Alat Musik Manca Negara Asia

1. Balalaika Balalaika merupakan alat musik tradisional Rusia yang sudah ada sejak 350 tahun lalu. Alat musik tradisional ini berbentuk segi tiga. Sebagian besar memiliki tiga senar, namun ada pula yang memiliki empat senar. Balalaika dibuat dalam enam ukuran. Ukuran terbesar harus diletakkan di tanah saat dimainkan. Asal alat musik ini adalah dari suku Tatar (atau Tartar) yang tinggal di Rusia tengah dan menjadi populer mulai 1700-an. Balalaika memainkan lagu-lagu rakyat Rusia dan mengiringi tarian-tarian tradisional.

2. Gayageum Gayageum adalah alat musik petik tradisional Korea yang berupa kecapi dengan 12 senar. Alat musik ini diciptakan raja ke-6 dari Kerajaan Gaya, yakni Gasil. Gayageum kemudian disebarkan ke Kerajaan Silla dan masih dimainkan hingga kini. Gayageum telah mengalami banyak modifikasi. Gayageum modern merupakan hasil modifikasi dari akhir Dinasti Joseon pada abad ke-19, dan sering kali dinamakan sanjo gayageum. Gayageum yang dimodernkan memunyai jumlah senar lebih banyak, yakni 13, 17, 18, 21, 22, atau 25 buah yang terbuat dari nilon. Di Korea Utara, gayageum bersenar 21 lebih banyak dimainkan.

4. Vuvuzela Vuvuzela atau biasa disebut lepatata adalah sebuah alat musik tiup khas Afrika Selatan. dobra. .3. Alat musik ini menjadi populer saat penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010 lalu. birimbau biasanya dilengkapi dengan satu alat musik lagi yang disebut dengan kasisi. Alat musik lain yang digunakan dalam permainan jogo adalah atabaki. Alat musik ini terbuat dari kayu. Birimbau Birimbau merupakan alat musik tradisional dari Brasil yang digunakan dalam jogo atau permainan dalam capoeira. Bentuknya terdiri atas dua buah tabung seruling yang disatukan dan memiliki empat atau lima lubang nada. Alat musik ini memiliki panjang sekitar 65 cm dan menghasilkan tekanan suara hingga 127 desibel. dan vagante. 5. Aulos juga ditemukan di daerah Mesir dan sekitarnya. Dalam memainkannya. Aulos Aulos adalah alat musik tiup tradisional asal Yunani-Romawi. Alat ini sulit untuk dimainkan karena memiliki dua buluh yang disatukan. Beberapa bagian dari birimbau adalah kabasa.

Tumpong sering dimainkan dalam acara pada malam hari.6. alat musik ini sudah digunakan dalam permainan orkestra Etiopia. Washint Alat musik ini berasal dari Etiopia. . satu di bagian atas dan empat di bagian bawah. bagpipe memiliki satu tabung untuk menyimpan udara. Namun. Alat musik ini terbuat dari bambu dan bentuknya sama dengan seruling bambu lainnya. Bagpipe Alat musik khas Skotlandia ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini biasa dimainkan secara solo. pada 1963. berbeda dengan seruling. Namun. Tumpong memiliki lima lubang. sementara lubang seruling berjumlah lima buah. Tumpong Tumpong adalah seruling yang berasal dari Filipina. Washint terbuat dari kayu atau rotan. 7. 8. Bentuknya hampir sama dengan recorder.

. Geomungo dimainkan pada saat pementasan solo (sanjo) atau dengan alat musik lain. Tipe nada yang dimainkan untuk musik tradisional Korea adalah D#/Eb. A#/Bb. Senarnya dipetik menggunakan tongkat bambu kecil suldae dengan tangan kanan. A#/Bb. Geomungo Geomungo atau hyeon-geum ("kecapi hitam") adalah sebuah kecapi tradisional dari korea. C. dan A#/Bb satu oktav lebih rendah daripada nada tengah. Suara nada yang dihasilkan Geomungo dianggap lebih "maskulin" dibanding alat musik petik gegayume yang dianggap lebih feminin. Geomungo dimainkan sambil duduk.9. sementara tangan kiri menekan senar untuk menghasilkan nada. namun keduanya dimainkan baik oleh pria maupun wanita. G#/Ab.

Suara taepyeongso bersifat metal. Taepyeongso Taepyeongso adalah alat musuk tradisional korea. Berupa suling seperti terompet. nalnari. .Jenis haegeum yang bersenar 4 dinamakan sohaegeum adalah jenis haegeum yang sudah dimodifikasi dan populer di Korea Utara. dan erzian. mulut dan corong terbuat dari kuningan. xiqin. berlawanan dengan alat musik tiup yang terbuat dari bambu. 11. atau swaenap. Haegeum adalah jenis rebab yang diadaptasikan dari rebab Cina dan masih sejenis dengan erhu.10. Haegeum Haegeum adalah jenis alat musik gesek tradisional yang berasal dari korea. Pada mulut diselipkan dengan lidah getar (reed) untuk menghasilkan suara yang keras dan tinggi. Bentuk badan kerucut yang terbuat dari kayu keras. dinamakan juga hojeok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful