BAB II TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Hemorrhagic Postpartum 2.1.1 Pengertian Hemorrhagic Postpartum

Hemorrhagic postpartum adalah perdarahan pervaginam 500 cc atau lebih setelah kala III selesai (setelah plasenta lahir) (Wiknjosastro, 2000). Fase dalam persalinan dimulai dari kala I yaitu serviks membuka kurang dari 4 cm sampai penurunan kepala dimulai, kemudian kala II dimana serviks sudah membuka lengkap sampai 10 cm atau kepala janin sudah tampak, kemudian dilanjutkan dengan kala III persalinan yang dimulai dengan lahirnya bayi dan berakhir dengan pengeluaran plasenta. Perdarahan postpartum terjadi setelah kala III persalinan selesai (Saifuddin, 2002).

2.1.2 Penyebab Hemorrhagic Postpartum

Penyebab Hemorrhagic Postpartum antara lain : 1. Atonia uteri 50% - 60% 2. Retensio plasenta 16% - 17% 3. Sisa plasenta 23% - 24% 4. Laserasi jalan lahir 4% - 5% 5. Kelainan darah 0,5% - 0,8% (Mochtar, 1995).

2.1.3 Klasifikasi Hemorrhagic Postpartum

Klasifikasi klinis hemorrhagic postpartum yaitu (Manuaba, 1998) : 1. Hemorrhagic Postpartum Primer yaitu perdarahan pasca persalinan yang terjadi dalam 24 jam pertama kelahiran. Penyebab utama perdarahan postpartum primer adalah atonia uteri, retensio plasenta, sisa plasenta, robekan jalan lahir dan inversio uteri. Terbanyak dalam 2 jam pertama.

gejala-gejala baru tampak pada kehilangan darah sebanyak 20%. Kehilangan banyak darah tersebut menimbulkan tanda-tanda syok yaitu penderita pucat.2.5 Diagnosis Hemorrhagic Postpartum Diagnosis hemorrhagic postpartum dapat digolongkan berdasarkan tabel berikut ini : . tekanan darah rendah. atau sisa plasenta yang tertinggal. 2. dan lain-lain (Wiknjosastro. 2005).4 Gejala Klinik Hemorrhagic Postpartum Seorang wanita hamil yang sehat dapat kehilangan darah sebanyak 10% dari volume total tanpa mengalami gejala-gejala klinik. penyusutan rahim yang tidak baik.1. ekstrimitas dingin. 2. Perdarahan postpartum sekunder disebabkan oleh infeksi. denyut nadi cepat dan kecil. Gejala klinik berupa perdarahan pervaginam yang terus-menerus setelah bayi lahir. Hemorrhagic Postpartum Sekunder yaitu perdarahan pascapersalinan yang terjadi setelah 24 jam pertama kelahiran.1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful