1. Apa Peran dari Data Link Layer pada OSI ?

Data Link layer berfungsi menangani kesalahan transmisi, serta memberikan layanan ke network layer
error correction
Untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnya Media Access Control Address (MAC Address), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan seperti hub, bridge, repeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
2. Sebutkan Bagian-bagian dari Header Frame dibawah ini ? 3. Sebutkan lapisan –lapisan Pada Standar IEEE 802, padanan pada OSI Data Link Layer ? juna

Standar Layer Protocol 802 Sebelum membahas kelemahan dan peningkatan keamanan protocol 802.11, kita harus mengetahui dahulu konstruksi layer pada protocol 802. Gambar-1 berikut ini menunjukkan perbandingan layer-layer pada protocol 802 dengan model OSI.

11 Wi-Fi ? ajeng LAN nirkabel protokol Lingkungan yang rapuh .11a. Sebutkan Faktor-faktor yang mempengaruhi Metode Media Access Control (MAC) pada jaringan ? juna A. maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). CSMA/CA didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802. CSMA/CD merupakan metode akses jaringan yang paling populer digunakan di dalam jaringan lokal. Sebutkan Ciri dari Metode Controlled Access pada shared media ? ajeng 8. Sebutkan dan jelaskan Metode Media Access Control (MAC) pada Shared Media ?  Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD): metode ini digunakan di dalam jaringan Ethernet half-duplex (jaringan Ethernet full-duplex menggunakan switched media ketimbang menggunakan shared media sehingga tidak membutuhkan metode ini). 10.4. Media sharing . sementara untuk jaringan nirkabel didefinisikan dalam IEEE 802. jika dibandingkan dengan teknologi metode akses jaringan lainnya. Sebutkan karakteristik teknologi 802.3.11g. CSMA/CD didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802. Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Untuk AppleTalk. seperti halnya IEEE 802. 7.If and how the nodes share the media B. IEEE 802. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision). Tidak ada pengakuan . Tipe koneksi apa pada kabel UTP yang digunakan pada Router Console ? juna Koneksi : Rollover .How the connection between the nodes appears to the Data Link layer 6.11b. risiko frame hilang.banyak gangguan. serta IEEE 802.11. Dalam mekanisme kontrol akses. pertengkaran. Topology . 5. Jelaskan Teknologi Ethernet dengan CSMA/CD distandarkan oleh IEEE sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya.  Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA/CA): metode ini digunakan di dalam jaringan dengan teknologi AppleTalk dan beberapa bentuk jaringan nirkabel (wireless network).ulang frame. LAN modern termasuk pada lingkungan (environment) yang mana? 9. Setiap transmisi harus diakui. Banyak mekanisme kontrol dalam bingkai.3 yang dirilis oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE).

Apa tujuan proses Encoding pada Physical Layer? ajeng Hal ini dapat relatif sederhana pada kecepatan yang sangat rendah dengan bit yang dikonversi langsung ke sinyal. Sebutkan Encoding yang tepat dengan perangkat 100Base-Fx Ethernet dan GigabitEthernet? juna Fast Ethernet Gigabyte Ethernet . satu untuk menerima (RX) dan yang lainnya untuk mengirimkan (TX). 13.11. maka langkah sinyal mana pulsa elektrik diletakkan pada kabel tembaga atau pulsa cahaya yang memakai kabel serat optik. LC. ST. Ini menggunakan 1300 nm dekat. 10 Mbit / s versi atas serat optik. atau MIC MTRJ konektor dengan SC menjadi pilihan yang lebih disukai.600 ft) untuk full-duplex melalui multi-mode serat optik . 100BASE-FX menggunakan pengkodean 4B/5B sama dan NRZI kode baris yang tidak 100BASE-TX. Dalam Pengiriman frame via media lokal meminta adanya elemen-elemen pada Physical layer.310 kaki) untuk halfduplex koneksi (untuk memastikan tabrakan terdeteksi). dan 2 kilometer (6. [6] 100BASE-FX adalah tidak kompatibel dengan 10BASE-FL . Menerjemahkan bit data kedalam sinyal supaya dapat dikirmkan. Pada kecepatan yang lebih tinggi ada langkah coding. Panjang maksimum adalah 400 meter (1. 100BASEFX harus menggunakan SC. Apa yang Anda ketahui dengan label “100Base-FX Ethernet”pada suatu teknologi jaringan ? 100BASE-FX adalah versi Fast Ethernet lebih dari serat optik . Sebutkan elemen-elemen yang ada pada physical layer tersebut? Media fisik dan konektor terkait (Misalnya Kabel UTP dengan konektor RJ-45) Representasi bit di media Encoding data dan kontrol informasi Jalur transmitter dan receiver pada perangkat jaringan 12.inframerah (NIR) cahaya panjang gelombang yang ditransmisikan melalui dua helai serat optik. 14.

• Kepekaan kabel ini terhadap noise membuat tidak semua gangguan (interference) dapat dihapuskan. • Twisted pair terdiri dari 2 kawat tembaga yang diplintir bersama-sama. Melalui proses apa pada kabel UTP untuk menghindari crosstalk? Adalah suatu penghubung antar sinyal yang tidak diinginkan.  Dapat terjadi oleh hubungan elektrikal antara kabel yang letakknay berdekatan dan dapat pula karena energi gelombang microwave. untuk yang digunakan pada jarak jauh dapat terdiri dari ratusan pasangan (contoh kabel telepon). Untuk menghindari crosstalk dan interference pair konduktor di plintir (twist). • Biasanya digunakan untuk jarak yang amat jauh untuk telepon lokal dan transmisi data. ketika digunakan pada jarak yang amat jauh.15. • Twisted pair dapat digunakan untuk jarak pendek ( biasanya lebih rendah dari 10 mil ). . • Plintiran akan mengurangi gangguan crosstalk antara kabel yang bersebelahan dan membatasi medan elektromagnetis . • Biasanya jumlah pasangan yang disatukan dalam kabel.  Dapat mendukung 155Mbps pada transmisi jarak pendek (kurang dari 30ft). • Akan terjadi pembatasan bandwidth. • Menghasilkan “local loop” telepon namun bandwidth terbatas. • Pada jarak jauh membutuhkan repeater untuk regenerasi sinyal.

teknologi LAN paling populer Digunakan pada 802. sebutkan kabel UTP yang sering digunakan Teknologi Gigabit Ethernet ? Kabel UTP Category 7 Gigabit Ethernet (1Gbps). Berdasar Standar EIA/TIA. Apa Keuntungan menggunakan kabel Fiber Optik dibanding kabel tembaga (Copper Cable) ? ajeng UTP copper Fibre optic Max 100 m length Noise problems Within building only Cheaper Easier to install 100km or 2km No noise problems Within/between buildings More expensive Harder to install 20. frekwensi signal 400 MHz 19. letakkan konektor secara benar 18. Bagaimana cara untuk menghindari masalah “noise” pada perangkat komunikasi dalam jaringan ? ajeng membuuat metal shielding seperti aluminium foil Gunakan twisting pair Menghindari adanay routing yang banyak Terminasi yang ht2. Apa tujuan dari Cladding dalam Kabel Fiber Optik tsb? . Sebutkan teknologi yang sesuai dengan Manchester Encoding ? ajeng Digunakan pada Ethernet.3 baseband coaxial cable CSMA/CD twisted cable 17.• Sangat luas digunakan untuk jaringan kabel dalam ruangan (intrabuilding cabling). 16. Berdasarkan gambar berikut.

terpantul. Bahan bangunan dapat memblokir sinyal. Bersama.tetapi NIC dari komputer pengirim akan mendeteksi bahwa tabrakan telah terjadi sehingga mereka dapat mengirim ulang data . Jelaskan terkait dengan mekanisme akses algoritma CSMA/CD yang anda ketahui? Metode akses CSMA / CD dia paling umum metode akses yang digunakan pada LAN saat ini adalah CSMA / CD . Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan spectrum. Kelongsong sendiri ditutupi dengan lapisan plastik dan bahan kekuatan bila perlu. yang merupakan singkatan dari Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection. Untuk memahami apa CSMA / CD. Keamanan merupakan masalah besar. Diameter cladding 125 biasanya m. oven microwave . Kerahasiiaan dan keamanan data kurang begitu terjamin. dan merupakan lapisan yang mengelilingi inti serat. 21. memantulkan kembali cahaya ke dalam inti. mari kita istirahat nama ke dalam bagian-bagian tiga komponen:    Carrier-Sense: Ini berarti NIC (atau network interface card) pada setiap komputer pada jaringan "mendengarkan" dan indra apakah ada lalu lintas di kabel sebelum pengiriman. Sebutkan masalah yang ada pada teknologi Wireless ? ajeng peralatan mahal. Dpt di atasi dg teknik modulasi.ektronnika sehingga dpt mnurunkan biaya Delay cukup besar. masalah propagansi radio ( terhalang. El. teknik antenna diversity dan tknik spread spectrum. Interferensi dari komunikasi nirkabel lainnya. mereka membentuk satu serat yang solid dari kaca yang digunakan untuk transmisi cahaya. lampu neon. telepon nirkabel. Multiple Access: Ini berarti semua komputer memiliki akses ke kabel pada suatu waktu tertentu (membuat ini metode contention dari kontrol akses). 22. Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi Cladding juga terbuat dari kaca. dan banyak sumber interferensi).Cladding adalah selubung dari core. Cladding adalah selubung kaca yang mengelilingi inti. jika dua komputer mengirim data pada waktu yang tepat sama . Collision Detection: Ini berarti bahwa tabrakan dapat terjadi. Cladding bertindak seperti cermin. Di siasati dg mengembangkan dan memproduksi komp.

0.mereka. dan Broadcast ID serta range host id yang valid dari masing-masing divisi. Tentukan desain penggunaan IP address pada kantor tersebut. Bagaimana Cara menyingkirkan/menghindari adanya “Collision” pada Teknologi Ethernet? Sebutkan dan jelaskan cara mengkonfigurasi Router via Remote Sebutkan data konfigurasi yang ada pada Router dan area Penyimpan yang anda ketahui? Terdapat perintah “ ITTelkom(config)#line vty 0 4”. ABC ingin mengimplementasikan sebuah jaringan komputer. Divisi C:50. 23. Dan jawablah pertanyaan di bawah ini: a) Tentukan Gateway. Divisi E:30.64. Sebutkan mode saat memulai untuk melakukan setting File konfigurasi ? 28. PT.70. 26. dimana jumlah komputer yang terdapat pada masing-masing divisi adalah Divisi A : 50 Divisi B : 50. b) Jika masing-masing komputer mendapatkan 1 IP address. Jelaskan apa yang anda bisa ketahui terkait dengan perintah tsb? 27. 24. hitung jumlah total IP address valid yang TIDAK digunakan. Jika ditentukan alamat jaringan yang hendak digunakan adalah 201. 25. c) Buatlah Desain jaringan yang memungkinkan dengan perangkat dan media penghubung yang valid (boleh dengan Packet Tracer ) (IP address yang valid adalah IP address yang bisa digunakan dalam sebuah device) .ABC tersebut terdiri dari 5 Divisi. Sebutkan perintah-perintah untuk meninggalkan mode konfigurasi menuju Mode Privileged EXEC ? 29. Divisi D:30. Network ID. Sebuah perusahaan PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful