P. 1
Liabilitas Dan Ekuitas dalam Laporan Keuangan

Liabilitas Dan Ekuitas dalam Laporan Keuangan

|Views: 106|Likes:
Published by fitradevy
Makalah Liabilitas dan ekuitas PPAk Universitas Brawijaya
Makalah Liabilitas dan ekuitas PPAk Universitas Brawijaya

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: fitradevy on Jun 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/12/2013

pdf

text

original

Liabilitas dan Ekuitas

Fitra Devy Dwi A Melliana Oktavia

. penyelesaiannya diharapkan mengakibatkan arus keluar dari sumber daya perusahaan yang mengandung manfaat ekonomi.PENGERTIAN LIABILITAS • KDPPLK paragraf 49 ayat b menyatakan liabilitas merupakan utang perusahaan masa kini yang timbul dari peristiwa masa lalu.

21 Paragraf 2 menyatakan bahwa ekuitas merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara aktiva dan liabilitas yang ada.PENGERTIAN EKUITAS • PSAK No. dan dengan demikian tidak merupakan ukuran nilai jual perusahaan tersebut .

Liabilitas diestimasi 3.Penggolongan Liabilitas 1. Berdasarkan Jangka Waktu Pelunasan a) Liabilitas jangka pendek b) Liabilitas jangka panjang 2. Liabilitas kontigensi .

Akuntansi Kompensasi Berbasis Saham . Bentuk organisasi bisnis a) Perorangan b) Perseroan c) Persekutuan d) Koperasi 2. Bentuk Hukum a) BUMN b) Swasta c) Koperasi d) PT 3.Penggolongan Ekuitas 1.

PENGAKUAN PENGUKURAN LIABILITAS Pengakuan Liabilitas berdasarkan KDPPLK paragraf 91 yaitu liabilitas diakui dalam neraca kalau besar kemungkinan bahwa pengeluaran sumber daya yang mengandung manfaat ekonomi akan dilakukan untuk menyelesaikan liabilitas saat ini dan jumlah yang harus diselesaikan dapat diukur dengan andal .

Biaya kini 3. Biaya historis 2. .PENGAKUAN PENGUKURAN LIABILITAS Berdasarkan KDPPLK paragraf 100 1. Nilai realisasi / penyelesaian (realizable/settlement value).

menggunakan nilai wajar aktiva bukan kas yang diserahkan. d) Nilai wajar aktiva bukan kas yang diterima. sesuai transaksi nyata. . Sedangkan untuk penambahan modal disetor dicatat berdasarkan : a) Jumlah uang yang diterima b) Setoran saham dalam bentuk uang. c) Besarnya tagihan yang timbul atau hutang yang dikonversi menjadi modal. dasar pengukuran yang lazim digunakan perusahaan dalam penyusunan laporan keuangan adalah biaya historis. e) Setoran saham dalam bentuk barang (inbreng).PENGAKUAN PENGUKURAN EKUITAS • Berdasarkan KDPPLK paragraf 101.

PENYAJIAN PENGUNGKAPAN LIABILITAS DAN EKUITAS • Panduan Implementasi dari PSAK 1 • Aset Aset Lancar Aset Tidak Lancar • Liabilitas Liabilitas Jangka Pendek Liabilitas Jangka Panjang • Ekuitas Kepentingan Non-Pengendali Ekuitas yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->