KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan dan rahmat-Nya, sehingga modul ini dapat terwujud. Modul ini disusun berdasarkan materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMK yang meliputi materi pokok untuk semester gasal Tataran Madya, yaitu meliputi : Menyimak dan Membaca. Harapan kami semoga modul ini bermanfaat untuk anak didik dan digunakan sebagai bahan acuan untuk mengajar.

Sampit,…….Juli 2012

alat perhubungan dalam keluarga dan masyarakat daerah 4.sebagai bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan 4.sebagai alat perhubungan antarbangsa 2. bahasa daerah memiliki fungsi sebagai berikut: 1. bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut: 1.sebagai pendukung sastra Indonesia 8.sebagai lambang identitas nasional 3.Ringkasan Materi Dalam kedudukannya sebagai bahasa persatuan.sebagai alat pemersatu berbagai kelompok etnik yang berbeda latar belakang social.sarana pendukung budaya daerah dan bahasa Indonesia 5.sebagai lambang kebanggaan nasional 2. Bahasa Daerah dan Bahasa Asing. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. a.sebagai bahasa media massa 7. bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai berikut : 1.sebagai bahasa pengantar pada tingkat permulaan Sekolah Dasar di daerah tertentu untuk memperlancar pengajaran bahasa Indonesia 3.sebagai bahasa resmi kenegaraan 2.sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan 3.sebagai lambang kebanggaan daerah 2.sebagai sumber pengembangan bahasa Indonesis .budaya maupun bahasanya Dalam kedudukannya sebagai bahasa Negara.sebagai bahasa resmi untuk pengembangan kebudayaan nasional 5.sumber kebahasaan untuk memperkaya bahasa Indonesia 4.sebagai sarana pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk pembangunan nasional 3.sebagai pelengkap bahasa Indonesia dalam penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat daerah Bahasa yang berkedudukan sebagai bahasa asing memiliki fungsi sebagai berikut: 1.sebagai sarana pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi modern 6.MENYIMAK 1 Menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah A.pendukung sastra daerah dan sastra Indonesia Dalam hubungannya dengan bahasa Indonesia.sebagai pemerkaya bahasa daerah Bahasa-bahasa yang berkedudukan sebagai bahasa daerah memiliki fungsi sebagai berikut: 1.sebagai pendukung bahasa Indonesia 2.sebagai lambang identitas daerah 3.

4.Penyajian informasi verbal yang menggunakan kalimat – kalimat informative dianggap lebih mudah dimengerti banyak . Buatlah masing – masing 2 kalimat urutan waktu/kronologis Informasi verbal dan non verbal Cara mengungkapkan informasi dapat dilakukan dengan verbal dan non verbal.Urutan waktu/kronologis.inferensi atau simpulan yang masuk akal. konstruksi rangka atap baja jauh lebih aman daripada rangka beton bertulang.Lagi pula waktu yang tersedia amat sempit 2.Logika atau penalaran merupakan proses berpikir yang yang berusaha menghubungkan evidensi-evidensi menuju suatu rangkaian. Cara verbal meliputi informasi lisan dan tulis. 6. 7.Ringkasan Materi Baik tidaknya suatu ekspresi bahasa (kalimat. apalagi berdiri.Pemilihan.Penguatan. misal : -Untuk daerah rawan gempa.Ia duduk pun tidak dapat. Buatlah masing – masing 2 kalimat pemilihan ! 3. misal : -Pasien itu luka parah. paragraf. misal : -Kamu mau bernyanyi atau mau bermain ? 4.Penggabungan. Macam-macam hubungan-hubungan logis antarevidensi itu antara lain: 1.Waktu. missal -Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga sebesar 50 poin. tapi konstruksinya kurang kuat.Pertentangan. BAHASA DAN LOGIKA DALAM KOMUNIKASI a. grafik. misal : -Rumah itu bagus.Bulan depan Bank Indonesia berencana menurunkan suku bunga sebesar 50 poin lagi 3.Perbandingan.Cara non verbal biasanya ditampilkan dalam bentuk bagan. tabel. misal : -Beberapa minggu setelah terjadi gempa. diagram.sebagai bahasa keagamaan dan budaya 5.sebagai sumber pemerkaya perbendaharaan kata bahasa Indonesia B. misal : Tenaga kami terbatas. 5. Latihan 1 1. bahan bangunan laris sekali. wacana) terletak pada logika I pula atau penalarannya. Buatlah masing – masing 2 kalimat pertentangan ! 2. denah atau matrik.

hutan di tebangi. Ringkasan materi 1. b. Bagaimana tidak.orang. banyak sampah menutupi saluran air.Silogisme Silogisme di mulai dengan menggunakan pernyataan umum (premis umum / mayor). C. Contoh : Besi adalah jenis logam. Bantaran sungai di bangun rumah. Contoh : Binatang menyususi berkembang biak dengan cara beranak (premis umum). Induktif Berfikir induktif dimulai dengan menemukakan peristiwa – peristiwa khusus menuju kepeda kesimpulan umum.Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ikan paus juga berkembang biak dengan cara melahirkan anak.Generalisasi Generalisasi penyajian fakta – fakta / gejala – gejala / kejadian – kejadian yang bersifat khusus untuk mengambil kesimpulan umum. demikian seterusnya. Sebab – Akibat – akibat Contoh : Suku bunga Bank Central AS naik. Sebab-sebab.tabel. PENALARAN DALAM PENGAMBILAN SIMPULAN a. a. dan matrik terkadang lebih menarik dan efektif. c. Analogi :Pengambilan kesimpulandengan asumsi bahwa jika dua hal memiliki beberapa kesamaan. denah.Akibat : penyajian sejumlah sebab menuju simpulan yang berupa akibat. maka dalam aspek lain pun memiliki kesamaan. tetapi penggunaan bagan. Akibat – Sebab – sebab Contoh : Di mana – mana banjir. Dolar yang beredar di pasar akan terserap ke Bank Rupiah mengalami tekanan. 2. jika dipanaskan memuai. grafik. akibat ini menimbulkan akibat selanjutnya. Kesimpulan : Semua jenis logam jika dipanaskan memuai. c. jika dipanaskan memuai. Ikan paus adalah binatang menyusui (premis khusus). Tembaga adalah jenis logam. Sebab-akibat berantai: sebab menimbulkan akibat. diagram. Akibat-akibat. b.sebab : penyajian sejumlah akibat menuju simpulan yang berupa sebab. e. d. di ikuti pernyataan khusus (premis khusus / minor lalu menarik kesimpulan terhadap yang khusus tadi. Deduktif Berfikir deduktif bertolak dari suatu pernyataan umum menuju ke hal – hal yang bersifat khusus. . a.

Premis umum : Pemimpin yang jujur tidak melakukan korupsi Premis khusus : Pak Isa pemimpin yang jujur Kesimpulan : ………… 2. Ali seorang pegawai yang baik. 3. pemerintah harus mensubsidi BBM untuk kebutuhan dalam negeri. Rumah dijual.Mobilnya dijual.KALIMAT PERINTAH 1. induktif atau campuran.3. BAIK YANG DIUNGKAPKAN MAUPUN YANG TIDAK A. Latihan 1 Tentukanlah apakah kalimat-kalimat berikut menggunakan pola berpikir deduktif. Hobinya bermain judi telah membuatnya habis-habisan. Perusahaannya pun dijual. Ciri-ciri kalimat perintah ditandai dengan hal-hal sebagai berikut: .Dengan demikian. Latihan 2 1. 1.Harga BBM dalam negeri jauh di bawah harga pasar internasional. lalu kembali merumuskan simpulan umum sebagai penegasan. Sementara itu.Pengertian dan cirri Kalimat perintah adalah kalimat yang mengharapkan respon atau tanggapan dari mitra komunikasi. 2. Ali tidak mau menerima suap.Premis umum : Semua pemilik mobil wajib membayar pajak Premis khusus: Pak Budiman memiliki sebuah mobil Kesimpulan : …. menyelundupan BMM akan terus marak karene menguntungkan. Campuran (Deduktif – Induktif) Pola ini bertolak dan suatu pernyataan umum di ikuti penjelasan yang bersifat khusus.Pegawai yang baik tidak mau menerima suap.. Habis semua hartanya. MENYIMAK 2 MEMAHAMI PERINTAH LISAN.

6.Saya minta Anda belajar dengan sungguh-sungguh. tolong. 7. misal -Jangan engkau sakiti hatinya! 3.Pelembut intonasi .Kalimat perintah yang menghendaki respon jawaban.Pengubahan ke struktur tanya e.Permohonan. misal: .Intonasi naik pada bagian awal 2.Pemakaian kata penghalus: maaf.Saya sarankan Anda pulang saja.Matikan lampu itu! .Persilaam.Permintaan /harapan. missal: -Datanglah kamu ke rumah saya! 5. dalam bahasa tulis berupa penghilangan tanda seru b.Perintah biasa/suruh.Pengubahan ke struktur berita 2.Tidurlah! b. misal: .Penggunaan tanda seru dalam bahasa tulis 3.Saya mohon Bapak berkenan hadir. silakan.Ambillah kembali semua yang telah kauberikan padaku! 4. misal: . kalimat perintah dibedakan atas: a. biasanya digunakan sarana-sarana penghalus seperti: a.Larangan.! (meliputi: stel klep.Kalimat perintah kompleks.1. kalimat perintah dapat dibedakan atas: a. misal: . missal: -Balaslah surat itu? Untuk memperhalus perintah.Servis lengkap mobil ini. misal -Jawablah dengan singkat dan jelas! 2.Katakan dengan jujur apa yang ada dalam hatimu! b. misal: . 5. misal: . stel pengapian.Kalimat perintah yang menghendaki respon tindakan. dll) Berdasarkan bentuk responnya kalimat perintah bisa dibedakan atas: a.Penggunaan partikel lah pada predikat verba 4.Penggunaan pola susun inverse (P-S). mohon d.Kalimat perintah sederhana. misal: .Hadirin dipersilakan berdiri.Penggunaan predikat verba tanpa awalan.Kalimat perintah yang menghendaki respon sesaat.Sindiran.Hapuslah papan tulis! Berdasarkan waktu untuk meresponnya.Saran. sebaiknya.misal: . misal: .Macam kalimat perintah Kalimat perintah perintah dibedakan atas beberapa macam: 1. Berdasarkan kompleksitasnya .Pemakaian partikel lah c. misal: .Makanlah! . bersihkan kalburasi.

b. Buatlah 2 kalimat perintah yang menghendaki respon jawaban! . Buatlan 2 kalimat perintah persilaan! 2. Buatlah 2 kalimat perintah sindiran! 3. misal: .Kalimat perintah yang responnya membutuhkan waktu lama. kasihan rumahnya akan roboh! Latihan 1 1. Buatlah 2 kalimat perintah yang responnya membutuhkan waktu lama! 4.Buatkan rumah untuk ibumu.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami surat perintah.Tata cara pelaksanaan perintah . padat. Demikian edaran kami sampaikan.Kop lembaga/organisasi . diucapkan terima kasih. singkat dan jelas. Surat edaran termasuk kategori surat resmi.1/SMKN 20 01/LL/06 Diberitahukan kepada seluruh guru dan karyawan/wati SMKN 20 Semarang. AMBON SEMARANG EDARAN Nomor 330/1. selalu mencerminkan unsur formalitas.Judul dan nomor . jelas.Surat Perintah Surat perintah adalah surat yang berisi tentang perintah untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu sesuai dengan bidang keahlian atau kewenangannya. antara lain: .MODUL MEMBACA 1 MEMAHAMI PERINTAH KERJA TERTULIS 1. Latihan 1 1. atas perhatian Bapak/Ibu/Sdr. Hartono.13. .Isi perintah .Pihak yang diperintah . Adapun teknis pelaksanaannya akan dikoordinasikan oleh Bendaharawan Gaji SMKN 20 Semarang Drs. 2.Petugas yang member perintah .Surat Edaran adalah surat yang berisi pemberitahuan resmi untuk dimengerti secara umum dalam suatu organisasi atau instansi. berkenaan dengan adanya musibah bencana alam di Provinsi NAD ( Nangroe Aceh Darussalam ) dihimbau untuk menyisihkan sebagian pendapatan gajinya dalam rangka membantu saudara kita di Aceh.Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memahami surat perintah! Latihan 2 Contoh surat edaran PEMERINTAH DAERAH KOTA SEMARANG DINAS PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN SMK NEGERI 20 JL.Tembusan Surat perintah disusun secara lugas .Apa yang dimaksud dengan surat perintah? 2.Tanggal surat . Bahasa surat edaran selain singkat .

Bahasanya singkat/padat tanpa basa basi.Cukup ditulis tangan 6.Surat edaran tersebut ditujukan kepada siapa ? 2.yaitu: a.Dibuat dalam keadaan mendesak dan pekerjaan harus segera dilaksanakan 4.Terdapat nomor pengumuman 3. digunakan untuk surat menyurat intern antara pejabat dengan pejabat lain .Tanpa cap/stempel 4.Pengumuman tidak resmi Pengumuman tidak resmi ditandai oleh cirri-ciri sebagai berikut: 1.Mengapa surat edaran tersebut tidak terdapat alamat yang dituju ? 3.Pengumuman Pengumuman adalah pemberitahuan tentang sesuatu yang ditujukan kepada khalayak umum.Tanpa nomor dan tidak perlu cap/stempel .Dibuat pada lembaran kecil tercetak memo. kepada. media massa maupun elektronik. Pengumuman dibedakan menjadi dua.Terdapat tanda tangan cap pembuat pengumuman b.Menggunakan kop lembaga/instansi/perusahaan 2.Pengumuman resmi Pengumuman resmi ditandai oleh cirri-ciri sebagai berikut: 1.Tanpa nomor pengumuman 3. dari.Memo Memorandum adalah salah satu jenis surat dinas. Penyampaian pengumuman dapat melalui: papan pengumuman. surat kabar.Apa tujuan darai edaran tersebut ? 3. Spesifikasi Memo 1.Dibuat di Semarang Tanggal 9 Januari 2006 Kepala sekolah Drs. tetepi lengkap dan jelas 7.Terdapat lop kedinasan 2.Bahasa pengumuman singkat. Abdullah NIP 133232323 Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas ! 1. isi 3. jelas dan formal 4.Isinya dapat berupa pemberitahuan/perintah/pesan/petunjuk/penjelasa 5.Tanpa kop kedinasan 2.Memorandum yang disingkat dengan memo.

Jl. Tumboen Latihan 3 Tulislah sebuah memo dari Dr. Memo dibuat tanggal 28 April 2007. Isinya meminta laporan tentang rencana kerja penerimaan siswa Sekolah Pendidikan Keperawatan dan Sekolah Bidan untuk tahun ajaran yang akan datang.Proposal Terima kasih Dirut GM. .Daftar rekanan 2. H. Jeruk No 34 BANDUNG MEMO Tanggal : 25 Mei 2005 Kepada : Direktur Teknik Dari : Direktur Utama Isi Untuk mengikuti rapat tender dengan Perumtel 27 mei 2005 moho disiapkan : 1. Robert Winarno Kepala Rumah Sakit Umum Santo Baromeus. Laporan diminta sampai 3 hari setelah memo tersebut diterima.Contoh Memo PT. GANECA REKA TAMA INDONESIA Jln. Juanda No 68 Bandung untuk kepala Bagian Pendidikan rumah sakit tersebut.Perhitungan biaya proyek 3.

Setiap kata yang menjadi dasar pembentukan kata baru ( kata turunan ) disebut kata dasar.Kata berimbuhan ( dibentuk dengan menambahkanimbuhan atau afiks ke kata dasarnya ) 2. Kata yang mempunyai bentuk dan perilaku sama atau mirip. Ter berarti tidak sengaja Contoh : Maaf.Ter berarti dalam keadaan sudah di Contoh : Ketika saya pulang pintu itu terbuka 3. menurut penggunaannya dalam kalimat. kata –kata dibedakan atas:kata dasar.Makna Kontekstual ( Makna kata yang ditentukan oleh hubungannya dengan kata yang lain ) 3. adik menjatuhkan guci keramik ibu 2. Kategori sintaksis itu disebut kelas kata. dan kata majemuk.Ter berarti tiba – tiba Contoh : Teringat aku akan kejadian masa masa lalu 4. dimasukkan ke dalam kelompok yang sama. dan partikel.Kata sifat(adjektiva) 4. Makna Denotatif ( Makna Harfiah ).Kelas Kata. dan kalimat dalam teks A. Dengan kata lain. ada satu kelas lain yang disebut kata tugas yang meliputi: kata depan (preposisi). yaitu: 1. Dalam bahasa Indonesia terdapat empat kelas kata utama.Membuat jadi Contoh : Ketika bermain di ruang tamu.Yang mempunyai sifat Contoh : Anak pemalas itu tidak naik kelas Arti awalan Me-Kan 1.Makna Gramatikal ( lazim disebut nosi ). bentuk kata.Kata majemuk ( dibentuk dengan mamadukan dua kata dasar atan lebih ) Makna kata yang kita kenal dalam bahasa Indonesia terdiri dari : 1.Kata benda(nomina) 3.Ter berarti paling Contoh : Budi murid terpandai di kelas 2 2.Kata kerja (verba) 2. kakimu terinjak oleh ku Arti awalan pe 1. dan Makna Kata Kata-kata dalam suatu bahasa dikelompokkan berdasarkan bentuk dan perilakunya. kata-kata itu dapat dibedakan berdasarkan kategori sintaksisnya.Alat untuk Contoh : Tongkat pemukul korban itu disita polisi sebagai barang bukti 2.MODUL MEMBACA 2 Memahami makna kata.Makna leksikal ( Makna kata secara lepas atau menurut kamus ) 2.Menurut bentuknya.Kata keterangan(adverbial) Selain kelas kata utama. ungkapan. Bentuk Kata. Kata turunan yang diturunkan dari kata dasar berupa: 1. Makna Konotatif ( Makna Kias ). Arti awalan Ter 1. kata ulang. kata sambung(konjungsi).Melakukan tindakan untuk orang lain .Kata ulang ( dibentuk dengan mengulang kata dasarnya ) 3. kata berimbuhan.

KATA MAKNA DASAR MAKNA SEKARANG Sarjana Orang pandai Lulusan perguruan tinggi Madrasah Sekolah Sekolah agama Pembantu Orang yang membantu Pelayan rumah tangga 3. d.Beraroma b. P. Jika urutan kata yang menjadi unsurnya dapat dibalikkan.Itu gedung yang bersejarah 3. Demo d. Ramuan jamu itu dapat dijadikan pengusir bau kotoran lemak. frasa dan kalimat tidak berbeda.Gedung bersejarah tempat berlangsungnya Konferensi Asia Afrika itu 2. setiap frasa menduduki satu fungsi sintaksis dalam kalimat. yaitu : a. Bau tak sedap itu bersumber dari kotoran ayam pedaging yang dipelihara peternak setempat. c. Ibu Orang tua perempuan. Sepanjang apapun.Contoh : Ibu membelikan adik boneka di pasar malam Latihan 1 1. O. istri ayah Semua perempuan yang lebih tua/lebih tinggi kedudukannya. konstruksinya itu pastilah kalimat. Misalnya : . dan keterangan saja. Warga usul agar ternak ayam itu dihabisi saja.Membaik ( Ameliorasi ) : Makna sekarang lebih baik/hormat daripada semula.laki Semua laki – laki yang lebih tua/lebih tinggi kedudukannya.Menyempit ( Spesialisasi ) : Cakupan makna sekarang lebih sempit daripada cakupan makna semula.Jelaskan nosi imbuhan pada kata – kata bergaris bawah dalam kalimat – kalimat di bawah ini : a.Bintang film yang sudah tidak popular itu 4. Dihabisi e.Meluas ( Generalisasi ) : Cakupan makna sekarang lebih luas daaripada semula. Jika frasa ataupun kalimat itu terdiri darai dua kata saja. keduanya mudah dibedakan karena ada ciri yang melekat pada frasa maupun kalimat . keduanya terbentuk dari dua kata atau lebih. b. mempunyai hubungan darah 2. Tradisional 2.Dalam menangani masalah – masalah keluarga tidak mampu Perubahan makna 1. Saudara Anak sekandung. keduanya mudah dibedakan dari mungkin tidaknya dilakukan pembalikan urutan katanya. Pembentukan Frasa Perbedaan Frasa dan kalimat Dari segi konstruksinya. e. misalnya hnya menduduki salah satu di antara fungsi – fungsi S. KATA MAKNA DASAR MAKNA SEKARANG Bapak Orang tua laki . Latihan 2 Tentukan frasa atau kalimat ! 1. orang yang Semua orang yang sederajat. Barangkali juga ramuan itu bisa diterapkan untuk menghilangkan bau kotoran ternak. Suatu saat terlintas di benak Onah tentang manfaat jamu yang digeluti ibunya. Meski begitu.Kasus c.Jelaskan kategori / Kelas kata dan makna kata – kata berikut : a. b. Jika urutannya tidak dapat dibalikkan konstruksinya itu pastilah frasa.Itu bintang film yang sudah tidak popular lagi 5.

terasa kasar. karyawan. ( pencecap di pendengaran ). .Suaranya lembut. kelompok ). Misalnya : . anak laki – laki. bini.Kata : Perempuan. .Lagunya enak di dengar. 5. anak perempuan. bunting. 4. putra.Kata – katanya pedas. .Memburuk ( Penyorasi ) : Makna sekarang terasa kurang hormat. ( pengecap ke pendengaran ).Kata : Wanita. putri. gerombolan ( kurang halus disbanding : wanita. pemberian ). ( peraba ke pendengaran ).Kata abdi tidak lagi berkesan rendah. . anugerah ( lebih hormat daripada : perempuan. buruh. hamil.. .Sinentesia : Perubahan makna karena pertukaran tanggapan antara dua indra. istri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful