P. 1
Mekanika Klasik

Mekanika Klasik

|Views: 27|Likes:
Published by robynson banik
Mekanika Klasik
Mekanika Klasik

More info:

Published by: robynson banik on Jun 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/20/2014

pdf

text

original

Tugas II

MEKANIKA KLASIK
Dosen Pengampuh : Dr. Harsoyo

Anggraeni Dwi Susilawati Saaduddin

339927 339989

S2 Ilmu Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada 2013

0

.1. Perhatikan Gambar berikut Pelek tidak bermassa a Tali sepanjang l ω Tali sepanjang l ωt θ Tali sepanjang l Tali sepanjang l m Tali sepanjang l Tunjukkan persamaan geraknya adalah Dimana ω = 0 dan Jawaban Sistem koordinat dari titik adalah Dengan kecepatan adalah Dengan mendiferensialkan sekali lagi akan diperoleh komponen percepatan sebagai berikut Persamaan Lagrange secara umum adalah L = T – V 1 .

Dengan dan Sehingga persamaan lagrange untuk masalah ini L Dengan mendiferentialkan persamaan Lagrange di atas akan diperoleh Subtitusi hasil di atas pada Persamaan Lagrange berikut Sehingga diperoleh 2 .

maka maka Dipenuhi oleh persamaan 3 . Perhatikan gambar di bawah ini! θ Carilah kendalanya! Tunjukkan penyelesaiannya Buktikan gaya-gaya kendalanya Penyelesaian: Berdasarkan gambar di atas diperoleh bahwa Untuk Untuk Sehingga.  g sin   0 Jika ω= 0 maka  l 2.

 Terhadap x 4 .Dikarenakan terdapat dua gaya kendala. maka dua fungsi untuk masing-masing kendala adalah Lagrangan untuk kasus di atas adalah Dimana Sehingga lagrangannya menjadi Persamaan Lagrange untuk dua gaya kendala seperti pada kasus di atas adalah Pada kasus di atas. θ. y. terdapat tiga variabel kendala yaitu terhadap x.

 Terhadap θ 5 .  Terhadap y Sehingga.Sehingga.

Sehingga. Gaya kendala pada kasus di atas adalah 2  1 tan  Peyelesaiannya. 6 .

7 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->