PROPOSAL 2012

PENGAJUAN KERJA PRAKTIK
Diajukan pada: PT. Astra Otoparts Tbk

Diajukan Oleh :
Sukadi Nim 091354023

PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA D4 JURUSAN TEKNIK ELEKTRO POLITEKNIK NEGERI BANDUNG 2012
Page 1

menuntut mahasiswanya untuk melaksanakan kerja praktik ke industri yang sesuai dengan bidang keahliannya. Hal ini akan didapat salah satunya dengan menurunkan langsung mahasiswa kelapangan melalui kegiatan kerja praktik. baik industri dalam peningkatan produksi maupun mahasiswa itu sendiri dalam mengembangkan diri. Pada praktiknya setiap industri dalam melaksanakan kegiatan produksi. Untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan kompeten harus ditunjang oleh berbagai hal. diharapkan memberikan manfaat bagi berbagai pihak yang terkait. terutama di industri yang bergerak di bidang kontrol dan praktik-praktik yang berkaitan dengan elektronika. menjadi profesional. Untuk menghadapi tantangan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas. sarana dan prasarana yang mendukung kearah terciptanya profesionalisme dan kompetensi yang dimiliki lulusannya. Sehubungan dengan hal tersebut. diantaranya : pengetahuan dasar. Kerja Praktik adalah Suatu bentuk kegiatan yang telah tercantum dalam kurikulum Politeknik Negeri Bandung sebagai salah satu lembaga tinggi. adaptasi maupun kepemimpinan di lapangan. sebagai syarat akademis yang harus dipenuhi. Program Studi Teknik Elektronika yang merupakan salah satu program studi yang ada di Politeknik Negeri Bandung menyesuaikan dengan kurikulum yang ada.PROPOSAL 2012 BAB I PENDAHULUAN I. manajemen industri. keahlian. kegiatan kerja praktik yang dilakukan mahasiswa program studi Elektronika. Oleh karena itu. 1 LATAR BELAKANG Pembangunan dan perkembangan industri di Indonesia pada saat ini dihadapkan pada persaingan yang tajam sebagai dampak dari globalisasi dan perdagangan bebas. maka lembaga pendidikan tinggi yang berfungsi untuk membentuk calon-calon tenaga professional dan kompeten harus dapat menyusun kurikulum. kompeten dan profesional di bidangnya. Page 2 . kemampuan nalar (analisis). tidak terlepas dari aplikasi elektronika yang saat ini kebanyakan menggunakan/ berbasis PLC Mikro Kontroller serta dengan system Scada atau Hmi.

Page 3 . Instrumentasi. aspek kerja meliputi : 1. Maintenance And Repair.2 ASPEK KERJA PRAKTIK Sebagai suatu program studi yang mempelajari ilmu teknik elektronika. 3.PROPOSAL 2012 I. Adapun keseluruhan dari sistem-sistem tersebut merupakan aspek yang terdapat dalam proses di industri. Control. 2.

sehingga mengakibatkan banyaknya inovasi baru dalam bidang ini menjadikan proses yang berbasis digital sebagai salah satu andalan dalam sistem perekonomian nasional. ada juga terkait pada perawatan dan perbaikan. Page 4 . Aplikasi elektronik lingkup penanganannya tertuju pada sistem yang berbasis Scada. Astra Otoparts Tbk memiliki sarana dan prasarana yang menunujang terhadap pemahaman konsep .konsep yang berhubungan dengan elektronika secara langsung dan aplikatif. kami selaku mahasiswa Teknik Elektronika Politeknik Negeri Bandung berkeinginan untuk melaksanakan kerja praktik di PT. Hmi atau plc saja namun sesuai dengan kebutuhan. tetapi teknik elektronika ini tidak terpusat pada proses yang berbasis Scada. sebelum masuk dalam dunia kerja haruslah mengenal dan memahami terlebih dahulu proses produksi yang ada. Hmi atau Plc saja.PROPOSAL 2012 BAB II DASAR PEMIKIRAN DAN LANDASAN HUKUM II. Berkaitan dengan hal tersebut mahasiswa Teknik Elektronika D4 dididik memiliki penguasaan lapangan pada proses operasi (operation process) dan pemeliharaan (maintenance). 2. pada era industrialisasi. Mikro Kontroller. 1 DASAR PEMIKIRAN Seperti telah dijelaskan sebelumnya. Mikro Kontroller. mahasiswa dapat mengamati dan mempelajari bagaimana proses produksi yang terjadi dalam industri berkaitan dengan aplikasi yang berhubungan dengan elektronika. Astra Otoparts Tbk banyak melibatkan aplikasi yang berhubungan dengan bidang Elektronik dalam kegiatan produksi industrinya. Astra Otoparts Tbk dengan alasan sebagai berikut : 1. PT. Dalam kerja praktik. Bahkan industri yang bergerak di bidang elektronik tidak pernah mati walaupun krisis ekonomi masih melanda Indonesia. Kebutuhan justru semakin meningkat terhadap aplikasi digital. Maka dari itu. proses yang berbasis elektronik tidak bisa terlepas dari perkembangan proses produksi pada saat ini. Maka dari itu. PT.

R/SK/KR/2001 tanggal 6 Februari 2001. II.PROPOSAL 2012 II. SK Direktur Politeknik Negeri Bandung No.2 LANDASAN HUKUM Kerja Praktik Program Studi Teknik Elektronika Angkatan 2009 Jurusan Teknik Elektro Program Studi Elektronika D4 Politeknik Negeri Bandung.9. Page 5 . merupakan mata kuliah lokal (MKL) dengan beban 4 SKS untuk mahasiswa Semester VI pada Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Bandung.60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.1/No.048.3 DASAR PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK Dasar Pelaksanaan Kerja Praktek mengacu kepada :   Pasal 13 ayat 1-3 dan pasal 27 butir E Peraturan Pemerintah Indonesia No.

dan mempunyai wawasan tentang sektor industri elektronika di Indonesia secara lebih komprehensif. Dapat membandingkan pengetahuan yang diperoleh dari teori perkuliahan dengan kondisi nyata di lapangan dengan mengamati dan menganalisa jalannya proses produksi. Dapat beradaptasi dengan lingkungan industri secara lebih awal sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja di industri setelah lulus.1 MAKSUD KERJA PRAKTIK Maksud dari Kerja Praktik ini adalah agar mahasiswa : 1. III. pengelolaan pabrik. terampil. yaitu bidang Electronic Engineering. Meningkatkan kualitas SDM dengan mencetak tenaga kerja yang profesional di bidangnya. 4.2 TUJUAN KERJA PRAKTIK Tujuan dari Kerja Praktik adalah : 1. pemroses/alat. 2. 3. 3. serta prosedur kerja dalam pengoperasian sarana produksi.PROPOSAL 2012 BAB III TUJUAN KERJA PRAKTIK III. segi ekonomi. Page 6 . 2. baik terhadap proses. Menghasilkan lulusan Diploma IV yang siap kerja. Untuk memenuhi kewajiban kurikulum yang telah dibakukan di Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bandung. serta terhadap sistem secara keseluruhan di lingkungan industri. Memahami sistem pengorganisasian. Mendapat gambaran yang nyata terhadap suatu proses produksi di industri.

1 OBJEK KERJA PRAKTIK Objek kerja praktik yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa kali ini adalah PT. mahasiswa dibimbing oleh : 1.PROPOSAL 2012 BAB IV PELAKSANAAN KEGIATAN IV. Dosen Pembimbing dari Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Negeri Bandung. 2. Page 7 .2 RUANG LINGKUP KERJA PRAKTIK Ruang Lingkup Kerja Praktik meliputi : 1. HMI (Human Mesin Interface) 5. konsultasi sampai evaluasi akhir. selama kerja praktik mahasiswa selalu berhubungan mulai dari persiapan. Mahasiswa dapat berhubungan dengan supervisor/pembimbing lapangan yang memberikan informasi keadaan industri dan memberikan evaluasi akhir terhadap performansi dan perkembangan mahasiswa selama kerja praktik. 3 PEMBIMBING KERJA PRAKTIK Pada pelaksanaan kerja praktik kali ini. Maintenance & Repair 2. Instrumentasi IV. Control Protection 4. Supervisor/pembimbing lapangan dari industri yang bersangkutan. PLC (Programmable Logic controller) 3. INDOKARLO PERKASA IV.

com IV. 5 PESERTA KEGIATAN Peserta yang mengajukan kerja praktik di PT.4 JURNAL DAN LAPORAN KERJA PRAKTIK Segala sesuatu yang diamati maupun yang dikerjakan oleh mahasiswa selama kerja praktik akan dicatat dalam satu jurnal. Jurnal ini akan diparaf dan dievaluasi oleh pembimbing lapangan dan dikirim ke dosen pembimbing setiap dua minggu sekali. Buldozer No. IV.PROPOSAL 2012 IV. Page 8 . Pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam kerja praktik selama satu setengah bulan akan dilaporkan dalam laporan kerja praktik setelah selesai pelaksanaan kerja.1 baranang siang bogor Rt 04/Rw 11 kota bogor 16143 : 083872328606 : masjawa16@gmail. : Jl. Astra Otoparts Tbk adalah mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Program Studi Elektronika D4 Politeknik Negeri Bandung. dengan identitas dan biodata yang tertera dibawah ini : 1) Nama Lengkap 2) Jenis kelamin 3) Nim 4) Alamat Sekarang 5) Alamat Asal 6) No tlp 7) Email : SUKADI : Laki – Laki : 091354023 : Desa ciwaruga kecamatan parompong kabupaten bandung barat Rt 04/ Rw 06 kode pos 40559.6 MASA KERJA PRAKTIK Kerja praktik dilaksanakan minimal selama 5 minggu dan perencanaan kerja praktik yaitu tanggal 1 juli 2012 hingga selesai.

kami akan tunduk dan patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. serta keinginan untuk mendapat sebuah pengalaman kerja lapangan yang sangat berharga. Semoga apa yang telah kami sampaikan kepada Bapak/Ibu melalui proposal ini dapat dipertimbangkan seoptimal mungkin. Selama kerja praktik. kami mengucapkan terima kasih. Segala hal yang telah kami sampaikan dalam proposal ini adalah benar adanya dan berasal dari keinginan kami untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan yang kami peroleh di bangku kuliah. besar harapan kami untuk dapat diizinkan melaksanakan kerja praktik di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Page 9 . Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan.PROPOSAL 2012 BAB V PENUTUP Demikian proposal permohonan kerja praktik ini kami buat.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.