P. 1
Otot manusia

Otot manusia

|Views: 6|Likes:

More info:

Published by: Theresia Lukita Okta Risa on Jun 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/17/2014

pdf

text

original

OTOT MANUSIA

1) Otot Lurik  Disebut otot rangka.  Memiliki banyak inti di tepi.  Berbentuk silindris.  Menanggapi rangsangan dengan cepat.  Bekerja menurut kesadaran / volunteer.  Memiliki daerah gelap terang yang tersusun rapi / lurik.  Sel otot lurik lebih panjang dibandingkan dengan sel otot polos dan jantung.  Contoh: otot pada tulang. Otot Polos  Memiliki 1 inti di tengah.  Berbentuk gelendong.  Menanggapi rangsangan secara lambat.  Bekerja diluar kesadaran kita / involunteer.  Tidak memiliki daerah gelap terang, karena tersusun dari serabut aktin dan miosin.  Contoh: otot pada dinding saluran pernapasan, pencernaan, dsb. Otot Jantung  Memiliki banyak inti di tengah.  Berbentuk seperti otot lurik, silindris, namun bercabang membentuk anyaman.  Bekerja seperti otot polos, yakni tidak sadar / involunteer.  Contoh: otot pada jantung.

2)

3)

Contoh: Otot Pronator Teres dan Kuadratus pada telapak tangan. yaitu: 1.  Depresi dan Elevasi ketika kepala menunduk dan menengadah.Sifat Kerja Otot Menurut sifat kerjanya. begitupun dalam hal relaksasi.  Abduksi dan Adduksi pada sendi lengan atas dan sendi paha. 2. Contoh:  Pronasi dan Supinasi pada telapak tangan. Sinergis. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain mengalami relaksasi. Antagonis. Jika yang satu berkontraksi maka yang lain pun ikut berkontraksi. otot dibagi menjadi 2. yaitu kerja 2 otot secara berlawanan. yaitu 2 otot yang kerjanya bersamaan. begitupun sebaliknya. .  Fleksi dan Ekstensi pada sendi siku dan lutut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->