TUGAS PANCASILA DAN PPKN

Nama :

Ideology : Ideology berasal dari bahasa Yunani dan merupakan gabungan dari dua kata yaitu edios yang artinya gagasan atau konsep dan logos yang berarti ilmu. Pengertian ideology secara umum adalah sekumpulan ide, gagasan, keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Dalam arti luas, ideology adalah pedoman normative yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita, nila dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi. Orsospol : Organisasi sosial politik merupakan salah satu wujud dalam mengimplementasikan kemerdekaan berserikat dan berkumpul yang merupakan hak warga negara. Selanjutnya, orsospol pun merupakan salah satu wadah untuk mendidik kesadaran politik warga negara dan juga merupakan wadah penyalur aspirasi politik masyarakat yang sangat diperlukan keberadaannya. yuridis : filosofi dasar yg bersumber dari peraturan perundangag (formal dan material) sebagai landasan akhir suatu tindakan/kebijakan/keputusan,

filosofis : Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Interpretasi : Interpretasi atau penafsiran adalah proses komunikasi melalui lisan atau gerakan antara dua atau lebih pembicara yang tak dapat menggunakan simbol1

objek tersebut tidak akan mengundang suatu interpretasi. Ilmu mengenai batasan atau definisi istilah kosmologi ilmu (cabang astronomi yg menyelidiki asal-usul. ujaran. struktur. 2 . Epistomologi : Epistemologi mengkaji tentang hakikat dan wilayah pengetahuan ( episteme secara harafiah berarti “pengetahuan”). serta kebenaran suatu pengetahuan. keberadaan atau eksistensi dan disamakan artinya dengan metafisika. Jika suatu objek (karya seni. baik secara simultan (dikenal sebagai interpretasi simultan) atau berurutan (dikenal sebagai interpretasi berurutan). Ontologism : Ontologi.simbol yang sama. interpretasi hanya digunakan sebagai suatu metode jika dibutuhkan. Antropologi lahir atau muncul berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik. sumber. Menurut definisi. Etimologis : Etimologi adalah cabang ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata. budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Istilah interpretasi sendiri dapat merujuk pada proses penafsiran yang sedang berlangsung atau hasilnya. Terminologi : Peristilahan. menurut Aristoteles adalah ilmu yang meyelidiki hakikat sesuatu atau tentang ada. adat istiadat. dan hubungan ruang waktu dr alam semesta. Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas. Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. dll) cukup jelas maknanya.

Aksiologi berasal dari kata Yunani: axion (nilai) dan logos (teori).monopluralis : kodrat manusia yaitu rokhani (jiwa) dan raga. bersenang-senang. dan kedudukan kodrat manusia sebagai makhluk pribadi berdiri sendiri dan sebagai makhluk TuhanYME. sehingga mereka merasa ingin menikmati hidup senikmat-nikmatnya. entah itu menyenangkan bagi orang lain atau tidak. siologi merupakan cabang filsafat ilmu yang mempertanyakan bagaimana manusia menggunakan ilmunya. Patron 3 . di dalam lingkungan penganut paham ini." 24. hidup dijalanani dengan sebebas-bebasnya demi memenuhi hawa nafsu yang tanpa batas. sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Karena mereka beranggapan hidup ini hanya 1x. puaskanlah nafsumu. dan pelesiran merupakan tujuan utama hidup. yang berarti teori tentang nilai 23. karena besok engkau akan mati. Dari golongan penganut paham ini lah muncul nudisme (gaya hidup bertelanjang). pesta-pora. Hedonis Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan materi adalah tujuan utama hidup. Pandangan mereka terangkum dalam pandangan Epikuris yang menyatakan. Bagi para penganut paham ini."Bergembiralah engkau hari ini.

atau bermacam-macam faham. Metode berarti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan 26.id) dan isme(faham. ilmu ini berhubungan dengan asal mula dan evolusi dari suatu subjek. Pluralisme Secara bahasa Pluralisme (pluralism. terdiri dari dua kata plural (beragam. Secara khusus.ing) diserap dari bahasa inggris.Istilah ‘patron’ berasal dari ungkapan bahasa Spanyol yang secara etimologis berarti ‘seseorang yang memiliki kekuasaan (power). kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu “metha” yang berarti melalui atau melewati dan “hodos” yang berarti jalan atau cara. Metodologi berasal dari bahasa Yunani “metodos”. pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan 4 . wewenang dan pengaruh’ . Dalam pandangan tentang hubungan antara jiwa dan raga. yang berarti beragam pemahaman. Dualisme adalah konsep filsafat yang menyatakan ada dua substansi. dualisme mengklaim bahwa fenomena mental adalah entitas non-fisik 28. id. status. Kosmologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan sejarah alam semesta berskala besar. 27. 25. Dalam ilmu sosial.

Kata ini berasal dari akar yang sama dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka". Etika (Yunani Kuno: "ethikos". 2. Ius soli atau jus soli (bahasa Latin untuk "hak untuk wilayah") adalah hak mendapatkan kewarganegaraan yang dapat diperoleh bagi individu berdasarkan tempat lahir di wilayah dari suatu negara. 5 . berarti 'untuk menemukan'. Teokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana agama atau iman memegang peran utama. Dia berlawanan dengan jus sanguinis (hak untuk darah).toleransi satu sama lain. Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan dari penemuan. 30. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi 29. berarti "timbul dari kebiasaan") adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral TUGAS PANCASILA DAN PPKN MENGARTIKAN ISTILAH – ISTILAH TULISAN DALAM MODUL PANCASILA DAN PPKN Nama : Luki Wahyudi NIM PPKN : 11200035 1.

dan ikatan tanah air 7. Homo homini Lupus atau dapat kita artikan sebagai manusia yang satu merupakan serigala bagi manusia lainya. Dan sebuah koreksi terhadap paham kapitalisme di awal abad ke-19. Apatride . Sosiologis : ikatan emosional. dalam suasana yang menganggap bahwa kaum buruh dan pekerja tani hanyalah bagian dari produksi dan yang lebih mementingkan kesejahteraan ekonomi. Revolusi : adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat 9. tanpa kewarganegaraan. seperti ikatan perasaan. yang merupakan timbulnya apabila menurut peraturan dari tiap negara yang terkait 6. ikatan sejarah. 4. Bipatride adalah dwi kewarganegaraan.3. Komunis : adalah sebuah ideologi. Multipatride. yang merupakan timbulnya apbila menurut peraturan dari dua Negara terkait seorang dianggap sebagai warga Negara kedua Negara. tidak memiliki kewarganegaraan. ikatan keturunan. 6 . ikatan nasib. sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik. 8. 5. Memiliki lebih dari 2 kewarganegaraan. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels.

Asal kata (disebut fief atau. kuasa. Otoritarisme : berasal dari bahasa Inggris. gagasan. baik secara perorangan maupun kelompok. yang meliputi cara hidup dan bertindak. baik secara langsung (demokrasi langsung) atau melalui perwakilan (demokrasi perwakilan). 11. Kata ini berarti pengaruh.10.Istilah ini berasal dari bahasa Yunani (dēmokratía) "kekuasaan rakyat". dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama. yang sebetulnya merupakan turunan dari kata Latin auctoritas. kekuasaan dan kewibawaan. otoritas Oleh otoritas itu. pemikiran. 14. dalam bahasa Latin. dan perilaku orang. Liberalisme : Adalah sebuah ideologi. (kata 'pragmatisme' berasal dari kata bahasa Yunani pragmatikos yang berarti cakap dan berpengalaman dalam urusan hukum. Kata authoritarian sendiri berasal dari bahasa Inggris authority. Peodalisme : adalah struktur pendelegasian kekuasaan sosiopolitik yang dijalankan kalangan bangsawan/monarki untuk mengendalikan berbagai wilayah yang diklaimnya melalui kerja sama dengan pemimpin-pemimpin lokal sebagai mitra. yang dibentuk dari kata (dêmos) "rakyat" dan (Kratos) "kekuasaan". dan perkara negara) 13. 7 . authoritarian. Demokrasi : adalah suatu bentuk pemerintahan politik yang kekuasaan pemerintahannya berasal dari rakyat. Pragmatisme : adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa yang benar adalah segala sesuatu yang membuktikan dirinya sebagai benar dengan melihat kepada akibat-akibat atau hasilnya yang bermanfaat secara praktis. bukan kebenaran objektif dari pengetahuan yang penting melainkan bagaimana kegunaan praktis dari pengetahuan kepada individuindividu. wibawa. orang dapat memengaruhi pendapat. 12. dagang. [1] Dengan demikian. Otoritarianisme adalah paham atau pendirian yang berpegang pada otoritas. feodum) yang ditunjuk oleh monarki (biasanya raja atau lord). pandangan filsafat.

Nasionalisme : adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris "nation") dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. 20. Republik : Pengertian dasar. Politik : adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan. 16. sebuah republik adalah sebuah negara di mana tampuk pemerintahan akhirnya bercabang dari rakyat. khususnya dalam negara (seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. atau "urusan awam". Presiden : (Latin: prae-sebelum dan sedere-menduduki) adalah suatu nama jabatan yang digunakan untuk pimpinan suatu organisasi. yang berarti "keponakan" atau "cucu". bukan dari prinsip keturunan bangsawan. administrasi publik ini umumnya tidak jauh dari praktikpraktik kronisme. nepotisme dan makelarisme. Nepotisme : Kata nepotisme berasal dari kata Latin nepos.15. perguruan tinggi. Istilah ini berasal dari bahasa Latin res publica. 17. atau negara. perusahaan. 18. Kleptokrasi : (berasal dari bahasa Yunani: klepto+kratein yang berarti "diperintah oleh para maling") adalah istilah yang mengacu kepada sebuah bentuk administrasi publik yang menggunakan uang yang berasal dari publik untuk memperkaya diri sendiri (yang umum disebut sebagai penguasa dan antek-anteknya). 19. 8 . yanng artinya kerajaan dimilik serta dikawal oleh rakyat.

Psikologi : adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. dan archein yang berarti pemerintah. Monarki merupakan sejenis pemerintahan yang dipimpin oleh seorang penguasa monarki. atau militer.21. baik dibedakan menurut kekayaan. 9 . keluarga. Menurut asalnya katanya. Monarki : berasal dari bahasa Yunani monos yang berarti satu. psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: (Psychē yang berarti jiwa) dan (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis. Organisasi : (Yunani: organon . 24. 23. Kata ini berasal dari kata bahasa Yunani untuk "sedikit" dan "Pememerintah".alat) adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Oligarki : (Bahasa Yunani: Oligarkhía) adalah bentuk pemerintahan yang kekuasaan politiknya secara efektif dipegang oleh kelompok elit kecil dari masyarakat. 22. Monarki atau sistem pemerintahan kerajaan.