Panduan Penulisan Makalah Penelitian

Retno Wahyuningsih
Bagian Parasitologi FK-UKI

Menulis makalah ilmiah

Bukan pekerjaan mudah Aturan harus diikuti Perhatikan petunjuk bagi penulis

Jenis makalah ilmiah
 

Letter to the editor Laporan kasus


 

Tinjauan pustaka
Artikel penelitian: deskriptif, analitik Universitaria, dll

Metode .Hasil .Pendahuluan .Pembahasan .Kerangka makalah ilmiah       Judul Nama & Instansi penulis Abstrak Isi: .Kesimpulan Ucapan terima kasih Daftar pustaka .

kecuali singkatan yang lazim.Judul  Singkat  ± 12-15 kata  deskriptif. menggambarkan isi makalah  Ditulis ditengah. title case. contoh DNA . tanpa garis bawah. tidak ditulis di antara tanda kutip. tidak diakhiri tanda titik  tanpa singkatan.

Penulis/author • Penulis: • satu atau lebih • pertama: ‘pekerja’ utama penelitian • Bisa sekaligus penanggung jawab (penulis koresponden/corresponding author) • Penulis koresponden seringkali di urutan paling belakang • Urutan penulis sesuai beban kerja .

analisis/interpretasi data Semuanya harus bertanggung jawab atas isi makalah Penulisan nama: kebanyakan tanpa gelar • Forman Erwin Siagian  Siagian FE. .Penulis/author • • • Penulis penyerta (co-author/s): kontributor. rancangan.

Penulis/author Afiliasi/tempat bekerja atau tempat penelitian dilakukan  Satu orang bisa satu tempat kerja. – Mahasiswa FKUKI . bisa lebih  Contoh:  – Bagian Parasitologi FKUKI.

****Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.Contoh Kandidemia pada Neonatus yang Mengalami Kegagalan Terapi Antibiotik Retno Wahyuningsih. **Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.** Idham Amir. Jakarta .** Sjarifah Miftahul El Jannah. ***Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.* & ** Anna Rozalyani.*** Joedo Prihartono**** *Bagian Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia.

– Metode – Hasil – Diskusi – ± 200 kata. tanpa pustaka .abstrak  Memuat secara singkat: – Pendahuluan. satu paragraf/terstruktur.

Kata kunci memuat kata-kata pokok  Menunjukkan kaitan artikel dengan ranah keilmuan yang relevan  bermakna: biasanya berupa kata benda  jika mungkin menggunakan istilah yang termuat dalam tesaurus yang sesuai  jumlah 3-5 kata  diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah  .

Contoh abstrak Neonatus dengan sepsis yang gagal terapi antibiotik.96%) diantaranya positif. Identifikasi spesies terhadap koloni khamir yang tumbuh pada ASD dilakukan dengan asimilasi dan fermentasi. Terjadi pergeseran penyebab infeksi dari C. Candida albicans. Infeksi didapatkan sebagai infeksi tunggal maupun infeksi ganda. Sebanyak 1 ml darah dibiak pada agar sabouraud dekstrosa (ASD). Dari penelitian ini diketahui bahwa neonatus yang tidak berespons terhadap terapi antibiotik yang adekwat telah mengalami infeksi jamur. albicans ke C. Candida glabrata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spesies Candida penyebab mikosis sistemik pada neonatus yang tidak berespons terhadap antibiotik yang adekuat. . Candida lusitaniae dan Trichosporon variabile. bila hasilnya meragukan dilanjutkan uji morfologi pada agar tajin-Tween 80. tropicalis. Diperiksa 135 sampel darah dan 65 (62. Identifikasi menghasilkan Candida tropicalis diurutan pertama diikuti Candida guilliermondii. mungkin mengalami infeksi Candida sistemik.

0006 mg B6/g protein menjadi 0.0291 + 0. vitamin B6 .Pendahuluan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsumsi susu tinggi vitamin B6 terhadap mual dan muntah pada ibu hamil trimester I.1203 + 0. Hasil: Mual dan muntah tidak terjadi setiap hari. Metode: Penelitian dilakukan di Bandung sejak Agustus-Februari 2004. mual. asupan zat gizi dan pemeriksaan kadar hemoglobin dilakukan sebelum suplementasi susu formula tinggi vitamin B6. dg kandungan 5 mg vitamin B6 dan 10 g protein yang diminum dua kali sehari selama 10 hari. Kata kunci: hamil. Lima puluh satu ibu hamil dengan mual dan muntah mengikuti studi ini. Kesimpulan: Disimpulkan susu tinggi vitamin B6 dapat mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. hanya 22 orang menderita mual setiap hari dan hanya 12 dari 22 ibu muntah setiap hari. muntah. Dari 51 ibu hamil. Setelah mengkonsumsi susu formula. Pengambilan data karakteristik ibu hamil seperti usia ibu. umur kehamilan.0022 mg B6/g protein. Konsumsi susu formula meningkatkan rasio vitamin B6/protein dari 0. frekuensi mual dan muntah berkurang secara bermakna mulai hari ke-3.

Jenis Makalah yang akan dibahas  Makalah hasil penelitian atau artikel asli/original article Makalah tinjauan pustaka/review article: merupakan telaah banyak pustaka yang disatukan dalam bentuk tulisan  .

namun merupakah telaah yang menggabungkan berbagai laporan dari makalah asli sehingga dihasilkan argumentasi yang menyeluruh tentang topik yang dibahas.Apakah (makalah) tinjauan pustaka  Tujuan: menelaah perkembangan (ilmiah) terkini yang berasal dari berbagai makalah terbaru. menuliskannya dalam bentuk artikel ilmiah sehingga pembaca mendapat pengertian baru tentang topik yang ditelaah Bukan semata-mata laporan.  .

apa yang dilakukan peneliti terdahulu Masalah Tujuan penelitian Ringkas: biasanya 1-2 paragraf. koma dsb). diketik tanpa spasi .Pendahuluan       Mengantarkan pembaca kepada topik utama Latar belakang: mengapa penelitian dilakukan. tanda kurung. tidak lebih dari 1 halaman Tanda baca (titik.

6 juta jam kerja karyawan dan 6. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari pengaruh konsumsi susu tinggi vitamin B6 terhadap mual dan muntah pada trimester pertama kehamilan. Deuchar2melaporkan hilangnya 8.8 juta jam kerja pekerjaan rumah akibat mual dan muntah pada kehamilan Vitamin B6 dalam dosis tinggi (30 mg/hari) dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah pada awal kehamilan. .90%. Umumnya gejala timbul pada pagi hari. Mual dan muntah dapat mengganggu pekerjaan sehari-hari. dan muntah terjadi pada 50 . namun dapat juga dirasakan pada malam hari. Mual dialami lebih dari 50% ibu pada awal kehamilan. dan tidak ditemukan laporan tentang efek samping vitamin ini. bahkan sepanjang hari.Pendahuluan Ibu hamil biasanya mengalami mual dan muntah. Miller1 memperkirakan 50-80% ibu hamil mengalami mual dan muntah sejak minggu ke empat kehamilan dan berakhir pada minggu ke 12.

bukan kalimat perintah .Bahan dan cara/Metode  Desain penelitian       Tempat dan waktu Populasi dan sampel Teknik pengukuran data Analisis data Gunakan kalimat pasif Gunakan kalimat narasi.

tabel. gambar jangan mengulang data dlm tabel hasil negatif: laporkan .Hasil       data yang didapatkan peneliti uraikan hasil tanpa pembahasan tuliskan dalam urutan logis bentuk: teks.

tidak rumit Jangan terlalu banyak: satu tabel per 1000 kata Tunjukkan keberadaan tabel dalam teks (misal lihat Tabel 1) tanpa garis vertikal terbuka .Tabel        judul title case subjudul pada tiap kolom judul tidak diakhiri titik Simpel.

Tabel 1. Distribusi Subjek Berdasarkan Berat Badan Berat badan (gram) 2500 <2500 Total Laki-laki 60 42 102 Perempuan 40 37 77 .

Gambar  nomor urut  keterangan gambar  ijin  foto penderita  samarkan .

Pembahasan bagian terpenting dari keseluruhan isi artikel ilmiah  tujuan pembahasan adalah: – menjawab masalah penelitian atau menunjukkan bagaimana tujuan penelitian itu dicapai – Menafsirkan/analisis hasil  .

001.Pembahasan Tekankan aspek baru dan penting  Bahas apa yang ditulis dalam Hasil tetapi tidak mengulang Hasil  jelaskan arti statistik (misal p<0. apa artinya?)  Bahas apa arti kemaknaan  Bahas dampak penelitian dan keterbatasannya  Hubungkan dengan penelitian lain  .

jangan ada keraguan  hindarkan kata-kata mungkin. tampaknya . barangkali.Kesimpulan       memuat jawaban atas pertanyaan penelitian kaitkan kesimpulan dengan tujuan sebaiknya dalam bentuk esai ditulis secara ringkas dan padat berdasarkan data Hasil sebaiknya tidak mengandung angka pernyataan harus tegas.

Ucapan terima kasih  Penghargaan kepada yang bukan penulis  Penghargaan atas bantuan teknis  Penghargaan atas dana dan materi lain .

pernyataan ingin dimuat .Pengiriman makalah  surat pengantar yang berisi: .persetujuan seluruh penulis  alamat korespondensi .

Penutup  Sebelum mengirim makalah ke jurnal baca terlebih dahulu petunjuk bagi penulis  Patuhilah persyaratan jurnal  Jangan sakit hati bila makalah anda ditolak .

sebelum mengirimnya  .Important Baca dan baca lagi  Perbaiki dan perbaiki lagi  Seluruh penulis diminta untuk membaca  Minta kolega untukmembaca  Simpan makalah kemudian baca ulang  Baca lagi dan baca lagi  Perbaiki dan perbaiki lagi  Pastikan semua persaratan yang diminta jurnal yang dituju telah dipenuhi.

Terima Kasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful