P. 1
Peran Dan Fungsi Bidan Di Tempat Kerja

Peran Dan Fungsi Bidan Di Tempat Kerja

|Views: 315|Likes:

More info:

Published by: MegayanaYessyMaretta on Jun 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2015

pdf

text

original

A. Praktek Mandiri (BPM) Peran dan fungsi bidan BPM, yaitu : 1. Sebagai pelaksana.

Tugas seorang bidan BPM meliputi tugas mandiri (tugas yang menjadi tanggung jawab bidan sesuai dengan kewenangannya), tugas kolaborasi (tugas yang dilakukan oleh bidan sebagai anggota tim yang kegiatannya dilakukan secara bersamaan atau sebagai salah satu urutan dari proses kegiatan pelayanan kesehatan), dan tugas rujukan (tugas yang dilakukan oleh bidan dalam rangka rujukan ke sistem pelayanan kesehatan lain secara vertikal maupun horisontal). 2. Sebagai pengelola yaitu mengelola kegiatan dan praktek kebidanan yang dijalankannya sendiri sesuai dengan kewenangan bidan. 3. Sebagai pendidik yaitu memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada klien khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana serta melatih dan membina mahasiswa bidan/keperawatan yang menjalankan praktek di tempat kerjanya. 4. Sebagai peneliti yaitu mampu melakukan pengkajian dan pamantauan kesehatan klien dengan mengacu pada tujuh langkah Varney. Dalam hal ini seorang bidan dituntut untuk memiliki kemampuan sebagai seorang peneliti. B. Masyarakat (RS, RB, dan Puskesmas) Peran dan fungsi seorang bidan di masyarakat meliputi : 1. Sebagai pelaksana. Tugas bidan sebagai seorang pelaksana di masyarakat meliputi tugas mandiri, tugas kolaborasi, dan tugas rujukan yang ditujukan kepada individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat. 2. Sebagai seorang pendidik yaitu berupaya merubah perilaku masyarakat di wilayah kerjanya sesuai dengan kaidah kesehatan dengan cara memberikan penyuluhan di bidang kesehatan (khususnya ibu, anak, dan keluarga berencana), memberikan pendidikan kesehatan kepada kelompok keluarga yang beresiko tinggi dan masyarakat setempat, memberikan pendidikan dan pelatihan kesehatan kepada kader-kader dan dukun bayi setempat, membina kelompok dasawisma setempat di bidang kesehatan, dll. 3. Sebagai pengelola yaitu bertugas dalam merencanakan, mengorganisasi, menggerakan, dan mengevaluasi pelayanan kebidanan yang dilakukannya secara langsung/ tidak langsung di unit puskesmas, polindes, posyandu, dsb serta berupaya untuk membina dan menggerakan peran aktif masyarakat dalam kegiatan komunitas.

dan masyarakat serta berperan dalam merencanakan program-program di masyarakat luas yang berkaitan dengan kesehatan. Sebagai peneliti yaitu berperan dalam melakukan penelitian di bidang kesehatan baik secara mandiri maupun kelompok. Sebagai seorang peneliti yaitu mengadakan investigasi dan penelitian kesehatan serta gizi di masyarakat sebagai dasar dalam penyusunan program-program kesehatan masyarakat. melahirkan. melaksanakan. hamil. keluarga. keluarga. hingga lanjut usia dan keluarga berencana. 3. anak. Sebagai seorang pendidik yaitu memberikan pendidikan kepada mahasiswa kebidanan/keperawatan mengenai segala aspek yang berkaitan dengan program-program kesehatan masyarakat maupun kepada individu. Sebagai seorang pendidik yaitu memberikan pendidikan kepada mahasiswa kebidanan/keperawatan/kesehatan yang lain mengenai segala aspek yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak dalam semua siklus kehidupan wanita mulai dari pra nikah. dan keluarga berencana sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan kinerja seorang bidan di sebuah institusi pendidikan dan sebagai bahan ajar. keluarga. dan masyarakat secara langsung ketika terjun ke tengah-tengah masyarakat. D.4. 3. Sebagai seorang peneliti yaitu mengadakan penelitian dalam bidang pendidikan dan kesehatan khususnya kesehatan ibu. Dinas Kesehatan Seorang bidan yang bekerja di dinas kesehatan memiliki peran dan fungsi sebagai berikut : 1. Seorang bidan harus mampu mengkaji perkembangan kesehatan individu. 4. Sebagai seorang pelaksana yaitu menjalankan tugas kolaborasi dengan disiplin ilmu lain baik lintas program maupun sektoral. remaja. . Sebagai seorang pengelola yaitu merencanakan. Sebagai seorang perencana yaitu melakukan perencanaan pelayanan kebidanan kepada individu. 4. dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang dijalankannya. 2. anak. mengorganisasikan. nifas. dan masyarakat dengan berdasarkan pada tujuh langkah Varney. 2. C. Institusi Pendidikan Peran dan fungsi yang dijalankan seorang bidan di institusi pendidikan yaitu : 1. Sebagai pelaksana yaitu menjalankan tugas kolaborasi dengan disiplin ilmu lain yang berkaitan dengan tugas utamanya di sebuah institusi pendidikan sebagai seorang pendidik.

PERAN DAN FUNGSI BIDAN DI TEMPAT KERJA Disusun untuk memenuhi tugas Uji Kompetensi Dasar 1 Mata Kuliah Konsep Kebidanan Oleh : MEGAYANA YESSY MARETTA R0109019 PROGRAM STUDI D IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2013 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->