3

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU

PAKET PELATIHAN PK GURU DAN PKB UNTUK MASTER TRAINER, TRAINER DAN PENILAI

KEGIATAN 3: PENGGUNAAN INDIKATOR KINERJA GURU
(Menggunakan video bahasa Inggris segmen 3, 4, dan 5, serta RPP bahasa Inggris)

NAMA

: ______________________ : ______________________ : ______________________

NO PESERTA INSTANSI

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN

2011 Kegiatan 3: Penggunaan Indikator Kinerja Guru (Kegiatan 3 ini dievaluasi). Tanggal Dokumen dan bahan lain yang diperiksa : : 2 . dan RPP Bahasa Inggris. Tidak ada model jawaban standar yang diberikan. Bahan: Video Bahasa Inggris segmen 3. kompetensi yang dinilai adalah Kompetensi 4 – yaitu mengembangkan potensi peserta didik. dan 5 untuk pelajaran yang sama. 4 dan 5. dengan segmen 3. lakukan pengkajian RPP yang disertakan dan catat hasil kajian sebagai bagian informasi yang digunakan untuk menetapkan skor indikatornya. Selama Pengamatan untuk Kegiatan 3. 4. Petunjuk: Proses pelaksanaan kegiatan 2 diulangi kembali.

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: Tindak lanjut yang diperlukan: Penilaian untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik Skor Indikator Tidak ada bukti (Tidak terpenuh i) Terpenuh Terpen i uhi sebagi Seluruhn an ya 1. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang 3 0 1 2 .

Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut. Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. 6. 2. 5. Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas. Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif. Guru menggunakan alat bantu mengajar. 8. bukan semata-mata kesalahan yang harus dikoreksi.tujuannya. Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya. 9. Total skor untuk kompetensi 4 Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2 Persentase = (total skor/22 ) × 100% Nilai untuk kompetensi 4 0 1 2 0 1 2 0 1 2 0 1 2 0 1 2 0 1 2 0 0 1 1 2 2 0 1 2 0 1 2 4 . Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik. Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu proses belajar peserta didik. 3. sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yang benar. mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik lain. 7. bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan. Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran. 4. 11. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik. dan/atau audio-visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik. 10.

50% < X ≤ 75% = 3. 75% < X ≤ 100% = 4) 5 . 25% < X ≤ 50% = 2.(0% < X ≤ 25% = 1.