Instalasi Jaringan Komputer Untuk Warnet

Pada posting kali ini saya ingin coba share mengenai jaringan komputer untuk warnet, tentunya tidak jauh beda dan boleh di katakan sama dengan jaringan komputer pada umumnya, yang membedakan hanya tool yang di gunakan, karena mengarah pada kebutuhan yang di khususkan untuk koneksi internet yang mencakup kegiatan browsing, chatting, download, game..ok lah gak usah panjang lebar apalgi kali tinggi,,heheheh A. Tahap Persiapan Meliputi: 1. Kabel Belden

2. Konektor RJ 45

HUB/SWITCH . Tang Krimping 4.3.

5. Tester . Modem ADSL 6.

dalam hal ini menggunakan Type streight ikuti langkah2 di bawah ini: 1. kira 15mm 2. kupas ujung kabel (kulit kabel). urutkan ke delapan kabel tersebut dengan urutan sebagai berikut:         Putih orange orange putih hijau biru putih biru hijau putih coklat coklat 3. Pisahkan dan luruskan serabut kabel yang telah terkupas 3. setelah di potong hingga ujungnya rata masukan ujung kabel dalam konektror RG 45 5. setelah di urutkan dengan benar ratakan dengan cara di ptong ujung kabel dengan krimping sehingga kabel yang tersisa kira2 jadi 12mm 4.Cara Pemasangan kabel jaringan. langkah terakhir press pake tang krimping untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini: .

Lakukan hal yang sama pada ujung kabel yang satunya. Nah sekarang kabel RG45 telah terpasang konektor jangan lupa untuk melakukan pengetesan dengan tester caranya dengan memasukan konektor kedalam salah satu lubang yang terdapat pada tester.nah sekarang saatnya bagi yang belum mendaftar ke ISP langsung daftar aja.klik gambar untuk melihat dalm ukuran besar 6. dalam hal ini penulis asumsikan mendaftar ISP speedy untuk tahap pendaftaran bisa langsung datang ke Plasa Telkom terdekat atau melalui call bebas . jangan lupa untuk memasukan konektor yang satunya lagi dalam hal ini pastikan tombol power konektor telah menyala. untuk lebih jelasnya liat gambar berikut Ok untuk tahap persiapan dan perancangan telah selesai. jika lampu indikator bergerak berurutan ke bawah yaitu dari angka 1 s/d angka 8 tanpa loncat maka anda berhasil melakukuan pemasangan RG45.

dalam hal ini modem di sett dalam mode bridge yang nantinya Dial Up di lakukan oleh mikrotik. Setting Modem ADSL Kita asumsikan bahwa semua perlengkapan jaringan sudah terpasang sesuai Topologi yang biasa di gunakan yakni topologinya sebagai berikut: ISP-----Modem----Router (Mikrotik)----HUB/SWITCH Penulis asimsikan bahwa di dalam membangun sebuah warnet ini menggunakan router.pulsa 147. sampai disini untuk cara pendaftar ke ISP dah mengerti kan??? B. dan jika lebih dari itu gunakan Unlimitied 3m. jika jumlah komputer yang di gunakan 7 PC sebaiknya gunakan paket Unlimitied 1Mb aja. jika kompi mencapai 12 kompi gunakan paket unlimitied 2m. penulis mau share mengenai paket-paket yang di sediakan oleh speedy antara lain: Nah paket-paket tersebut bisa anda pilih tapi jangan salah pilih ya. dan router yang biasa di gunakan pada saat ini adalah Mikrotik. jika tidak menggunakan mikrotik Topologinya seperti ini: ISP-----Modem-----HUB/SWITCH untuk settingan modem wajib di setting dalam mode PPPoE karena yang akan melakukan dial up adalah modem ok mengerti kan?? 1. untuk mendaftar paket speedy pilihlah paket sesuai kebutuhan supaya tidak mubadzur atau kekurangan bandwith. Setting modem sebagai bridge sbb: Pertama jangan lupa untuk mensetting IP komputer yang kita gunakan caranya sbb:    buka kontorol panel buka network connection klik kanan pada local area connection .

1 lihat gambar berikut ini: .  pilih properties pilih internet protocol TCP/IP untuk lebih jelasnya lihat gambar sebagai berikut: buka browser dan pada address bar ketikan IP default modem 192.1.168.

untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: 2.lalu pulih Quick setup lalu isikan VPI/PCI sesuai dengan yang rekomendasikan oleh speedy di tempat anda. lalu pilih bridge lalu next dan akhiri dengan finish setelah itu reboot modem.1.1 masukan usernam dan password untuk user name admin dan password admin lihat gambar berikut ini: .168. Setting Modem Mode PPPoE Buka browser ketikan pada address bar 192.

lalu klik Quick setup lalu pilih time zona dalam hal ini Pilihlah Jakarta .

Jika IP Publik dan IP DNS dari Telkom sudah ada maka setting anda berhasil .klik Next pilih PPPoE lalu next masukan username dan password speedy dan isi VPI / VCI Klik Next 2 kali dan setelah itu klik status.

168.1.1/24 Ok untuk cara settingnya saya akan menggunakan winbox langkah-lanmgkahnya adalah sebagai berikut: Download winbox disini.com pada browser jaringan anda disitu akan nampak IP statik anda mohon di catat. Setting Mikrotik Sebagai PPPoE Client Saya akan menjelaskan stap by step cara dial up via mikrotik dengan modem sebagai bridge tentunya. jika anda masih juga bingung buka situs http://www. masuk ke Winbox. setelah itu klik apply lalu ok untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: .168.3.2/24 Ether2 yaitu IP address yang mengarah ke LAN(Jaringan LAN) di beri nama LAN 192. dan hal yang paling penting dalam setting ini andah harus sudah mengetahui IP statik dari provider anda dalam hal ini saya asumsikan speedy jika anda masih bingung mengenai IP statik nah pada tutoril di awal saya sudah menjelaskan tentang PPPoE pada modem nah IP statik ada pada modem ketika modem di sett dalam mode PPPoE. untuk cara masuk winbox isikan login dengan admin. untuk interface yang mengarah ke LAN beri nama LAN.7.whatismyip. lalu klik ganda ether1 dan ber nama Publik. untuk password kosongkan saja karena belum mensetting password. untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: terlebih dahulu kita setting interface mikrotik dengan cara klik interface. jalankan winbox yang telah anda download dengan cara klik 2 kali. saya asumsikan untuk IP address di sett sebagai berikut: Ether1 yaitu IP address yang mengarah ke publik(modem ADSL) di beri nama Publik 192. selain itu user name dan password yang di dapatkan waktu mendaftar speedy.

0/24 maka untuk IP masing-masing clinet di sett sesuai range IP mikrotik yang mengarah ke client menjadi 192.7.2/24 dan untuk IP yang mengarah ke LAN isi 192.3 dst untuk cara setting IP address pada mikrotik lihat gambar berikut ini: . di karenakan IP lAN pada mikrotik yang mengarah ke client memiliki range 192.168.168. untik IP yang mengarah ke Publik isi 192.168.untuk langkah berikutnya kita akan set IP address dengan cara klik IP--->address--->klik tanda plus.7.7.168.1/24 setelah itu klik apply lalu ok.2-192.168.1.7.

klik IP----->routes---->klik tanda plus dan pada bagian gateway pilih pppoe-speedy atau anda juga bisa mengisikan dengan IP statik speedy anda hasilnya sama saja. klik interface lalu klik tanda plus di teruskan dengan PPPoE client. dan untuk interface isi dengan publik. pada tab general pada bagian name isi dengan pppoe-speedy pda bagian iterface isi dengan publik. chack gateway pilih ping lalu klik aplly dan ok untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: . setelah itu kita kembali ke interface intuk membuat bridge.berikutnya ikuti seperti langkah di atas dan pada bagian address isi dengan IP statik/IP Publik dari speedy. untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: untuk tahap berikutnya kita akan membuat route. pada tab dial uot isi user nama dan password speedy anda.

74 dan 125.192.tahap berikutnya adalah setting DNS dengan cara klik IP---->DNS---->setting pada bagian servers isi dengan 203.34 untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: .2.130.60.

langkahnya adalah sebagai berikut: klik IP--->firewall NAT klik tanda plus isikan konfigurasi seperti ini: 1. nah kita akan membuat 3 NAT yaitu NAT ke internet. NAT ke Modem: add chain=srcnat action=masquierade commenet=nat to modem klik apply ok 2. NAT ke Internet: add chain=srcnat out interface=pppoe-speedy action=masquierade . add chain=dstnat protocol=tcp Dst port=53 src address list=LAN Dst address list=local action=redirect To port=53 .untuk tahap terakhir kita akan membuat NAT. NAT ke LAN: add chain=srcnat action=masquierade comment=NAT To LAN sehingga hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini: Nah sampai disini jika settingan di input dengan benar mikrotik anda sudah bisa di gunakan dan . NAT ke modem dan NAT ke LAN. add chain=dstnat Protocol=udp Dst port=53 Src address list=LAN Dst address list=local action=redirect To port=53 comment=NAT to internet 3.

1 preferred DNS=203.130.4 dst.7.7. dengan settingan seperti ini saja insya Allah terhindar dari RTO.160.168.193.2 default gateway=192.7.Insya Allah lancar. Untuk settingan di sisi client nya di sett seperti ini: masuk control panel klik switch to classic vew di sebelah kiri atas lalu klik network connections lalu klik ganda Local area connection.7.168.168.168.7. pilih properties lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik properties isikan sebagai berikut: IP address=192.168.34 untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini: dan untuk client yang laing tinggal mengganti angka paling ujung dari IP address 192.74 alternate DNS= 125.2192.2. .3-192.

bahkan kadang berfungsi juga sebagai komputer untuk melakukan pelayanan lainnya ( pengetikan. sementara yang berukuran 15 inci seharga Rp 1. Bagaimana dengan perangkat input output seperti CD-ROM. sebuah PC dengan Memory 512MB (saat tulisan ini dibuat sudah merupakan spesifikasi umum) dan harddisk 80GB mustinya cukup. yaitu: 1. penulis menyarankan penggunaan jenis LCD dengan lebar minimum 15 inci. sering komputer yang digunakan untuk pencatatan digunakan juga sebagai komputer untuk melayani proses pencetakan (print server) dan penyimpanan berkas (file server). juga harganya sudah cukup terjangkau. Cukup disini dalam pengertian spesifikasi tersebut cukup nyaman untuk menjalankan aplikasi-aplikasi internet yang umum dilakukan seperti browsing dan messaging (dan sekali-kali menggunakan aplikasi perkantoran/office application). WebCam tidak selalu dibutuhkan. Mengenai ukuran casing. Pada saat tulisan ini dibuat sebuah layar LCD bermerek terkenal dengan lebar 17 inci bisa didapatkan dengan harga Rp 1. Secara sederhana. Namun jika permintaan dari pelanggan cukup banyak. Untuk tipe layar. 2. USB Port? Ini bergantung dengan kondisi pasar setempat. Perangkat Komputer Perangkat Jaringan Perangkat Kelistrikan Perangkat Tambahan Perangkat Komputer. Sebuah VGA dengan memory 32-64MB sudah mencukupi.5j juta. 3. Beberapa warnet tidak memasang CD-ROM di komputer pelanggan dengan alasan tidak banyak digunakan dan lebih praktis menggunakan USB Flashdisk sebagai media simpan. Sehingga pemilihan CPU adalah bergantung kesediaan tipe CPU di pasaran. tidak ada salahnya menyediakan webcam dengan biaya tambahan. Dalam prakteknya. edit foto dst-nya) Untuk komputer pengguna sebaiknya digunakan spesifikasi yang “cukup”. sebaiknya Casing dari Komputer pelanggan jangan terlalu besar.Perangkat Keras Perangkat keras apa saja yang dibutuhkan di warnet? Saya membaginya atas beberapa kategori. Jika tersedia casing berukuran kecil dan hemat tempat akan sangat membantu tingkat kenyamanan dari pengguna. Jenis VGA yang dibutuhkan tidaklah terlalu tinggi. Penulis sengaja tidak memberikan saran mengenai CPU. WebCam.3 juta. pemindaian. karena cenderung memboroskan bandwidth. perangkat komputer yang diperlukan sebuah warnet adalah komputer yang dipergunakan oleh pengguna dan komputer yang digunakan untuk pencatatan (billing). Tipe layar LCD selain menghemat penggunaan listrik dan menghasilkan tidak menghasilkan panas seperti layar CRT. sebab tipe CPU terendah yang bisa didapatkan dipasaran saat ini pun sudah sangat cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi internet. 4. .

CD/DVD Burner Pencetak/Printer adalah perangkat tambahan yang wajib ada di Warnet. Ini bisa dimengerti. Pencetak Laser di khususkan untuk pencetakan hitam putih berkualitas dan berkecepatan tinggi. Mengingat penghasilan dari . Perangkat Kelistrikan Saya memisahkan perangkat seperti UPS. kabel jaringan dan router/modem. Pemindai/Scanner 3. Grounding diperlukan agar perangkatperangkat yang kita gunakan tidak nyetrum pada saat tersentuh. namun tipe ini biasanya harganya cukup mahal dan nyaris tidak diperlukan di sebuah jaringan warnet berukuran kecil (4 s/d 24 pc) Bagi pengguna ADSL. Namun kali ini penulis menegaskan sekali lagi bahwa jika dana investasi tersedia. Ada baiknya jalur kelistrikan dirancang menjadi beberapa bagian yang terpisah dan memiliki rangkaian pemutus/sekering tersendiri. Modem standar dari Provider kadang tidak mampu dipergunakan terus menerus. sebaiknya warnet memiliki minimal 2 macam alat pencetak. Harga Switch saat ini pun sudah cukup terjangkau bahkan sama dengan hub. sebab modem standar dirancang untuk penggunaan dirumah sementara Warnet menggunakannnya seharian penuh setiap harinya. 16. Apa bedanya hub dengan switch? dari sisi fungsi keduanya sama. Misalnya: jalur listrik untuk komputer client. Hal ini sebenarnya telah di bahas di Bab 3 – Layanan Warnet. Cobalah bertanya dahulu ke toko-toko tempat anda membeli modem ataupun ke forum-forum yang membahas mengenai warnet/internet untuk mencari tahu modem apa yang cukup tahan digunakan terus menerus. 24. Sedang Pencetak inkjet dimaksud untuk melayani pencetakan berwarna/foto dan berkecepatan sedang. hingga 32. Termasuk didalam perangkat kelistrikan adalah Grounding yang kadang dilupakan saat instalasi listrik. Lemari Pendingin (jika ada). atau cepat rusak. 8. 12. Pencetak/Printer 2. Umumnya switch tersedia dengan jumlah port 4. Stabilizer dan AC ke kategori perangkat kelistrikan untuk memudahkan pengelompokan saja. Perangkat Tambahan 1.Perangkat Jaringan Perangkat jaringan apa saja yang diperlukan di warnet? Minimum perangkat yang kita perlukan adalah Switch dengan jumlah port yang cukup untuk semua komputer. jaringan listrik untuk komputer billing dan perangkat lainnya. Saat ini hub sudah hampir tidak ada dipasaran. jaringan listrik untuk perangkat Pendingin Ruangan. pilihlah Modem/Router ADSL yang berkualitas bagus. Hal ini dimaksudkan jika terjadi kelebihan beban maupun hubungan singkat dapat lebih mudah ditelusuri dan lebih aman dalam pengoperasioan sehari-hari. dari unjuk kerja tentu switch diatas hub. UPS juga akan lebih awet jika grounding dari sistem kelistrikan kita bagus. Dimana 1 pencetak jenis laser dan 1 lagi berjenis inkjet. Beberapa switch memiliki fitur “manageable”.

Walaupun sebenarnya tanggung jawab bukanlah dari sisi warnet. Banyak jenis pemindai di pasar. memiliki sebuah CD/DVD Burner adalah kewajiban. Dengan harga yang tidak terlalu berbeda. Pemindai/Scanner sendiri adalah perangkat yang disarankan ada. Perlu diperhatikan adalah: jagalah agar file-file yang dibakar ke dalam CD/DVD tersebut bukan file-file yang melanggar UU/Hukum yang berlaku. rawatlah perangkat cetak anda sebaik mungkin. . sayang rasanya jika burner anda cuma mampu menulis di CD-R dan DVD-R. Memiliki pencetak yang hanya berjalan di satu jenis OS sebenarnya merugikan. Jangan memasangnya di komputer client sebab akan menyulitkan pengawasan dan bisa mengganggu client jika komputer tersebut sedang digunakan. Selain ke-empat perangkat yang penulis sampaikan di atas. Printer jenis ini akan sangat membantu jika dikemudian hari warnet berniat untuk bermigrasi ke OS Linux.pencetakan adalah salah satu penghasilan yang dengan persentasi tinggi. Gunakanlah perangkat yang mampu membakar CD-R. DVD-R dan DVD Double Density (kapasitas 8GB). Carilah perangkat pencetak yang didukung atau dapat bekerja di OS Linux. Walaupun USB Flash DIsk berkapasitas tinggi (kapasitas > 4GB) mulai menjadi Umum. Tempatkanlah CD/DVD Burner ini di area kerja Operator/Kasir agar penggunaannya dapat dipantau. Namun semuanya tergantung kepada pasar yang dituju dan tingkat layanan yang ingin diberikan. Perangkat lainnya. Karenanya. headset. webcam yang dapat di optimalkan untuk menambah penghasilan warnet. Pemindai di warnet tidak perlu yang berkemampuan tinggi. masih ada beberapa perangkat lainnya seperti speaker. namun media CD/DVD tetap menjadi pilihan media simpan. carilah pemindai yang bisa dipasangkan dengan OS Linux untuk mengantisipasi migrasi ke OS Linux. Bahkan sebuah perangkat pemindai yang masuk dalam entry level pun sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemindaian di warnet. CD-RW. tapi mencegah lebih baik daripada bermasalah dikemudian hari. namun seperti halnya perangkat pencetak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful