Anomali Bouguer

Anomali bouguer merupakan perbedaan harga gravitasi bumi sebenarnya (gravitasi pengamatan di lapangan) dengan harga gravitasi model bumi homogen teoritis di suatu datum referensi tertentu. Koreksi untuk medan disebut reduksi Bouguer. Dimana efek dari medan dikeluarkan tepat, kita berbicara tentang Bouguer lengkap pengurangan atau halus.Dengan dataran yang didekati dengan ketebalan pelat datar H, Ketinggian lokasi pengukuran gravitasi di atas permukaan laut, kita berbicara tentang pengurangan Bouguer sederhana. Perbedaan antara keduanya, gravitasi efek diferensial ketidakseimbangan dari medan, disebut efek medan . Itu selalu negatif. Anomali dalam gaya gravitasi lokal yang disebabkan kepadatan batuan daripada topografi lokal, elevasi, atau lintang. Sebuah anomali positif, misalnya, umumnya menunjukkan batuan padat dan karena itu lebih besar pada atau di bawah permukaan.Sebuah anomali negatif menunjukkan bahan kurang masif. Perhitungan anomali Bouguer digunakan untuk mineral prospecting dan untuk memahami struktur di bawah permukaan bumi. . Bouguer anomaly dinamai penemunya, matematikawan PerancisPierre Bouguer, yang pertama kali diamati itu pada tahun 1735. Anomali Bouguer dapat diukur dengan beberapa cara tergantung pada apakah kepadatan dan bentuk dataran antara titik pengukuran dan permukaan laut dihitung, diperkirakan, atau diabaikan. Rumus Anomali Bouguer :

is the Bouguer anomaly,

is the free-air gravity anomaly,

is the correction for latitude is the

(because the Earth is not a perfect sphere) and correction for terrain called the Bouguer reduction.

is the free-air correction and

Bouguer Correction adalah harga gaya berat akibat massa di antara referensi antara bidang referensi muka air laut samapi titik pengukuran sehingga nilai gobservasi bertambah. Setelah dilakukan koreksi-koreksi terhadap data percepatan gravitasi hasil pengukuran (koreksi latitude, elevasi, dan topografi) maka diperoleh anomali percepatan gravitasi (anomali gravitasi Bouguer lengkap) yaitu : gBL = gobs ± g(ϕ) + gFA–gB + gT dimana : gobs = medan gravitasi observasi yang sudah dikoreksi pasang surut g(ϕ) = Koreksi latitude

gFA = Koreksi udara bebas (Free Air Effect) gB = Koreksi Bouguer gT = Koreksi topografi (medan) Dengan memasukan harga-harga numerik yang sudah diketahui. gBL = gobs ± g(ϕ) + 0.01277h – T) σ .094h– (0.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful