SMA Negeri 2 Sidoarjo

Jl. Kutuk Sidokare No 311 Sidoarjo

2009-2010

SMA Negeri 2 Sidoarjo
Jl. Kutuk Sidokare No 311 Sidoarjo

2009-2010

Karya Tulis Bahasa Indonesia Tentang Biografi Tokoh Nama keLompok : 1. 4. Brian Raka. 2. 3. J (08) Dipta Bagus Ika Yulia N Kenia Alifia Rhanifda A (10) (16) (18) (29) . 5.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sidoarjo Guru Pembimbing Bahasa Indonesia ii KATA PENGANTAR . Mengetahui. disetujui pada tanggal Maret 2010.HALAMAN PENGESAHAN Kumpulan laporan kegiatan membaca biografi tokoh idola oleh kelas XII.

iv ...............................i HALAMAN PENGESAHAN............... Akhir kata..............................................................Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmatNya dan HidayahNya sehingga sehingga tim penyusun dapat menyelesaikan penyusunan makalah biografi “Tokoh Idola” Makalah biografi “tokoh idola” ini kami susun dengan tujuan dapat memberikan informasi biografi tokoh yang telah kamidapatkan melalui membaca buku tokoh biografi tokoh..... Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca iii DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL..........iii DAFTAR ISI......ii KATA PENGANTAR........................................................................... Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing kami......................... Bapak Munawar yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.......................

2 Sinopsis 3...1 Biografi SOEKARNO dan MUHAMMADIYAH 5..1 Identitas Buku 5..4 Manfaat....1...5Refleksi dengan Tokoh lain 4.....6 Refleksi terhadap diri sendiri 2.2 Sinopsis 5.........BAB 1 : PENDAHULUAN.4 Hal yang perlu diteladani 3.6Refleksi terhadap diri sendiri 4.v 1.3Hal-Hal Menarik 5..7 Evaluasi 2...5 Refleksi dengan Tokoh lain 3.1 Biografi 2...5Refleksi dengan Tokoh lain 5......1 Identitas Buku 3....3 Hal-Hal Menarik 2.......4Hal yang perlu diteladani 5...4 Hal yang perlu diteladani 2..vi 1....1.1 Identitas Buku 2........7Evaluasi 4......1..5 Refleksi dengan Tokoh lain 2...................1.1 Biografi 4.8 Peta Konsep BAB 3 : MEMBACA BUKU 3....1.1 Biografi Lionel Messi 3...........8 Peta Konsep BAB 4 : MEMBACA BUKU 4.....vi BAB 2 : MEMBACA BUKU 2.....1........1...7 Evaluasi 3.1.1.1.........1 Latar Belakang..1.1........1.1.1.1......6Refleksi terhadap diri sendiri ...............1......1..................2Sinopsis 4....3 Hal-Hal Menarik 3..4Hal yang perlu diteladani 4...1.1....3 Rumusan Masalah..............1..1..v 1....2 Tujuan...1...............1........1..1..2 Sinopsis 2.............8Peta Konsep BAB 5 : MEMBACA BUKU 5...vi 1....1.......1....1Identitas Buku 4.6 Refleksi terhadap diri sendiri 3....1..3Hal-Hal Menarik 4.1...........................

1.6Refleksi terhadap diri sendiri 6.7Evaluasi 5.1.5.8Peta Konsep BAB 6 : MEMBACA BUKU 6.2Sinopsis 6.1.4Hal yang perlu diteladani 6.1.1.3Hal-Hal Menarik 6.1 Biografi Hellen Keller 6.1.5Refleksi dengan Tokoh lain 6.1.1.8Peta Konsep PENUTUP Kesimpulan Saran DAFTAR PUSTAKA i BAB 1 PENDAHULUAN .7Evaluasi 6.1.1.1Identitas Buku 6.

1. pasti kita akan terdorong untuk mengetahui lebih jauh siapa sebenarnya tokoh yang kita idolakan tersebut dan seperti apa perjalanan hidupnya selama ini. sehingga dapat memperoleh informasi tentang tokoh yang diidolakan tersebut. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan sebagai salah satu informasi tentang “Tokoh Idola”. TUJUAN • • • Dapat mendeskripsikan biografi “Tokoh Idola” Mengetahui karakteristik tokoh idola Menemukan sesuatu yang khas dari tokoh idola . V 2. Harapan kami dengan penyusunan makalh ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang mungkin tokoh idolanya tertera dalam makalh ini. Banyaknya siswa – siswi SMAN 2 Sidoarjo yang mempunyai Tokoh idola merupakan salah satu latar belakang pembuatan makalah “tokoh Idola”. Kami pun menyadari bahwa apa yang sudah kami lakukan dalam penyusunan makalah ini tidak seluruhnya dapat dijadikan sumber informasi tentang biografi “Tokoh Idola”. Apabila kita mempunyai tokoh idaman. LATAR BELAKANG “Tokoh Idola” adalah sebutan yang paling cocok untuk seorang tokoh yang kita idolakan. Atas bimbingan dari beliau. Namun kami turut berterima kasih atas bimbingan dari Bapak Munawar sebagai guru Bahasa Indonesia kami. Kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalh biografi “Tokoh Idola”.

hal yang menarik dari Tokoh Idola Menentukan hal – hal yang perlu diteladani dari tokoh idola Merefleksikan tokoh idola dengan tokoh lain Merefleksikan tokoh idola dengan diri sendiri Membuat evaluasi tentang tokoh idola Membuat peta konsep tentang tokoh idola 4. MANFAAT • • • • • • Mengetahui biografi tokoh idola Mengetahui lebih jauh siapa dan seperti apa tokoh yang diidolakan Dapat menyebutkan hal – hal yang menarik dari tokoh idola Dapat menyebutkan hal – hal yang perlu diteladani dari tokoh idola Dapat merefleksikannya dengan tokoh lain Dapat merefleksikannya dengan diri sendiri .• • Mengetahui perjalanan hidup/riwayat tokoh idola Menemukan sesuatu yang bersejarah bagi tokoh idola 3. RUMUSAN MASALAH • • • • • • • Menentukan biografi Tokoh Idola Mencari hal .

Walaupun di tim junior Barcelona. Tahun Tebit e. Keluarga Messi yang semula cemas akhirnya menyetujui tawaran tersebut. a. Nama messi masih terlalu dini untuk disandingkan dengan bintang – bintang Barcelona lainnya seperti Xavi Hernandez. Judul : Kedahsyatan Lionel Messi b. Tebal Buku : Garailmu : 2009 : Jogjakarta : 173 Halaman 3. Provinsi Sante Fe. atau bahkan Samuel Eto’o yang kini hijrah ke Inter Milan. Argentina. sebuah pencapaian luar biasa bagi seorang gelandang serang. Dan harapan tersebut ternyata tidak bertepuk sebelah tangan karena FC Barcelona menawarinya untuk bergabung sekaligus akan menanggung biaya pengobatannya. • MASA REMAJA Ketika FC Barcelona belum memasukkan nama Messi ke dalam tim senior. Nama Penerbit d. bintang Barcelona asal Brasil yang kini sudah bergabung dengan AC Milan. Dengan bakat dan skill yang luar biasa yang dimiliki messi . Nama Pengarang : A.vi BAB 3 “Kedahsyatan Lionel Messi” 3. Di usianya yang ke 11 tahun. Dan messi bergabung di Barcelona B.1 Identitas Buku. Carles Puyol. messi memang berkeinginan menjadi pemain handal. Tetapi walaupun demikian Messi masih tetap berharap dan hanya berharap suatu saat ada jalan keluar. saat dirinya masih bersama Newell’s Old Boys. Tempat Terbit f. Tahun 1995. Di kota ini messi megasah bakatnya menggiring bola.1. messi mengawali karier besama klub Grandoli yang langsung dilatih oleh ayahnya sendiri. memanggil messi untuk bergabung dengan tim senior Barcelona pada Oktober 2004.2 Sinopsis • MASA MUDA Lionel Andres Messi lahir pada 24 Juni 1987 dan dibesarkan di Rosario. Yusrianto c. Messi menorehkan 37 gol dalam 30 pertandingan. messi pindah merumput bersama Newell’s Old Boys. hampir semua fans klub asal katalan masih mengidolakan Ronaldhinho. Dalam kondisi yang serba kritis ini keluarga Messi nyaris putus asa dalam merintis karier gemilang di dunia sepak bola. Frank Rijkaard (Pelatih Barcelona 2004-2007). Pada usia lima tahun. ia didiagnosa menderita penyakit kekurangan hormon pertumbuhan yang membuatnya sulit untuk tumbuh besar. Rosario adalah kota terbesar ketiga di Argentina. Di usia yang ke . klub legendaries Argentina yang telah melahirkan sosok seperti Gabriel Batistuta.

Messi telah menjadi inspirator dan ruh baik di Barcelona maupun di Timnas Argentina. popularitasnya sedikit demi sedikit mulai menurun seiring dengan bersinarnya penampila Messi. Teman – teman seusianya terkagum .17tahun. Dan ia di prediksi sebagai penerus Diego Armando Maradona. messi mengawali karier besama klub Grandoli yang langsung dilatih oleh ayahnya sendiri. messi pindah merumput bersama Newell’s Old Boys. • MASA DEWASA Penampilan messi meroket. Messi memang berkeinginan menjadi pemain handal dan ia selalu mengasah bakat menggiring bola. Keahliannya dalam mengolah bola menjadi penentu terhadap irama permainan tim. Selanjutnya gol pertama Messi pun dicetak saat Barcelona melawan Albacete di Camp Nou. Dan Ronaldinho memilih hengkang dan mewariskan nomor punggung 10 untuk Messi. Pada usia lima tahun. saat Barcelona bertempur melawan Getafe di semifinal Copa del Rey. Hanya sedikit yang yakin pada waktu itu bahwa Messi kelak menjadi pemain besar. Tahun 1995. Pada tanggal 10 Mei 2007. tahu bakat yang dimiliki sang anak. Kecepatan permainan serta naluri yang tinggi dalam mencetak gol adalah kesan para pecinta boladi dunia ketika pertama kali melihat Messi beraksi di atas lapangan. Messi tetap yakin akan kemampuan dirinya menjadi pemain besar. messi mencetak gol cantik. Diklub ini Messi lebih leluasa dalam mengembangkan bakatnya. • CITA –CITA Pada masa kecil. Ayahnya. Namun. klub legendaries Argentina yang telah melahirkan sosok seperti Gabriel Batistuta. Messi juga mencetak gol controversial kegawang Espanyol dalam lanjutan kompetisi La Liga pada 9 Juni 2007. Ketika Barcelona memboyongnya ke Spanyol. siapa sangka yang mengira bahwa dalam hatinya. Sebelum Ronaldinho meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan AC Milan. kemudian dia dijuluki “The New Maradona”. Dan gol tersebut sama dengan gol indah Maradona ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986. gol itu populer hingga kini di dunia sepak bola dan biasa disebut “Gol Tangan Tuhan”. dengan jenius ia berhasil melewati empat pemain lawan sebelum akhirnya memasukkkan bola ke mulut gawang.kagum dengan skill individu yang dimilikinya • PERJUANGAN Ketika masih muda Messi mengalami gangguan hormon pertumbuhan. Gol yang dicetak Messi tersebut sama persis dengan apa yang dilakukan Maradona ke gawang Inggris pada piala dunia 1986. sinyal – sinyal kesuksesan seakan terlihat dan Messi yakin . ia bakal menjadi pemain brilian. Dalam laga itu Messi menggunakan tangan dalam mencetak gol. Messi adalah Tipe pemain yang mempunyai skill komplit. Jorge Messi. Sang ayah kemudian membayangkan kelak ketika Messi sudah dewasa. dia memulai debut di tim senior Barcelona dalam pertandingan melawan Espanyol.

Ditahun 2007. Kini Messi diharapkan akan menjadi pemain lebih hebat yang melebihi maradona. Keberhasilan Messi memang tidak pernah lepas dari kerja keras serta keinginannya yang sangat tinggi. Messi menyabet penghargaan pemain terbaik Eropa khusus pemain U-21. Meraih Golden Ball Award pada Piala Dunia U-20 di Belanda. orang – orang yang seblumnya setengah hati kini dibuat takjub dan seakan tidak percaya dengan pencapaian – pencapaian yang telah berhasil dilakukan oleh Messi. dia terlahir untuk menjadi pemain sepak bola. Meraih gelar Golden Boy pada tahun 2005 2. Kini saya sudah tahu siapa pemain yang akan menjadi penerus saya di sepak bola Argentina. Dia adalah Messi. 3. Pemain terbaik Dunia versi FIFA di tahun 2009.akan semua itu. 3. Messi menjelma sebagai pemain yang diperebutkan banyak klub.” Demikian Maradona menyatakan . ia sudah menunjukkan talenta yang luar biasa. Di usianya yang masih muda. Kerja keras Messi betul – betul membuahkan hasil. • SUKSESNYA “dia memiliki bakat yang sangat murni. 5. Messi dan keluarganya sangat mensyukuri pencapaian – pencapaian itu. Ditengah orang – orang setengah meragukan dan setengah yakin. Tentu kedua orang tua messi sangat bahagia mengingat anaknya dulu terserang gangguan hormone pertumbuhan yang nyaris mematikan harapan Messi.3 Hal-hal yang menarik  Mempunyai skill yang komplit Messi adalah tipe pemain yang mempunyai skill komplik dan dia diprediksi sebagai penerus Diego Armando Maradona .1. Meraih Golden Boot Award pada Piala Dunia U-20 di Belanda. Berikut ini adalah beberapa prestasi yang telah diraih oleh Messi : 1. Sehingga. 4.

banyak pemain yang berharap bias bermain bersama Messi dalam satu tim. ( diambil dari halaman 6 )  Gol pertama Messi Gol pertama messi dicetak saat Barcelona melawan Albacete di Camp Nou. ( diambil dari halaman 6 )  Debut pertama Messi di Timnas Argentina Pada tanggal 4 Agustus 2005. ( diambil dari halaman 8 )  “Gol Tangan Tuhan” Messi juga mencetak gol controversial kegawang Espanyol dalam lanjutan kompetisi La Liga pada 9 Juni 2007. ( diambil dari halaman 91 )  Berharap bisa bermain bersama Messi Bermain bersama seorang bintang adalah dambaan semua pemain mana pun. Karier pemain yang populer dengan Gol tangan Tuhannya itu. ( diambil dari halaman 73 )  Terinspirasi jejak Maradona Sejak kecil Messi sudah mengidolakan Diego Maradona. Messi diberi kesempatan tampil melawan Hongaria. yang pada waktu itu Messi telah berusia 17tahun 10bulan 7hari. ( diambil dari halaman 78 )  Mereka yang kagum pada Messi Sebagai salah satu bintang masa depan. dengan jenius ia berhasil melewati empat pemain lawan sebelum akhirnya memasukkkan bola ke mulut gawang.1. dia memulai debut di tim senior Barcelona dalam pertandingan melawan Espanyol.( diambil dari halaman 103 ) 3. Karena itu. Dalam laga itu Messi menggunakan tangan dalam mencetak gol yang kemudian dikenal dengan “Gol Tangan Tuhan”.4 Hal-hal yang perlu diteladani . Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu contohnya. Inilah debut internasional Messi di Timnas Senior Argentina. telah menginspirasi perjalanan Messi di dunia sepak bola.( diambil dari halaman 8 )  Memasukkan bola dengan melewati empat pemain sekaligus messi mencetak gol cantik. tak heran jika banyak pujian yang ditujukan kepada Messi. Pujian dalam bentuk apa pun. adalah bukti betapa Messi adalah pesepak bola dengan talenta yang amat menjanjikan. saat Argentina di latih oleh Jose Pakerman. ( diambil dari halaman 149 )  Debutnya bersama Barcelona Di usianya yang ke 17tahun 3bulan 22hari.

Messi tetap yakin akan kemampuan dirinya menjadi pemain besar. ( diambil dari halaman 126 ) • Pantang Menyerah Ketika masih muda Messi mengalami gangguan hormon pertumbuhan. ( diambil dari halaman 21 ) • Profesionalisme Messi tetap professional tanpa banyak kompromi untuk sama – sama unjuk gigi melawan rekannya itu. dengan semangat yang kuat ia terus berysaha menyembuhkan cederanya. Namun. mereka adalah tokoh yang memiliki karakter kuat dan yang pasti memberikan inspirasi bagi orang lain. Hanya sedikit yang yakin pada waktu itu bahwa Messi kelak menjadi pemain besar. Karena yang terpatri kuat dalam pikirannya adalah dia harus bermain sepakbola lagi. ( diambil dari halaman 152 ) • Ingin menjadi diri sendiri Saya masih perlu mengembangkan diri dan ingin menjadi diri sendiri.1.5 Refleksi dengan tokoh lain  Refleksi dengan Ricardo Kaka Kedua tokoh ini memiliki kesamaan dalam hal mental. Dan Messi selalu menjelaskan bahwa Barcelona sudah seperti keluarganya sendiri dan ia betah tinggal di klub yang telah membesarkan namanya itu. ( diambil dari halaman 126 ) • Rendah hati dan tidak egois Messi tetap rendah hati dan tidak egois. Salah satu kesamaannya ialah sikap pantang menyerah. ( diambil dari halaman 123 ) 3. siapa sangka yang mengira bahwa dalam hatinya.• Sikap baik Messi juga dikenal sebagai pemain yang selalu menunjukkan sikap yang baik kepada siapapun ( diambil dari halaman 125 ) • Loyalitas Messi mungkin masih terlalu muda untuk dinilai apakah ia betul – betul loyal terhadap Barcelona. . ( diambil dari halaman 22 ) Itulah sikap pantang menyerah yang ditinjukkan oleh seorang Ricardo kaka yang dengan semangat pantang menyerah berusaha senbuh dari cedera permanennya . • Pantang Menyerah Setelah peristiwa kecelakaan di kolam renang yang hampir membuatnya taidak bisa bermain sepakbola lagi.

Madrid. Rosario. Indonesia b. 3.bulan dan tahun berapakah Lionel Messi lahir ? a. alex Messi e.6 Refleksi dengan diri sendiri  Pantang Menyerah Sikap pantang menyerah yang di tunjukkan oleh Kaka ialah saat ia Ketika masih muda Messi mengalami gangguan hormon pertumbuhan. Tanggal. Contoh refleksi dengan saya : Saat mendapat nilai ulangan jelek. Namun. Prancis 3. 1 Agustus 2005 b. Jakarta. Kapan Lionel Messi memulai debut internasionalnya ? a. 3 Agustus 2005 d. gangguan hormone tiroksin c. Masalah apa yang dihadapi Lionel Messi pada waktu masih kecil ? a. Dan setiap hari saya selalu berusaha lebih baik dari pada hari – hari sebelumnya.1. Paris. 22 Juni 1987 b. gangguan pencernaan e. Italia d. Dimanakah Messi lahir ? a. 5 Agustus 2005 . Joger Messi c. Hanya sedikit yang yakin pada waktu itu bahwa Messi kelak menjadi pemain besar.• Pantang Menyerah Ketika masih muda Messi mengalami gangguan hormon pertumbuhan. 4 Agustus 2005 e. gangguan fisik d. Jorge Messi b. Argentina 2. 26 Juni 1987 5. Vallentino Messi c. ( diambil dari halaman 21 ) Messi dengan penuh semangat untuk bias menjadi pemain besar dan yakin akan kemampuannya.7 Evaluasi 1.1. saya sempat merasa kecewa tetapa saya tetap berusaha belajar lebih giat supaya ulangan – ulangan berikutnya mendapat nilai yang baik. Roma. Spanyol e. 3. 24 Juni 1987 d. siapa sangka yang mengira bahwa dalam hatinya. 2 Agustus 2005 c. gangguan hormon 4. gangguan penglihatan pertumbuhan b. 25 Juni 1987 e. Siapakah Nama orang tua Messi ? a. Messidona d. Hanya sedikit yang yakin pada waktu itu bahwa Messi kelak menjadi pemain besar. 23 Juni 1987 c. Messi tetap yakin akan kemampuan dirinya menjadi pemain besar.

17tahun 3bulan 22hari d. tahun 2006 e. Pemain basket e. Lionel Messi adalah seorang… a. Arsenal 7. Bagaimana sosok Lionel Messi ? a. Inter Milan b. Pemain Bulu Tangkis 10.6. Rendah hati c. 17tahun 3bulan 30hari e. d 6. Jahat d. tahun 2009 Jawaban Evaluasi 1. b . e 10. Fenomenal b. 17tahun 5bulan 22hari 8. Pemain sky d. Grandoli c. b 2. e 4. c 5. a 8. tahun 2005 d. pada umur berapa Messi memulai debutnya ? a. tahun 2007 9. Kapan Lionel Messi Meraih gelar Golden Boy ? a. a 3. c 9. Intelektual e. Barcelona d. Chelsea e. Pesepak Bola c. Di klub manakah Messi memulai debutnya ? a. Saat sudah di Barcelona. Politisi b. 17tahun 4bulan 18hari b. tahun 2004 b. 17tahun 2bulan 22hari c. b 7. Suram c.

Tahun Tebit e. Adiknya tidak bisa mengucapkan kata “Ricardo” ketika dia masih kecil. Hari demi hari perkembanagan sepak bola Kaka meningkat tajam. Pada usia 7 tahun. Rodrigo memanggil namanya dengan panggilan “Caca” yang kemudian berganti menjadi Kaka. Ayahnya adalah seorang insinyur yang sukses dalam usahanya sedangkan ibunya berprofesi sebagai guru. Karena pada saat itu orang tuanya merupakan Pegawai Negeri Sipil.1 Identitas Buku. Tempat Terbit f. Diantara teman-temannya dalam hal sepak bola. Tebal Buku : Garailmu : Cetakan pertama . Judul : Membaca Keajaiban kaka b. maka kehidupan keluarga Kaka tidak menetap pada suatu tempat.2 Sinopsis. • MASA REMAJA .1. sehingga pada usia 12 tahun ia sudah memiliki skil sepak bola yang bagus.1. Dibandingkan pelajaran lainnya Kaka lebih menyukai pelajaran olahraga. Nama Pengarang : Idan Hermanto c. Hingga akhirnya. Rodrigo memanggilnya. Nama Penerbit d. dia lebih menonjol dan menjadi kesayangan guru olahraganya. terutama sepak bola.Bab 4 “Membaca Keajaiban Kaka” 4. a. Januari 2010 : Jogjakarta : 159 Halaman 4. ia sudah mulai masuk bangku sekolah. Kaka hidup dalam keluarga yang serba berkecukupan. Panggilan Kaka bermula dari kebiasaan adiknya. keluarga Kaka pindah ke Sao Paolo. • MASA MUDA Ricardo Izecson dos Santos Leite atau Ricardo Kaka merupakan anak dari pasangan Bosco Izecson Pereira Leite dan Simone Cristina dos Santos Leite yang lahir di Brazil pada tanggal 22 April 1982.

ia berlatih dengan serius dan ajin. Setiap ia mencetak gol ia juga selalu menunjukkan 2 jari telunjuknya ke langit sebagai tanda terima kasih nya kepada Tuhan. pada tahun 1997 ketika umurnya baru menginjak 15 tahun ia sudah terpilih untuk masuk tim junior klub terkenal kala itu yaitu Sao Paolo FC. Pada usia 18 tahun pun. kini Kaka sudah menjadi pemain andalan yanag dimainkan secara reguler di klubnya. Itulah sikap dan sifat sang super soccer star yang tetap religius. uang transfer tersebut bisa menyehatkan kembali kas klub tersebut. Banyak sekali aksi-aksinya yang merepotkan pertahanan lawan. Dan akhirnya Kaka menetapkan pilihannya pada sepak bola. dan dengan . orang tuanya menjelaskan untung rugi pilihan tersebut. karena persaingan yang super ketat. dengan kepercayaan diri yang tinggi ia yakin bahwa usaha yang serius akan mendapatkan hasil yang maksimal. Karena permainannya yang hebat dan jenius itulah. Sao Paolo bsa mencari pengganti Kaka walaupun tidak sehebat dia. sambil berdoa kepada Tuhan. Sumbangan terbesar Kaka bagi klub Sao Paolo terjadi ketika ia ditransfer ke klub terkenal Italia. ia terus berlatih di bawah bimbingan pelatihnya di klub Sao Paolo junior. keraguan tersebut hanaya bertahan beberapa pekan. ia pun bermain dan Brazil menuai hasil yang sempurna. karena kecelakaan cedera punggung yang dialaminya membuatnya harus divonis oleh dokter tidak akan bias bermain sepakbola lagi. Kaka tahu kemana harus meminta tolong ketika dokter sudah angkat tangan. Kemudian keajaibanpun terjadi. sehingga membuat pelatih timnas Brazil saat itu terpikat akan aksinya dan memanggilnya untuk bergabung dalam latihan timnas Brazil guna menghadapi Piala Dunia 2002. Ini menunjukkan bahwa meskipun Kaka seorang pemain sepakbola yang banyak di kenal dan di puji oleh pecinta bola seluruh dunia. sehingga mudah membuka peluang bagi rekan lainnya untuk membuat gol. ia menyadari tidak mudah menuai sukses dalam dunia sepak bola. Kaka pun tidak ingin mengecewakan orang tuanya. Kaka tampil penuh semangat. dalam perjalanannya Kaka menemui kebimbangan. Mingguminggu pertama bukan tidak dilaluinya tanpa keraguan. Namun.Tidak heran lagi. tapi ia tetap memegang teguh dan mematuhi nrma-norma agama yang telah ia pelajari. berkat doa dan keyakinannya tidak lama kemudian ia menjadi seorang pesepakbola handal lagi. Milan membuka kemenangan 2-0. Hari demi hari. Namun. Ketika pencari bakat dari klub-klub Eropa mengendusnya. Selain itu. AC Milan. Oang tuanya yang notabene adalah orang berpendiddikan lebih menginginkan Kaka mengikuti langkahnya. Brazil menjalani setiap pertandingan dengan super keras dan ketat sehingga banyak pemain bintangnya yang cedera atau mendapatkasn akumulasi kartu dan tidak dimainkan di pertandingan berikutnya. permainan Sao Paolo yang sempat loyo diubahnya menjadi sebuah permainan yang indah dan berkarakter. setahun setelah kecelakaan di kolam renang itu terjadi tepatnya tahun 2001. tekuni serta ia yakini mulai dari sejak kecil. dengan segera pada Agustus 2003 Kaka telah menginjak Kota Milan setelah di transfer klub terkemuka dunia. Namun dengan tingkat religiusnya yang cukup tinggi. Di bawah kendalinya. Akan tetapi. ia sembuh total dari cederanya bahkan ia bisa bermain sepak bola lagi. Akan tetapi hidup Kaka menjadi sangat berantakan saat itu. • MASA DEWASA Di piala dunia 2002. Menghadapi Ancona dalam partai pembuka seri-A 2003-2004. Namun. Kaka diberi kesembuhan. Setelah sembuh.5 juta. Kemudian datanglah kesempatan bagi Kaka untuk menunjukkan kemampuannya di Piala Dunia. Kaka resmi memulai debutnya di Sao Paolo FC. Denagn uang sebesar itu. Kaka terus mengupayakan kesembuhan cederanya. AC Milan. Mulai saat itu Kakak menekuni sepak bola dengan lebih serius. hal ini di buktikan dengan kemenangan Sao Paolo junior dalam ‘Copa de Juvenil’ pada tahun 1997. karena ketika Kaka dipercaya menjadi starter ia langsung menunjukkan permainan yang bisa mengangkat ritme tim. Tidak seperti sebelumnya yang hanya menjadi pemain cadangan. Ia ditransfer sebesar US$ B.

Bermain dalam Piala Dunia 10. tentu Kaka mempunyai banyak impian dan cita-cita yang ingin ia wujudkan. hal itu dilakukan karena dia ingin memberikan perbandingan kepada anaknya. ia juga telah dikenal oleh hampir seluruh dunia. Bermain untuk Brazil 9. menginjak dunia sepakbola bukanlah jalan yang mulus dan mudah bagi Kaka. Dipanggil masuk tim nasional Brazil 8. Salah satu cita-cita Kaka ialah menhjdi seorang pesepakbola profesional. Namun. Ia juga lebih memilih hidup bersahaja dengan seorang istrinya.Meskipun demikian. Mulai dari kebimbangan Kaka atas semua pilihan itu. Akan dia temukan suka dan duka dalam keduanya. Termasuk dalam 18 anggota tim yang terlibat dalam permainan 5.determinasi yang tinggi ia mampu menghilangkan keraguan yang awalnya selalu menghantui dirinya. Direkrut Sao Paolo sebagai pemain professional 3. Keinginan kuat yang sudah tertanam di dlam dirinya membuat Kaka berjuang untuk mewujudkan pilihannya itu. Orang tua Kaka menjelaskan untung ruginya kedua pilihan tersebut. Berikut 10 lamgkah sukses yang dirancang oleh Kaka : 1. • CITA –CITA Sebagai seorang anak yang lahir dari keluarga yang berkecukupan. Orang tuanya juga berkata bahwa sekarang terserah pada Kaka. Sehingga debutnya bersama Milan ia lalui dengan sebuah kesempurnaan. 2. Bermain lagi setelah senbuh total dari cedera punggungnya. • PERJUANGAN Menjadi pemain sepak bola profesional dan menjadi super star. siapa yang tidak mau. dan akhirnya sekang ia telah mewujudkan semua itu. . walaupun kedua rang tuanya notabene orang yang berpendidikan ia tetap teguh memilih sepak bola sebagai karir dalam hidupnya. Termasuk dalam 25 pemain tim senior Sao Paolo 4. Selain menjadi pesepakbola yang ahli dan profesional. mulai dari ingin menjadi pemain bola lagi sampai merumput bersama klub terkenal Italia dan Spanyol. Menjadi pemain starter untuk Sao Paolo 6. tetapi pilihan tetap berada di tangan Kaka dan mereka sebagai orang tua akan mendukung Kaka. agar nantinya apa yang Kaka putuskan merupakan suatu pilihan yang benar-benar sesuai denagn kata hatinya. Bermain dalam kejuaraan dunia junior 7. kedua orang tua Kaka tidak menekan dia untuk mengikuti keinginannya. Cita-cita itupun di wujudkan dengan ketekunannya untuk terus berlatih sepakbola. orang tuanya lebih menginginkan Kaka untuk menjadi insinyur seperti ayahnaya atau guru seperti ibunya. Pindah ke klub besar di Italia atau Spanyol Kini semua obsesinya sudah ia raih. Dia menanyakan kepada Kaka apakah ia tetap akan bergelut dengan dunia bola atau lebih memilih jalur pendidikan. Bukan tanpa alasan. tidak seperti kebanyakan bintang lapangan hijau yang hidup serba glamor.

( diambil dari halaman 148 )  Hat – trick pertama di musim 2005-2006 . Setiap selebrasinya selalu di lakukannya dengan menunjuk ke arah langit. ( diambil dari halaman 149 )  Debutnya bersama Timnas Brasil Kaka memulai debutnya bersama timnas Brasil pada Januari 2002. 3. Pemain Terbaik Italia dalam ajang Oscar del Calcio. Diantaranya ialah dia terpilih menjadi Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Tidak berhenti sampai disitu. yaitu Christiano Ronaldo dan Lionel Messi. 4. Kaka terpilih sebagai midfielder terbaik. ( diambil dari halaman 147 )  Penganut Kristen yang taat Tidak seperti pesepakbola lain yang hidup serba glamor Kaka lebih memilih hidup bersahaja. Kaka pun direfleksikan dengan Zinedine Zidane karena kesamaan yang dimiliki keduanya. ( diambil dari halaman 147 )  Sao Paolo “ Kaka’s first club “ Sao Paolo menjadi klub pertama Kaka. “ Aku rasa Kaka bias menjadi Zidane yang baru bagi Madrid “ . Ia juga masuk dalam skuad smaba di Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006 lalu. meski kalah dari Liverpool. Kaka termasuk penganut kristen yang taat. 5. sebagai bentuk ucapan terimakasih atas apa yang sudah di berikan-Nya. Kaka dianugerahi gelar pemain terbaik Italia dan pemain asing terbaik Serie-A. Di klub inilah talent nya sudah terlihat dan dia sudah menjadi pemain profesional di usia 15 tahun dengan menandatangani kontrak. 2. Kaka kebanjiran penghargaan. begitulah kata-kata yang diungkapkan Carlo Ancelotti ketika masih berada di Milan. Berikut beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kaka : 1. Ketika itu. Mereka sama-sama sebagai pengatur serangan tim.1. Kaka juga menyabet Ballon d’Or 2007 yang diberikan untuk pemain sepakbola dengan permainan terbaik. Pada tahun 2007.• SUKSESNYA “ Kaka adalah seorang juara “. 4.3 Hal-hal yang menarik  Termasuk dalam anggota ‘atlet Kristus’ Kaka termasuk dalam anggota atlet kristus. Kaka menyingkirakan dua kandidat kuat lainnya yang juga merupakan pemain top dunia. Pada ajang itu. Melakukan debut senior di tahun 2001 bersama Sao Paolo. kata Juan Carlos Valeron. Pemain Terbaik Dunia versi FIFPro. Pada ajang Liga Champions tahun 2004-2005 Kaka mengantar Milan menembus final Liga Champions. Kaka ajhirnya hengkang di tahun 2003 dengan memberi kontribusi 23 gol dari 59 kali penampilan.

( diambil dari halaman 147 )  Percaya atau Tidak Percaya atau tidak. 8 Juni 2009. Kaka tidak mudah tergiur pindah ke klub lain. Mulai dari Gazetta dello Sport. ( diambil dari halaman 134 ) . dia akan membela klub tersebut sampai pensiun dari olahraga merumput ini. Inilah bentuk loyalitas tertinggi seorang superstar sepakbola yang tidak silau dengan uang transfer selangit guna berganti kostum tim. Kicker. ( diambil dari halaman 133 ) • Loyalitas Sebagai pemain bintang. Dengan nilai transfer sebesar 65 juta euro. dalam kondisi apapun dia tidak gegabah. ( diambil dari halaman 146 )  Menjadi Model Pemain yang oleh media Eropa mendapat panggilan Ricky Kaka itu juga kerap dikontrak menjadi model Armani.Or dan pemain terbaik FIFA di penghujung tahun 2007. Tertinggal atau memimpin gol terlebih dahulu. Sejak kedatangannya di Milan. dimana transfernya merupakan salah satu transfer terpanas musim kompetisi 2009. Punaknya adalah dinobatkannya Kaka sebagai pemain terbaik versi FIFPro. Kaka resmi membela Real Madrid. Kini Kaka juga berstatus sebagai seorang ayah setelah istrinya melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Luca Celico Leite. juga Adidas. The Times. pemain asal Brasil itu masuk dalam daftar 100 orang paling berpengaruh versi Majalah Times. dan Gabbana. Bersama sembilan orang lainnya. Kaka adalah satu-satunya pemain sepakbola yang masuk dalam daftar tersebut.Kaka memulai hat-trick pertamanya di sepakbola Eropa di musim 2005/2006. Kkaka baru melepas keperjakaannya saat ia resmi menikahi Caroline Celico beberapa waktu lalau. ( diambil dari halaman 148 )  Kaka resmi bergabung dengan Real Madrid Senin. Ballon d.4 Hal-hal yang perlu diteladani • Percaya Diri Gaya dan karakter permainn Kaka memang beda. hingga kelompok fans di seluruh dunia sependapat dengan hal ini. gelandang tangguh ini tetap percaya diri. Hebatnya. ( diambil dari halaman 148 )  Pesepakbola Terbaik Penampilan memikat Kaka membuat banyak kalangan menobatkannya sebagai pesepakbola terbaik. ( diambil dari halaman 147 )  Termasuk dalam “ 100 ORANG PALING BERPENGARUH DI DUNIA “ Bersama 99orang lainnya dari berbagai negra dengan beragam profesi. Kaka berada di kategori ‘Pahlawan dan Pionir’ ( diambil dari halaman 149 ) 4.1. Dolce. Penghargaan itu hanya sebagian kecil dari banyaknya award yang diterimanya di tahun itu.

( diambil dari halaman 131 ) • Sifat Kepemimpinan Masih belia sudah dapat dipercaya sebagai pemain andalan di klubnya. Itulah gambaran seorang profesional sejati. Kaka tetap rendah hati dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. . dan percaya diri – satu bekal positif buat timnya.• Mental Umur memeng masih muda. mereka adalah tokoh yang memiliki karakter kuat dan yang pasti memberikan inspirasi bagi orang lain. ketaatan terhadap agama yang di anut mungkin sedikit banyak bisa di jumpai. kerjasama Kaka dalam membangun permainan tim(kolektif) sulit dicari gantinya. dengan semangat yang kuat ia terus berysaha menyembuhkan cederanya. ketenangan. Cukup mudah buatnya untuk mengontrol emosi. Dia tidak egois dan selalu mengutamakan kepentingan tim. tentu kapasitas dan kemampuannnya sudah sangat bagus. namun hal itu tidak membuat ia sombong. ( diambil dari halaman 9 ) • Profesionalisme Kaka adalah pemain sepakbola yang profesional tetapi juga penuh loyalitas.5 Refleksi dengan tokoh lain  Refleksi dengan Helen Keller Kedua tokoh ini memiliki kesamaan dalam hal mental. Padahal untuk menjadi seorang profesional bukan pekerjaan yang mudah. ( diambil dari halaman 59 ) • Penganut Agama yang taat Sebagai seorang pemain bintang. namun aspek kematangan mental Kaka terkesan sangat dewasa. ( diambil dari halaman 135 ) • Kerjasama Tim Dibandingkan pemain lain. Menurutnya kesombingan dan keangkuhan bukan ciri khas penganut Injil sejati (agama yang di anut Kaka) ( diambil dari halaman 9 ) 4. Karena yang terpatri kuat dalam pikirannya adalah dia harus bermain sepakbola lagi. Salah satu kesamaannya ialah sikap pantang menyerah. dia juga bisa menjalankan fungsinya sebagai bagian tim. dia bisa mengolah permainan dan dirinya sendiri. Demikian yang terjadi pada Kaka. ( diambil dari halaman 22 ) • Rendah Hati Kaka lahir dari sebuah penganut Inji taat yang kaya raya. ( diambil dari halaman 137 ) • Pantang Menyerah Setelah peristiwa kecelakaan di kolam renang yang hampir membuatnya taidak bisa bermain sepakbola lagi.1.

Ricardo c. Siapakah nama asli Ricardo Kaka ? A. sejak TK 3. SD d. Namun. Ricardo Kaka B. 4. Santo Paolo FC c.1. ( diambil dari halaman 22 ) Kaka yang penuh semangat pantang menyerah berusaha senbuh dari cedera permanennya . aku tidak tahu bahwa aku ada. ( diambil dari halaman 40 ) Itulah sikap pantang menyerah yang ditinjukkan oleh seorang Helen Keller yang dengan semangat pantang menyerah untuk mengenal dunia luar yang sulit sekali untuk dijangkaunya. Karena yang terpatri kuat dalam pikirannya adalah dia harus bisa bermain sepak bola lagi. Sao Paolo FC b. a. aku pada awalnya memang selalu down dan merasa putus asa.7 Evaluasi 1. Klub sepakbola pertama tempat Kaka bermain bola adalah .1. 4. akhirnya saya berpikir positif untuk mendapatkan nilai yang lebih baik di ulangan selanjutnya. datang kepadaku. Annie Mansfield Sullivan. Kaka sempat menjadi berantakan olehnya. Aku tidak memiliki kehendak ataupun akal. Sejak kapan terlihat sangat menyukai olahraga sepakbola ? a. SMA c. SMP b. namun bangkit kembali dan tanpa putus asa ia selalu berdoa meminta kesembuhan cideranya kepada Tuhan.Pantang Menyerah Hal terpenting yang ku ingat dalam hidupku adalah hari krtika guruku. Setelah peristiwa kecelakaan di kolam renang yang hampir membuatnya tidak bisa bermain sepak bola lagi.6 Refleksi dengan diri sendiri  Pantang Menyerah Sikap pantang menyerah yang di tunjukkan oleh Kaka ialah saat ia divonis oleh dokter tidak akan bisa bermain sepakbola lagi. (10) Contoh kecil refleksi dengan saya : Saat mendapat nilai ulangan yang jelek. Ricardo Domes d. Periode kedatangan Annie disebut Helen sebagai periode sebelum terbitnya fajar jiwa. . sangat jauh bila dibandingkan dengan apa yang saya alami. Milan FC . dengan semangat yang kuat ia terus berusaha menyembuhkan cederanya. Aku dipenuhi rasa takjub ketika memikirkan betapa berbedanya kedua kehidupan yang dihubungkannya. Ricardo Izecson dos Santos Leite 2. Mungkin hal yang dialami Kaka. Sebelum guruku datang. Sao Santos FC d. . .

Barcelona b. 10 Juni 2009 7. Apa nama klub yang menaungi Kaka sebelum di lego ke Real Madrid ? a. Gelandang Serang 8. Bergabung di timnas apakah Kakak saat ini ? a. Menari b. Kondisi keuangan Milan d. 7 Juni 2009 b. Apa yang membuat Kaka meninggalkan Milan ? a. Italia c. . Portugal d. . Apa ciri khas yang ditunjukkan Kaka saat mencetak gol ? a. Zinedine Zidane d. Lionel Messi b. a. Berselisih dengan sesama pemain 10.4. C 3. Inter Milan d. Sebagai pemain di posisis apakah Kaka sekarang ? a. Berguling – guling d. Ingin Pensiun b. Diam Saja c. Ronaldo c. Bek d. Jerman 5. Menunjuk 2 jari ke langit Jawaban Evaluasi 1. Bosan c. Striker b. Xabi Alonso 6. Gelandang c. 8 Juni 2009 c. Manchester United 9. Pemain bola yang sering di refleksikan dengan Kaka ialah . 9 Juni 2009 d. A . Kapankah Kaka resmi bergabung dengan Real Madrid ? a. Brasil b. D 2. AC Milan c.

Tahun Tebit d. C 10. B 5.1. a. Judul b. Nama Penerbit c. B 9.4. D Bab 5 “SOEKARNO dan MUHAMMADIYAH” 5. Tebal Buku : SOEKARNO dan MUHAMMADIYAH : Al – Wasath Publishing house : Juli 2009 : Ciputat 2009 : 97 Halaman .1 Identitas Buku. D 8. B 7. Tempat Terbit e. C 6.

5. namun beliau juga tidak segansegan memberikan kritik-kritik nya yang menurut pendapat beliau tidak pada tempatnya. hal 2-3). Tatkala baru bertemu dengan Kyai Haji Achmad Dachlan saya baru saja belajar bahasa Inggris. tiga tahun kemudian.5. Bab 1 Lahir di kota pelabuhan ramai Surabaya Jawa Timur pada 6 Juni 1901. tidak luput dari perhatian dan kritik beliau. dibenci. Bung Karno menceritakan perjalanan jiwa beliau dari Islam karena keturunan dan masyarakatnya. antara lain beliau mengemukakan semboyan “Sekali Muhammadiyah tetap Muhammadiyah” Bab 3 Tidak lama kemudian daripada tabligh-tabligh Kyai Haji Achmad Dachlan di Surabaya itu.3 Hal-hal yang menarik Soekarno adalah bagian dari pemikir islam terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa ini. Pemikirannya tentang islam yang tersebar dalam berbagai tulisan dan pidatonya seakan mengajak umat muslim untuk bergegas menyongsong kebangkitan kembali islam dalam percaturan dunia. baik rakyat Indonesia maupun dunia Internasional lebih mengenalnya sebagai tokoh penggerak Nasionalisme Indonesia dan juga sebagai penggelora gerakan anti Kolonialisme-Imperialisme dunia. Natsir. (tercantum pada buku SOEKARNO dan MUHAMMADIYAH. anak Raden Sukemi Sosrodiharjo. Sebagaimana terangkum dalam banyak buah pikiranya tentang islam. Bung Karno yang jatuh hati pada Muhammadiyah dan membawa pembaca ubtuk bertabayan mengenai siapa Bung Karno. adalah anggota bangsawan jawa kelas priyayi seperti ditunjukkan oleh gelar “Raden” tersebut. HM Rasdidi. dikagumi. adalah sosok fenomenal dalam lintasan sejarah bangsa ini. Fakta ini seakan tenggelam dalam srus sejarah Indonesia yang seakan menasbihkan Soekarno sebagai symbol dan pemikir Riasionalisme Indonesia semata. tertulis dalam bahasa Inggris. Proklamator. satu dari delapan orang anak Raden Hardjodikromo. Publik. maka di Bengkulen Bung Krno dalam tahun 1938 resmi masuk menjadi anggota Muhammadiyah. Negarawan dan kader Muhammadiyah yang tangguh. Dll. Ketika Bung Karno di pindahkan oleh Belnda dari Flores ke Bengkulen (sekarang Bengkulu). seorang wanita Bali. seorang mantri guru sekolah dan Ida Nyoman Rai. dan dihujat seakan berjalan beriringan mewarnai alur hidupnya. Agus Salim. Bab 2 Di dalam amanatnya pada tanggal 23 April 1948 di Masjid Besar Surakarta. Baik mengenai kesalahan-kesalahan maupun kelengahan-kelengahan yang di lakukan oleh Muhammadiyah. yang saya sudah bias mulai mengerti. Intelektual. ix ) . saya membaca dua buku bikinan orang asing. atau yang diakrabi dengan Buung Karno. Pada tanggal 19-24 Agustus 1938 diadakanlah konferensi antara P.P Muhammadiyah dengan pengurus pengajaran serta guru-guru Muhammadiyah di daerah Bengkulu. Dipuji. yang satu berjudul ‘The Rising Side of Color’ dan yang satu ‘The New World of Islam’ yang artinya alam baru. Ayahnya. Meskipun Bung Krano menjadi anggota Muhammadiyah. “saudara-saudara. Sebagai Founding Father (Bapak Pendiri) bangsa Indonesia. seperti Moh. “ Islam is Progress”. yangt lebih sering disorot sebagai penggagas ide Nasakom. ia sekaligus juga sebagai Teknorat. saya sudah mengerti bahasa Inggris dan saya membaca dua kitab yang boleh dikatakan terbit sekaligus bersama-sama. Politisi. Sosok Soekarno. Ideolog. Tetapi beberapa tahun kemudian.1.2 Sinopsis. menjadi seorang Muslim yang yakin akan kebenaran Agamanya. ( Hal. Hamkah. Bung Karno sebagai Presiden Republik Indonesia di dalam amanatnya pada resepsi pembukaan muktamar Muhammadiyah ke 33 yang berlangsung tanggal 25-30 Juli 1956 di Palembang. sedangkan lbunya adalah seorang bangsawan Bali keturunan kasta Brahmana.1.

Bagi orang lain apalagi pada jaman sekarang ini. Tidak hanya buku yang dikirim A. saya ingin bisa mempunyai sifat dan kelakuan seperti beliau. 8 (delapan) d. Flores beberapa waktu kemudian. 5 (lima) 4. 10 ( sepuluh) b. orator ulung dan kader Persyarikatan Muhammadiyah yang progresif. Hal yang sama pun terjadi ketika Bung Karno di buang ke Ende. A. Hal itu sangat tampak. Siti Fatimah d. Hasannudin b. di buku biografi ini. ( Hal.Hasan selalu menjenguknya sambil membawa buku-buku bacaan dan panganan kecil. Siapa tokoh Muhammadiyah di Bengkulu yang sering diajak berdiskusi tentang islam? 3. 5.6 Refleksi dengan diri sendiri Refleksi antara diri saya sendiri dengan Soekarno sangat berbeda sekali. ix) 5. Madura b. sang Ideolog.Hasan dari Bandung. Bengkulu d. Proklamator dan Negarawan. A. “ Moga-moga saya diberi umur panjang oleh Allah SWT. mereka terlibat politik “Panas” yang berkepanjangan tentang islam dan paham kebangsaan ( Nasionalisme). Palembang d. Ternyata. dikaruniai berapa anak? . demikian jati diri Bung Karno ini adalah hal yang perlu diteladani ( Hal vii) 5. Mereka menganggap bahwa perbedaan pendapat dan juga sikap tak harus memutuskan tali silahturahmi. Jakarta c.1.5 Refleksi dengan tokoh lain Ada keakrban tampak dari nada surat Bung Karno kepada A. Dimana kota kelahiran Soekarno ? a. namun juga aneka panganan kesukaan Bung Karno yang memang kesepian berada di tanah pengasingannya.Hasan yang kemudian secara rutin mengirimkan aneka buku karangannya ke Ende. Politisi. saat Soekarno dijebloskan oleh Belanda ke penjara Sukamiskin Bandung. Ia tidak hanya sebagai bapak pendiri (founding father) bangsa Indonesia. Jadi perbandingan antara saya dan Soekarno sangat jauh sekali.1. korang yang ia terbitkankan sebagai propaganda politiknya. Ini.1. Irian Jaya b.Hasan menghantam dengan keras semua penadapat Soekarno tentang Nasionalisme. Perkataannya ini mengisyaratkan Soekarno dan Muhammadiyah dalam untaian kata semakin lama semakin cinta.Pada tahun 1962. H. 11 (sebelas) 2. keakraban antara kedua tokoh itu mungkin tak terbayangkan. Beliau adalah salah seorang yang sangat patut untuk di contoh. Dimanakah Soekarno di asingkan ? a. sebagai Teknorat. Bung Karno berkata. A. Ketika itu. polemik keras keduanya tidak pernah terbawa dalam pergaulan sehari-hari. Papua a. Buya AR Sultan Mansyur a. Megawati c. Beliau sudah pernah menjabat sebagai Presiden RI yang pertama. Dari pernikahan Soekarno dengan Fatmawati.4 Hal-hal yang perlu diteladani Bung Karno demikian Presiden RI pertama ini dikenal luas. buat Bung Karno. Intelektual.Hasan memandang paham Nasionalisme sempit yang dibawakan Soekarno dan kawan-kawannya pembela islam. Surabaya c. Surabaya c. dan jikalau saya meninggal dunia. karena beberapa waktu sebelum Bung Karno dibuang. Soekarno pun dengan gayanya yang khas selalu membalas lewat tulisanya di surat kabar Fikiran Rakyat. supaya dikubur dengan membawa nama Muhammadiyah atas kain kafan saya”. ( Hal 8-9) 5.7 Evaluasi 1. Memang sosok Soekarno fenomenal dan kontrofersial dalam lintasan sejarah bangsa Indonesia.1.

27 Juni 1901 c. d 7. Fenomenal b. 18 April 1901 a. Tahun berapa Bung Karno resmi menjadi anggota Muhammadiyah ? 7. 19-24 Agustus 1938 d. Bagaimana jati diri Bung Karno? a. a 3. Bagaimana sosok Soekarno ? a. 20-51 Juni 1950 a. 1973 d. a . Pada tanggal berapa diadakan pembukaan muktamar Muhammadiyah ke 33? Jawaban Evaluasi 1. Politisi b. Pada tanggal berapa diadakan antara P. a 6.5. Sang Idelog c. 6 Juni 1901 b. 17-23 April 1953 9. 7-25 Mei 1950 c. 19-30 Agustus 1938 b. 25-30 JUli 1956 b. Tanggal berapa Soekarno di lahirkan? a. c 2. Kontrofersial d. d 5. 25 Mei 1901 d. d 10.P Muhammadiyah dengan pengurus ajaran 8. Intelektual 10. 5-15 Mei 1990 c. 1938 6. Progressif c. b 4. Orator Ulung d. a 9. 8-27 Januari 1993 d. Intelektual c. c 8. 1993 Muhammadiyah? a. 1950 b.

Tempat Terbit e.2 Sinopsis.T Mizan pustaka : Juli 2009 : Ciputat 2009 : 97 Halaman 6. Gadis Buta – Tuli – Bisu yang menginspirasi dunia b. Hari itu. P. Nama Penerbit c. untuk memberikannya seorang guru yang dapat membantunya untuk berkomunikasi. Saat inilah yang paling dinantikan oleh Helen. beliau senang melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perkebunan. Dan ibunya bernama Kate Adams Keller. beliau seorang editor surat kabar mingguan. Tebal Buku : Qanita.1. Helen Keller adalah gadis buta-tuli-bisu pertama yang menyelesaikan pendidikan nya sampai tingkat universitas dan meraih predikat cum laude. Annie adalah lulusan terbaik dari sekolah tersebut dan sebelum bersama Helen. orang tua Helen tak membuang Helen ke panti asuhan seperti yang biasa di lakukan oleh orang tua anak cacat. Helen Keller lahir pada tanggal 27 Juni 1880 di Tuscumbia.1 Identitas Buku. Tahun Tebit d. Sampai suatu hari. Annie Sullivan. orang tua Helen perlu memberinya guru sebagai pengontrol sikap anaknya yang semakin hari semakin liar dan brutal. selain itu mereka juga berfikir bahwa Helen mulai perlu untuk berkomunikasi dengan semua anggota keluarganya. Judul : Helen Keller. Kereta itu berhenti di depan rumah Helen. Nama Pengarang : Yuliani Liputo c.Bab 6 “Helen Keller” 6. Helen berdiri di teras rumah menanti kedatangan seorang perempuan yang akan mengubah hidupnya. a. karena Helen pernah membanting adiknya yang masih berusia beberapa bulan. wanita yang dikirim oleh Institut Perkins sebagai guru Helen Keller. Annie pernah menghabiskan waktunya . dia pun menulis surat kepada sekolah Perkins. sebuah kota kecil di daerah Alabama. dan menurunkan seorang wanita berusia 21 tahun pada tahun 1887. Helen mulai kehilangan indra penglihatan dan pendengarannya saat usia 19 bulan akibat penyakit meningitis. Saat itu. Ayahnya adalah Kapten Arthur Henley Keller.

Pada Mei 1888. Pada masa ini. Tuduhan itu datang laksana awan hitam yang menggelapkan langit masa kecilnya. Helen berusia 12 tahun. Setiap hari sebelum mulai pembelajarannya. Annie membawa Helen ke Institut Perkins untuk tunanetra bersama Alexander Graham Bell. Dia membantu mengedit buku pertama Helen yang berjudul ‘The Story of My Life’. serta perlunya Negara mengadakan pelatihan manual dan pekerjaan untuk orang-orang tuna netra. professor sastra inggris dan retorika di Harvard. disitulah untuk pertama kalinya Annie dan Helen bertarung. Kata itu adalah ‘air’. Helen hidup dalam keraguan. hampir semua orang Amerika dan Eropa sangat ingin mengetahui proses pendidikan yang dienyam oleh Helen. yang terdapat dalam buku dongeng karya Margaret T. Laura Bridgman. Tetapi hal itu memang tak sepenuhnya salah. Sampai kemudian. makin hari Helen semakin bersemangat untuk belajar tentang kata baru. Untuk waktu yang sangat lama. Pada saat itu. orang tua Helen menyaksikan Annie dan Helen bertarung. pendidikan anak-anak tuna netra. Annie mengejakan kata itu. kecemasan. dia merasa Helen dan Annie sengaja mencuri karya cemerlang orang lain. Annie Sullivan. di sebelah pompa air di belakang rumah. Anagnos merasa sangat di permalukan. autobiografi seorang gadis buta berusia dua puluh satu tahun yang diterbitkan pada Maret 1903. Sejak hari itu. terletak di sebelah rumah induk Helen. Canby. dan di saat itulah Helen mulai menulis beberapa kata yang telah ia pelajari. Annie telah menetapkan niat awalnya untuk merebut hati Helen.dengan seorang gadis buta-tuli-bisu dan kehilangan indra perasa dan perabanya. hingga akhirnya Annie membawa Helen jauh untuk sementara waktu dari orang tuanya dan mereka berdua tinggal bersama di kabin kecil. Setelah peristiwa tersebut. Akar dari semua itu adalah cerita pendek berjudul ‘The Forst King’ yang ditulis Helen dan dikirimkannya kepada Anagnos sebagai hadiah ulang tahun pada 4 November 1891. Mereka mengontak Helen untuk memuat kisah hidupnya secara bersambung selama lima bulan. Termasuk dorongan tanpa henti dari gurunya. Helen menjadi mahasiswi buta-tuli pertama yang diterima di Radcliffe College. Annie slalu mengajak Helen keluar rumah untuk menikmati cuaca dan menghirup wangi stroberi. orang tua Helen merasa Annie semakin menjauhkan Helen dari mereka. kini mulai menjelma menjadi seorang gadis belia yang semakin sibuk belajar dan mengenal lingkungan sekitarnya. Dia juga menyadarkan orang-orang tentang tentang derita yang ditanggung oleh seorang tuna netra dewasa. Setelah kunjungannya bersama Annie di sekolah Perkins. Selain menjadi anggota komisi Massachusseets untuk kaum tuna netra. Semakin hari. Dia dan Annie juga Bell diterima di Gedung Putih dan bertemu dengan beberapa tokoh penting masa itu. Pembelajaran pertama yang diberikan Annie adalah tentang tata cara di meja makan. setelah kurang lebih dua tahun di Radcliffe tulisan Helen mulai diperhatikan oleh editor majalah Ladies’ Home Journal. Helen juga menulis banyak artikel tentang pencegahan kebutaan. Setelah menerbitkannya dalam surat kabar untuk para penyandang cacat netra. Anagnos mengetahui bahwa cerita yang di tulis Helen serupa dengan cerita yang berjudul ‘The Forst Fairies’. Pembelaan orang-orang termasuk Graham Bell sangat membuat Helen bahagia. Pada tahun 1900. Hampir setiap hari. dan ketakutan. Helen mulai dikenal oleh public karena masyarakat telah membaca sebuah artikel tentang HELEN KELLER : LAURA BRIDGMAN KEDUA. Helen mulai menulis tentang kehidupannya sendiri. Annie mendorong Helen untuk menyetujui kontrak tersebut. Saat Helen berusia 10 tahun. Helen mempersembahkan buku pertamanya kepada Alexander Graham Bell. Helen yang dulu liar dan tiranik itu. Disitulah Helen mengenal kata pertamanya. Annie mengenalkan seorang editor kepada Helen.Helen mengawali pengabdian seumur hidupnya atas nama kaum tuna netra. Tetapi perselisihan mulai mencuat diantara orang tua Helen dan Annie . karena Helen merasa Annie adalah keajaiban baginya. dia adalah John Albert Macy. Dia menjadi seorang penulis setelah didorong oleh Profesor Copeland. dan hal ini membuatnya semakin bersemangat. Helen semakin menjadi gadis yang berwawasan luas dengan dunianya yang semakin terbuka. Helen tak hentinya diminta menuliskan artikel. yang di tulis oleh Michael Anagnos saat itu Anagnos adalah ketua dari Institut Perkins yang mengirimkan Annie Sullivan kepada keluarga Keller. menghadiri . Helen berjanji untuk menjadi dirinya sendiri. Helen semakin menunjukkan bahwa dirinya pantas di sebut sebagai seseorang yang hebat di tengah keterbatasannya.

Tekhnik yang di berikan oleh Annie untuk Helen ialah tekhnik mengeja alphabet secara manual untuk mengenalkan Helen huruf-huruf alphabet dan untuk mengajari Helen agar bisa membaca sekaligus menulis. Annie mengajari Helen tepat berada di belakang rumah dekat pompa air . Annie mengejakan huruf pembentuk kata air. Helen Keller wafat pada 1 Juni 1968. Joseph. Aniie Sullivan Macy dan Polly Thompson. dan di tangan kanan Helen.1. Ketiak Helen masuk. (Diambil dari halaman 36-37)  Berjalan-jalan di taman.3 Hal-hal yang menarik  Pertarungan antara Helen dan Annie Sullivan. di kapel St. Pada awal 1920-an. Katedral Nasional. Helen berkeyakinan bahwa pada saat kematiannya sendiri nanti. dia akan melihat gurunya. Annie juga memanfaatkan kesempatan itu untuk mengajari Helen beberapa kata baru. Sejak wafatnya Aniie. menarik-narik bajunya hingga sobek.Pertunjukan yang ditampilkan oleh Helen dan Annie meraih kesuksesan. Annie mengguyurkan air. Selain berjalan-jalan. Pada hari itu diadakan kebaktian public untuk mengenangnya di katedral. Seribu dua ratus orang hadir dalam upacara penyimpanan abunya. Helen dan Polly di undang ke Hollywood untuk membuat film tentang kehidupan Helen. satu-satunay manusia yang benar-benar dicintainya. Krena. Pertunjukan itu ditampilkan dalam format Tanya-jawab. hadirin pada acara hari Helen Keller di St. beberapa pecan sebelum ulang tahunnya yang ke-88. yang membuatnya merasa semua kerja kerasnya berlatih berbicara denagn pengucapan yang jelas bertahun-tahun lalu telah menghasilakn buah yang amat sangat manis. mempengaruhi pembuat undang-undang. Dia semakin yakin. Helen di ajak oleh Annie untuk berjalan-jalan di daerah sekitar taman kota. mencakup keluarga dan sahabat-sahabatnya. (Diambil dari halaman 42) . Helen berbicara dalam suaranya yang masih kaku. Abunya disimpan di samping sahabat-sahabat terdekatnya yang tercita.Helen Keller adalah sosok ideal yang terlalu sulit untuk di raih oleh orang-orang yang memiliki keterbatasan seperti dirinay Di dalam dunia impian Helen. Pada tanggal 18 Oktober 1904. Inilah pencapaiannya yang sangat amat membanggakannya. Dan Helen pun sangat menikmtinya. Washington. Kemasyhuran Helen semakin membawa Helen ke Hollywood. Dia berharap apa yang disampaikannya dapat menciptakan ketertarikan yang lebih luas terhadap anak-anak buta-tuli-bisu di kalangan para pendidik yang hadir saat itu. Sambutan itu sangat amat hangat bagi Helen yang akan tampil di hadapan mereka. kesehatan Annie semakin menurun. Ini semua di lakukan Annie agar Helen tahu apa yang ia sedang ia pelajari. atau mengunjungi sekolah-sekolah untuk membangkitkan kesadran public tentang orang tuna netra dan tuna rungu. Annie. 6. kerumunan massa yang tak terkendali mendesak mendekatinya. Pada 1918. mencabut bunga mawar di topinya. (Diambil dari halaman 33)  Tekhnik pembelajaran Helen. Helen slalu memimpikan masyarakat adil dan tercerahkan yang tak pernah perlu memandang istinewa seorang Helen Keller. mereka mengambil kesempatan untuk bergabung dalam sirkuit pertunjukan pentas yang tampil berkeliling ke berbagai kota. tetapi Annie tidak. keterbatasan fisik seseorang tidak menjadi halangan baginya untuk mendapatkan pekerjaan dan pemenuhan pribadi. berbicara di hadapan public akan membuat perjuangannya demi kaum tuna netra akan menjadi lebih efektif. (Diambil dari halaman 31)  Kata pertama Helen. dalam proses pembelajaran untuk Helen . Kata pertama yang di ucapkan dan dapat diketahui oleh Helen ialah ‘air’. Annie membacakan pertanyaanpertanyaan dan Helen akan menjawabnya.pertemuan. Ini semua terjadi di meja makan saat Annie baru saja datang ke rumah Helen. di tangan kiri Helen. Sore itu. Louis menanti kemunculan tamu istimewa di panggung. patah-patah.

hal ini benar-benar memberinya kesenangan yang luar biasa. Helen juga menulis banyak artikel tentang pencegahan kebutaan. lisan.1. (merujuk halaman 10. (Diambil dari halaman 68) • Pembela tuna netra dan tuna rungu. Kaka.000 orang pada 249 pertemuan di 123 kota. Helen telah berpidato dihadapan 250. Dalam periode inilah Helen mengawali pengabdian seumur hidupnya atas nama kaum tuna netra. Annie dan Helen pernah di ajak bermain oleh seoarng sutradara dalam teater kalsik.4 Hal-hal yang perlu diteladani • Kegigihan Annie sebagai guru bagi Helen. Helen mungkin bukan seorang yang sempurna.1. yang membuatnya merasa semua kerja kerasnya menghasilkan buah yang amat manis.6 Refleksi dengan diri sendiri . (Diambil dari halaman 38) • Kepercayaan Mark Twain kepada Helen. Helen masih banyak menghabiskan waktunya untuk mengunjungi beberapa Negara sebagai seorang pembicara publik bersama teman dekatnya yang bernama Polly Thompson. Mark Twain tak pernah menganggap Helen sebagai seorang plagiarisme atau seorang penjiplak karya orang lain setelah menulis buku ‘The Forst King’. memiliki persamaan karena mereka berdua adalah orang yang dapat memberikan inspirasi bagi orang lain. (Diambil dari halaman 77) • Kehabatan Helen Keller. (Diambil dari halaman 90) 6. Dan wajah Helen pun bertambah ekspresif setiap hari. semua bukannya plagiarisme. tapi setiap dia belajar mnengetahui dan mengenal sekaligus mengeja kata baru. tapi mereka tetap berjuang dan tidak mudah putus asa untuk mencapai sesuatu yang mereka impikan. atau pun tulisan. seolah-olah apa yang di ucapkan manusia. Inilah pencapaian yang amat membanggakannya. Perjalanan tua Helen. Annie adalah lulusan terbaik yang pernah melewatkan waktu bersama Laura (gadis ButaTuli-Bisu dan kehilangan indra perasa sekaligus perabanya). Biografi Kaka) 6.1.5 Refleksi dengan tokoh lain  Refleksi dengan seorang pemain sepak bola. (Diambil dari halaman 93)  Teater klasik. Meski dengan adanya kekurangan atau bahkan ketidak sempurnaan yang mereka miliki. (Diambil dari halaman 31-32) • Perjuangan Helen untuk maju. yang ceritanya menggambarkan tentang kisah hidup seorang Helen Keller. Selain menjadi anggota komisi Massachussets untuk kaum tuna netra. (Diambil dari halaman 85) 6. Antara Kaka dan Helen. Sepeninggal Annie Sullivan. Mark Twain menganggap betapa bodohnya tuduhan itu.

Midstream d.Cambridge.14 Februari 1880 d.19 bulan a. Hopkins c.pemain teater d.Antara saya dengan seorang Helen sangatlah jauh berbeda. Siapakah teman yang selalu menemani Helen sepeninggal Annie Sullivan ? 4.The Story of My Life c. Alabama d. Apa judul buku yang pertama di tulis oleh Helen ? 6.Ted Roosevelt d.Oxford University c. Tapi.katarak c.1 tahun b. Dimanakah Helen Keller menerima gelar Diplomanya ? 7.7 Evaluasi 1.Ny.Mark Twain b.pembohong b.Boston a.The Miracle Worker 5.radang selaput otak a.25 Desember 1880 b.sejak lahir c.Nella Brady b. Massachussets c.Radcliffe College.31 Desember 1880 a.Eleanor Roosevel b. Penyakit apa yang menyebabkan Helen kehilangan penglihatan dan penderangannya ? 8.27 Juni 1880 c.The Forst King 2.Cambridge University a.Nella Brady a. 6.Columbia of Perkins School b.San Fransisco b.penulis d.penyanyi a.penulis c. padahal saya memiliki apa yang tidak Helen miliki.plagiarisme/penjiplak c.Tuscumbia. Harvard University d. Siapakah yang menjadi editor tulisan karya Helen ? .John Macy c. Apa saja yang menjadi pekerjaan Helen setelah keluar sekolah Perkins ? 3.demam d. saya adalah gadis yang sangat mudah menyerah dan mudah berputus asa sebelum saya mencapai impian yang saya impikan.ophthalmia neonatorum b. Tuduhan apa yang diberikan kepada Helen pasca menulis ‘The Forst King’ ? 9 Dimanakah Helen tinggal bersama orang tuanya ? 10.Polly Thompson d. Kapan Helan Keller dilahirkan ? a. Kapan Helen mulai kehilangan indra penglihatan dan pendengarannya ? a.koruptor a.1. Karena Helen adalah wanita hebat yang tetap berjuang meraih apa yang menjadi impiannya diantara keterbatasan dan ketidak sempurnaan yang ia miliki.17 bulan d.tidak bekerja b.

a 5.Jawaban Evaluasi 1. Jika ada kekurangpuasan pembaca dalam membaca makalah ini. hal – hal yang perlu diteladani. mohon dimaklumi. b 7. refleksi dengan tokoh lain. b 4. Saran Apa yang sudah kami lakukan mungkin belum mencapai kesempurnaan. . Dan sebagai pendukung dalam pembukuan biografi tokoh idola dan serta hal – hal yang berhubungan dengan perjalanan hidup tokoh idola. a PENUTUP Kesimpulan Penyusun makalah “Biografi Tokoh Idola” yang telah kami rancang semaksimal mungkin dengan menyajikan biografi. Tetapi harapan kami semoga hasil kerja kami dapat dinikmati oleh pembaca. a 6. hal – hal yang menarik. c 2. b 10. Dan kami akan berusaha lebih baik dan lebih baik lagi. synopsis. d 8. a 9. sampai dengan refleksi dengan diri sendiri terhadap tokoh idola merupakan upaya kami untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kurikulum 2006 atau Kompetensi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). a 3.

Jogjakarta. . Garailmu.. 2010. Membaca keajaiban kaka. 2009. PT Mizan Pustaka. Qanita. Irdan.   Liputo. gadis buta – tuli – bisu yang menginspirasi dunia. A. Jogjakarta. Kedahsyatan Lionel Messi. Garailmu.DAFTAR PUSTAKA  Yusrianto.  Hermanto. Bandung. 2009. Yuliani. Wanita pembawa cahaya kisah hellen keller.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful