Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Berkat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kini jarak tidak lagi menjadi masalah yang berarti dalam dimensi hidup manusia. Dunia menjadi kecil. Siapapun bisa saling bercerita panjang lebar dari dua sisi dunia yang berbeda. Semua pekerjaan rutin bisa diselesaikan dengan cepat. Itu merupakan manfaat dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi itu sendiri (IPTEK), iptek pun kerap andil hubungannya dengan islam yang arti islam adalah agama yang mengatur tentang aspek hidup dan kehidupan manusia, baik ukhrowi maupun duniawi dan Allah selalu menyuruh kepada seluruh umat manusia untuk berfikir tentang keesaan Tuhan, baik itu tentang kejadian alam dan hasil dari penciptaan manusia itu sendiri. Oleh karena itu Allah menganugerahkan pikiran yang dapat membedakan dari pada makhluk Allah lainnya. Dengan pikirannya manusia dapat menciptakan teknologi. Manusia banyak mengalami perkembangan dalam teknologi serta tidak terlepas dari pedoman hukum yang merupakan norma-norma untuk mengatur kehidupan umat manusia. Yang ruang lingkupnya dalam segala tempat dan zaman tidak terlepas dengan suatu bangsa dan golongan. Hukum tersebut berkembang hingga saat ini dan melalui pasang surut.

Gambar 1.1 (IPTEK)

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam

2 3

Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih sehingga kalau hal ini ditangani oleh orang-orang yang tidak benar maka akan mengkhawatirkan dapat merusak peradaban umat manusia. Sebab apa yang telah dihasilkan oleh teknologi belum tentu dapat diterima dengan baik oleh akal pikiran sesuai dengan hukum yakni kembali kepada al-Qur'an dan Hadis, dengan menafsirkan ayat-ayat al-Qur'an sesuai dengan situasi dan kondisi serta perkembangan zaman. Sebenarnya Islam tidak memusuhi teknologi bahkan Islam mewajibkan mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan ibadah dan kesejahteraan hidup. Kalau umat Islam sudah mengetahui berbagai ilmu pengetahuan modern dan teknologi yang canggih tentu umat Islam tidak selalu berada dalam kemiskinan, keterbelakangan, ketergantungan kepada umat lain. Pada hakekatnya manusia mencari ilmu pengetahuan untuk menggali dan memahami semua yang diciptakan oleh Allah. Sebagaimana Islam mewajibkan kepada umatnya untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga orang dapat berpikir dan mengetahui serta dapat memanfaatkannya. Dalam penerapan teknologi menurut hukum Islam harus disertai dengan iman dan dapat menjaga eksistensi agama dari rongrongan dan gangguan pihak lain. Dan kita semua harus bisa untuk menanggulangi dampak negatif yang timbul dari teknologi itu sendiri. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi memang berdampak positif, yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern industri, komunikasi, dan transportasi, misalnya, terbukti amat bermanfaat. Dengan ditemukannya mesin jahit, dalam 1 menit bisa dilakukan sekitar 7000 tusukan jarum jahit. Bandingkan kalau kita menjahit dengan tangan, hanya bisa 23 tusukan per menit. Dahulu Ratu Isabella (Spanyol) di abad XVI perlu waktu 5 bulan dengan sarana komunikasi tradisional untuk memperoleh kabar penemuan benua Amerika oleh Columbus. Lalu di abad XIX Orang Eropa perlu 2 minggu untuk memperoleh berita pembunuhan Presiden Abraham Lincoln. Tapi pada 1969, dengan sarana komunikasi canggih, dunia hanya perlu waktu 1,3 detik untuk mengetahui kabar pendaratan Neil Amstrong di bulan. Dulu orang naik haji dengan kapal laut

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam

2 3

misalnya mengubah sifat genetik virus influenza hingga mampu membunuh manusia dalam beberapa menit saja. Bom atom telah menewaskan ratusan ribu manusia di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945. atmosfer udara. dan perjudian. Dapatkah agama memberi tuntunan agar kita memperoleh dampak iptek yang positif saja. seraya mengeliminasi dampak negatifnya semiminal mungkin? Sejauh manakah agama Islam dapat berperan dalam mengendalikan perkembangan teknologi modern? Tulisan ini bertujuan menjelaskan peran Islam dalam perkembangan dan pemanfaatan teknologi tersebut 1. Lingkungan hidup seperti laut. Tak sedikit yang memanfaatkan teknologi internet sebagai sarana untuk melakukan kejahatan dunia maya (cyber crime) dan untuk mengakses pornografi. Bioteknologi dapat digunakan untuk mengubah mikroorganisme yang sudah berbahaya. ternyata telah disimpan di “bank” dan kemudian baru dititipkan pada bibinya. Subhanallah… Tapi di sisi lain. Elizabetta. Pada tahun 1995. dan hutan juga tak sedikit mengalami kerusakan dan pencemaran yang sangat parah dan berbahaya.2 Pembatasan Masalah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . seorang bayi Italia. peran agama sebagai pedoman hidup menjadi sangat penting untuk ditengok kembali. Beberapa varian tanaman pangan hasil rekayasa genetika juga diindikasikan berbahaya bagi kesehatan manusia. akhir-akhir ini diterapkan pada manusia (human cloning). Ovum dan sperma orang tuanya yang asli. tak jarang iptek berdampak negatif karena merugikan dan membahayakan kehidupan dan martabat manusia.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP bisa memakan waktu 17-20 hari untuk sampai ke Jeddah. menjadi lebih berbahaya. kita hanya perlu 12 jam saja. Elenna adik Luigi. Bayi tabung di Barat bisa berjalan walau pun asal usul sperma dan ovumnya bukan dari suami isteri. kekerasan. Kloning hewan rintisan Ian Willmut yang sukses menghasilkan domba kloning bernama Dolly. lahir dari rahim bibinya setelah dua tahun ibunya (bernama Luigi) meninggal. Di sinilah. Sekarang dengan naik pesawat terbang.

BAB II ISI Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Mengenal dan menelaah suatu bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam islam. 1. b. Pencarian data dari berbagai sumber Menganalisa berbagai data menyangkut mengenai masalah yang dibahas Kesimpulan.3 Metode Penulisan Langkah-langkah dalam penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut : a. c. 1. Sebagai sarana pembelajaran dan peningkatan iman dan takwa.4 Tujuan Penulisan Tujuan pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut : • • • • Sebagai salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Agama (Islam). Mengetahui sudah sejauh mana perkembangan (IPTEK).Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Penulis memfokuskan penulisan pada ruang lingkup peran islam dalam perkembangan dan pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Untuk mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi itu sendiri agama kita pun mengajarkan untuk mengetahui ilmunya terlebih dahulu yaitu dengan cara membaca adapun kutipan surat dan ayatnya sebagai berikut : (QS Al-Alaq [96] : 1) Di dalam Al-quran saja diserukan kita untuk membaca dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan karena semua itu berawal dari kontak mata untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. makanan. yaitu agama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw. Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (scientific method). adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas. akan disebutkan dulu beberapa pengertian dasar. Agama yang dimaksud di sini. Perkembangan iptek. memperdalam.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP 2. dan mengembangkan iptek. dan pakaian).1 Pengertian (IPTEK) Untuk memperjelas. untuk mengatur hubungan manusia dengan Penciptanya (dengan aqidah dan aturan ibadah). hubungan manusia dengan dirinya sendiri (dengan aturan akhlak. Sedang teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia seharihari. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . adalah agama Islam. dan hubungan manusia dengan manusia lainnya.

agama telah dipisahkan dari kehidupan. Agama dan iptek sama sekali terpisah baik secara ontologis (berkaitan dengan pengertian atau hakikat sesuatu hal). yaitu paradigma sekuler. bumi itu datar seperti halnya meja dengan empat sudutnya. Paradigma ini mencapai kematangan pada akhir abad XIX di Barat sebagai jalan keluar dari kontradiksi ajaran Kristen (khususnya teks Bible) dengan penemuan ilmu pengetahuan modern. paradigma sosialis. menurut ajaran gereja yang resmi. agar tidak problematis. aku melihat empat malaikat berdiri pada keempat penjuru angin bumi dan mereka menahan keempat angin bumi. Semula ajaran Kristen dijadikan standar kebenaran ilmu pengetahuan.2. tapi hanya dibatasi perannya dalam hubungan pribadi manusia dengan tuhannya. atau di laut. Contohnya. Padahal faktanya. Maka. Ini tidak masuk akal dan problematis. Paradigma ini memandang agama dan iptek tidak bisa mencampuri dan mengintervensi yang lainnya. ajaran Kristen dan ilmu pengetahuan akhirnya dipisah satu sama lain dan tidak boleh saling intervensi. epistemologis (berkaitan dengan cara memperoleh pengetahuan). atau di pohon-pohon.2 Paradigma Sosialis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . (Wahyu-Wahyu 7:1). Kalau konsisten dengan teks Bible. Sebab. dan aksiologis (berkaitan dengan cara menerapkan pengetahuan). 2. bumi itu bulat berdasarkan penemuan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari hasil pelayaran Magellan. Agama tidak dinafikan eksistensinya. maka fakta sains bahwa bumi bulat tentu harus dikalahkan oleh teks Bible. dalam ideologi sekularisme Barat.2. Tapi ternyata banyak ayat Bible yang berkontradiksi dan tidak relevan dengan fakta ilmu pengetahuan. supaya jangan ada angin bertiup di darat.1 Paradigma Sekuler Paradagima sekuler. terdapat 3 (tiga) jenis paradigma. Dalam Bible dikatakan : Kemudian daripada itu. dan paradigma islam. Penjelasannya sebagai berikut : 2.2 Paradigma Hubungan Agama dan Iptek Berdasarkan tinjauan ideologi yang mendasari hubungan agama dan iptek. Agama tidak mengatur kehidupan umum/publik. yaitu paradigma yang memandang agama dan iptek adalah terpisah satu sama lain.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP 2.

yang merupakan asas Aqidah Islam. dus.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Paradigma sosialis. yaitu suatu asas yang di atasnya dibangun seluruh bangunan pemikiran dan ilmu pengetahuan manusia. khususnya Materialisme Dialektis. Paham Materialisme Dialektis adalah paham yang memandang adanya keseluruhanproses perubahan yang terjadi terus menerus melalui proses dialektika. maka agama tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan iptek. Tetapi segala pemikirannya itu tidak boleh lepas dari aqidah Islam. bukan lepas dari aqidah itu. Paradigma ini memerintahkan manusia untuk membangun segala pemikirannya berdasarkan Aqidah Islam. yaitu melalui pertentangan-pertentangan yang ada pada materi yang sudah mengandung benih perkembangan itu sendiri. kata putus dalam ilmu pengetahuan bukan berada pada pengetahuan atau filsafat manusia yang sempit. Iptek bisa berjalan secara independen dan lepas secara total dari agama. Berdasarkan paradigma sosialis ini. tidak ada hubungan dan kaitan apa pun dengan iptek. Ini bisa kita pahami dari ayat yang pertama kali turun (artinya) : Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan (QS Al-Alaq [96] : 1). melainkan berada pada ilmu Allah yang mencakup dan meliputi segala sesuatu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . 2. yaitu tidak dinafikan keberadaannya. Dalam paradigma sekuler. agama berfungsi secara sekularistik. Aqidah Islam menjadi basis dari segala ilmu pengetahuan. yaitu dianggap tidak ada (in-exist) dan dibuang sama sekali dari kehidupan. Sedang dalam paradigma sosialis. Paradigma Islam ini menyatakan bahwa. tapi lebih ekstrem.2. Agama itu tidak ada. dapat dibaca di halaman 5. agama dipandang secara ateistik. Paradigma ini mirip dengan paradigma sekuler di atas. tapi hanya dibatasi perannya dalam hubungan vertikal manusia-tuhan. karena iqra` haruslah dengan bismi rabbika.3 Paradigma Islam Paradigma Islam. Seluruh bangunan ilmu pengetahuan dalam paradigma sosialis didasarkan pada ide dasar materialisme. yaitu tetap berdasarkan iman kepada Allah. Ayat ini berarti manusia telah diperintahkan untuk membaca guna memperoleh berbagai pemikiran dan pemahaman. Aqidah Islam yang terwujud dalam apa-apa yang ada dalam Al-Qur`an dan Al-Hadits menjadi qaidah fikriyah (landasan pemikiran). yaitu paradigma yang memandang bahwa agama adalah dasar dan pengatur kehidupan. yaitu paradigma dari ideologi sosialisme yang menafikan eksistensi agama sama sekali.

Al-Bukhari dan An-Nasa`i) Dengan jelas kita tahu bahwa Rasulullah SAW telah meletakkan aqidah Islam sebagai dasar ilmu pengetahuan. akan tetapi keduanya termasuk tanda-tanda kekuasaan Allah. sebab beliau menjelaskan. Ini dapat ditunjukkan misalnya dari suatu peristiwa ketika di masa Rasulullah SAW terjadi gerhana matahari. tidak ada hubungannya dengan nasib seseorang. Hal ini sesuai dengan aqidah muslim yang tertera dalam Al-Qur`an : Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . lalu setelah itu menjadikan aqidah tersebut sebagai pondasi dan standar bagi berbagai pengetahun. bahwa fenomena alam adalah tanda keberadaan dan kekuasaan Allah. yang bertepatan dengan wafatnya putra beliau (Ibrahim).Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Firman Allah SWT : (QS An-Nisaa` [4] : 126) Itulah paradigma yang dibawa Rasulullah SAW ( 632 M) yang meletakkan Aqidah Islam yang berasas Laa ilaaha illallah Muhammad Rasulullah sebagai asas ilmu pengetahuan. Beliau mengajak memeluk Aqidah Islam lebih dulu. Orang-orang berkata : Gerhana matahari ini terjadi karena meninggalnya Ibrahim maka Rasulullah SAW segera menjelaskan : Sesungguhnya gerhana matahari dan bulan tidak terjadi karena kematian atau kelahiran seseorang. Dengannya Allah memperingatkan hamba-hamba-Nya (HR.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . 2.3 Aqidah Islam Sebagai Dasar Iptek Inilah peran pertama yang dimainkan Islam dalam iptek. Inilah paradigma Islam sebagaimana yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW. Paradigma inilah yang telah mencetak muslim-muslim yang taat dan shaleh tapi sekaligus cerdas dalam iptek. yaitu aqidah Islam harus dijadikan basis segala konsep dan aplikasi iptek.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP (QS Ali . Paradigma Islam inilah yang seharusnya diadopsi oleh kaum muslimin saat ini.1 Bumi Inilah paradigma Islam yang menjadikan Aqidah Islam sebagai dasar segala pengetahuan seorang muslim.Imran [3] :190) Gambar 2.

itu adalah bukti keluasan ilmu Allah yang meliputi segala sesuatu (lihat QS An-Nisaa` [4] :126 dan QS AthThalaq [65] :12). Ini tentu perlu perubahan fundamental dan perombakan total. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . bukan berarti bahwa ilmu astronomi. atau hadis tertentu. agronomi. bukan berarti bahwa konsep iptek wajib didasarkan pada ayat-ayat tertentu. Ayat-ayat ini menunjukkan betapa luasnya ilmu Allah sehingga meliputi segala sesuatu. dan seterusnya. Dengan cara mengganti paradigma sekuler yang ada saat ini. bukan berarti konsep iptek harus bersumber pada ayat atau hadis tertentu. diajarkan sistem ekonomi kapitalis yang pragmatis serta tidak kenal halal haram.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Bukan paradigma sekuler seperti yang ada sekarang. gaya hidup. dalam pandangan hidup. Kalau pun ada ayat atau hadis yang cocok dengan fakta sains. termasuk dalam konsep ilmu pengetahuan. tapi maksudnya adalah konsep iptek harus distandardisasi benar salahnya dengan tolok ukur Al-Qur`an dan Al-Hadits dan tidak boleh bertentangan dengan keduanya. bahwa ketika Aqidah Islam dijadikan landasan iptek. Bercokolnya paradigma sekuler inilah yang bisa menjelaskan. Ada sekitar 750 ayat dalam Al-Qur`an yang semacam ini. harus didasarkan pada ayat tertentu. kini umat Islam telah telah terjerumus dalam sikap membebek dan mengekor Barat dalam segala-galanya. Jika kita menjadikan Aqidah Islam sebagai landasan iptek. dengan paradigma Islam yang memandang bahwa Aqidah Islam (bukan paham sekularisme) yang seharusnya dijadikan basis bagi bangunan ilmu pengetahuan manusia. Misalnya saja dalam astronomi ada ayat yang menjelaskan bahwa matahari sebagai pancaran cahaya dan panas (QS Nuh [71] : 16). Misalnya Teori Darwin yang dusta dan sekaligus bertolak belakang dengan Aqidah Islam. Kekeliruan paradigmatis ini harus dikoreksi. mengapa di dalam sistem pendidikan yang diikuti orang Islam. bahwa langit (bahan alam semesta) berasal dari asap (gas) sedangkan galaksi-galaksi tercipta dari kondensasi (pemekatan) gas tersebut (QS Fushshilat [41] : 11-12). Diakui atau tidak. dan menjadi tolok ukur kesimpulan iptek.Namun di sini perlu dipahami dengan seksama. geologi. dan seterusnya. Eksistensi paradigma sekuler itu menjelaskan pula mengapa tetap diajarkan konsep pengetahuan yang bertentangan dengan keyakinan dan keimanan muslim. bukan berarti konsep-konsep iptek harus bersumber dari Al-Qur`an dan Al-Hadits.

tapi yang dimaksud. Al-Qur`an dan AlHadits adalah standar (miqyas) iptek. Jika suatu konsep iptek bertentangan dengan Al-Qur`an dan Al-Hadits. bahwa iptek wajib berstandar pada Al-Qur`an dan Al-Hadits. apa pun konsep iptek yang dikembangkan.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP (QS Fushshilat [41] : 11-12) Jadi. yang dimaksud menjadikan Aqidah Islam sebagai landasan iptek bukanlah bahwa konsep iptek wajib bersumber kepada Al-Qur`an dan Al-Hadits. harus sesuai dengan Al-Qur`an dan Al-Hadits. maka konsep itu berarti harus ditolak. dan tidak boleh bertentangan dengan Al-Qur`an dan Al-Hadits itu. dan bukannya sumber (mashdar) iptek. Artinya. Misalnya saja Teori Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Ringkasnya.

adalah yang telah dihalalkan oleh syariah Islam. dan bukan sumber iptek. dan bahwa seluruh manusia sekarang adalah keturunan Adam AS itu. bagaimana pun juga bentuknya. yaitu Al-Qur`an dan Al-Hadits hanyalah standar iptek. padahal strategi militer itu berasal dari tradisi kaum Persia yang beragama Majusi. Dulu Nabi SAW juga pernah memerintahkan dua sahabatnya memepelajari teknik persenjataan ke Yaman. yakni dapat memuaskan kebutuhan manusia. Ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam) wajib dijadikan tolok ukur dalam pemanfaatan iptek. Sedangkan iptek yang tidak boleh dimanfaatkan. Adam AS adalah manusia pertama. yang berasal dari Romawi yang beragama Kristen. Dulu Nabi SAW menerapkan penggalian parit di sekeliling Madinah. adalah apa yang ada di Barat sekarang dan juga negeri-negeri muslim yang bertaqlid dan mengikuti Barat secara membabibuta. adalah bahwa umat Islam boleh mengambi iptek dari sumber kaum non muslim (orang kafir). Ini bertentangan dengan firman Allah SWT yang menegaskan. manusia sekarang bukan keturunan manusia pertama. Kontras dengan ini. apakah itu dinamakan pragmatisme atau pun utilitarianisme. Umar bin Khatab pernah mengambil sistem administrasi dan pendataan Baitul Mal (Kas Negara). maka ia Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Jadi. adalah bahwa Syariah Islam harus dijadikan standar pemanfaatan iptek.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Darwin yang menyatakan bahwa manusia adalah hasil evolusi dari organisme sederhana yang selama jutaan tahun berevolusi melalui seleksi alam menjadi organisme yang lebih kompleks hingga menjadi manusia modern sekarang. iptek dapat diadopsi dari kaum kafir. tapi hasil dari evolusi organisme sederhana. selama tidak bertentangan dengan aqidah dan syariah Islam. adalah yang telah diharamkan syariah Islam. Berarti.4 Syariah Islam Standar Pemanfaatan Iptek Peran kedua Islam dalam perkembangan iptek. 2. Selama sesuatu itu bermanfaat. bukan keturunan makhluk lainnya sebagaimana fantasi Teori Darwin. Iptek yang boleh dimanfaatkan. Keharusan tolok ukur syariah ini didasarkan pada banyak ayat dan juga hadits yang mewajibkan umat Islam menyesuaikan perbuatannya (termasuk menggunakan iptek) dengan ketentuan hukum Allah dan Rasul-Nya. padahal di Yaman dulu penduduknya adalah Ahli Kitab (Kristen). Implikasi lain dari prinsip ini. Nabi Adam AS. Standar pemanfaatan iptek menurut mereka adalah manfaat.

yang didominasi oleh pandangan dunia dan paradigma sains (Iptek) yang positivistik-empirik sebagai anak kandung filsafat-ideologi materialismesekuler. mengapa orang Barat mengaplikasikan iptek secara tidak bermoral. Kehancuran ekosistem laut dan keracunan pada penduduk pantai akibat polusi yang diihasilkan oleh pertambangan mineral emas. perak dan tembaga. Keberadaan standar manfaat itulah yang dapat menjelaskan.5 Iptek dan Islam Kemajuan Iptek di Barat. Meskipun itu diharamkan dalam ajaran agama.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP dianggap benar dan absah untuk dilaksanakan. mengkloning manusia (berarti manusia bereproduksi secara a-seksual. pada akhirnya juga telah melahirkan penderitaan dan ketidakbahagiaan psikologis/ruhaniah pada banyak manusia baik di Barat maupun di Timur. sudah saatnya standar manfaat yang salah itu dikoreksi dan diganti dengan standar yang benar. memanfaatkan bayi tabung tanpa melihat moralitas (misalnya meletakkan embrio pada ibu pengganti). dan bertentangan dengan nilai agama. misalnya: berbagai bencana alam: tsunami. Krisis ekologis. bukan seksual). dan mana yang secara hakiki berbahaya bagi manusia. 2. yang amat mengetahui mana yang secara hakiki bermanfaat bagi manusia. Yaitu standar yang bersumber dari pemilik segala ilmu yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Standar itu adalah segala perintah dan larangan Allah SWT yang bentuknya secara praktis dan konkret adalah syariah Islam. gempa dan kacaunya iklim dan cuaca dunia akibat pemanasan global yang disebabkan tingginya polusi industri di negara-negara maju. Misalnya menggunakan bom atom untuk membunuh ratusan ribu manusia tak berdosa. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . tidak berperikemanusiaan. Krisis multidimensional terjadi akibat perkembangan Iptek yang lepas dari kendali nilai-nilai moral Ketuhanan dan agama. Karena itu. Oleh karena itu kita sebagai muslimin harus memiliki ilmu yang bermanfaat bagi sesama dan sesuai dengan standar yang bersumber dari pemilik segala ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. dan seterusnya. mengekploitasi alam secara serakah walaupun menimbulkan pencemaran yang berbahaya.

Kemandirian itu tidak bisa lain kecuali dengan pembinaan mental-karakter dan moral (akhlak) bangsa-bangsa Islam sekaligus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi keimanan-taqwa kepada Allah SWT. maka mereka kehilangan harga diri dan kepercayaan dirinya. ideologi dan budaya materialis (’matre’) dan sekular (anti Tuhan) yang dicekokkan melalui kemajuan teknologi informasi dan media komunikasi Barat. Negara-negara yang berpenduduk mayoritas Muslim. yang lemah secara ekonomi dan juga lemah atau tidak menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan sains-teknologi. Mereka menyerap begitu saja nilai-nilai. dan di India. busung lapar. Serta melawan pengaruh buruk budaya sampah dari Barat yang Sekular. Sulawesi Utara dan di Freeport Papua. Beberapa di antara mereka kemudian menjadi hamba budaya dan pengikut buta kepentingan negara-negara Barat. justru mengalami krisis dan kelangkaan BBM. Ironis bahwa Indonesia yang sangat kaya dengan sumber daya alam minyak dan gas bumi. Rusia. Ironis bahwa di tengah keberlimpahan hasil produksi gunung emas-perak dan tembaga serta kayu hasil hutan yang ada di Indonesia. Minamata Jepang. saat ini pada umumnya adalah negara-negara berkembang atau negara terkebelakang. dll. kita justru mengalami kesulitan dan krisis ekonomi. dan berbagai penyakit akibat kemiskinan rakyat.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP seperti yang terjadi di Buyat. kelaparan. Matre dan hedonis (mempertuhankan kenikmatan hawa nafsu). terjadi akibat ketidakadilan dan ’penjajahan’ (neo-imperialisme) oleh negara-negara maju yang menguasai perekonomian dunia dan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Karena nyatanya saudara-saudara Muslim kita itu banyak yang masih bodoh dan lemah. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Kemana harta kekayaan kita yang Allah berikan kepada tanah air dan bangsa Indonesia ini? Mengapa kita menjadi negara penghutang terbesar dan terkorup di dunia? Kenyataan menyedihkan tersebut sudah selayaknya menjadi cambuk bagi kita bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim untuk gigih memperjuangkan kemandirian politik. Akibatnya krisis-krisis sosial-moral dan kejiwaan pun menular kepada sebagian besar bangsabangsa Muslim. Kebocoran reaktor Nuklir di Chernobil. ekonomi dan moral bangsa dan umat. Krisis Ekonomi dan politik yang terjadi di banyak negara berkembang dan negara miskin.

sebagai agama penyempurna dan paripurna bagi kemanusiaan. mengamati.1 Keutamaan Mukmin yang berilmu Keutamaan orang-orang yang berilmu dan beriman sekaligus. Keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT hanya akan muncul bila diawali dengan pemahaman ilmu pengetahuan dan pengenalan terhadap Tuhan Allah SWT dan terhadap alam semesta sebagai tajaliyat (manifestasi) sifatsifat KeMahaMuliaan. 2. Dengan kata lain Islam sangat mementingkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.5. Keindahan dan Kemuliaan. diungkapkan Allah dalam ayat-ayat berikut: (QS. Az-Zumar [39] : 9) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 .Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Akhlak yang baik muncul dari keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT Sumber segala Kebaikan. Kekuasaan dan Keagungan-Nya. memahami dan merenungkan segala kejadian di alam semesta. sangat mendorong dan mementingkan umatnya untuk mempelajari. Islam.

berlomba-lomba serta bersaing secara ketat dalam penguasaan dan pengembangan iptek. Diakui bahwa iptek. Masa depan suatu bangsa akan banyak ditentukan oleh tingkat penguasaan bangsa itu terhadap Iptek. Bisa dimengerti bila setiap bangsa di muka bumi sekarang ini. Habibie. Sesungguhnya Allah mencintai para penuntut ilmu.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Rasulullah SAW pun memerintahkan para orang tua agar mendidik anak-anaknya dengan sebaik mungkin. Di negara Indonesia. iptek telah mendatangkan “petaka” yang pada gilirannya mengancam nilai-nilai kemanusiaan. tanpa dukungan asas iman dan takwa yang kuat. Hal ini. “Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap Muslimin. Perubahan ini. adalah orang pertama yang menggagas integrasi imtak dan iptek ini. selain sangat cepat memiliki daya jangkau yang amat luas.5. bila ia tidak mengambil dan mengembangkan Iptek. karena mereka itu diciptakan buat menghadapi zaman yang sama sekali lain dari zamanmu kini. moral. termasuk di dalamnya nilai-nilai agama.” (Al-Hadits Nabi SAW). disatu sisi telah memberikan “berkah” dan anugrah yang luar biasa bagi kehidupan umat manusia. juga disebabkan oleh adanya kenyataan bahwa pengembangan iptek dalam sistem pendidikan kita tampaknya berjalan sendiri.J. Perubahan ini pada kenyataannya telah menimbulkan pergeseran nilai nilai dalam kehidupan umat manusia. “Didiklah anak-anakmu. selain karena adanya problem dikotomi antara apa yang dinamakan ilmu-ilmu umum (sains) dan ilmu-ilmu agama (Islam). Hampir tidak ada segi-segi kehidupan yang tidak tersentuh oleh perubahan. Suatu masyarakat atau bangsa tidak akan memiliki keunggulan dan kemampuan daya saing yang tinggi.2 Kekuatan Iptek Hampir menjadi pengetahuan umum (common sense) bahwa dasar dari peradaban modern adalah ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Namun di sisi lain. sehingga pengembangan dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Kemajuan dalam bidang iptek telah menimbulkan perubahan sangat cepat dalam kehidupan uamt manusia. 2. gagasan tentang perlunya integrasi pendidikan imtak dan iptek ini sudah lama digulirkan. Profesor B. dan kemanusiaan. Iptek merupakan dasar dan pondasi yang menjadi penyangga bangunan peradaban modern barat sekarang ini.” (Al-Hadits Nabi SAW).

Oleh karena itu. Keempat. integrasi pendidikan imtak dan iptek ini diperlukan karena empat alasan : Pertama. bahkan mumpuni. Ini berarti. Ketiga. iptek yang menjadi dasar modernisme. aspek pendidikan turut menyumbang dan memberikan saham bagi kebangkrutan bangsa yang kita rasakan sekarang. Jika demikian. dan menyalahi hikmat kebijaksanaan Tuhan yang telah menciptakan manusia dalam kesatuan jiwa raga. segala atribut duniawi. Kekhwatiran ini. dalam hidupnya. Sebaliknya. dan hedonistik. seperti Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . iptek hanya absah secara metodologis. dunia dan akhirat. iptek akan memberikan berkah dan manfaat yang sangat besar bagi kesejahteraan hidup umat manusia bila iptek disertai oleh asas iman dan takwa kepada Allah SWT. cukup beralasan. yang sangat berlawanan dengan nilai-nilai budaya dan agama yang dianut oleh bangsa kita. sebagaimana telah dikemukakan. Berbagai tindak kejahatan sering terjadi dan banyak dilakukan justru oleh orang-orang yang secara akademik sangat terpelajar. hanya akan menyebabkan kehidupan menjadi pincang dan berat sebelah. iptek bisa disalahgunakan pada tujuan-tujuan yang bersifat destruktif. penekanan pada salah satunya. karena sejauh ini sistem pendidikan kita tidak cukup mampu menghasilkan manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT sebagaimana diharapkan. Kenyataan ini menjadi salah satu catatan mengenai raport merah pendidikan nasional kita. Kedua. pada kenyataannya. lahir dan bathin. tetapi batil dan miskin secara maknawi. tetapi juga membutuhkan imtak dan nilai-nilai sorgawi (kebutuhan spiritual). tanpa asas imtak. Iptek dapat mengancam nilai-nilai kemanusiaan. Secara lebih spesifik. Tanpa dasar imtak. manusia tidak hanya memerlukan sepotong roti (kebutuhan jasmani). imtak menjadi landasan dan dasar paling kuat yang akan mengantar manusia menggapai kebahagiaan hidup. materialistik. telah menimbulkan pola dan gaya hidup baru yang bersifat sekularistik.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP kemajuan iptek tidak memiliki nilai tambah dan tidak memberikan manfaat yang cukup berarti bagi kemajuan dan kemaslahatan umat dan bangsa dalam arti yang seluas-luasnya.

An-Nur:39). Al-Baqarah :201). 2. Yang dikembangkan dalam budaya Islam adalah bentuk-bentuk IPTEK yang mampu mengantarkan manusia meningkatkan derajat spiritialitas. (2) Kelompok yang bekerja dengan IPTEK moderen. Kemajuan dalam semua itu. tidak akan mampu alias gagal mengantar manusia meraih kebahagiaan. tetapi berusaha juga mempelajari sejarah dan filsafat ilmu agar dapat menyaring elemen-elemen yang tidak islami.S. dirasakan perlunya mencari keterkaitan antara sistem nilai dan normanorma Islam dengan perkembangan tersebut. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 .S.3 Penyikapan terhadap Perkembangan IPTEK Dalam menghadapi perkembangan budaya manusia dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat. Dalam menghadapi perkembangan IPTEK ilmuwan muslim dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP harta. Sebab pada dasarnya ilmu pengetahuan yang dikembangkan manusia merupakan “jalan” untuk menemukan kebenaran Allah itu sendiri. (1) Kelompok yang menganggap IPTEK moderen bersifat netral dan berusaha melegitimasi hasil-hasil IPTEK moderen dengan mencari ayat-ayat Al-Qur’an yang sesuai. dan keturunan. hanya akan mengahsilkan fatamorgana yang tidak menjanjikan apa-apa selain bayangan palsu (Q. Untuk kelompok ketiga ini memunculkan nama AlFaruqi yang mengintrodusir istilah “islamisasi ilmu pengetahuan”. pangkat. Sehingga IPTEK menurut Islam haruslah bermakna ibadah. bahkan membawa manusia ketingkat yang lebih rendah martabatnya. (3) Kelompok yang percaya adanya IPTEK Islam dan berusaha membangunnya. iptek. Dalam konsep Islam pada dasarnya tidak ada pemisahan yang tegas antara ilmu agama dan ilmu non-agama. Maka integrasi imtak dan iptek harus diupayakan dalam format yang tepat sehingga keduanya berjalan seimbang (hand in hand) dan dapat mengantar kita meraih kebaikan dunia (hasanah fi al-Dunya) dan kebaikan akhirat (hasanah fi al-akhirah) seperti do’a yang setiap saat kita panjatkan kepada Tuhan (Q. tanpa iman dan upaya mencari ridha Tuhan.5. martabat manusia secara alamiah. Bukan IPTEK yang merusak alam semesta.

dalam rangka mengisi era milenium ketiga yang disebut sebagai era informasi dan era bio-teknologi. Semuanya ini menuntut perhatian ekstra orang tua serta pendidik khususnya guru. IPTEK akan bermanfaat apabila (1) mendekatkan pada kebenaran Allah dan bukan menjauhkannya. yang kerap bersentuhan langsung dengan siswa. (2) dapat membantu umat merealisasikan tujuan-tujuannya (yang baik). Dari sisi positif. generasi pelajar kita umumya telah memiliki kesiapan dalam menghadapi perubahan itu. barang siapa ingin menguasai akhirat dengan ilmu. Ini sekurang-kurangnya telah memunculkan sikap optimis.4 Keselarasan IMTAQ dan IPTEK “Barang siapa ingin menguasai dunia dengan ilmu. 2. Perubahan lingkungan yang serba cepat dewasa ini memunculkan kekhawatiran terhadap perkembangan perilaku khususnya para pelajar dan generasi muda kita. Sikap optimis terhadap keadaan sebagian pelajar ini tentu harus diimbangi dengan memberikan pemahaman. dan barang siapa ingin menguasai kedua-duanya juga harus dengan ilmu” (Al-Hadist).Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Dari uraian di atas “hakekat” penyikapan IPTEK dalam kehidupan sehari-hari yang islami adalah memanfaatkan perkembangan IPTEK untuk meningkatkan martabat manusia dan meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. Dalam konsep Islam sesuatu hal dapat dikatakan mengandung kebenaran apabila ia mengandung manfaat dalam arti luas. Penanaman kesadaran pentingnya nilai-nilai agama memberi jaminan kepada siswa akan kebahagiaan dan keselamatan hidup. (4) dapat menyelesaikan persoalan umat.5. bukan saja selama di dunia tapi juga kelak di Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . arti penting mengembangkan aspek spiritual keagamaan dan aspek pengendalian emosional. Utamanya untuk menyongsong kehidupan masa depan yang lebih baik. Kebenaran IPTEK menurut Islam adalah sebanding dengan kemanfaatannya IPTEK itu sendiri. dengan tumbuhnya budaya kehidupan baru yang cenderung menjauh dari nilai-nilai spiritualitas. perkembangan iptek telah memunculkan kesadaran yang kuat pada sebagian pelajar kita akan pentingnya memiliki keahlian dan keterampilan. (3) dapat memberikan pedoman bagi sesama. Sehingga tercapai keselarasan pemenuhan kebutuhan otak dan hati (kolbu).

S.5.5 Firman Allah tentang Iptek (Q. Amatilah pesta tahunan pasca ujian nasional. Itulah salah satu contoh potret buram kondisi sebagian komunitas pelajar kita saat ini. Jika hal itu dilakukan. Fatir [35] : 9) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . tidak menutup kemungkinan para siswa akan terhindar dari kemungkinan melakukan perilaku menyimpang. 2. yang justru akan merugikan masa depannya serta memperburuk citra kepelajarannya.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP akhirat. yang kerap dipertontonkan secara vulgar oleh sebagian para pelajar.

Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP (Q.S.S. Fatir [35] : 41) (Q. Fussilat [41] : 9) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 .

1 Kesimpulan Setelah mereferensi dari berbagai sumber.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP (Q. Fussilat [41] :12) BAB III PENUTUP 3.S. Aqidah Islam yang terwujud dalam apa-apa yang ada dalam Al-Qur`an dan Al-Hadits menjadi qaidah fikriyah (landasan pemikiran). yaitu suatu asas yang di atasnya dibangun seluruh bangunan pemikiran dan ilmu pengetahuan manusia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . dapat disimpulkan bahwa peran agama islam sangatlah penting dalam perkembangan iptek di zaman sekarang ini dikarenakan segala pemikiran dan perkembangan iptek itu tidak boleh lepas dari aqidah Islam. Aqidah Islam menjadi basis dari segala ilmu pengetahuan.

saya mengharapkan saran-saran dari pembaca sekalian agar saran tersebut dapat menjadi pacuan agar penulis dapat melebihkan materi atau pembahasan yang ada. 3. 2. penulis berusaha agar makalah ini dapat bermanfaat terhadap siapapun dan kapanpun kelak. Jadi walau banyak sekali dampak. Oleh karena itu. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam) wajib dijadikan tolok ukur dalam pemanfaatan iptek. Keharusan tolok ukur syariah ini didasarkan pada banyak ayat dan juga hadits yang mewajibkan umat Islam menyesuaikan perbuatannya (termasuk menggunakan iptek) dengan ketentuan hukum Allah dan Rasul-Nya. bagaimana pun juga bentuknya. 4. Peran kedua Islam dalam perkembangan iptek. menyediakan materi yang lebih jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan makalah ini fokuskan pada pokok permasalahan dll.2 Saran Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. 3. adalah yang telah dihalalkan oleh syariah Islam. adalah yang telah diharamkan syariah Islam. Sedangkan iptek yang tidak boleh dimanfaatkan. Iptek yang boleh dimanfaatkan.Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP aqidah tersebut sebagai pondasi dan standar bagi berbagai pengetahun. Adapun saran-saran dari penulis diantaranya : 1. kita tidak akan terlena dan menyesal terhadap iptek bahkan iptek tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi umat manusia. adalah bahwa Syariah Islam harus dijadikan standar pemanfaatan iptek.dampak yang didapat dari iptek itu sendiri baik yang positif maupun negatif asalkan kita berpedoman pada aqidah dan syariah islam yang tentunya ada di dalam Al-Quran dan Al-Hadist.

Semarang : Badan Penerbit UNDIP Semarang Google..Pendidikan Agama (Islam) Teknik Mesin UNDIP Daftar Pustaka Drs. Ichwan dkk. org Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam Islam 2 3 . Pendidikan Agama Islam. Rosyidi.com Wikipedia. 1997.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful