P. 1
Alat Musik Tradisional Di Ntt

Alat Musik Tradisional Di Ntt

|Views: 611|Likes:
Published by Muhammad Riyadi
;';';';';
;';';';';

More info:

Published by: Muhammad Riyadi on Jun 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/13/2014

pdf

text

original

ALAT MUSIK TRADISIONAL DI NTT

1. ROTE  SASANDO Alat Musik Sasando merupakan salah satu instrumen musik yang dimainkan dengan cara dipetik. 2. SABU  KETADU MARA Ketadu Mara merupakan alat musik petik dua dawai.  GONG Gong merupakan salah satu alat musik yang di mainkan dengan cara di pukul. 3. ALOR  MOKO Moko dapat menggantikan fungsi tambur yang terbuat dari kayu dan kulit hewan Alat musik gong dan Moko biasanya dimainkan untuk pengiring tari-tarian. Dalam perspektif orang Alor, gong yang berbentuk plat dalam posisi telungkup adalah lambang kewanitaan. Sedangkan Moko berbentuk bulat dalam posisi berdiri adalah lambang kejantanan.  GONG Gong Yang Berasal Dari Alor Ini, Terbagi Atas Beberapa Kelompok. * Kingkang Yaitu Dua Buah Gong Berukuran Kecil. * Dung-Dung [ Kong-Kong ] Yaitu Dua Buah Gong Berukuran Sedang. * Posa Yaitu Tiga Buah Gong Berukuran Besar. 4. SUMBA  GONG Gong umumnya terbuat dari kuningan atau pelat besi. Ukurannya bermacammacam, ada yang besar (talla pia) ada pula yang kecil (talla ana kouka). Yang kecil biasa digunakan sebagai instrumen pembuka.  TAMBUR tambur ada yang besar, biasanya dibunyikan dengan pemukul dari kayu, dan ada tambur berukuran kecil (katuba) yang dibunyikan dengan tangan.  GOGA AMA goga ama merupakan alat musik sejenis seruling pendek yang digerakkan dengan menggunakan udara dalam mulut.  TALAHE Talahe merupakan alat musik sejenis seruling berlubang satu yang ditiup menggunakan satu lubang hidung sementara lubang hidung yang satu lagi ditutup.

yaitu ndungga roro (terbuat dari tempurung kelapa dan bulu kuda) serta ndungga koba (terbuat dari tempurung kelapa.Tatabuang dibuat dari batangan kayu Sukun yang digantung berbentuk bulat dan hati dari kayu tersebut dikeluarkan. 7. terbagi menjadi dua jenis. NGADA  THOBO Cara Memainkan Alat Musik Tradisional THOBO Ini. berdasakan bahannya. TIMOR  KNOBE OH  HEO Heo merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek. Adalah Dengan Cara Ditumbukan Ke Lantai Atau Tanah. MANGGARAI  MENDUT Mendut merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. . bilah papan dan pintalan benang). yaitu digantung seperti Leto dan yang lain diletakkan di atas pangkuan. 5.  GAMBUS 6. NDUNGGA Ndungga adalah sejenis alat musi gesek yang. 8. FLORES TIMUR  KELOKO  TATABUANG Di Lemonale permainan Tatabuang melalui dua cara.  BIJOL Bijol merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Si : AKUNTANSI UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG 2013 .TUGAS METODE STUDI PEDESAAN O L E H NAMA NIM DPA PROGDI : IMELDA DELVIA DIMA RATU : 11190031 : Dr. HENDRIK NITANIEL M.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->