Info Tes esehatan

Tes-tes Kesehatan Yang Anda Perlukan

Meaning of Treatment :

KANKER PAYUDARA American Cancer Society (ACS) menyatakan, sejak usia 20-tahunan, seharusnya para wanita sudah dapat memeriksa sendiri payudaranya, paling tidak setiap bulan. Antara usia 20 -30 tahun, para wanita sudah harus tes mammogram paling tidak setiap tiga tahun sekali. Serta setiap tahun ketika mencapai usia 40 tahun atau lebih. KANKER PROSTAT Mulai usia 50 tahun, semua pria yang mempunyai harapan hidup paling tidak 10 tahun, sebaiknya melakukan tes darah PSA dan digital rectal exam setiap tahunnya. Para pria yang keluarga dekatnya pernah ada yang menderita kanker prostat juga harus melakukan tes, bahkan pada usia yang lebih dini, paling tidak pertengahan 40.

KANKER USUS ACS menyatakan, mulai usia 50 tahun, baik wanita ataupun pria sebaiknya melakukan kelima tes berikut:

FOBT (fecal occul blood tes) tahunan.

Flexible Sigmoidoscopy setiap 5 tahun sekali.

FOBT setiap tahun plus Sigmoidoscopy setiap lima tahun.

termasuk mengetahui kadar LDL """"yang jahat"""" dan HDL """"yang baik"""" serta kadar trigliserid. Juga penting untuk mengecek kulit sendiri kira-kira sebulan sekali. baik ukuran. Tes akan dilakukan terus. setiap tahun. KANKER KULIT ACS menyarankan check-up yang kira-kira berhubungan dengan kanker kulit ini. Bercak pada kulit yang berubah. sampai kemudian dinyatakan normal oleh dokter. Penderita yang mempunyai faktor risiko harus memulai tes lebih dini dan lebih sering.40 tahun dan setiap tahun untuk mereka yang berumur 40 atau lebih. KOLESTEROL Setiap orang dewasa yang berumur 20 tahun atau lebih seharusnya melakukan tes dengan puasa untuk mengetahui kadar kolesterol. harus segera dikonsultasikan kepada dokter. yang mempunyai riwayat mengidap diabetes di dalam keluarganya.Bahkan wanita yang sudah mengalami menopause pun tetap perlu menjalani pap tes secara teratur.Untuk semua hasil yang positif harus diikuti dengan Colonoscopy. KANKER LEHER RAHIM (SERVIKS) Wanita segala usia yang aktif atau pernah melakukan aktivitas seksual disarankan untuk tes papsmear. bentuk atau warnanya. setiap lima tahun sekali. DIABETES Orang-orang dengan risiko diabetes rendah pun harus menjalani tes puasa gula darah setiap 3 tahun sekali sejak berumur 45 tahun. hingga mencapai tiga kali tes berturut-turut atau lebih. Apalagi orangorang dengan risiko tinggi. termasuk pengetesan kulit setiap 3 tahun untuk mereka yang berumur 20 . disarankan melakukan tes lebih dini dan lebih sering.Double-contrast barium enema setiap lima tahun sekali. OSTEOPOROSIS The National Osteoporosis Foundation menyarankan para wanita yang telah .

Berikut ini panduan tes kesehatan sesuai usia untuk seluruh keluarga : Dari lahir-2 tahun Riwayat kesehatan Termasuk juga di dalamnya riwayat keluarga dan riwayat medis. Dengan begitu. Contohnya saja seperti berat badan .tabloidnova. Informasi ini berguna untuk menentukan penyakit yang mungkin timbul saat anak dewasa. Anda dapat memonitor kesehatan tubuh Anda dan dapat segera menangani penyakit sesegera mungkin.php?name=/testes-kesehatanyang-anda-perlukan&channel=kesehatan%2Fumum Info Tes esehatan Tes Kesehatan Sesuai Usia (Dari lahir-6 tahun) Meaning of Treatment : Sangatlah penting untuk melalukan medical check up secara teratur.mengalami menopause. Periksakan TBC Karena sistem imun anak belum tumbuh dengan sempurna. mempunyai berat kurang dari normal. Sumber : http://www. merokok. maka mereka adalah sasaran empuk infeksi (termasuk TBC).com/article. Namun tidak usah khawatir karena gejala TBC cukup terlihat. juga semua wanita menopause berumur 50 tahun yang mempunyai faktor risiko atau tidak. semua wanita yang berusia lebih dari 65 tahun. termasuk pernah mengalami patah tulang setelah usia 40 tahun. untuk menjalani tes.

masalah mata pada anak dapat menimbulkan masalah serius yang umumnya sering menimbulkan sakit kepala. rendahnya prestasi sekolah. serta gangguan serius lainnya. tidak dilakukannya pemeriksaan secara dini menyebabkan masalah pendengaran terlambat diketahui.5 tahun. Pemeriksaan tekanan darah mulai usia 3 tahun. Pemeriksaan gigi Sumber : http://www.com/content. dan lingkar kepala Lakukanlah pemeriksaan berkala setiap 6 bulan sekali untuk memantau tumbuh kembangnya.menurun dan nafsu makan berkurang.php?s_sid=1755 Info Tes esehatan Tes Kesehatan Yang Penting Dilakukan Sebelum Menikah Meaning of Treatment : . Jika dibiarkan. Pada banyak kasus. Tes pendengaran Lakukanlah tes ini saat usia si kecil 1. berat badan. Karena dikhawatirkan anak-anak usia remaja dapat menderita hipertensi remaja. 2-6 tahun Pengukuran tinggi dan berat badan Lakukanlah kedua hal ini setiap tahun. Pemeriksaan mata Lakukanlah pemeriksaan ini saat anak berusia 3 hingga 4 tahun.info-sehat. Mengukur tinggi. Tes darah usia 9 hingga 12 bulan Khususnya bagi anak dengan resiko anemia dan kelainan darah lainnya.

Sedangkan alat kelamin pria tidak bersifat """"""""""""""""menampung"""""""""""""""" dan bisa langsung dibersihkan. Jika sang pasangan belum sembuh dari penyakit kelamin dan akan tetap menikah. seperti sifilis. bisa mempengaruhi kualitas keturunan. sebelum menikah harus diobati dulu sampai sembuh.Idealnya tes kesehatan pra nikah dilakukan enam bulan sebelum dilakukan pernikahan. Selain itu. masalah mungkin timbul pada kehamilan berikutnya. Infeksi Saluran Reproduksi/Infeksi Menular Seksual (ISR/IMS) Tes kesehatan untuk menghindari adanya penularan penyakit yang ditularkan lewat hubungan seksual.?Jika pada saat pengecekan ternyata ditemui ada masalah maka pengobatan dapat dilakukan setelah menikah. Caranya. dan penyakit hepatitis. Terkadang. jika misalnya seorang pria mengidap hepatitis B dan akan menikah. Tetapi. bayi pertamanya memiliki kemungkinan untuk ber-Rhesus negatif atau positif. gonorrhea. dengan imunisasi hepatitis B. Bila ternyata kehamilan yang kedua merupakan janin yang ber-Rhesus positif. jika ia ber-Rhesus positif. Padahal. pasangan suami-isteri tidak tahu Rhesus darah pasangan masing-masing.?Tes kesehatan pra nikah dapat dilakukan kapanpun selama pernikahan belum berlangsung. jika Rhesusnya bersilangan. Human Immunodeficiency Virus (HIV). Rhesus yang bersilangan Kebanyakan bangsa Asia memiliki Rhesus positif. Berikut ini adalah hal-hal penting terkait tes kesehatan bagi pasangan yang akan menikah: 1. Karena alat kelamin perempuan berbentuk V yang seakan """"""""""""""""menampung"""""""""""""""" virus. tidak ada masalah.?Jika seorang perempuan (Reshus negatif) menikah dengan laki-laki (Rhesus positif). sedangkan bangsa Eropa rata-rata negatif. kehamilan ini berbahaya. calon istrinya harus dibuat memiliki kekebalan terhadap penyakit hepatitis B tersebut. Karena antibodi antirhesus dari ibu dapat memasuki sel darah merah janin. Perempuan sebenarnya lebih rentan terkena penyakit kelamin daripada pria. . meskipun tidak menjamin 100 persen namun penggunaan kondom sangat dianjurkan. Jika bayi mempunyai Rhesus negatif. Jika salah satu pasangan menderita ISR/IMS. 2.

Antara lain status ekonomi (bekerja atau tidak bekerja) dan suasana di lingkungan keluarga. rahim. perlu juga dievaluasi risiko yang bersifat individual yang mungkin timbul terhadap kehamilan. Penyakit keturunan Tes kesehatan pra nikah bisa mendeteksi kemungkinan penyakit yang bisa diturunkan secara genetik kepada anak.?Dibutuhkan riwayat kesehatan dan kondisi sosialnya. dan memakai obat-obatan psikotoprika.Jika bertemu dengan pasangan yang sama-sama membawa sifat ini. Yang penting adalah solusi atau pencegahannya. minuman beralkohol. maka anak yang lahir tidak jadi albino. Dalam hal ini dilakukan pemeriksaan dengan tujuan agar kehamilan bisa dipersiapkan dan dijalankan dengan baik. toksoplasma). Ada juga pemeriksaan sel telur jik sebelumnya pasangan yang . jika istrinya juga membawa sifat albino. dan bagaimana hubungan dengan pasangan. pap smear (jika seorang perempuan aktif secara seksual). Cek Kesuburan (Fertilitas) Jika pasangan ingin segera punya anak.Sebaliknya. Kalau masih ingin punya anak. Sebaliknya. Termasuk perilaku-perilaku yang tidak mendukung kehamilan. aktivitas fisik. 4. Hanya saja perlu disepakati ingin punya anak atau tidak.Selain itu. Antara lain. 3. semisal albino. Antara lain usia (masih reproduktif atau tidak). maka anaknya pasti albino. Atau memilih tidak punya anak. Where to test : Pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui organ reproduksi juga diperlukan. level stres. level pendidikan. Misalnya suami membawa sifat albino tetapi istrinya tidak. Pernikahan tidak harus tertunda dengan halangan seperti ini. dan status kekebalan terhadap penyakit (rubella. ya risikonya nanti si anak jadi albino. tidak masalah jika si perempuan ber-Rhesus positif dan si pria negatif. pernikahan tidak harus dihentikan. semisal merokok. perlu menjalani konseling pra nikah. kondisi nutrisi.

Penyebab ketidaksuburan 45 persen disebabkan oleh pria dan 55 persen oleh wanita.bersangkutan dianggap infertil (sulit punya anak). . Jika ada kelainan atau infeksi harus dibersihkan dulu karena bisa menganggu proses kehamilan. tumor. atau keputihan. Pemeriksaan dengan USG (Ultra Sonografi) bisa melihat apakah seorang perempuan menderita kista. mioma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful