Analisis Laporan Keuangan

Analisis Industri & Strategi

Kelompok 7 :

Nadya Astari Aisha Sevina Nindy P. Deliza Riany Fitria K. P

120110100063 120110100068 120110100081 120110100084

Universitas Padjadjaran Fakultas Ekonomi Bandung 2013

(dahulu PT. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Perusahaan ini mengekspor bahan makanannya hingga Australia. PT Indosentra Pelangi. Profil PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. PT Indobiskuit Mandiri Makmur. dan Eropa. dan PT Ciptakemas Abadi) merupakan produsen berbagai jenis makanan dan minuman yang ini didirikan pada bermarkas di Jakarta.A. adalah antara lain sebagai berikut:         PT Indofood Fritolay Makmur (berpatungan dengan PepsiCo) PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (berpatungan dengan Nestlé) PT Indolakto PT PepsiCola Indobeverages (berpatungan dengan PepsiCo) PT Sari Incofood Corporation (berpatungan dengan Incofood Corporation) PT Quaker Indonesia (berpatungan dengan Quaker Oats Company) PT Surya Rengo Container PT Indomarco Adi Prima (Distribution) PT Indofood Sukses Makmur Tbk sebagai holding company memproduksi berbagai macam produk makanan. Perusahaan tahun 1990 oleh Sudono Salimdengan nama Panganjaya Intikusuma yang pada tahun 1994 menjadi Indofood. PT Gizindo Primanusantara. mulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia di rak para pedagang eceran. Anak perusahaan dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Asia. Dalam beberapa dekade ini PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan Total Food Solutions dengan kegiatan operasional yang mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan. Indofood Sukses Makmur Tbk. yaitu : 1|Page . Indonesia.

ditujukan untuk berbagai segmen konsumen. Supermi. susu ultra high temperature (UHT). Mie Instan Indofood merupakan salah satu produsen mi instan terbesar di dunia dengan kapasitas produksi mencapai lebih dari 15 miliar bungkus per tahun. susu pasteurisasi dan susu bubuk. serta es krim. Selain itu. Dairy Akuisisi Indolakto pada bulan Desember 2008 memberikan peluang bagi Indofood untuk mengembangkan bisnis Grup CBP ke dalam industri dairy . Dengan konsumsi produk dairy per kapita di Indonesia yang masih rendah saat ini. Divisi ini memiliki merekmerek lain seperti Cap Enaak dan Tiga Sapi untuk produk susu. Merek-merek tersebut dikenal atas produknya yang berkualitas. b.a. Pop Mie. Sarimi.Indolakto merupakan produsen dairy terbesar kedua di Indonesia. merek utama Divisi ini. yaitu sekitar 9 liter per tahunnya. Orchid untuk mentega. Pop Bihun dan Mi Telur Cap 3 Ayam. Hal ini merupakan langkah penting menuju strategi jangka panjang Indofood untuk menjadi perusahaan makanan yang progresif. merupakan salah satu merek terkemuka di Indonesia yang telah melekat di hati para konsumen selama lebih dari 40 tahun. Industri dairy mencatatkan pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai kandungan nutrisi dalam produk-produk dairy . Indoeskrim untuk es krim. Sakura. yang memproduksi antara lain susu kental manis (SKM). susu steril dalam botol. Beragam merek yang dimilikinya seperti Indomie. memiliki citra rasa yang tinggi dan diterima dengan baik oleh berbagai segmen pasar. Indomilk. 2|Page . industri dairy memiliki potensi pertumbuhan ke depan yang menjanjikan. dan Nice untuk minuman yoghurt. minuman yoghurt dan mentega.

Produk makanan ringan untuk segme bawah mengalami pertumbuhan paling pesat. Makanan Ringan Divisi ini memproduksi berbagai jenis makanan ringan modern termasuk keripik kentang moderen. Makanan Khusus dan Nutrisi Divisi Nutrisi & Makanan Khusus memproduksi makanan untuk bayi dan anak-anak serta ibu hamil dan menyusui. Cheetos.c. didorong oleh pertumbuhan ekonomi di dalam negeri dan meningkatnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya makanan bernutrisi untuk bayi. baik untuk produk bubur bayi maupun bubur bayi lanjutan. Chiki dan Jetz. Di samping itu. Qtela. dan mencatatkan pertumbuhan yang sehat. Industri makanan bayi di tahun 2009 meningkat. Divisi ini juga memproduksi dan memasarkan produk sirup dengan merek "Indofood". Divisi ini mampu mempertahankan kepemimpinan pasarnya. Kondisi persaingan terus meningkat. d. dimana para pemain kelas dunia dengan merek-merek yang sudah mapan meningkatkan kegiatan periklanan dan promosinya. Industri makanan ringan moderen terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. e. Divisi ini mampu mempertahankan kepemimpinan pasarnya dan membukukan pertumbuhan volume yang signifikan.produk kuliner dari Divisi Penyedap Makanan. Penyedap Makanan Divisi Penyedap Makanan memproduksi serangkaian produk kuliner baik untuk Grup Indofood maupun PT Nestlé Indofood Citarasa Indonesia (NICI). Dua merek utama ditujukan untuk segmen konsumen yang berbeda yaitu: Promina untuk segmen menengah ke atas dan SUN untuk segmen menengah ke bawah. Meskipun persaingan pasar semakin ketat. terutama dipicu oleh masuknya para pemain baru ke pasar. 3|Page . Lays. yang dipasarkan dengan berbagai merek seperti Chitato. keripik singkong tradisional Indonesia dan produk makanan ringan lainnya. perusahaan asosiasi yang bertanggung jawab atas pemasaran produk . Meskipun demikian. didorong oleh pengaruh gaya hidup moderen dan pertumbuhan jumlah convenience stores.

serta merek-merek lainnya seperti Happy 4|Page . Selain itu. Bogasari memainkan peranan penting dalam keberhasilan Indofood menjadi perusahaan Total Food Solutions yang terintegrasi. Bogasari juga memproduksi pasta untuk konsumsi pasar di dalam maupun luar negeri. Bogasari Sejak bergabung dengan kelompok usaha Indofood pada tahun 1995. g. serta biskuit yang dipasarkan dengan merek Trenz. serta memasarkan produknya dengan berbagai macam merek baik untuk konsumsi ekspor maupun domestik. Dengan mereknya yang terkemuka untuk minyak goreng yaitu Bimoli. Di samping itu. Minyak Goreng dan Margarin Divisi Minyak Goreng & Margarin memproduksi minyak goreng. Bogasari merupakan perusahaan penggilingan tepung terigu terintegrasi terbesar di Indonesia. Bogasari mengoperasikan bisnis perkapalannya sendiri yang terdiri dari dua unit kapal panamax dan empat unit kapal handymax. Untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Bogasari juga memiliki pabrik kemasan yang memproduksi kantong tepung terigu polypropylene. yang terutama digunakan untuk mengangkut gandum dari Australia dan belahan bumi bagian Utara. margarin dan shortening.f. Setelah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 30 tahun.

Salad Oil dan Delima. Produk . Palmia dan Amanda.produk margarin dan shortening dengan merek Simas Palmia. Divisi ini berhasil mempertahankan kepemimpinannya di pasar minyak goreng bermerek di Indonesia. yang mana sebagian besar dari penjualan tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan industri seperti pengusaha roti. PT Indofood Sukses Makmur Tbk memiliki beberapa anak perusahaan. produk makanan kuliner. kapasitas penyulingan Divisi ini akan mencapai 1. yaitu Jakarta. Sekitar 75% dari total penjualan margarine dan shortening merupakan penjualan di pasar domestik. nutrisi dan makanan khusus Jasa investasi dan manajemen Penggilingan tepung Produksi bahan kemasan Pelayaran Produksi makanan dari susu Investasi Penggilingan tepung Investasi 5|Page . Surabaya.4 juta ton per tahunnya. bumbu penyedap. Medan dan Bitung. makanan ringan dan biskuit. biskuit. diantaranya adalah : Nama Anak Perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk PT Prima Intipangan Sejati PT Bogasari Sentra Flour Mills PT Inti Abadi Kemasindo PT Indobahtera Era Sejahtera PT Mileva Makmur Mandiri Witty East Holdings Limited PT Saripangan Mandiri Sejahtera PT Bina Makna Indopratama Produksi Bidang Usaha mie. juga merupakan pemimpin di pasar domestik. Divisi ini mengoperasikan empat pabrik penyulingan yang berlokasi di berbagai kota besar di Indonesia. Dengan pembangunan pabrik penyulingan baru di Jakarta yang diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2010.

melalui Indomie.Ltd. Strategi bisnis berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu. 6|Page . Ltd. Indofood menerapkan strategi Mastering The Present & Pre-empting the Future yang didasarkan kepada strategi korporasi Indofood yaitu growth. Indofood menawarkan mie goreng instan berbagai rasa seperti mie goreng instant rendang yang belum mampu diikuti para pesaing di segmen sejenis. Pacsari Pte. Strategi Bisnis dan Analisa atas Strategi Bisnis PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.Ltd. Sebagai contoh. Dalam menghadapi persaingan. Untuk menguasai pangsa pasar. Ocean 21 Holdings Pte. Indofood memanfaatkan competitive strategy dengan memproduksi varians produk yang menarik bagi konsumen dan memberikan keunggulan dan keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk pesaing (differentiation).Nama Anak Perusahaan PT Indomarco Adi Prima PT Argha Giri Perkasa PT Putri Daya Usahatama PT Arthanugraha Mandiri PT Pelayaran Tahta Bahtera Indofood Pte. yang dalam kasus ini adalah industri makanan. PT Bogasari Pangan Makmur Singapore Holdings Distribusi Bidang Usaha Produksi kopra dan pengolahan minyak kelapa Distribusi Produksi kopi Pelayaran Investasi Pelayaran Investasi Industri dan perdagangan B.

Analisis atas Strategi Kompetisi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. a. Salah satu contoh hambatan para pesaing baru untuk masuk ialah karena produk-produk Indofood telah lama melekat sebagai produk unggulan di mata konsumen. b. dan kekuatan penawaran pembeli. Perusahaan ini telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan yang kegiatannya mencakup seluruh tahapan proses produksi makanan. Skala ekonomi yang tinggi serta inovasi yang berkelanjutan. Persaingan di antara perusahaan yang sudah ada 7|Page . Indofood tetap melanjutkan segmentasi kepada para konsumennya dengan selalu memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin. Indofood menjalankan program cost efficiency and cost cutting untuk menjaga stabilitas kegiatan operasionalnya agar tetap ekonomis. perusahaan harus menilai pentingnya lima kekuatan (five forces) agar sukses di industri tempat perusahaan beroperasi. Dalam melakukan pengamatan industri. dapat disimpulkan bahwa strategi bisnis generic menurut Michael Porter yang diterapkan di perusahaan adalah diferensiasi. jaringan distribusi yang luas menjadikan pasar Indofood sulit ditembus. ancaman-ancaman produk substitusi. efisien. persaingan diantara perusahaan yang sudah ada. dan efektif. mampu menghasilkan diferensiasi produk yang cukup tinggi. bargaining power pemasok. Dari strategi bisnis Indofood ini. dengan menyediakan nilai unik dan superior kepada konsumen dari segi kualitas dan ciri khusus pada produk.Indofood juga menerapkan cooperative strategy yang selanjutnya akan menciptakan competitive advantage dengan memanfaatkan perusahaan anak atau perusahaan aliansi untuk menyediakan bahan baku produksi maupun sebagai saluran distribusi. Selain itu. Kelima kekuatan itu adalah ancaman pendatang baru. Selain itu. Ancaman pendatang baru Tidak cukup banyak perusahaan baru yang dapat masuk ke industri ini dikarenakan PT Indofood CBP Sukses Makmur telah membangun hambatan (barriers to entry) yang tinggi untuk para pendatang baru terjun dalam bisnis ini. Di samping itu. C. mulai dari pengolahan bahan baku hingga menjadi produk akhir yang tersedia untuk dijual (valuechain).

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. produk dairy. tepung terigu (Bogasari). Daya tawar pemasok PT Indofood CBP Sukses Makmur yang sudah lama berdiri dengan citra yang kuat sebagai perusahaan besar menjadikan para pemasok memiliki daya tawar yang rendah terhadap Indofood. Salah satu contoh analisis strategi yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Walaupun terdapat berbagai jenis makanan dan minuman. adalah dengan 8|Page . Dan tidak sedikit pula pemasok yang ingin bekerja sama dengan Indofood. d. Produk-produk yang dihadirkan Indofood dianggap sebagai pilihan utama oleh banyak konsumen. Namun dengan mengeluarkan banyak fighting product sebagai variasi produk sampingan dari produk utama. e. PT Indofood CBP Sukses Makmur mampu mendominasi pasar dengan produk-produk yang berkualitas. Indomie telah menjadi standar bagi para pembeli yang ingin mengkonsumsi mie instan. seperti mi instan.Terdapat cukup banyak produk-produk yang ditawarkan perusahaan kompetitor untuk menyaingi Indofood. Daya tawar pembeli Sejak beberapa tahun terkahir. Produk substitusi Produk substitusi juga hadir dalam berbagai jenis guna memenuhi kebutuhan pangan konsumen. Indofood tetap mampu menguasai pasar yang ada. Hal ini menyebabkan daya tawar konsumen rendah meskipun dikelilingi dengan banyak produk dari kompetitor. harus memiliki strategi dalam hal pemasaran. PT Indofood CBP Sukses Makmur telah menciptakan banyak lini utama produk pangan. makanan ringan. dan disertai dengan branding yang kuat. minyak goreng dan margarin. makanan khusus & nutrisi. Sehingga Indofood memiiki daya tawar tinggi terhadap pemasok guna mendapatkan bahan input yang sesuai bagi produknya. Produk mie instan seperti Indomie dapat menjadi contoh nyata kejayaan Indofood dalam penjualan produk kepada konsumen. inovatif. c. Selain itu dalam menghadapi para kompetitor lainnya. penyedap makanan.

mulai dari mie goreng. sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.3. Product Brand name yang digunakan adalah Indomie. Strategi manajemen pada elemen pemasaran Marketing Mix: 1. minyak palm. dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus yang berisi 30 atau 40 Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram. Indomie memiiki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia. iklan TV. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak. Price Indomie selain dapat dibeli perbungkus. 4. Jumlah gudang yang dimiliki PT Indofood semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005. bubuk perasa dan bawang goreng. mie premium. di Indonesia. adalah Indomie yang merupakan produk utama serta unggulan PT Indofood Sukses Makmur Tbk.harga perbungkus Indomie sekitar Rp 1. saus sambal. mie soup. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. mie regional. Place Grup distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia. Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram. terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie. yaitu kecap manis.450. Gudang tersebut terletak pada wilayah yang memiliki retail terbanyak. serta mie jumbo. Dalam hal ini kami mengambil contoh salah satu strategi Marketing Mix yang digunakan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. sponsor acara : Indomie menggelar ajang pembuatan lagu “jingle” 9|Page . dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan.menggunakan Marketing Mix. sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Promotion Tagline Iklan Event : Indomie Seleraku : Billboard. 2.

pemuliaan. Grup Distribusi merupakan komponen utama dalam mata rantai kegiatan operasional Indofood sebagai perusahaan Total Food Solutions. dan diterima dengan baik oleh berbagai segmen pasar. 3. Indofood menjamin ketersediaan produk-produk Indofood 10 | P a g e . opportunities. Analisis atas Strategi Korporasi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Memiliki bisnis agribisnis dan non-agribisnis. Indofood senantiasa mengembangkan berbagai produk baru dan memproduksi inovasi baru yang sesuai dengan selera konsumen di Indonesia. weaknesses. dikenal atas produknya yang berkualitas tinggi. Berikut merupakan SWOT dari PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. 2. memperluas jaringan distribusi dan memperkokoh brand image guna mempertahankan posisi perusahaan sebagai pemimpin pasar. Meskipun menghadapi kompetisi ketat. Strategi yang digunakan perusahaan untuk mengembangkan kegiatan usaha berbasis agribisnis maupun non-agribisnis membuat Indofood mampu membantu mempertahankan kinerja dan kualitas produknya. Salah satu metode analisis yang dapat digunakan adalah analisis SWOT (strengths. Memiliki jaringan distribusi yang luas. Memiliki brand image yang baik (brand awareness) Indofood telah memiliki posisi yang kuat di mata masyarakat. Dalam bidang non-agribisnis. Indofood melakukan penelitian dan pengembangan. branding. Kekuatan Perusahaan 1. termasuk juga penyulingan. kakao dan teh. merek merek ini tetap merupakan pemimpin pasar di masing-masing segmennya. serta pemasaran minyak goreng dan margarin. Analisis dari lingkungan eksternal dan internal perusahaan merupakan langkah awal dalam proses perumusan strategi. tebu. kegiatan lain yang juga dilakukan oleh Indofood mencakup pengolahan karet. Dalam bidang agribisnis. threats) yang kemudian dilakukan perhitungan dan judgement melalui IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary) dan selanjutnya dapat ditentukan di kurva manakah posisi perusahaan. Disamping itu. pembibitan kelapa sawit. Strategi yang dipilih harus sesuai dengan situasi perusahaan. Melalui jaringannya yang luas.D.

Grup ini mendistribusikan baik produkproduk Indofood maupun produk-produk pihak ketiga. 4. Namun. Program iklan dan promosi yang gencar dilakukan oleh Indofood mengakibatkan permintaan atas produk konsumen bermerek meningkat seiring dengan naiknya daya beli konsumen. Sistem penyebaran informasi masih sederhana. Memiliki strategi perusahaan yang baik. Kekuatan yang dimiliki oleh Indofood ini dapat mengambil peluang yang ada dan mempertahankan baik kepemimpinan pasar maupun pricing power. begitu juga dengan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. 2. Penyebaran informasi yang dilakukan oleh karyawan internal Indofood masih sangat sederhana. perusahaan juga dapat memperkuat brand image melalui perbaikan kualitas secara terus-menerus. Strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk selama ini membawa dampak positif bagi perusahaan. Pemanfaatan teknologi informasi yang belum optimal. Teknologi informasi merupakan salah satu sarana yang praktis bagi berbagai perusahaan dalam melakukan setiap kegiatan perusahaan khususnya dalam kegiatan penginformasian. dalam pengoptimalan teknologi informasi ini Indofood masih dinilai kurang dan hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan karyawan mengenai manfaat yang dapat diberikan oleh teknologi informasi. Indofood berusaha menciptakan komunikasi yang baik kepada stakeholdernya. Memiliki komunikasi yang baik. 11 | P a g e . Kelemahan Perusahaan 1. Teknologi informasi akan memberikan manfaat yang sangat besar jika perusahaan bisa memanfaatkannya secara optimal. 5.di hampir seluruh pelosok Indonesia. Fokus pada program komunikasi menyeluruh juga menjadi kekuatan yang terus dipertahankan oleh perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness konsumen guna menjaga loyalitas. Hal ini mengakibatkan ketersediaan informasi terbatas karena tidak setiap karyawan mendapat informasi tersebut.

Selain itu Indofood perlu melakukan inovasi baru dan mempertahankan kualitasnya agar konsumen tetap loyal. Dengan adanya pasar global tenaga kerja. Keadaan ekonomi Negara yang tidak stabil seperti terjadinya penurunan nilai tukar rupiah terhadap dollar. perusahaan bisa saja memperkerjakan orang – orang luar negeri yang memiliki kemampuan dan kemauan kerja yang lebih baik. serta krisis global. 1. Banyaknya produk subtitusi yang beredar dipasaran cukup mempengaruhi Indofood untuk tetap mempertahankan konsumennya. Melakukan kerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki produk sejenis juga dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk dapat menjangkau pelanggan lebih luas lagi. serta dapat terus meningkatkan kinerja perusahaan. Keadaan ekonomi yang kurang stabil. Semakin meningkatnya daya beli masyarakat. Daya beli masyarakat yang meningkat memberikan dampak yang sangat positif bagi perusahaan. 2. Ketatnya persaingan bisnis. inflasi yang fluktuatif. Faktor tersebut dapat dijadikan sebuah peluang yang bagus bagi perusahaan untuk terus memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan serta meningkatkan kepercayaan secara terus menerus yang memungkinkan dalam pencapaian kinerja yang lebih baik. 12 | P a g e . 3.Peluang Perusahaan. Ancaman Bagi Perusahaan 1. secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi keadaan perusahaan. 2. Melakukan kerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk sejenis. Adanya pasar global dapat dijadikan suatu peluang yang baik. Adanya pasar global. Indofood harus mencermati peasaing-pesaing yang ada agar tetap bisa memimpin pasar.

6 Bobot Peringkat Nilai EFAS (External Factors Analysis Summary) Faktor Eksternal Opportunities Melakukan kerja sama dengan perusahaan yang memiliki produk sejenins Semakin meningkatnya daya beli masyarakat. Weaknesses Sistem penyebaran informasi masih sederhana Pemanfaatan teknologi informasi belum optimal Total 0.45 0. Memiliki strategi perusahaan yang baik.6 3.4 0.1 1 1 2 0. Memiliki jaringan distribusi yang luas.45 Bobot Peringkat Nilai 13 | P a g e .1 0.15 0.25 0.IFAS (Internal Factors Analysis Summary) Faktor Internal Strengths Memiliki brand image yang baik Memiliki bisnis agribisnis dan non-agribisnis.05 0.15 0. Memiliki komunikasi yang baik.2 0.6 0. Adanya pasar global.2 1 2 3 0.15 0.2 3 0.15 0.1 0.45 0.15 4 3 3 4 4 0.6 0.15 3 0. Threats Keadaan ekonomi yang kurang stabil Ketatnya persaingan bisnis Total 0.2 4 3 1 0.6 0.

asset. ataupun kombinasi dari semuanya. Strategi pertumbuhan ini dirancang untuk mencapai pertumbuhan dalam penjualan. yakni growth. 14 | P a g e . dapat disimpulkan bahwa Indofood berada di kuadran I yang mengindikasikan adanya kemampuan perusahaan untuk terus berkembang (growth). Dari analisis SWOT di atas. Indofood terbilang mampu untuk mengembangkan bisnis yang sudah ada. laba. Dengan memanfaatkan keunggulan dan peluang serta mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada.Analisis kami sesuai dengan strategi korporasi yang ditetapkan oleh pihak manajemen Indofood.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful