Kisi-kisi soal UTS Modul II 1. 2. 3. 4.

Rumuskan apakah yang dimaksud dengan kebudayaan, peradaban dan peradaban Islam? Djojodigoero, menyatakan bahwa kebudayaan atau budaya adalah budi yang berupa cipta, karsa, dan rasa. Kemukakan komentar saudara apakah yang dimaksud cipta, karsa dan rasa tersebut? Jelaskanlah hubungan manusia dengan kebudayaan dan peradaban? Apakah agama itu sama dengan kebudayaan, ataukah agama bagian dari kebudayaan, ataukah kebudayaan bagian dari agama. Kemukakan pandangan saudara? apakah agama itu sama dengan kebudayaan, apakah agama bagian dari kebudayaan, apakah kebudayaan bagian dari agama.

Modul III 1. 2. 3.

Modul IV 1. Kedatangan Islam dikatakan sebagai pembawa peradaban baru. Kemukakan pandangan saudara! 2. Kemukakan sikap Islam terhadap pemikiran dan peradaban Islam dan apa pandangan saudara? 3. Bagaimana pandangan saudara terhadap perkembangan pemikiran dan peradaban Islam di Indonesia! 4. Dalam catatan sejarah, pernah terjadi puncak kemajuan kebudayaan Islam, terutama pada pemerintahan “ khalifah al-Ma’mun” dari dinasti Abbasiyah. Kemukakan kemajuan dalam bidang apa saja yang dicapai pada saat itu? Modul V
1. 2. 3. 4. 5. pada perkembangannya terjadi pengingkaran tauhid. Jelaskan apa yang menjadi penyebab terjadinya pengingkaran tauhid kepada Allah? Bagaimana sistem politik, ekonomi, budaya dan ilmu pengetahuan bangsa Arab sebelum Islam! Apa yang dicapai Nabi Muhammad pada periode Makkah? Apa yang dicapai Nabi Muhammad pada periode Madinah? Apa yang saudara ketahui dengan prinsip kesederajatan, keadilan, dan inklusivisme dalam perkembangan peradaban Islam?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.