PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA PENGADAAN PERLENGKAPAN TERNAK AYAM T.A 2013

PENGURUS KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM“SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS

Pembuatan Kandang 2. 03 Mei 2013 Nomor Lampiran Perihal : 01 /KTA-SJ/V/ 2013 : 1 (satu) berkas : Permohonan Bantuan Dana Budi Daya Ayam Potong Kepada Yth. kami ucapkan terima kasih. Akhirnya atas perkenan bantuan dari Bapak. Biaya obat. Bapak Bupati Bengkalis Cq. dengan harapan semoga bisa di realisasikan. Biaya pembelian bibit ayam 3. KEPALA DESA SELATBARU M.obatan serta perawatan ayam Demikianlah proposal permohonan bantuan dana ini kami sampaikan. Biaya pembelian makanan ayam 5.hari tidak lepas dari pertanian maupun usaha perdagangan menengah kebawah. Sekda Kabupaten Bengkalis di Bengkalis ‫ﺑﺴﻢ ﷲ ﺍﻟﺮﺣﻤﻥﺍﻟﺭﺣﻳﻡ‬ Sebelumnya kami mendoakan semoga Bapak/Ibu dalam keadaan sehat wal’afiat dan selalu mendapat lindungan allah SWT dalam menjalankan aktifitas sehari.hari. Biaya tambahan tempat makan dan minum ayam 4. dengan ini mengajukan permohonan bantuan untuk memfasilitasi kegiatan tersebut Bantuan tersebut akan dipergunakan untuk biaya-biaya sebagai berikut : 1.YUZA SOPYAN . Amin Sehubungan dengan semakin meningkatnya komsumsi dan permintaan akan daging ayam khususnya daerah lokal sendiri serta untuk meningkatkan pendapatan ekonomi bagi kami masyarakat kecil yang kegiatan sehari. KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS KETUA SEKRETARIS IRWANSYAH PUTRA Mengetahui.KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS Selatbaru.

Dalam hubungan ini. Kami mengharapkan permohonan kami dapat tanggapan positif yang menghasilkan. sehingga kami saat ini khususnya yang pada umumnya petani/peternak serta usaha perdagangn kecil yang tergabung dalam kelompok ternak ayam “SUMBER JAYA“ Desa Selatbaru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis masih dapat melaksanakan kegiatan sehari. untuk menigkatkan ekonomi kerakyatan.hari.hari tidak lepas dari usaha seperti berdagang petani dan peternak. kami yang tergabung dalam kelompok usaha ternak Ayam potong “SUMBER JAYA“ mengusulkan atau mengajukan permohonan bantuan dana modal usaha. mengingat semakin meningkatnya komsumsi dan permintaan akan daging ayam tersebut. Selanjutnya dalam peternakan ayam potong ini mempunyai peluang usaha yang baik.Bantan Kabupaten Bengkalis KETUA IRWANSYAH PUTRA . hal ini bukan saja bagi pengembangan usaha tetapi juga merupakan pendorong untuk peningkatan ekonomi rakyat dan kesejahteraan masyarakat. dalam beternak ayam tersebut juga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi bagi kami masyarakat yang kegiatan sehari. Dengan rahmat Allah yang maha Pengasih yang telah melimpah karuniaNya.KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadhirat Allah SWT salawat dan salam buat buat Nabi Muhammad SAW. senada dengan tujuan pemerintah. Kelompok Usaha Ternak Ayam “SUMBER JAYA“ Desa Selatbaru Kec. keluarga khususnya kami anggota kelompok usaha ternak ayam potong “SUMBER JAYA“ Demikianlah permohonan bantuan ini kami sampaikan dengan maksud dan tujuan yang sama.

PENDAHULUAN Berdagang merupakan suatu profesi yang sudah bertahun kami tekuni yakni perdagangan kecil dengan menggunakan modal ringan serta mengharapkan keuntungan yang tidak sebanding dengan waktu dan keringat yang telah di keluarkan karena pengaruh tingginya harga bahan.  Mencegah terjadinya masalah kesejahteraan sosial dilingkungan keluarga anggota. Untuk itu melalui proposal ini kami mengharapkan perhatian dan bantuan langsuang dari bapak untuk mewujudkan peluang usaha yang akan kami rintis dan yang akan kami kelola ini. Sehubungan dengan Hal tersebut diatas. B. MAKSUD DAN TUJUAN a. sebagai tambahan modal usaha. Maksud Salah satu usaha kepedulian terhadap kelompok masyarakat untuk menigkatkan penghasilan pendapatan ekonomi anggota kelompok. Kami mengharapkan supaya usaha kami jalankan ini lebih berkembang. melirik peluang usaha ternak Budi Daya Ayam Potong yang mempunyai peluang usaha yang baik karna semakin tingginya permintaan komsumsi pasar akan daging ayam tersebut. Kami dari kelompok sangat mengharapkan pemerintah melalui dinas terkait dapat merealisasikan permohonan kami ini sesuai dengan yang kami harapankan. Tujuan  Menciptakan lapangan usaha baru disamping pekerjaan yang telah sedia ada bagi anggota – anggota kelompok dan masyarakat. senasib dengan latar belakang yang tidak jauh berbeda. . Namun demikian usaha tersebut tidak akan terealisasi dengan sebaiknya jika tidak didukung dengan modal serta peralatan yang diperlukan.A. untuk itulah kami mencoba dan mengharapkan bantuan kepada pemerintah untuk membantu usaha kelompk kami ini berupa bantuan dana. Dengan jumlah penghasilan yang pas pasan.hari. kami dari beberapa orang warga masyarakat merasa seprofesi. dengan hasil berdagang yang kami miliki tersebut untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari.  Untuk memantapkan keberadaan ( eksistensi ) dan mengembangkan usaha yang telah dimiliki anggota kelompok.  Memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sedia ada untuk kesejahteraan masyarakat  Menigkatkan Perekonomian Keluarga masing-masing anggota kelompok  Menigkatkan sumber pendapatan demi kelangsungan dan kesejahteraan anggota. b.

6. MAKSUD Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada latar belakang maka dapat dijelaskan bahwa tujuan pengajuan Proposal ini adalah.     TUJUAN Menciptakan usaha kecil yang mampu bersaing dan meningkatkan produksi Memupukkan semangat usaha mandiri kreatif dan inofatif Menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengguran Menjadikan usaha kecil-menengah sebagai jasa kekuatan perekonomian daerah Kabupaten Bengkalis . 7. TENAGA KERJA Tenaga yang kami miliki baru 6 (Enam) orang yang terdiri saya sebagai pemilik usaha dan 5 (Lima) orang tenaga bantu. Mohon Bantuan Dana dan Perlengkapan Ternak Ayam kerja dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan pendapatan.5.

000 Rp 2. Atap Rumbia c.000 50.000 60.000.000 Rp 45.500.000 Ekor Rp Unit Bh Rp Rp TOTAL Rp. Pembelian Kayu Broti b.000 1.000 Rp 15.000 5.RINCIAN ANGGARAN BIAYA (RAB) NO 1 URAIAN Biaya Pembuatan Kandang Ayam (15 x 4 m) a.000. Kawat Jala d.500.000 Rp 2.000.000. Pembelian Papan c.000 7.000 VOLUME / SAT HARGA SATUAN JUMLAH HARGA Rp 22. Pembelian Tempat Minum Ayam Otomatik Tempat Makan Ayam Biaya Obat dan Perawatan Ayam Biaya Pembelian Makanan Ayam Biaya Pembelian Bibit Ayam Mesin Air Lampu 3 3 5000 200 70 100 100 4 3 2000 2 100 M3 M3 Lbr M2 Bh Bh Bh Bln Bln Rp 2.500.000.000 5.000.000. 3.000 70.600.000 4.200.000.000 8. Kayu Tiang 2.- KETUA BENDAHARA IRWANSYAH PUTRA SUSILAWATI .200.000 50.000 Rp Rp Rp Rp Rp 4.000.000.126.000.000 5. 6.500 21. 5.000 Rp Rp 7. 4.000 Rp Rp Rp Rp Rp 4.000 6.200. 8.000 500. 7.000 Rp Rp Rp 10.

semoga dapat memberikan gambaran sekaligus membangkitkan semangat mulia dan niat ikhlas dalam rangka upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anggota kelompok usaha ternak ayam “SUMBER JAYA“ dan kita semua sebagai manusia yang secara professional memberikan dukungan dan sumbangan dalam berbagai bentuk.PENUTUP Demikian proposal ini dibuat. Akhirnya semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan dan bimbingan kepada kita semua untuk tetap berada dalam perlindunganNya dan mendapat Ridho dari Allah SWT. KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS KETUA SEKRETARIS IRWANSYAH PUTRA M.YUZA .

Sekretaris 3.YUZA Mengetahui. untuk dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya. KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS KETUA SEKRETARIS IRWANSYAH PUTRA M. telah diadakan rapat pembentukan Kelompok Usaha Ayam Ternak yang diberi nama “ KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM SUMBER JAYA” Dengan Susunan Pengurus Sebagai Berikut : 1.MIFTAHUDDIN .BERITA ACARA MUSYAWARAH PEMBENTUKAN KELOMPOK TERNAK AYAM Pada hari ini kamis tanggal satu bulan Maret tahun Dua Ribu Dua Belas bertempat dirumah kediaman saudara Irwansyah putra di Desa Selatbaru Kecamatan Bantan. Ketua 2. Bendahara ANGGOTA : IRWANSYAH PUTRA : M.ADAM MULHADI .YUZA : SUSILAWATI : .TAJUDDIN Demikian Berita acara ini dibuat dengan sebenarnya dan diketahui oleh Kepala Desa Selatbaru Kecamatan Bantan. KEPALA DESA SELATBARU SOPYAN .

S Kasim RT 02/ RW 01 Jl. KEPALA DESA SELATBARU SOPYAN .S Kasim RT 02/ RW 01 Jl.S .YUZA SUSILAWATI MIFTAHUDDIN ADAM MULHADI TAJUDDIN Alamat Jl.S .S Kasim RT 02/ RW 01 Jl.S Kasim RT 02/ RW 01 Tanda Tangan KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” DESA SELATBARU KECAMATAN BANTAN KABUPATEN BENGKALIS KETUA SEKRETARIS IRWANSYAH PUTRA M.S .DAFTAR HADIR MUSYAWARAH PEMBENTUKAN KELOMPOK USAHA TERNAK AYAM “SUMBER JAYA” NO 1 2 3 4 5 6 Nama IRWANSYAH PUTRA M.S .Jendral Sudirman RT 01/ RW 01 Jl.YUZA Mengetahui.S Kasim RT 02/ RW 01 Jl.S .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.