P. 1
Pocari Sweat

Pocari Sweat

|Views: 93|Likes:
Published by Hagi Semara Putra
artikel
artikel

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hagi Semara Putra on Jun 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/12/2013

$0.99

USD

pdf

text

original

I. I.

1 DESKRIPSI PRODUK

PENDAHULUAN

Minuman isotonik adalah minuman yang mengandung mineral dan elektrolit yang dapat menggantikan ion dalam tubuh kita. Saga Nutraceutical Research Institut adalah salah satu dari 20 pusat penelitian yang dimiliki oleh Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd.Japan. Disini diteliti mengenai cairan tubuh, komposisi cairan tubuh dan apa pengaruhnya jika tubuh kekurangan cairan. Berdasarkan hasil penelitian bertahun-tahun inilah diciptakan konsep produk POCARI SWEAT, sebagai minuman pengganti ion tubuh. Pabrik POCARI SWEAT, PT. Amerta Indah Otsuka, terletak di Desa Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, kira-kira 100km dari Denman ketinggian 400m diatas permukaan laut. Diatas lahan seluas 74,650 m2 inilah dibangun fasilitas untuk memproduksi POCARI SWEAT untuk kemudian dipasarkan secara nasional, bahkan juga untuk di tujuan ekspor. I.1.1 Ion Yang Terkandung 60 % berat badan kita adalah cairan, terdiri dari air dan elektrolit. Elektrolit adalah uraian dari garam mineral yang secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Elektolit adalah gabungan dari ion positif (kation) & ion negatif (anion), berguna untuk membantu kelancaran fungsi cairan tubuh. POCARI SWEAT mengandung elektrolit dengan komposisi mirip dengan cairan tubuh.

jumlah cairan yang masuk harus sama dengan jumlah cairan yang keluar. Pengaturan suhu tubuh. buang air besar dan juga melalui pernafasan. Jika tidak. maka tubuh akan mengalami dehidrasi. POCARI SWEAT pengganti ion tubuh. Menjaga kelembaban kulit. Setiap harinya kita bisa kehilangan ± 2500 ml cairan tubuh melalui keringat. Bukan hanya lewat pernafasan. Supaya seimbang. buang air kecil. namun juga lewat penguapan dari pori-pori . Bahkan saat tidur pun kita kehilangan cairan tubuh.Adapun cairan tubuh berfungsi untuk • • • Transportasi sari makanan & oksigen untuk di antarkan seluruh tubuh.

.kulit. Skala 1-3 : Normal Skala 4-5 : Dehidrasi menengah Skala 6-7 : Dehidrasi berat Skala 8 : Kemungkinan terjadi infeksi dalam tubuh Berdasarkan hasil penelitian. Agar cairan tubuh tetap optimal. Akibat gigitan nyamuk itu tubuh akan mengalami demam tinggi (39°-41°C). sehingga lebih cepat mengembalikan kehilangan cairan tubuh. tidak hanya mengantarkan zat-zat gizi dan oksogen ke seluruh tubuh. DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Saat tidur adalah saat yang paling tepat untuk pemulihan kondisi dan cairan tubuh berperan penting. tubuh akan mengantisipasi dengan mengeluarkan keringat. POCARI SWEAT dapat diserap lebih cepat oleh tubuh. POCARI SWEAT mengatasi dehidrasi sehingga kondisi tubuh dapat membaik. Keadaan ini membuat tubuh dehidrasi dan kondisi tubuh akan semakin buruk jika dehidrasi tak segera diatasi. tapi juga membantu proses penggantian sel-sel yang rusak. Hal ini disebabkan oleh komposisinya yang mirip dengan cairan tubuh. Warna urin dapat dijadikan sebagai indikator dehidrasi. minum POCARI SWEAT sebelum tidur dan saat bangun tidur sehingga proses pemulihan tubuh pun akan menjadi optimal.

POCARI SWEAT juga dapat dinikmati kapan saja. segala proses diawasi secara ketat. sehingga produk yang dihasilkan adalah produk berkualitas tinggi. maka itulah saatnya minum POCARI SWEAT. Jadi tidak perlu menunggu habis sakit atau habis olahraga. Mulai dari anak-anak usia 1 tahun keatas. POCARI SWEAT dapat dinikmati oleh siapa saja. hingga usai lanjut. Kapan saja tubuh memerlukan pengganti cairan tubuh. setelah melahirkan ataupun selama masa menyusui. . Bahkan bisa juga dinikmati oleh ibu hamil.Sejak awal proses hingga akhirnya menjadi produk jadi.

" kata Ketua Kombet. Penelitian yang disupervisi Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Jakarta ini dilakukan di 3 laboratorium. Dengan penambahan pengawet tersebut. masyarakat perlu memahami label yang tertera pada kemasan. DAMPAK TAKARAN DAN PENGAWET Namun beberapa waktu lalu. dan BioFormaka Bogor. II. pada label kemasan produk banyak tidak dicantumkan atau dijelaskan tentang komposisi bahan pengawet yang digunakan. Yang paling banyak diteliti adalah minuman isotonik. penjelasan biasanya ditulis dengan huruf yang sangat kecil sehingga . Komite Masyarakat Antibahan Pengawet (Kombet) mengungkap hasil risetnya terhadap 28 minuman dalam kemasan. Nova Kurniawan. sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Akan tetapi. M-Brio Bogor. yakni Sucofindo Jakarta. "Ternyata sebagian besar minuman jenis itu mengandung bahan pengawet. penggunaannya tentu harus mengikuti takaran yang dibenarkan. Sampel diambil secara acak untuk selanjutnya diuji secara laboratorium. Pengawet merupakan bahan yang ditambahkan untuk mencegah atau menghambat terjadinya kerusakan atau pembusukan minuman atau makanan. rendah kalori. sehingga tidak menimbulkan iritasi lambung ataupun ketagihan. produk minuman diharapkan dapat terpelihara kesegarannya.POCARI SWEAT • • • tidak mengandung pengawet dan tidak menggunakan pemanis buatan. Lantaran itu. tidak mengandung soda ataupun kafein. Kalaupun dicantumkan. "Sayangnya.

Padahal. Konon. hal itu dianggap tidak membahayakan. berdasarkan nilai Acceptable Daily Intake (ADI). Bisa juga naiknya tekanan darah sebagai akibat bertambahnya volume plasma lantaran pengikatan air oleh natrium. Menurut Direktur Inspeksi dan Sertifikasi Pangan Badan POM. Dampak lain dari bahan pengawet minuman dalam kemasan adalah kanker. Sukiman Said Umar. Jadi. memang tidak ada patokan berapa lamakah itu. natrium benzoat memiliki ambang batas 600 miligram per liter. dapat timbul efek samping berupa edema (bengkak) yang dapat terjadi karena retensi atau tertahannya cairan di dalam tubuh. berdasarkan kajian risiko yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Adapun ambang batas kalium sorbat yaitu 25 miligram per kilogram berat badan. maka tak perlu kelewat khawatir. Namun jika cuma mengonsumsinya sesekali. Ada 3 kelompok produk yang beredar di pasaran.  Pertama.  Kedua. bila berat badan anak 20 kg dan ia minum 500 mg kalium sorbat melalui dua botol minuman isotonik. produk yang menggunakan bahan pengawet dan mencantumkannya pada label. (kak/net) . tentu akan berakumulasi dan menimbulkan efek terhadap kesehatan. akan tetapi jika dikonsumsi secara terus-menerus." ungkapnya. Menurut Nova. meski kandungan bahan pengawet tersebut umumnya tidak terlalu besar.sulit dibaca atau menggunakan bahasa asing sehingga tak mudah dipahami konsumen. penggunaan dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit Lupus (Systemic Lupus Eritematosus/SLE). Hal ini memang berbeda dari hasil riset Kombet yang menyebutkan angka 117-433 miligram per liter. Dalam sebuah literatur disebutkan bahwa bila dikonsumsi secara berlebihan.  Ketiga. Namun. produk yang tidak menggunakan bahan pengawet. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun telah melakukan penelitian serupa dan hasilnya menunjukkan bahan pengawet yang digunakan masih di bawah ambang batas ketentuan Departemen Kesehatan. pencantuman komposisi kandungan bahan pada kemasan produk amatlah penting untuk diketahui. menggunakan bahan pengawet tetapi tak mencantumkan pada kemasan.

sehingga tidak menyebabkan kegemukan. . o tidak mengandung soda ataupun kafein. sehingga tidak menimbulkan iritasi lambung ataupun ketagihan. berguna untuk membantu kelancaran fungsi cairan tubuh. Elektrolit adalah uraian dari garam mineral yang secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Elektolit adalah gabungan dari ion positif (kation) & ion negatif (anion). Pocari Sweat merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Pocari sweat mengandung elektrolit dengan komposisi mirip dengan cairan tubuh.III. PENUTUP Minuman isotonic adalah minuman yang mengandung mineral dan elektrolit yang dapat menggantikan ion dalam tubuh kita. POCARI SWEAT o tidak mengandung pengawet dan tidak menggunakan pemanis buatan. o rendah kalori.

.Identifikasi Plastik. S.Ismayana B.Fardiaz dan D. Makalah Pelatihan Teknologi Pengemasan Industri Makanan Dan Minuman. Laboratorium Rekayasa Proses Pangan.Fardiaz (ed).G. Migrasi Monomer Plastik Ke Dalam Makanan. R. Syarief. 1990.Santausa. Departemen Perindustrian dan Perdagangan. Distribusi dalam Negeri dan Ekspor Pangan. Risalah Seminar Pengemasan dan Transportasi dalam Menunjang Pengembangan Industri. F. Jakarta. Winarno. Jakarta. 1989. Teknologi Pengemasan Pangan. IPB. Di dalam : S. . PAU Pangan dan Gizi. St.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->