ALAT MUSIK TRADISIONAL DI NTT

1. ROTE  SASANDO Alat Musik Sasando merupakan salah satu instrumen musik yang dimainkan dengan cara dipetik. 2. SABU  KETADU MARA Ketadu Mara merupakan alat musik petik dua dawai.  GONG Gong merupakan salah satu alat musik yang di mainkan dengan cara di pukul. 3. ALOR  MOKO Moko dapat menggantikan fungsi tambur yang terbuat dari kayu dan kulit hewan Alat musik gong dan Moko biasanya dimainkan untuk pengiring tari-tarian. Dalam perspektif orang Alor, gong yang berbentuk plat dalam posisi telungkup adalah lambang kewanitaan. Sedangkan Moko berbentuk bulat dalam posisi berdiri adalah lambang kejantanan.  GONG Gong Yang Berasal Dari Alor Ini, Terbagi Atas Beberapa Kelompok. * Kingkang Yaitu Dua Buah Gong Berukuran Kecil. * Dung-Dung [ Kong-Kong ] Yaitu Dua Buah Gong Berukuran Sedang. * Posa Yaitu Tiga Buah Gong Berukuran Besar. 4. SUMBA  GONG Gong umumnya terbuat dari kuningan atau pelat besi. Ukurannya bermacammacam, ada yang besar (talla pia) ada pula yang kecil (talla ana kouka). Yang kecil biasa digunakan sebagai instrumen pembuka.  TAMBUR tambur ada yang besar, biasanya dibunyikan dengan pemukul dari kayu, dan ada tambur berukuran kecil (katuba) yang dibunyikan dengan tangan.  GOGA AMA goga ama merupakan alat musik sejenis seruling pendek yang digerakkan dengan menggunakan udara dalam mulut.  TALAHE Talahe merupakan alat musik sejenis seruling berlubang satu yang ditiup menggunakan satu lubang hidung sementara lubang hidung yang satu lagi ditutup.

bilah papan dan pintalan benang). TIMOR  KNOBE OH  HEO Heo merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek.  GAMBUS 6. terbagi menjadi dua jenis. 7.Tatabuang dibuat dari batangan kayu Sukun yang digantung berbentuk bulat dan hati dari kayu tersebut dikeluarkan. berdasakan bahannya. MANGGARAI  MENDUT Mendut merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. 8. yaitu digantung seperti Leto dan yang lain diletakkan di atas pangkuan. NGADA  THOBO Cara Memainkan Alat Musik Tradisional THOBO Ini. NDUNGGA Ndungga adalah sejenis alat musi gesek yang. 5. Adalah Dengan Cara Ditumbukan Ke Lantai Atau Tanah. .  BIJOL Bijol merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. FLORES TIMUR  KELOKO  TATABUANG Di Lemonale permainan Tatabuang melalui dua cara. yaitu ndungga roro (terbuat dari tempurung kelapa dan bulu kuda) serta ndungga koba (terbuat dari tempurung kelapa.

Si : AKUNTANSI UNIVERSITAS KRISTEN ARTHA WACANA KUPANG 2013 . HENDRIK NITANIEL M.TUGAS METODE STUDI PEDESAAN O L E H NAMA NIM DPA PROGDI : IMELDA DELVIA DIMA RATU : 11190031 : Dr.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful