ANATOMI HYPOTALAMUS DAN PITUITARY Kelenjar Pituitary, atau kelenjar Hipofisis adalah sebuah kelenjar endokrin kecil yang

terletak di rongga tulang pada basis otak di bawah hypothalamus. Kelenjar Pituitary terhubung dengan hypothalamus melalui tangkai penghubung tipis.

Kelenjar Pituitary terdiri dari lobus anterior dan posterior Kelenjar Pituitary memiliki dua lobus bila ditinjau secara anatomi dan fungsinya; Pituitary posterior dan Pituitary anterior. Pituitary posterior terdiri dari jaringan saraf dan demikian juga disebut neurohypophisis. Pituitary anterior terdiri dari jaringan epitel glandular dan karena itu juga disebut adenohypophisis (adeno berarti ‘glandular’). Pituitary anterior dan posterior mempunyai lokasi yang sama. Pada beberapa species , adenohypophysis juga termasuk lobus ketiga, didefinisikan sebagai intermediate lobe, tetapi manusia kekurangan lobus ini. Pada vertebrata golongan rendah, lobus intermediate mensekresikan beberapa Melanocyte-stimulating hormones (MSH), yang mengatur pewarnaan kulit dengan mengontrol penyebaran granula-granula yang mengandung pigmen melanin. Dengan menyebabkan penggelapan kulit pada jenis amphibi tertentu, reptile, dan ikan; MSH memainkan peran vital pada kamuflase spesies-spesies ini.

bagian dari pituitary anterior yang secara singkat muncul sebagai pemisah lobus intermediate selama masa perkembangan fetus. Hal ini tidak mencakup perbedaan-perbedaan dalam jumlah melanin yang terdeposit dalam kulit pada bermacam-macam ras.Pada manusia. walaupun kelebihan MSH mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap. memungkinkan mengembangkan memory dan pembelajaran. . Selain itu. MSH muncul untuk menekan sistem imun. MSH pada manusia memainkan peran yang jauh berbeda dalam membantu mengontrol asupan makanan. MSH juga muncul mempengaruhi rangsangan terhadap sistem saraf. Dengan demikian. memungkinkan membantu dalam pemeriksaan dan keseimbangan dalam mencegah respon imun berlebih. mensekresikan sejumlah kecil MSH. Tidak juga dalam proses pencoklatan kulit.