JENIS JENIS KOMPUTER BERDASARKAN UKURANNYA 1.

Komputer Super (Super Computer) Penjelasan : Super Komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an . Kelebihan : · Kecepatan proses yang tinggi . · Memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal . · Kemampuannya yang sangat luar . · Memiliki kemampuan untuk membaca/menyadap pelbagai data dari satelit Kekurangan : · Harga super komputer sangatlah besar dan mahal . · Pengguna super komputer biasanya negara-negara yang sudah maju ataupun perusahaan-perusahaan yang sangat besar . · Untuk pembelian sebuah super komputer harus mendapat persetujuan secara langsung dari presiden . Solusi : Solusi komputer super, karena harga super komputer sangat mahal, solusi dalam fungsi dan pemanfaatnya pun juga harus bermanfaat bagi user. apalagi yang mencakup kebutuhan dalam suatu negara atau perusahaan . super komputer harus dibuat user friendly dan hemat energi . Desain ukuran nya pun dibuat senyaman mungkin bagi user untuk kenyamanan dalam menggunakannya. 2. Komputer Besar (Large Computer) Penjelasan : Komputer Besar adalah komputer yang umumnya digunakan oleh perusahaan skala besar untuk mendukung operasionalnya. Beberapa aplikasi yang ditangani adalah pengolahan database berkapasitas besar. Kelebihan : Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu . Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user) . Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan . Menggunakan teknologi time sharring . Kecepatan kerja processornya hingga 1GOPS (Giga Operations Per Second) . Kekurangan : Karena ukurannya yang besar, maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya . Harganya sangat mahal .

· Dalam pengerjaan cukup membantu . · Sulit upgrade . · Tidak bisa digunakan untuk kegiatan yang besar . · Ukuran nya lebih kecil dari komputer yang berukuran besar . komputer menengah ini harus dibuat tahan lama dan dibuat untuk memudahkan user dalam mengupgrade apa – apa saja dibutuhkan user yang berguna untuk mendukung kinerjanya . karena jarang dibawa kemana .mana . karena komputer besar ini digunakan dalam ruangan besar . · Kerugian portabilitas . Kelebihan : · Mudah di operasikan . 3. 4. Biasanya digunakan untuk mempermudah bisnis . Komputer Kecil (Small Computer) Penjelasan : Komputer Kecil adalah komputer yang berukuran kecil dan ringan . Kelebihan : Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran komputer besar . Kekurangan : · Dalam pemakaian membuat user tidak nyaman karena ukuran nya kecil. Mudah dioperasikan . komputer ini harus dibuat untuk bisa user beradaptasi dalam penggunaannya dan hemat energi . agar user merasa nyaman ketika menggunakannya . desain ukuran nya harus lebih friendly. Kerjanya lumayan cepat. Solusi : . Solusi : Solusi komputer menengah ini . Komputer Menengah (Middle Computer) Penjelasan : Komputer Menengah adalah komputer yang ukuran nya middle atau sama rata . Ringan dibawa kemana – mana . Desain ukuran nya harus dibuat lebih kecil lagi. akan bisa dibawa kemana-mana . Kerjanya sangat lama . Membutuhkan daya listrik yang sangat besar . Solusi : Solusi komputer besar. · Tidak dapat memproses data yang sangat besar seperti komputer mainframe.Interface dengan pengguna masih menggunakan teks . Kekurangan : · Jarang dibawa ke berbeda tempat .

Kelebihan : Ukurannya yang sangat kecil dibandingkan dengan komputer mainframe. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah. Home Computer. · Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Komputer Mikro (Micro Computer) Penjelasan : Komputer Mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop. (GUI) .Solusi komputer kecil ini harus dibuat lebih banyak fitur pendukung dalam hal melakukan berbagai keperluan user dan dibuat lagi agar bisa memproses data yang besar. Kelebihan : · Keunggulan untuk memproses data · Mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Selain itu. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop. atau perkantoran. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC). · Ukuran fisiknya dapat sebesar almari kecil. · Seorang desain grafis akan lelah dalam mengedit file gambar di monitor LCD · LCD sempit yang membuat mata lelah si pengguna . Interfacenya sudah berupa grafik. Kekurangan : · Desain minimalis keyboard dan sempitnya LCD untuk pemakaian lama akan sangat tidak nyaman . Solusi : Solusi komputer mini dalam pemanfaatannya harus bisa dalam memproses data yang banyak . sekolah. · Dalam sistem multi user ini. Komputer Mini (Mini Computer) Penjelasan : Komputer Mini adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer singleuser sepertikomputer pribadi. terutama monitor LCD nya agar user nyaman untuk menggunakannya. Desain ukurannya pun harus dibuat user friendly. 6. atau Small-business Computer. komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. 5. Desain ukuran nya harus di buat monitor LCD yang user friendly agar merasa nyaman dalam penggunaannya. karena sering diletakkan di atas paha.

Kerjanya lumayan cepat.Mudah dioperasikan. akan bagus digunakan bila dilengkapi dengan fitur – fitur pendukung dalam user menggunakaannya. Tidak dapat memproses data yang sangat besar seperti komputer mainframe. Solusi : Solusi komputer mikro dalam pemanfaatannya dibuat untuk bisa membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama dan bisa memproses data yang besar . Harganya relatif murah. Processor hanya berjumlah satu. . Kekurangan : Tidak bisa digunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Desain ukurannya yang kecil. Tidak bisa digunakan untuk kegiatan yang sangat berat seperti untuk kegiatan penelitian ilmiah dan kegiatan suatu perusahaan. Hanya bisa membuka satu aplikasi dalam waktu yang sama.