Cara Mencangkok Tanaman yang Baik dan Benar

Bahan dan alat yang dibutuhkan a. tanaman jambu air, jambu biji, mangga, rambutan, dsb b. tanah yang gembur c. pupuk kandang d. pisau atau kater yang tajam e. gergaji f. pembungkus dari plastik, sabut, atau ijuk g. tali rafia h. kantong plastik hitam (polybag). Langkah-langkah 1. Pilih dahan tanaman yang bergaris tengah kira-kira 2 cm. Panjang dahan kira-kira 100 cm dan dahan tumbuh tegak. 2. Sayatlah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5 cm. Kulit cabang yang disayat sebaiknya berada tepat di bawah kuncup daun. 3. Keratlah kulit dahan itu dengan ujung pisau. Kikislah kambium yang mungkin masih melekat pada bagian kayu, buang lendir yang membasahinya.

4. Keringkan bagian dahan yang telah dikupas dengan membiarkannya selama 2-5 hari. 5. Bungkuslah dahan yang telah terkelupas dengan plastik, ijuk, atau sabut. Ikatlah bagian bawah lembaran pembungkus

Rapikan sehingga dahan yang terkelupas itu tertutup tanah seluruhnya. Siramlah tanah secara teratur (pagi & sore). Untuk . Ikatlah bagian atas lembaran pembungkus. 8. terutama jika tidak hujan. 7. 6. Jagalah tanah pada bagaian yang dicangkok agar tetap lembap. Masukkan tanah basah yang telah dicampur pupuk kandang ke dalam pembungkus itu.kira-kira 6 cm di bawah sayatan.

Amatilah keadaan dahan yang dicangkok saat anda menyiramnya. isilah polybag dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Waktu yang dibutuhkan untuk penyemaian kira-kira 3 bulan. potonglah dahan tesebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan. buatlah lubang sebesar ukuran . Jika akar tumbuh sempurna. Setelah itu semaian dapat dipindahkan ke tempat yang lebih banyak mendapat cahaya matahari. Tanamlah cangkokan di wadah persemaian (polybag) ini. Untuk itu. 9. 12. 13. 10. kira-kira berdiameter 2 cm. Akhirnya hasil semaian (cangkokan) dapat ditanam di tanah terbuka. Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu berbulan-bulan. Cangkokan itu lebih baik disemaikan dahulu. Untuk itu. Letakkan di tempat yang agak teduh. bukalah ikatan atas sementara. 14. Buatlah lubang pada bagian bawah polybag. Jangan langsung menanam cangkokan ini di kebun(tanah terbuka). 11.menyiram tanah itu.

Tanamlah cangkokan bersama dengan tanah semaiannya. . Siramlah tanaman baru ini setiap hari. 15.semaian polybag.

4. dan tanam cangkokan mangga tersebut ditempat yang teduh. 3. Setelah akarnya tumbuh banyak potong dari induknya. Pisau Sabut kelapa atau bisa juga menggunakan plastik Tali untuk mengikat. dengan perbandingan 1 : 1 Adapun langkah-langkah mencangkok mangga adalah sebagai berikut : 1. Catatan : Bila menggunakan plastik lubangi bagian bawah supaya peredaraan air lancar saat penyiraman atau pada saat terkena hujan 4. biasanya memakan waktu sekitar 1 1/2 bulan Demikian posting serba serbi tentangcara mencangkok mangga semoga bermanfaat cara mencangkok mangga . sahabat bisa menggunakan tali rafia atau tali plastik Tanah yang dicampur pupuk kandang. Bungkus luka dengan tanah yang telah dicampur pupuk kandang. 2. Kupas cabang atau dahan hingga bersih dari kulit dan lendir kira-kira sepanjang 4-9 cm 3.cara mencangkok mangga 1. Pilihlah cabang atau dahan tanaman yang tidak terlalu muda atau tua. Siram cangkokan mangga setiap pagi dan sore. jangan tertalu kering dan terlalu basah 5. serta jaga kelembapannya. Kemudian dibungkus dengan sabut kelapa atau dengan plastik. Yang sedangsedang saja 2.

7. isi dengan campuran tanah yg sudah dipersiapkan. 5. pastikan bahwa induk semang tanaman adalah dari varietas unggul. jambu. Pisau yg kuat dan tajam. Bentuk sedemikian rupa sehingga membentuk penampung. kerat pangkal cabang menggunakan pisau. Pohon yg dikembangbiakan dg teknik cangkok tidak akan mempunyai akar tunggang. Isian harus cukup padat dengan cara ditekan-tekan. 5. 9. 2. Pertama. Campuran tanah subur : Pupuk kandang : serabuk gergaji perbandingan 1:1:1 Langkah-langkah mencangkok : 1. paku panjang 10 cm. Di samping karena qualitas buahnya terjaga sama spt induknya juga nantinya pohon tumbuh tidak terlalu tinggi. Tanaman yg dapat dicangkok adalah tanaman buah berkayu keras atau berkambium. Ambil serabut kelapa atau plastik secukupnya ikat bagian bawah dulu. agar hasilnya nanti adalah bibit unggul juga. 2. 10. Kirakira sebesar pergelangan tangan anak atau berdiameter 3 cm. Setelah kulit kayu bersih. 7. jika cabang terlalu tinggi. kerok lendir/getah sampai bersih dan kayu tidak licin lagi. 4. Serabut kelapa atau plastik kresek. Buang kulit antara keratan tadi. Alat-alat yg diperlukan : 1. Tentukan cabang yg lurus dan cukup besar agar nanti pohon cukup kuat utk mandiri. Tali atau karet ban dalam bekas. dll. kursi/tangga/stegger. Contoh : Mangga. 6. 8. 6. Kerat sekali lagi dari keratan pertama berjarak sekitar satu kepalan tangan atau 5 cm. Selanjutnya. 4. Buat lubang-lubang utk pembuangan air berjarak 1 cm antar lubangnya (jika medianya adalah plastik). 3. Siram air sampai air menetes dari cangkokan. . jambu air. Ember atau apa saja media lain utk menampung air. Ikat bagian atas serabut atau plastik dan pastikan campuran tanah tertutup rapat. jeruk. 3.Cara mencangkok pohon rambutan Mencangkok pohon rambutan Mencangkok atau okulasi adalah teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok utk di tanam di dalam pot.

Kurangi daun dan ranting. biasanya sampai menembuas plastik atau serabut pembungkus. . Sebaiknya memotong menggunakan gergaji agar tanaman tidak rusak. Ingat selalu utk menyirami cangkokan setiap pagi dan sore hari. sisakan beberapa lembar daun saja. potong tanaman dari induknya. Jika kondisi ini sudah memenuhi syarat. check apakah sudah keluar akar yg cukup banyak.Tunggulah sekitar 4-6 minggu sebelum cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Utk memastikan bahwa tanaman yg dicangkok sudah jadi.

Paku 4. Pemilihan batang cangkokan.Plastik Pembungkus 3. sepanjang ± 5 Cm disekeliling lingkaran cabang. media/ tanah pada cangkokan harus cukup lembab sepanjang waktu. Dapat pula dilakukan pada musim kemarau asal dilakukan penyiraman 1-2 kali sehari pada tempat yang dicangkok.Sayat Kulit Sekeliling dahan dan mengunakan Tang sampai terlihat bagian kayunya. Keuntungan Mencangkok : -Hasilnya sama dengan pohon Induk -Cepat menghasilkan Buah -Pohonnya pendek Kelemahan Mencangkok : -Pohon induk rusak karena banyak cabang yang diambil untuk dicangkok -Tanaman hasil cangkokan tidak memiliki akar tunggang dan perakaran tanaman dangkal. cabang yang baik untuk dicangkok yaitu cabang tanaman yang tidak terlalu tua atau terlalu muda.Tali rafia 5. pertumbuhannya kuat.palastik LANGKAH KERJA : 1. buah lebat. Pohon Induk yang akan dicangkok sebaiknya mempunyai sifat-sifatyang baik ( rasanya enak. 4. CARA MENCANGKOK POHON SAWO ALAT DAN BAHAN : 1. Waktu mencangkok sebaiknya pada awal musim hujan.Tang Bhahan 1. sehat dan subur.bawang putih 2. Pemeliharaan cangkokan.yang mempunyai sipat persis seperti induk nya. tumbuhnya tegak atau condong 45O. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pencangkokan Pohon sawo antara lain : 1.Pisau yang tajam 2. 3.kalo mengunakan pisau untuk buka kulit nya maka waktu mencangkok butuh waktu lambat kerja nya .media tanah yang sudah di campau pupuk kandang 1:1 3. sehat dan lain-lain) 2.Cara mencangkok pohon Sawo secara fraktis Mencangkok adalah usaha menumbuhkan akar pada batang/ cabang/ ranting tumbuh-tumbuhan pada tempat yang dicangkok untuk kemudian dipotong dan dipindahkan menjadi tanaman baru.

bisa mengunakan bawang putih.Dahan sawo yang sudah di cangkok tidak perlu pake siram karena palasti media nya malam hari akan menguap malam hari akan lembab. Cangkokan Jeruk siap dipindahkan dalam Polybag. 4.apa bila (akar sudah tumbuh banyak).Bersihkan Lendir (kambium) permukaan kayu dengan kain dengan cara dilap. 5. . ZPT di oleskan di sayatan untuk merangsang pertumbuhan akar.2.Setelah dilap. 3. Potong batang dibagian bawah akar dengan Gergaji.Bungkusan tanah tersebut di lubangi dengan paku pada bagian bawah.

untuk media tanamnya berupa campuran tiga bagian tanah dan satu bagian kompos atau pupuk kandang.CARA MENCANGKOK Pada prinsipnya.barulah bibit cangkokan tanaman lengkeng itu di pindahkan ke kebun atau lahan yang telah disediakan. Kini bibit lengkeng sudah bisa langsung ditanam di kebun atau lahan yang telah disediakan.Jadi. Pertama.Kemudian sebagian ranting dan daun dipangkas untuk mencegah banyaknya penguapan pada bibit tanaman.system cangkok yang dilakukan pada tanaman lengkeng tidak berbeda dengan cara mencangkok tanaman buah lainnya. Kalau sudah tampak segar.dengan jarak tanam 10 x 10 meter.Setelah ditempelkan melingkar pada bagian yang akan dicangkok.Lakukan perawatan sebagaimana mestinya agar pertumbuhannya bagus .bagian cabang di bagian akar dipotong memakai gergaji dan turunkan calon bibit secara hati-hati agar tidak merusak tanah cangkokan dan juga akar-akarnya.umurnya belum terlalu tua dan tidak terlalu muda.pilihlah cabang atau ranting yang besarnya sedang (sekitar 2 jari tangan orang dewasa).Namun.selanjutnya dikerok sampai hilang lendirnya.Proses pencangkokan pun selesai. Jika akar sudah menyembul dari bungkusnya. berasal dari tanaman yang produksi buahnya yang baik dan sehat.petani bisa melakukan pembibitan tanaman lengkeng dengan cara cangkok.kulit cabang atau ranting itu dikupas dengan pisau tajam sepan jang 10 cm.Jika pencangkokan itu berhasil.media tanam itu dibungkus pakai sabut kelapa dan diikat pakai tali rapia.sebaiknya perlu disemai dulu dalam keranjang untuk penyesuaian. Kedua.Biarkan cabang atau ranting yang terkupas itu terbuka sampai 2 hari agar terangin-angin.dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Ketiga.Adapun lubang tanamnya 1 x 1 x 1 meter dan diberi pupuk kandang secukupnya.maka sesudah 4-6 bulan akan mengeluarkan akar.simpanlah di tempat teduh selama 1-2 bulan disertai perawatan khususnya peyiraman dan bisa pula disemprot pupuk daun 10 hari sekali.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful