P. 1
Pengertian Gambar Teknik

Pengertian Gambar Teknik

|Views: 3,275|Likes:
Published by jumowo

More info:

Published by: jumowo on Jun 15, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2013

pdf

text

original

Pengertian Gambar Teknik

Gambar Teknik - Sebelum mempelajari tentang Teknik Gambar Bangunan/yang lainnya ada
baiknya kita mengetahui dasar-dasar tentang gambar tersebut seperti:

Fungsi dasar dari gambar:
Banyak cara manusia menyampaikan semua pemikirannya atau maksudnya baik secara lisan (suara) yang bersifat abstrak maupun lewat sebuah alat atau berupa visual (gambar atau tulisan). Sejak dahulu kala gambar sudah dipakai untuk berkomunikasi antar individu manusia dan sampai sekarang cara berkomunikasi dengan gambar ini masih dipakai bahkan dikembangkan dengan diterapkannya sebagai standar komunikasi orang-orang teknik. ”Jadi fungsi gambar yang sangat mendasar adalah sebagai sebuah alat untuk menyatakan maksud atau pemikiran dari seseorang. Oleh karena gambar sering dipakai sebagai alat komunikasi yang pokok di kalangan orang-orang teknik maka gambar disebut sebagai bahasa teknik atau bahasa untuk sarjana teknik”. Penerusan informasi adalah fungsi yang penting untuk bahasa maupun gambar. Gambar bagaimanapun juga merupakan “bahasa teknik”, oleh karena itu diharapkan bahwa gambar harus meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif. Dalam penyampaian informasi dengan lisan (suara), kalimat yang pendek, ringkas dan jelas harus mewakili semua yang ingin dikemukakan oleh pembicara, sehingga pendengar akan mudah mengerti dengan apa yang dimaksud oleh pembicara. Begitu pun dalam penyampaian informasi dengan gambar (visual), informasi yang ringkas, lengkap dan mudah dimengerti oleh pembaca. Dalam gambar informasi-informasi yang ingin diutarakan diberikan dengan lambang-lambang tertentu. Maka dari itu dibuatlah standar lambang-lambang yang digunakan secara umum agar semua kalangan pembaca, dari manapun orang itu berasal akan mengerti dengan apa yang diutarakan penulis. “Penyampaian informasi dengan gambar harus sesingkat-singkatnya, selengkap-lengkapnya dan sejelas-jelasnya. Penyampaian informasi dengan gambar banyak memakai simbol-simbol standar, maka penting bagi penulis maupun pembaca agar mengetahui dan memahami apa maksud dari lamabang-lambang yang tertera”. Untuk lebih jelasnya tentang gambar teknik, maka secara umum gambar teknik dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu gambar dua dimensi dan gambar tiga dimensi. Gambar dua dimensi adalah suatu gambar yang menampilkan salah satu bagian permukaan dari suatu benda, sehingga permukaan yang lain tidak ditampilkan pada gambar tesebut, tetapi dapat ditampilkan disampingnya, baik atas, bawah, samping kanan maupun kirinya. contoh :

Fungsi dari gambar dua dimensi adalah untuk memberikan informasi yang lengkap tentang suatu benda. sehingga memudahkan baik bagi pembaca maupun bagi orang yang berkepentingan pada gambar tersebut. lebar dan tinggi dari suatu benda. sehingga tampilannya juga sama dengan benda aslinya. Yang dimaksud dengan ukuran umum adalah ukuran seperti panjang. Contoh : Pada gambar tiga dimensi terdapat juga ukuran-ukuran umum dari suatu benda. Fungsi gambar tiga dimensi adalah untuk melengkapi atau untuk menampilkan benda jadi atau gambar susunan dari gambar dua dimensi.Untuk mengetahui keterangan-keterangan yang diperlukan atau keterangan yang detail pada suatu benda. maka dapat dilihat pada gambar dua dimensi. . tetapi tidak sedetail gambar dua dimensi. Sedangkan gambar tiga dimensi merupakan bentuk asli dari suatu benda.

Gambar Teknik merupakan suatu bentuk ungkapan dari suatu gagasan atau pemikiran mengenai suatu sistim. cara kerja. proses. “Gambar dibagi dua jenis yaitu gambar dua dimensi dan gambar tiga dimensi. Gambar dua dimesi biasanya dipakai untuk gambar detail/lengkap dari gambar tiga dimensi dan gambar tiga dimensi biasanya dipakai untuk menampilkan benda secara umum dan keseluruhan”. diagram. mudah dipahami oleh kedua belah pihak. Definisi Gambar teknik adalah suatu alat komunikasi antara perencana dengan pelaksana dalam bentuk bahasa gambar yang diungkapkan secara praktis. Dalam video berikut akan diterangkan secara gamblang. karena pada gambar tiga dimensi keterangan yang detail tentang benda tersebut tidak dapat ditampilkan. Perlu diketahui bahwa proyeksi Amerika disebut juga proyeksi sudut ketiga/kwadran ketiga dan proyeksi Eropa disebut juga proyeksi Sudut pertama/kwadran pertama. Ini adalah gambar benda kerja yang akan diproyeksi . atau lukisan teknis. Selanjutnya kita akan memdetailkan apa pengertian dari gambar Teknik. konstruksi. jelas. bagaimana cara membuat proyeksi amerika bagi anda yang mungkin masih bingung menggambar proyeksi gambar 3 dimensi ke gambar 2 dimensi ( karena dalam tulisan ini saya tidak akan menjelaskannya secara detil melainkan hanya menerangkan letak perbedaan penempatan gambar proyeksi pada gambar. Ingat yang djelaskan diatas tadi itu adalah fungsi dasar dari gambar. hanya gambar dua dimensi saja. rangkaian dan petunjuk yang bertujuan untuk memberikan instruksi dan informasi yang dinyatakan dalam bentuk gambar. biasanya gambar tiga dimensi tidak ditampilkan.Untuk gambar kerja. Gambar teknik sebaik memiliki bahasa penyampaian yang umum digunakan oleh internasional. Perbedaan Proyeksi Amerika dan Proyeksi Eropa Di bawah ini ilustrasi yang menggambarkan perbedaan antara proyeksi Amerika dan Eropa dalam gambar teknik. Pengertian Gambar Teknik.

Gambar 1 Dari gambar di atas A merupakan pandangan dari depan B merupakan pandangan dari kiri C merupakan pandangan dari kanan D merupakan pandangan dari atas E merupakan pandangan dari bawah Maka Susunan proyeksi Amerika dari gambar 1 tersebut seperti di bawah ini : .

maka dengan mudah anda akan mengetahui letak penempatan proyeksi Eropa dimana View C yang terletak di sebelah kanan tinggal ditukar dengan View B yang terletak di sebelah kiri.Proyeksi Amerika Nah. demikian pula Gambar View D yang berada di sebelah atas dipertukarkan dengan View E yang berada di bagian bawah. View A tetap pada posisi semula. Maka akan diperoleh gambar proyeksi Eropa sebagai berikut : . jika Anda sudah memahami letak dan posisi proyeksi Amerika.

Proyeksi Eropa .

Gambar proyeksi yang akan dipelajari ini adalah gambar proyeksi orthogonal yang merupakan gambar proyeksi yang sering digunakan dalam pembuatan gambar kerja. Fungsi proyeksi adalah: • Untuk mendapatkan ukuran garis yang sebenarnya • Untuk membuat bentuk yang sebenarnya • Untuk membuat gambar kerja Secara umum dalam gambar proyeksi diperlukan tiga arah pandangan: • Tampak atas • Tampak depan • Tampak samping kanan/kiri Proyeksi Ortogonal .Proyeksi Model Eropa dan Amerika Proyeksi Gambar proyeksi merupakan dasar menggambar teknik untuk menyatakan bentuk dan ukuran suatu obyek atau benda.

Teori gambar proyeksi secara garis besar terbagi atas dua kelompok. gambar orthogonal menggunakan dua bidang proyeksi. yaitu bidang vertikal dan horisontal. Jika sebuah benda digambarkan dengan cara proyeksi orthogonal akan menghasilkan sebuah bidang saja yang tampak pada bidang. obyek. dan bidang proyeksi (garis proyeksi ditarik menjauhi pengamat) Format Tampak Proyeksi Eropa . Dalam ilmu geometri. yaitu: * Proyeksi Eropa * Proyeksi Amerika Proyeksi Eropa Proyeksi cara ini beranggapan bahwa obyek atau benda yang akan digambar atau diproyeksikan seolah-olah berada dalam suatu kubus. Proses penggambaran objek secara dua dimensi disebut proyeksi orthografi/orthogonal. Setiap pandangan menunjukkan benda yang terlihat pada bidang proyeksi dengan melihat sisi benda yang terdekat dengan pengamat. Urutan proyeksi Eropa: pengamat.Metode gambar teknik yang paling mudah dan komunikatif untuk menggambar masing-masing bagian dalam desain suatu produk adalah menggambar berbagai sisi suatu objek dengan menarik garis lurus pada setiap bidang. Proyeksi orthogonal sering disebut sebagai gambar proyeksi saja atau gambar tampak.

Contoh Gambar Proyeksi Ortogonal Eropa .

sedang bidang gambar tersebut adalah bidang gambar yang bening. bidang proyeksi. Asas proyeksi Amerika: bidang gambar (bidang proyeksi) diletakkan di antara mata dan benda yang digambar. Urutan proyeksi Amerika: pengamat. yaitu seolah-olah obyek atau benda berada di luar kubus. Setiap pandangan menunjukkan benda yang terlihat pada bidang proyeksi dengan melihat sisi benda yang terjauh dengan pengamat. dan obyek (garis proyeksi ditarik menuju pengamat) .Proyeksi Amerika Proyeksi cara ini beranggapan sebaliknya. seperti kaca.

Format Tampak Proyeksi Amerika Contoh Gambar Proyeksi Amerika .

2 jenis gambar ini sangat berkaitan erat dalam mendesain sebuah bangunan apalagi kalau jenis gambar 2D dimensi sangat sulit untuk tidak menggunakannya kecuali untuk pelukis atau gambar abstrak. Berikut contoh jenis gambar 2D dengan 3D : 1.Perbedaan gambar 2D dan 3D Seperti yang teman-teman ketahui bahwa didalam dunia gambar kita mengenal 2 jenis gambar yaitu gambar 2D dengan 3D. Oh iya perbedaan dari 2 jenis gambar ini yaitu pada jenis gambar 2D menggunakan koordinat X dan Y yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang terhadap Objek. dan Z yang membuat sehingga kita dapat melihat dari segala sudut pandang terhadap Objek. Sedangkan ada jenis gambar 3D menggunakan koordinat X. Y. Jenis gambar 2D ----> . Dari perkembangan Teknologi dan Komputer sehingga dapat menciptakan teknik pembuatan jenis gambar 2D yang semakin berkembang dan maju pesat menjadi jenis gambar 3D sebagai penyempurna dari 2D sehingga dapat menciptakan suatu objek yang nyata.

Jenis gambar 3D ----> .2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->