BAB III METODE PEKERJAAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN

3.1 PEKERJAAN PERAWATAN 3.1.1 Pekerjaan Perawatan Rutin Pekerjaan perawatan rutin atau perawatan preventif adalah pekerjaan perawatan yang dilakukan tiap hari, dengan tujuan untuk mencegah kerusakan komponen. 3.1.2 Pekerjaan Perawatan Periodik Pekerjaan perawatan yang diselenggarakan secara periodik (berulang setiap jangka waktu tertentu) dan bertujuan mencegah kerusakan suatu komponen dan menjaganya tetap pada kondisi optimum seperti yang tertera pada standar perormansinya. 3.1.3 Pekerjaan Perawatan Perbaikan Jenis pekerjaan ini dikenal dengan istilah rehabilitasi, yang mana tujuannya ialah memperbaiki komponen bangunan gedung yang telah rusak sebagian dengan maksud menggunakan bangunan sesuai dengan fungsinya. 3.1.4 Pekerjaan Perawatan Penggantian Jenis pekerjaan ini dikenal dengan istilah renovasi, yang tujuannya ialah untuk mengganti komponen bangunan yang telah rusak sebagian dengan maksud agar bangunan tersebut dapat digunakan sesuai dengan fungsi tertentu yang dapat tetap atau berubah. 3.2 PERENCANAAN PEKERJAAN PERAWATAN Untuk merencanakan pekerjaan perawatan, maka harus dibuat program perencanaan yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan perawatan.

7

Analisa Kerusakan Bangunan Gedung Mesin Baru – Perbaikan Gedung I

dengan pendempulan atau diinject dengan semen lalu cat kembali  Lakukan tes pundit untuk mengetahui seberapa dalam retak pada balok. harus dilakukan pengecekan rutin  Cek keadaan air. apakah karena air yang tidak 8 Analisa Kerusakan Bangunan Gedung Mesin Baru – Perbaikan Gedung I . Cat yang menghitam akibat plafon lembab terhadap posisi water tank apakah berada diatas atap lalu apakah bocor. jika tidak menggangu 3. Mekanikal dan Elektrikal Sanitary dan Plumbing 1. struktur secara kekuatan maka perbaikan dilakukan dengan menginject keretakan dengan semen lalu cat ulang. Elemen balok mengalami keretakan. Dinding retak hampir disetiap lantai. Ada beberapa lampu neon yang tidak menyala 1. Toilet lantai 1 tidak bisa dipakai  Ganti dengan yang baru.Berikut adalah tabel perencanaan hasil inspeksi pada bangunan : KOMPONEN GEDUNG HASIL INSPEKSI KETERANGAN  Lakukan pengecekan terhadap atap apakah bocor atau tidak.  Lakukan perbaikan Sipil dan Arsitektur 2. Jika sudah diketahui maka lakukan perbaikan lalu cat ulang plafon. lakukan pengecekan juga 1.

Serta lakukan perawatan dan pemeliharaan rutin terhadap taman. dengan langkah membersihkan cat yang lama lalu cat dengan yang 1.mengalir ke latai 1. Tabel 3. lalu 2. Pagar besi yang agak berkarat baru. jika kerusakan dari alat saniter maka perbaiki jika tidak bisa maka harus diganti. serta banyak tumbuhan yang mati lakukan penanaman tumbuh-tumbuhan yang baru.  Lahan dibersihkan terlebih dahulu.1 Metode Perencanaan Hasil Inspeksi 9 Analisa Kerusakan Bangunan Gedung Mesin Baru – Perbaikan Gedung I . Harus dilakukan pemeliharaan terhadap pagar agar tidak mudah berkarat dan Outdor bengkok/rusak. Taman yang kurang dengan tumbuhan.  Cat ulang.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.