P. 1
diferensial

diferensial

4.0

|Views: 95|Likes:
Published by niroel
aa
aa

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: niroel on Jun 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2014

pdf

text

original

PERSAMANAN DIFFERENSIAL LINIER ORDE 2 TAK HOMOGEN DAN KOEFISIEN TETAP.

Disusun Oleh:

Nama

: 1.Fazriani Sihotang 2.Nasrul Salim 3.Sri Wahyuni

Kelompok Semester Prodi

: V (Lima) : IV (Empat) :Pendidikan Fisika

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN TAHUN AJARAN 2012-2013

Wb Penulis Padang sidimpuan .Wb Puji Syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang masih memberi kita nikmat Nya.kami dari kelompok pemakalah memohon saran dan kritiknya untuk membangun makalah yang lebih baik lagi.linier tak homogen dankoefisien tetap.Sehinnga pemakalah dapat menyelesaikan tugas kelompok yang berjudul “PERSAMAAN DIFFERENSIAL LINIER ORDE 2 TAK HOMOGEN DAN KOEFISIEN TETAP”.Mudah-mudahan apa yang kita baca dalam makalah ini berguna bagi kita semua. Wassalamu’alaiku Wr. Dalam makalah masih banyak kekurangan baik dari materi maupun penyampaian. Didalam Makalh ini banyak terdapat bentuk umum persamaan linier orde 2 . 2013 i .KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr.kriteria.

2 B.12 Bentuk Umum PD denan Koefisien Tetap…………………………………2 2..Kesimpulan…………………………………………………………………….2 A.Persamaan Differensial Linier………………………………………………….13 Bentuk Umum PD dengan Non Homogen…………………………………2 D.i DAFTAR ISI………………………………………………………………………ii BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………….1 BAB II PEMBAHASAN………………………………………………………….2 2.11 Bentuk Umum PD dengan Koefisien Tetap……………………………….6 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………..DAFTAR ISI KATA PENGANTAR……………………………………………………………..6 ii .Persamaan Differensial Linnier Orde II tak Homogen dan Koefisien Tetap……2 2.4 BAB III PENUTUP A.Kriteria Persamaan Differensial…………………………………………………2 C.Contoh Penyelesaian PD Orde II dengan Linier Non Homogen dan Koefisien Tetap………………………………………………………………………………..

dalam makalah ini akan dijelaskan tentang penyelesaian persamaan diferensial linier non homogen dengan metode variasi parameter. Dalam makalah ini akan dijelaskan tentang persamaan diferensial biasa. persamaan differensial adalah persamaan yang didalamnya terdapat turunan-turunan. Untuk menyelesaikannya masalah tersebut kita perlu menyelesaikan pula persamaan diferensialnya sesuai dengan masalah yang diberikan. 1 . banyak masalah yang dapat dimodelkan dan dapat diselesaikan dalam bentuk persamaan diferensial. p16). Suatu persamaan differensial disebut persamaan differensial biasa. metode koefisien tak tentu dan metode variasi parameter. Tentunya tak hanya itu saja. misalnya linier tak linier dan homogen non homogen. 20050. Pada umumnya persamaan diferensial terbagi menjadi dua. Secara matematis. Secara fisis. lebih khususnya persamaan diferensial linier non homogen. persamaan differensial adalah persamaan yang menyatakan hubungan antara turunan (derivative) dari satu variabel tak bebas terhadap satu/lebih variabel bebas. jika semua turunannya berkaitan dengan satu peubah saja. Persamaan differensial adalah persamaan matematika untuk suatu fungsi tak diketahui dari satu atau beberapa peubah yang menghubungkan nilai dari fungsi tersebut dengan turunannya sendiri pada berbagai derajat turunan (Ledder.BAB I PENDAHULUAN Dalam kehidupan sehari – hari. jika turunannya berkaitan dengan dua atau lebih peubah. Persamaan diferensial linier tak homogen dapat diselesaikan dengan beberapa cara . persamaan diferensial masih terbagi menjadi beberapa bagian. dan disebut persamaan differensial parsial. yaitu persamaan diferensial biasa dan persamaan diferensial parsial.

maka persamaan tersebut disebut persamaan diferensial non homogen.BAB II PEMBAHASAN A. Bila f(x) = 0 maka a y"+b y '+ c y = 0 disebut PD linear order dua homogen. b dan c konstanta. 3. Tidak terdapat fungsi transeden (Trigonometri.logaritma. C. Tidak terdapat perkalian antara peubah tak bebas (y) dengan turunannya.dan eksponen ) dalam peubah tak bebas. sedang bila f(x) ≠ 0 maka disebut PD linear order dua tak homogen.PERSAMAAN DIFFERENSIAL LINIER 2.11 Bentuk Umum Persamaan Differensial Linier Persamaan yang mengandung turunan fungsi tingkat satu yaitu turunan dengan satu peubah bebas.13 Bentuk Umum PD linear Orde Dua Dengan Non Homogen d³y/dx³+x² d²y/dx²+x³ dy/dx=xᵡe^x Bentuk Umum Persamaan Diferensial Non Homogen Jika diketahui ada persamaan diferensial yang F(x) ≠ 0. . 2.Kriteria Persamaan Differensial Linier 1.12 Bentuk umum PD linear order dua dengan koefisien konstan adalah : a y "+b y '+ c y = f (x) dengan a. B. Peubah tak bebas (y) dan turunannya paling tinggi berpangkat Satu.PERSAMAAN DIFFERENSIAL LINIER ORDE DUA TAK HOMOGEN DAN KOEFISIEN TETAP 2. 2.

b. dan c. yang berbentuk dapat ditentukan sebagai jumlahan dari penyelesaian umum persamaan differensial linier homogen yang bersesuaian: dengan penyelesaian khusus dari persamaan differensial linier tak homogen. maka persamaan differensial yang bersangkutan dinamakan persamaan differensial linier takhomogen. atau jika fungsi u(t) = 0 merupakan penyelesaian dari persamaan di atas.2 Persamaan differensial linier orde pertama dan orde kedua masing-masing dapat dinyatakan dalam bentuk dan Jika f(t) bernilai 0. Jika tidak demikian. maka penyelesaian umum dari sebuah persamaan differensial linier tak homogen dapat dirumuskan sebagai berikut y(x) = y1(x) + y2(x) . Persamaan differensial linier tak-homogen dengan koefisien konstan a. maka persamaan tersebut adalah persamaan differensial homogen. dan Bentuk penyelesaian umum dari persamaan differensial linier tak-homogen sangat ditentukan oleh bentuk fungsi f(t) pada persamaan di atas. Jika penyelesaian khusus untuk persamaan differensial linier tak-homogen dinyatakan sebagai y1(x) dan penyelesaian umum persamaan differensial linier homogen (penyelesaian komplementer) dinyatakan sebagai y2(x).

harus pula diketahui penyelesaian umum dari persamaan differensial linier homogen (persamaan komplementer) yang berbentuk: Penyelesaian umum dari persamaan ini adalah Jika fungsi y(x) dan turunan-turunannya disubtitusi ke dalam persamaan differensial homogen.CONTOH PENYELESAIAN PD LINIER ORDE II TAK HOMOGEN DAN KOEFISIEN TETAP Contoh: Carilah penyelesaian dari persamaan differensial tak-homogen berikut ini: Penyelesaian: Bentuk persamaan differensial tersebut di atas adalah persamaan differensial linier tak-homogen.3 D. Untuk mencari penyelesaian persaaman differensial linier tak-homogen tersebut. diperoleh .

4 Persamaan differensial linier tak-homogen Memiliki penyelesaian Setelah disubtitusi ke dalam persamaan di atas. didapatkan penyelesaian khusus untuk persamaannya adalah Dan penyelesaian umum yang dicari adalah .

files.id http://fendi-fkmt.5 BAB III PENUTUP A.slideshare.Kesimpulan Persamaan Differensial non homogen Bentuk umum: y″ + p(x)y′ + g(x)y = r(x) dengan r(x) ≠ 0 Solusi total : y = yh + yp Dimana yh = solusi P D homogen yp = solusi P D non homogen Menentukan yp 1.com/ http://ebookbrowse. Metode koefisien tak tentu 2.google.com http://file.net/ http://blog.ac.uny.student.geocities.ws/ http://uuniquee.edu http://www.blogspot.com/ http://www. DAFTAR PUSTAKA http://www.com .upi.wordpress.

6 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->