ALAT PERAGA

Dalam alat peraga ini, disisi atas dan sisi kirinya ada angka dan di bagian yang mengapit sisi atas dan sisi kirinya, ada tanda positif atau penjumlahan kemudian sisi atas dan sisi kirinya di jumlahkan dan hasil dari kesemua itu akan terlihat bentuk bilangan bulat, yaitu bulat positif dan negatif serta 0 (nol)  Menyusun Angka-Angka Pada Dua Buah Penjumlahan Bilangan Bulat Dengan Mengunakan Tabel.

Bilangan bulat adalah bilangan yang terdiri atas bilangan bulat negatif, bilangan nol, dan bilangan bulat positif. Bilangan bullat yaitu : . . . , -3,-2,-1,0,1,2,3, . . Sifat – sifat pada Penjumlahan dan Pengurangan a. Sifat Tertutup Untuk setiap bilangan bulat a dan b, berlaku : a + b adalah bilangan bulat dan a – b adalah bilangan bulat.

b. Sifat Komutatif Pada operasi penjumlahan berlaku sifat komutatif, untuk setiap bilangan bulat a dan b berlaku : a+b=b=a

Pada operasi pengurangan tidak berlaku sifat komutatif.

a–b=b-a

c. Sifat Asosiatif Pada operasi penjumlahan berlaku sifat asosiatif, untuk setiap bilangan bulat a, b, c berlaku : (a + b ) + c = a + ( b + c )

Pada operasi pengurangan tidak berlaku sifat asosiatif. ( a – b ) – c = a – ( b – c)

d. Unsur Identitas pada Penjumlahan Untuk setiap bilangna bulat a, berlaku :

a+0=0+a

0 disebut eleman ( unsur ) identitas pada penjumlahan

. e. Invers Jumlah atau Lawan suatu bilangan Jika a bilangan bulat, maka –a disebut lawan dari a, sehingga berlaku :

a + (-a) = -a + a = 0

f. Sifat Pengurangan Bilangan Nol (0)

a–0 =a 0 – a = -a 0 -0 = 0

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful