Tugas Perkembangan Peserta Didik

Tujuan : 1. Mahasiswa memahami dan mendapatkan pengalaman langsung proses pembelajaran di SMP / SMA / Sederajat. 2. Mahasiswa dapat menemukan dan menganalisa masalah-masalah mengenai

perkembangan peserta didik yang ada di lingkungan sekolah (SMP/ SMA/ Sederajat) 3. Mahasiswa dapat menemukan pemecahan/ jalan keluar yang tepat untuk setiap masalah yang ditemukan.

Prosedur : 1. Mahasiswa membuat kelompok dengan anggota maksimal 5 orang dalam 1 kelompok (dalam 1 kelas harus ada 8 kelompok, tidak ada alasan tidak mendapat kelompok karena jumlah mahasiswa dalam satu kelas adalah 40). 2. Mahasiswa menentukan sekolah mana yang akan dituju (SMP / SMA di Salatiga dan sekitarnya). 3. Mahasiswa berkunjung ke sekolah dengan tujuan untuk menanyakan apakah boleh melakukan pengamatan, wawancara, pengambilan gambar, pencatatan, dan pelaporan dengan tujuan memahami dan mendapatkan pengalaman langsung proses pembelajaran dan menemukan masalah-masalah yang berkaitan dengan perkembangan peserta didik di SMP/ SMA yang diinginkan. 4. Mahasiswa juga menanyakan kapan (hari/ tanggal dan jam) dapat melakukan pengamatan, wawancara, pengambilan gambar, pencatatan temuan, dan sebagainya sesuai kebutuhan. 5. Jika sudah mendapatkan ijin dari sekolah yang diinginkan kemudian mendaftarkan dan mengisi form yang sudah disediakan di TU Fakultas untuk meminta Surat Pengantar ke sekolah yang tersebut. 6. Form pengisian : Form pengisian untuk meminta surat pengantar ke sekolah kurang lebih adalah sebagai berikut :

12 . spasi : 1. 8. wawancara atau video serta semua alat/ hal yang yang digunakan selama pengamatan.Nama NIM Sekolah yang dituju Tujuan/ hal Mata kuliah Pengajar Waktu Berisi nama anggota kelompok Berisi NIM anggota kelompok Berisi Penugasan Perkembangan Peserta Didik Berisi nama pengajar secara lengkap Berisi tanggal bulan tahun dan akan nama dan untuk alamat sekolah yang dituju mengetahui masalahmasalah perkembangan peserta didik berlangsung nya pelaksanaan tugas 7. Hasil laporan dipresentasikan di kelas pada pertemuan ke-13 dan 14 Catatan : tugas dikumpulkan paling lambat minggu ke. Pustaka : berisi daftar pustaka yang digunakan 6.5 cm. 7. 2. 9. Mahasiswa melakukan pengamatan di sekolah. right 2. 8. Setelah mendapatkan semua tanda tangan. kemudian mencari tanda tangan sesuai nama yang ada dalam surat pengantar tersebut. Mahasiswa membuat pelaporan hasil pengamatan dengan format penulisan sebagai berikut : 1.5. Isi : berisi pembahasan dan hasil analisa semua hal yang didapatkan selama pengamatan langsung di sekolah 4. margin left. Huruf : Times New Roman. Lampiran : berisi hasil rekaman foto. Hasil rekaman video dan foto dikumpul dalam bentuk cd. Mahasiswa akan dibuatkan Surat pengantar dari TU. kembali ke TU untuk mendapatkan stempel dan amplop surat pengantar. Laporan dikumpul dalam bentuk hardcopy. Pendahuluan : berisi latar belakang dan tujuan pengamatan 3. top 3 cm dan button. font : 12. Penutup : berisi kesimpulan hasil pengamatan dan saran untuk sekolah jika ada 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful