tatacara Penyelenggaraan Kegiatan Kemahasiswaan Poin Kegiatan Kemahasiswaan Tata Tertib Umum dan Kode Etik

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MALIKUSSALEH 2013

Disamping itu dapat pula memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi aktivis-aktivis kampus yang handal baik dari segi ilmu pengetahuan maupun keterampilan. Buku panduan kegiatan kemahasiswaan ini disusun untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa terutama di lingkungan kampus PSPD UNIMAL. Shalawat beserta Salam tidak lupa penulis haturkan pada junjunan alam panutan seluruh umat manusia dan merupakan penutup para nabi. baik jumlah maupun mutunya. Rasululloh Muhammad SAW.Kata Pengantar Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT. Dengan demikian diharapkan kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa akan semakin meningkat. dimana atas Rahmat dan Hidayah-Nya Alhamdulillah buku panduan kemahasiswaan PSPD Unimal ini dapat diterbitkan. Penulis . dan memberikan penghargaan serta arahan dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa di lingkungan kampus PSPD UNIMAL.

minat dan kegemaran. Kegiatan Ekstra Kurikuler Kegiatan kemahasiswaan di luar kegiatan akademik yang meliputi pengembangan penalaran dan keilmuan. pengembangan organisasi kemahasiswaan. namun demikian selain itu juga perlu adanya kontrol. dinamika organisasi dan kegiatan pun mengalami perkembangan dan kemajuan yang signifikan. Pembinaan kemahasiswaan difokuskan untuk meningkatkan ketrampilan dengan pendekatan kelembagaan. kebijakan pembinaan kemahasiswaan merupakan bagian „integral‟ dari kebijakan akademik. Dimana seiring perkembangan PSPD UNIMAL yang makin maju.2. 1. daya kreativitas.1. dimana banyak mahasiswa yang berfikir kritis dan inovatif kemudian kegiatan organisasipun makin padat. Dalam batasan ini termasuk pula kegiatan ekstra kurikuler yang secara langsung menunjang kegiatan kurikuler (misalnya kegiatan magang atas kemauan sendiri untuk mengasah keterampilan) . Dalam upaya mendukung dan mengarahkan kegiatan mahasisa tersebut PSPD UNIMAL berusaha mendukung dan memfasilitasi semua kegiatan tersebut. Kegiatan Kemahasiswaan Kegiatan Kemahasiswaan terbagi atas 2 macam.2.1 Latar Belakang Perguruan tinggi adalah sbg tempat „persemaian‟ calon pemimpin bangsa masa depan. Beberapa Pengertian 1. yang dapat dilakukan di dalam maupun di luar kampus perguruan tinggi. Mahasiswa Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar pada PSPD UNIMAL. Program Studi Pendidikan Dokter Unimal (PSPD UNIMAL) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sedang berkembang dengan jumlah mahasiswa lebih dari 200 orang. maka perlu pembentukan jiwa kepemimpinan. kesejahteraan. dan kepedulian sosial.2. yakni: a.BAB I PENDAHULUAN I. untuk menghasilkan lulusan yg memiliki „kompetensi‟ akademik dan/atau profesional.penalaran-keilmuan. pengabdian pada masyarakat. serta kemampuan „soft skills‟.2. dan komunikasi guna meningkatkan mutu lulusan.minat-kegemaran. Kegiatan Kurikuler Kegiatan yang dilakukan di dalam proses belajar-mengajar. inovasi. baik di dalam maupun di luar kampus b. upaya perbaikan kesejahteraan mahasiswa. 1.

Lokasi kegiatan jelas. Mempunyai Visi & Misi yang jelas. meningkatkan kesejahteraan dan sekaligus menjadi wadah kegiatan peningkatan penalaran dan keilmuan serta arah profesi mahasiswa Mengingat pula mahasiswa merupakan bagian dari sivitas akademika PSPD UNIMAL. Mempunyai daftar nama dan data pribadi para anggotanya yang Jelasdanbenar .2. Tidak bertentangan dengan Pancasila. 8. Mempunyai Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga serta Program kerja 5. Kegiatan tidak bersifat destruktif & anarkis 7.4. Tidak bertentangan dengan kode etik organisasi 2.2.1. dan UKM. seperti DPM. acara yang terkoordinir dan kepanitiaan yang telah tersusun sesuai dengan tugas dan fungsi. Kepengurusan organisasi bertanggungjawab sesuai dengan struktur kemahasiswaan di PSPD UNIMAL 1. Kegiatan dan aktifitasnya dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan formal 5. Kegiatan dapat meningkatkan iman & takwa.1. Anggotanya mematuhi peraturan / tata tertib organisasi yang ada di PSPD UNIMAL. Mematuhi kode etik organisasi 2. kecuali DPM sebagai Lembaga Tertinggi Mahasiswa. Undang-undang Dasar 1945. Mempunyai kantor / sekretariat / tempat menjalankan proses administrasi 6.2. benar & rasional 3.4. Kode Etik Kegiatan Kemahasiswaan 1.4. dan berstatus mahasiswa aktif PSPD UNIMAL 4. Panitia kegiatan terdiri dari sivitas akademika PSPD UNIMAL dan atau orang yang ditunjuk / mendapat izin Pimpinan 1.2. BEM. Mendapat izin resmi dari Pimpinan PSPD UNIMAL atau petugas yang ditunjuk Pimpinan PSPD UNIMAL 3.2. Organisasi Kemahasiswaan Organisasi Kemahasiswaan PSPD UNIMALmerupakan wahana pengembangan diri mahasiswa yang diharapkan dapat menampung kebutuhan. Kode Etik Organisasi 1. ilmu pengetahuan & teknologi 6. 3.3. disiplin organisasi dan transparansi 4.5. 1. Mempunyai disiplin administrasi. Agama serta Visi & Misi PSPD UNIMAL serta menunjang kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler 2. Kode Etik Organisasi & Kegiatan Kemahasiswaan 1. Mempunyai anggota aktif minimal 15 mahasiswa. Mempunyai Kepengurusan organisasi (struktur organigram) dan uraian tugas yang jelas 7.2. Tata tertib Organisasi Kemahasiswaan 1.menyalurkan minat dan kegemaran.

2. Struktur Organisasi Kemahasiswaan 1.2.2. Pembina Organisasi Kemahasiswaan Pada dasarnya adalah para Dosen atau tenaga kependidikan di perguruan tinggi yang karena tugas atau jabatannya di perguruan tinggi ditetapkan menangani bidang kemahasiswaan. terbuka dan kekeluargaan sebagai sivitas akademika PSPD UNIMAL.2. 1.7. .6.3. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter Badan Eksekutif Mahasiswa adalah Organisasi Kemahasiswaan sebagai Lembaga Eksekutif Mahasiswa Tertinggi di PSPD UNIMAL. 1. Terjalin komunikasi yang harmonis. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Kegiatan Mahasiswa adalah Lembaga Pelaksana dalam satu bidang peminatan di PSPD Unimal . demokratis. yang berada dalam naungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).3.4.3.3.1.3. saat ini masih bernama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter Unimal 1.8. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Dewan Perwakilan Mahasiswa adalah Lembaga Kemahasiswaan Tertinggi yang merupakan perwakilan dari mahasiswa setiap program studi dan perwakilan mahasiswa yang dipilih. Fasilitas Mahasiswa Merupakan sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan untuk pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan 1. Unsur Pendukung Kemahasiswaan Adalah tenaga administrasi yang ditetapkan oleh pimpinan PSPD UNIMAL untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan 1. DPM berfungsi sebagai Lembaga Legislatif dan Yudikatif 1.

Melaksanakan kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai Program Kerja 5. Membuat Program Kerja BEM 4. Melaksanakan pengawasan pada organisasi kemahasiswaan 6. Mematuhi tata tertib yang ditetapkan oleh DPM 3. Membuat Ketetapan Garis-garis Besar Haluan Kerja Organisasi Kemahasiswaan sesuai dengan Visi dan Misi PSPD UNIMAL 3. Menentukan Visi dan Misi BEM/HMPD 2.2 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) /HMPD 1. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan 2. 5. Membuat Program Kerja DPM 4. Melakukan Koordinasi atas Program Kerja masing-masing UKM 5. Menentukan Visi dan Misi UKM 2.BAB II TUGAS POKOK DAN FUNGSI ORGANISASI KEMAHASISWAAN 2. Menjalankan Ketetapan Garis-garis Besar Haluan Kerja BEM/HMPD yang ditetapkan DPM 3. Melalui prosedural mekanisme organisasi memberi persetujuan pada pelaksanaan kegiatan UKM (untuk kegiatan diluar kampus/atas nama PSPD Unimal) 6. Membuat Program Kerja Unit Kegiatan Mahasiswa 4. Melaksanakan Pemilihan Umum Raya untuk memilih Anggota DPM dan Ketua BEM. pembekuan. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan . Menentukan Visi dan Misi DPM 2.3 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) 1.1 Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) 1. dan pembubaran UKM 8. Membuat dan menetapkan Tata Tertib/Peraturan Organisasi Kemahasiswaan 7. Mensyahkan pembentukan. Melakukan koordinasi dan meminta persetujuan kegiatan kepada BEM (untuk kegiatan yang dilakukan diluar kampus/atas nama PSPD Unimal) dan rekomendasi dari Pembina Organisasi 6. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan 2.

1. Sistematika Penyusunan Proposal.2. Nomor telepon dan Kontak perorangan/ HP/Email 7. padat dan menarik serta mudah dimengerti sehingga tidak menimbulkan penafsiran yang bertentangan dengan tema (bila ada) Tema harus ada apabila kegiatan yang sifatnya berskala besar 3. Kegiatan-kegiatan yang bersifat insidental sesuai kebutuhan Organisasi 3.1. logo organisasi. Stempel Organisasi dan Kepanitiaan 3. Latar belakang Memuat segala hal yang melatar belakangi kegiatan 2. harus berisi : 1.3. . Ukuran kertas A 4 ( 21 x 29. Bentuk huruf Arial Narrow 12. Kegiatan-kegiatan tersebut harus disyahkan Organisasi Kemahasiswaan yang bersangkutan dan dikordinasikan dengan pihak terkait 3. Mencantumkan alamat Organisasi Kemahasiswaan yang bersangkutan. dan tujuan organisasi 3.2.2.1.2. Jilid Proposal Dijilid dengan sampul belakang warna Kuning untuk DPM atau BEM. Kegiatan-kegiatan yang berdasarkan undangan dari pihak luar Organisasi Kemahasiswaan yang bersangkutan 3. nama kampus.1. nama organisasi. Kegiatan Non Program Kerja 3. warna Biru untuk UKM. Program Kerja Organisasi Kemahasiswaan 3. misi. Kegiatan Berdasarkan Program Kerja 3.1.2.1.BAB III STANDAR PROSEDUR KEGIATAN MAHASISWA 3.1.7 cm). Nama dan Tema Nama kegiatan singkat. Kegiatan-kegiatan harus terencana dan terstruktur dalam satu periode kepengurusan sesuai visi.1.1.1 Format Proposal Kegiatan 3.1. Halaman Sampul Muka (Nama kegiatan. Halaman isi Menggunakan Kop Surat Organisasi Kemahasiswaan yang bersangkutan atau Kepanitiaan dengan ketentuan : 1.2.2.1. Jenis Kegiatan Berupa kalimat singkat yang menggambarkan pelaksanaan kegiatan.2.1.4. 3. Logo Unimal disebelah kiri atas dan Logo Organisasi / Kepanitiaan disebelah kanan sejajar 2.1. Proposal Kegiatan 3.2. 1 ½ Spasi 4.1.2.2. 3.1.1.2. tahun akademik) dan dilapisi plastik transparan 3.1.

10.000. misalnya a. Pengadaan bunga 2 X Rp. sehingga bisa terlihat perhitungan dana yang diperlukan dalam kegiatan itu.. Total dijumlah menjadi Total (jumlah keseluruhan dari sub-sub total). tanggal pembuatan proposal pada sudut atas (centring) b.= Rp. Pembelian Kertas dst (sub. Anggaran Dana Cantumkan anggaran yang rasional / sesuai yang diperlukan.= Rp.) 10..= Rp. Waktu dan tempat Memuat : 1. Sebelah bawah (centring) menyetujui Pembantu Dekan III (Kabag. 7. perkelompok. Kemahasiswaan) e. Transport pp @ dst (sub total) c. Operasional Acara : 1. Waktu : Pukul berapa sampai berapa 3. kalau perlu dari satuan (@). Sebelah kanan Ketua Pelasana Kegiatan d.4. Sebelah bawah (centring) mengetahui Dekan (Ketua Program Studi Pendidikan Dokter) . Penutup Berisi antara lain berisi ucapan terimakasih kepada pimpinan. semua pihak yang membantu hingga dapat dilaksanakannya kegiatan. Berisi tempat.000. Hari/Tanggal : Cantumkan nama hari (koma) tanggal sesuai lama waktunya 2.30. Susunan Kepanitiaan Personalia Kepanitiaan harus mencantumkan Nomor Induk Mahasiswa 8. Lembar Pengesahan : a. baru dari beberapa sub. Pembuatan Proposal 10 X Rp. A c a r a Mencantumkan susunan acara secara rinci lengkap dengan alokasi waktu perkegiatan beserta Narasumber 9. 5000.total) TOTAL Rp………. Tujuan Kegiatan Tujuan Kegiatan harus mencerminkan Visi dan Misi organisasi dan selaras dengan program kerja 5. 2.total) b. Fotocopy undangan 10 X Rp.000.2. hingga sub total.. (terbilang :………………………………………………………….2. Perbanyak LPJ dst sub.30.3000. Kestari (Kesekretariatan) 1. Tempat : Lokasi kegiatan dengan alamat lengkap. Sebelah kiri Ketua umum BEM/DPM/ UKM c.3000. Sasaran Kegiatan Mencakup perorangan / kelompok / Institusi yang mudah dimengerti 6. Pembuatan LPJ 1. mohon maaf bila terdapat segala kekurangan dalam pembuatan proposal tsb 11.

2. Melalui Bagian Kemahasiswaan Unimal dengan : a. dengan ketentuan .3. untuk Proposal : 1 asli. Sponsor Kegiatan 3. 3. DPM. Kemahasiswaan) 2. Bukan berasal dan untuk kepentingan Partai Politik 3. wajib mencantumkan juga Nomor Induk Mahasiswa yang bersangkutan. Bukan Produk Yang Berkonotasi Seks 6. harus dilaporkan secara tertulis (LPJ). maka tidak diperkenankan pengajukan Proposal berikutnya. 2 fotocopy dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) : 1 asli. kepada PD III paling lambat / minimal 6 (enam) hari kerja setelah kegiatan dilaksanakan 4. Bukan Produk Rokok 5.3. Saling Menguntungkan 2. Setiap mencantumkan nama mahasiswa dalam Proposal. namun belum menyampaikan Laporan Pertanggung Jawabannya (LPJ). Kegiatan yang sudah dilaksanakan. Sponsor yang mendukung / mendanai kegiatan harus sesuai dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Semua kegiatan yang bersangkutan dengan penggunaan fasilitas kampus (ruangan) wajib berkoordinasi dengan bagian akademik. Melampirkan surat permohonan Dana ditujukan kepada Rektor Unimal b. BEM/HMPD. 1 Fotocopy. 6.3. Proposal dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) harus dijilid /berbentuk buku.1. 9. Bukan Produk Minuman Keras 4.Kegiatan yang memerlukan kendaraan operasional kampus atau fasilitas infocus dll (selain ruangan kampus). akan diatur kemudian . Bukan Produk Illegal atau Barang Terlarang 7. 3. Laporan Pertanggung Jawaban diserahkan ke PD III (Kabag. Persyaratan pengajuan Proposal 1. Kemahasiswaan) untuk dievaluasi dan selanjutnya ditanda tangani 5. dan UKM yang telah selesai melaksanakan kegiatan. 8. mengajukan surat peminjaman ke Bagian Perlengkapan PSPD UNIMAL dan berkoordinasi langsung dengan koordinator peralatan atau sopir.2. Surat Izin Kegiatan ditujukan kepada PD III (Kabag. Produk yang belum tercantum dalam ketentuan di atas. Pengajuan Proposal paling lambat 6 (enam) hari kerja sebelum hari “H” Melalui Bagian Kemahasiswaan PSPD Unimal dengan : a.

c.4. Pembelian barang dengan harga Rp. Mendapat izin secara tertulis dari Pembantu Dekan III (Kabag.000. . 3.3. Laporan Pertanggung Jawaban harus dijilid dengan ketentuan yang sama dengan proposal dan dibuat 2 (dua) rangkap.000 sampai Rp. 1. Diserahkan ke Pembantu Rektor III untuk dievaluasi. keindahan dan kebersihan 3.000. Pertanggung jawaban keuangan harus memenuhi standar sebagai berikut: a.000. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan 1. b. Tidak mengganggu ketertiban. 250.000 menggunakan materai Rp.000 ke atas harus menggunakan materai Rp 6. 3. Pemasangan atribut sponsor harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: 1. Ditempatkan pada lokasi yang sudah ditetapkan 3. Kemahasiswaan) atau BEM 2.000. Kwitansi pembayaran photo copy harus melampirkan contoh 2.3.2. Pembelian dengan harga di bawah Rp. 1.

Menangani proses pengajuan proposal kegiatan kemahasiswaan 3.BAB IV TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEMBINA ORGANISASI MAUPUN UNSUR PENDUKUNG KEMAHASISWAAN 4. Membimbing dan mengarahkan kegiatan dan aktifitas ektra kurikuler. Bertanggungjawab terhadap oganisasi yang dibina / dibimbingnya untuk mencapai prestasi yang terbaik dalam penalaran dan keilmuan. 4. Ikut serta merencanakan melaksanakan kegiatan /aktifitas organisasi para anggotanya bersama Pembantu Rektor III dan orang yang ditunjuk Pimpinan 5. Pengurusan beasiswa 5. Unsur Pendukung Kemahasiswaan Unsur pendukung Kemahasiswaan adalah Subbagian Kemahasiswaan yang berfungsi: 1. Membimbing kegiatan / aktifitas organisasi yang sifatnya administratif maupun organisasi 3. agar kegiatan organisasi berjalan dengan baik dan terarah 2. Pembina Organisasi Kemahasiswaan 1. Pelayanan pengajuan klaim asuransi kecelakaan 4. kesejahteraan dan bakti sosial 4. Bertanggung jawab kepada Pimpinan PSPD Unimal serta melaporkan kegiatan organisasi yang dibinanya apabila diperlukan oleh institusi ataupun Pembantu Rektor III Unimal.2. Pelayanan administrasi kegiatan kemahasiswaan 2. Melaksanakan tugas yang didelegasikan oleh Pembantu Rektor III .1. minat dan kegemaran. Pelayanan kebutuhan perlengkapan kegiatan kemahasiswaan 6.

Sekretariat: Setiap Organisasi Kemahasiswaan memperoleh sebuah ruangan yang diperuntukkan sebagai pusat kegiatan administrasi Organisasi yang disebut Sekretariat yang berlokasi didalam kampus PSPD UNIMAL dan tata tertib penggunaan sekretariat diatur oleh Dewan Pewakilan Mahasiswa dengan persetujuan Pembantu Dekan III (Kabag.1. untuk disetujui oleh PD III (Kabag. Bis atau kendaraan operasional lainnya merupakan kendaraan untuk mobilisasi mahasiswa dari kampus yang dapat digunakan mahasiswa dengan ijin dari Intitusi UNIMAL 5. Satpam.1. . tembusannya dikirimkan kepada Ka. Kemahasiswaan) 5.1. dan Cleaning Service 5.3. Kemahasiswaan) kemudian oleh pihak penyelenggara kegiatan. Prodi.3.2. Sarana Ibadah : Sarana ibadah dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan penggunaannya yang telah ditetapkan oleh Pimpinan. Trasportasi : 5.1.1. SARANA DAN PRASARANA 5.BAB V FASILITAS.1. Sarana dan Prasarana 5.1. Gedung atau Ruangan Kelas : Untuk penggunaan Gedung atau Ruangan kelas harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Bagian Perlengkapan PSPD Unimal.54. Penggunaan Fasilitas.1.

Subbag Kemahasiswaan melaksanakan penyampaian dana beasiswa sesuai data yang ditetapkan oleh instansi pemberi beasiswa dan beasiswa akan langsung dikirim ke rekening mahasiswa . Informasi beasiswa disampaikan ke Kepala Bidang Kemahasiswaan melalui Subbag Kemahasiswaan 3. Berkas yang memenuhi persyaratan disampaikan ke Subbag Kemahasiswaan untuk diproses.2. 6. Jenis Beasiswa 1.Bantuan Belajar Prestasi (PPA .1. Sumber Beasiswa Pemerintah Provinsi Aceh.BBP).BAB VI BEASISWA 6. Berdasarkan penghasilan Orangtua 4.3. Pihak Instansi pemberi besiswa menetapkan mahasiswa sebagai penerima beasiswa dan melakukan transfer. Selanjutnya melalui Pembantu Rektor III berkas persyaratan disampaikan kepada pihak instansi pemberi beasiswa untuk diproses. 7. 8. Berdasarkan jumlah tanggungan keluarga Prosedur Penerimaan Beasiswa 1. 6. 9. 5. Beasiswa Mahasiswa berprestasi (Akademik) 2.00 untuk Beasiswa Prestasi 2. Memiliki IPK 2. 75 untuk Beasiswa tidak mampu 3. Mahasiswa mengajukan permohonan / berkas persyaratan kepada Bidang Kemahasiswaan. Kepala Bidang Kemahasiswaan menerima dan menyeleksi berkas persyaratan. Memiliki IPK minimal 3. DIKTI ( Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Peningkatan Prestasi Akademik . Beasiswa Bantuan Mahasiswa tidak mampu (Ekonomi) 6. Pembantu Rektor III memperoleh informasi beasiswa dari instansi pemerintah / swasta 2. Kemudian diumumkan kepada pihak mahasiswa langsung dengan koordinasi dengan prodi 4. Kriteria Mahasiswa Penerima Beasiswa 1.

Tata Tertib Penggunaan Fasilitas Kegiatan Kemahasiswa 7.Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)/ Himpunan Mahasiswa Pendidikan Dokter (HMPD) 7.BAB VII TATA TERTIB UMUM DAN KODE ETIK 7. Persyaratan Pembubaran Unit Kegiatan Mahasiswa 1.2. Mempunyai struktur organigram dengan uraian tugas yang jelas 7.3. Didukung melalui tandatangan setidaknya 10% dari jumlah seluruh mahasiswa PSPD UNIMAL dengan persetujuan DPM 4.2. Misi PSPD UNIMAL 2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di PSPD UNIMAL 3.3. Tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.2.3.3.3. Tidak memiliki kesamaan bentuk maupun program kerja dari UKM yang sudah berdiri 3. serta Visi. Saling membantu dan menghargai kegiatan organisasi kemahasiswaan lainnya yang sah dalam lingkup PSPD UNIMAL 7.Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) 7. Mempunyai visi dan misi yang jelas serta rasional 3.1. Mempunyai kemampuan manajerial organisasi 5.1. Kamahasiswaan) 7. Mempunyai sekretariat organisasi 6. Kode Etik Organisasi Kemahasiswaan 1. Melanggar Peraturan PSPD UNIMAL dan atau Kode Etik dan atau Tata Tertib Organisasi Kemahasiswaan UKM bersangkutan 2.3. Mempunyai AD/ART serta program kerja 5.2.3.3. Persyaratan Pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa 1. Mempunyai anggota aktif minimal 15 mahasiswa PSPD UNIMAL 4.1. Kepengurusan bertanggungjawab kepada Pimpinan 8. Kepengurusan tidak berjalan sesuai Program Kerja UKM bersangkutan . Tata Tertib Organisasi Kemahasiswaan 7.1. Kode Etik Kemahasiswaan 7. Tidak terlibat dengan tindak kriminal dan narkoba 7. Persyaratan Pendirian dan Pembubaran Unit Kegiatan Mahasiswa 7. Agama.1. Tidak terlibat dengan organisasi maupun kegiatan yang terlarang 6.1. Persyaratan Menjadi Pengurus Organisasi Kemahasiswaan 1.1. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) 7. Mendapat persetujuan dari Pembantu Dekan III (Kabag. Tidak pernah mendapat Surat Peringatan ataupun sanksi dari PSPD UNIMAL 4.3. Memiliki arah tujuan dan rencana kerja organisasi yang jelas 2. Bersedia dikoreksi Pimpinan 7.3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2.

disiplin organisasi dan transparansi 5. 7. Aktivitas anggota organisasi sudah tidak berjalan . Pembubaran Organisasi : pembubaran organisasi kemahasiswaan dapat dilakukan terhadap Organisasi Kemahasiswaan yang : a.4. Tidak pernah melaksanakan program kerja Organisasi. Peringatan Tertulis : Peringatan tertulis diberikan atas dasar tidak diindahkannya peringatan lisan.4. 4. Dalam pelaksanaannya tidak bertentangan dengan Peraturan Pendidikan PSPD UNIMAL (misal : Tidak berambut panjang. Personalia kepanitian kegiatan harus secara bergantian. Pimpinan PSPD UNIMAL mempunyai kewenagan penuh untuk membubarkan UKM bersangkutan 7. Pembekuan Organisasi : diberlakukan bila Organisasi Kemahasiswaan tidak mengindahkan peringatan tertulis kedua.3. Tidak memiliki program kerja organisasi b. Peringatan Lisan : Secara berjenjang peringatan lisan dapat diberikan atas pelanggaran kode etik dan tata tertib yang dilakukan oleh Organisasi Kemahasiswaan. 2. 3. memakaisandal. Sering melaksanakan kegiatan diluar / tanpa program kerja c. Untuk satu dan lain hal.3. Menghargai / tidak melakukan intervensi kegiatan sesama Organisasi 6. Menjalankan disiplin administrasi. Mendapat izin dari Pembantu Dekan III (Kabag. Tidak bertentangan dengan Kode Etik Organisasi 2. d. Kode Etik kegiatan mahasiswa 1. Mendapat mosi tidak percaya dari anggota Organisasi Kemahasiswaan bersangkutan yang disetujui oleh rapat DPM 4. Kemahasiswaan) 3. memakai kaos oblong dll ) 4. maka akan diberikan peringatan tertulis kedua. Sanksi-sanksi Organisasi Sanksi diberikan kepada organisasi kemahasiswaan dengan tahapan-tahapan sbb : 1. Bila peringatan tertulis pertama tidak diindahkan.