FOTOSINTESIS (Reaksi Gelap

)

Fotosintesis hanya berlangsung pada sel yang memiliki pigmen fotosintetik. . Pada tahun 1862 seorang ahli botani jerman. Membrane tersebut membentuk suatu system membrane tilakoid yang berupa kantung. Kantungkantung tersebut dapat berlapis-lapis membentuk grana. Sedangkan proses pembentukan glukosa sebagai hasil akhir proses fotosintesis terjadi di dalam stroma (reaksi gelap). Masing-masing kloroplas terdiri atas setumpuk piringan bulat kecil yang disebut tilakoid. kloroplas terdiri atas membrane ganda yang melingkupi ruang yang berisi cairan (stroma). Klorofil terdapat pada membrane tilakoid sehingga proses pengubahan energy cahaya menjadi energy kimia berlangsung di dalam tilakoid (reaksi terang). Dilihat dari strukturnya.Fotosintesis atau asimilasi karbon merupakan proses konversi energy cahaya menjadi energy kimia. Organel ini kita kenal sebagai kloroplas. Julius von Sachs menemukan organel berbentuk seperti kacang hijau dalam daun.

.

.

. 2. yakni reaksi terang dan reaksi gelap. 1. Reaksi terang reaksi dimana terjadi konversi energy cahaya menjadi energy kimia dan menghasilkan oksigen. Reaksi gelap reaksi pembentukan gula dari bahan CO2 dan energy.Dalam fotosintesis terdapat dua tahap.

Dalam siklus calvin terjadi pembentukan gula dari bahan dasar CO2 dan energy. tetapi bergantung pada suhu. Reduksi Regenerasi . NADPH2 akan bereaksi dengan CO2 dalam bentuk H+ dan CH2O. Fiksasi 2. Energi berupa ATP dan NADPH2 yang digunakan dalam siklus.REAKSI GELAP Reaksi gelap atau siklus calvin terjadi pada permukaan membrane tilakoid di dalam stroma. diperoleh dari reaksi terang. 3. Reaksi gelap tidak bergantung pada cahaya. Reaksi gelap dibagi menjadi 3 tahap yaitu: 1.

Hasil reaksi ini ialah senyawa 6 karbon yang pecah menjadi 2 molekul asam 3-fosfogliserat (APG) untuk setiap CO2.Fiksasi Reaksi pengikatan atau fiksasi merupakan tahap pengikatan CO2 oleh senyawa beratom 5 karbon. dan dikatalis oleh enzim RuBP karbosilase atau rubisko. . RuBP (Ribulosa Bisfosfat).

3-bisfosfogliserat menjadi G3P (gliseraldehida-3-fosfat). .Reduksi Setiap molekul 3-fosfogliserat menerima gugus fosfat baru dari ATP membentuk 1. G3P merupakan senyawa 3 karbon yang dapat digunakan untuk membentuk karbohidrat. sepasang electron yang disumbangkan dari NADPH mereduksi 1.3-bisfosfogliserat sebagai hasil. 2 G3P dapat digunakan untuk membentuk 1 molekul glukosa sedangkan sisa molekul G3P akan melakukan proses regenerasi. Selanjutnya.

Regenerasi 1 karbon G3P disusun ulang menjadi 3 molekul RuBP. Untuk menyelesaikan siklus ini. dan siklusnya berlanjut. . RuBP sekarang siap untuk menerima CO2 kembali. siklus menghabiskan tiga molekul ATP.

.

termasuk glukosa dan senyawa organik lainnya. siklus calvin ini secara keseluruhan mengonsumsi sembilan molekul ATP dan enam molekul NADPH. .Untuk selisih sintesis satu molekul G3P. Reaksi terang saja atau reaksi gelap saja tidak dapat menghasilkan glukosa. G3P yang tersingkir dari siklus Calvin menjadi materi awal untuk jalur metabolisme yang mensintesis senyawa organic lainnya. Glukosa dapat dihasilkan oleh keseluruhan proses fotosintesis yang merupakan gabungan antara reaksi terang dan reaksi gelap.

umpteen grazas .