Gis Jakarta

ANALISA DATA SPASIAL WILAYAH BANJIR DKI JAKARTA BERDASARKAN CURAH HUJAN BERBASIS WEB MULTIMEDIA

Cheche Manullang (50407214) Jurusan Teknik Informatika, Teknologi Industri Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya,100, Pondok Cina, Depok Email: chechemanullang@yahoo.com

ABSTRAK Perkembangan pemanfaatan data spasial belakangan ini meningkat dengan sangat drastis. Hal ini berkaitan dengan meluasnya pemanfaatan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan perkembangan teknologi dalam memperoleh, merekam dan mengumpulan data yang bersifat keruangan (spasial). Kemampuan penyimpanan yang semakin besar, kapasitas transfer data yang semakin meningkat, dan kecepatan proses data yang semakin cepat menjadikan data spasial merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari perkembangan teknologi informasi. Data spasial mempunyai pengertian sebagai suatu data yang mengacu pada posisi, obyek, dan hubungan diantaranya dalam ruang bumi. Data spasial merupakan salah satu item dari informasi, dimana didalamnya terdapat informasi mengenai bumi termasuk permukaan bumi, dibawah permukaan bumi, perairan, kelautan dan bawah atmosfir. Sistem informasi atau data yang berbasiskan keruangan pada saat ini merupakan salah satu elemen yang paling penting, karena berfungsi sebagai pondasi dalam melaksanakan dan mendukung berbagai macam aplikasi. Oleh karena Ini berkaitan dengan pemenuhan lingkup territorial dari perencanaan. Sebagai sebuah metode, Analisis Spasial berusaha untuk membantu perencana dalam menganalisis kondisi permasalahan berdasarkan data dari wilayah yang menjadi sasaran.

Kata Kunci : GIS, Spasial, Banjir, Jakarta

Data tersebut dapat diolah Penentuan karakteristik kelompok berdasarkan permasalahan sosial yang akan dianalisa. Dalam arti luas. Tetapi sebenarnya SIG juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan database tentang informasi kondisi sosial wilayah DKI Jakarta. maupun tabel. air bersih. Selama ini pemanfaatannya hanya ditujukan bagi perencanaan yang bersifat fisik. SIG pada dasarnya dibuat untuk mengumpulkan. SIG membantu menayangkan wilayah mana yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan kelompok sasaran. penyimpanan data. Sebagai sebuah metode. seperti jalan.1 Geographic Information System Informasi geografis. pemrosesan data. dan efisien. LANDASAN TEORI 2. statistik. dan menyajikan semua bentuk informasi menjadi sasaran. Dengan adanya SIG ini informasi geografis dapat ditangani dan disajikan secara terpadu . mengelola. sehingga suatu program akan menjadi lebih efektif dan efisien karena dikenakan kepada kelompok sasaran yang tepat. Analisis Spasial berusaha untuk membantu perencana dalam menganalisis kondisi permasalahan berdasarkan data dari wilayah yang Sehingga sebagai alat bantu. dan penyajian data (Soendjojo. Ini berkaitan dengan pemenuhan lingkup territorial dari perencanaan. dan akhirnya merupakan hasil dari analisis terhadap data-data yang berkaitan data dengan disajikan permasalahan. Selain itu dengan adanya SIG ini data-data tersebut mudah untuk mengembangkan dan menciptakan suatu sistem database terpadu. menganalisis. dan menyajikan informasi geografis wilayah DKI Jakarta. adalah informasi yang berkaitan dengan lokasi tertentu. menganalisis. telepon. 1995). menyimpan. mengelola. Proses membangun SIG terdiri dari Pengumpulan data. semakin banyak pula permasalahan sosial yang dapat dianalisa untuk dicari pemecahannya. Semakin banyak data yang dimuat akan semakin lengkap gambaran yang dapat disajikan. yang mampu menyimpan. dan lain sebagainya. tepat. pemeriksaan data. PENDAHULUAN SIG bertujuan untuk dengan cepat. baik dalam bentuk peta.I. Geographic information geografis suatu wilayah/kota. jaringan diperbaharui Selain itu dengan kelebihankelebihan yang dimiliki oleh SIG kiranya system ini mampu juga dalam hal menentukan wilayah yang menjadi sasaran kegiatan. maka analisis dapat dilakukan secara spasial pula. Setelah dalam bentuk spasial. II. dalam bentuk yang paling sederhana.

GIS membutuhkan komputer untuk penyimpanan dan pemproresan data. kelautan dan bawah atmosfir [5].system(GIS) merupakan alat bantu dalam memproses data spatial menjadi sebuah informasi. Data spasial mempunyai pengertian sebagai suatu data yang mengacu pada posisi.1.2 Data Spasial Proses pemasukan data bisa melibatkan banyak hal. Data. 2. tapi lebih dari itu GIS seharusnya dapat membantu dalam analisis.1: Komponen GIS bumi termasuk permukaan bumi. Software. 3. yaitu data 2.2: Klasifikasi Model Data Spasial pengelolaan basis data (DBMS = Data Base Management dengan System) pemakai dimana dilakukan interaksi dengan suatu sistem antar muka dan sistem query dan basis data dibangun untuk aplikasi multiuser. dan hubungan diantaranya dalam ruang bumi. Data spasial Information System merupakan salah satu item dari informasi. dimana didalamnya terdapat informasi mengenai Gambar 2. Data 1. manajemen data serta output Ada dua jenis data masukkan yang digunakan dalam SIG.2. obyek.1 Model Data Raster Model raster memberikan informasi spasial terhadap permukaan di bumi dalam . Ukuran dari sistem komputerisasi spasial dan informasi turunannya digunakan untuk menentukan posisi dari identifikasi suatu elemen di permukaan bumi [6] bergantung pada tipe GIS itu sendiri. begitu juga dengan proses datanya. Hardware. analisis dan menampilkan informasi geografis. 2. SIG merupakan perangkat Gambar 2. dibawah permukaan bumi. GIS bukan sekedar penggunaan komputer untuk membuat peta. Dalam pembuatan GIS diperlukan software yang menyediakan fungsi tool yang mampu melakukan penyimpanan data. baik hardware maupun software. perairan. 2.1 Komponen Geographical spasial dan data non-spasial atau atribut.

swelling and over_owing the land not usually thus covered. ICID adalah "a relatively high _ow or stage in a river.00. A body of water. 2.1 Jakarta Timur Secara administratif wilayah Jakarta Timur dibagi menjadi 10 Kecamatan. Stadgemeente Batavia" atau singkatnya 2.4 persen per tahun dengan pendapatan per Kapita sebesar Rp. Atau sekitar 10 penduduk DKI Jakarta dengan kepadatan mencapai 10. dan kemudian 2. Pertumbuhan penduduk 2.3 Banjir Definisi Multilingual banjir menurut on menggati nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta. dan area (polygon).4 DKI Jakarta Kota Jakarta telah berdiri sejak awal abad XVII yaitu tahun 1527. Obyek yang dibangun terbagi menjadi tiga bagian lagi yaitu berupa titik (point). rising.445 jiwa per Km2." [3] Banjir yang melanda Jakarta umumnya disebabkan oleh banjir kiriman dari Bogor atau hujan lokal yang sangat deras dengan waktu lama antara 1-3 hari. garis (line). yaitu ketika Fatahillah mengalahkan armada asing. Pada masa pendudukan Jepang namanya berubah menjadi Jakarta Tokubetsushi".959. 2. Representasi dunia nyata disajikan sebagai elemen matriks atau piksel yang 2.bentuk gambaran yang di generalisasi. kawasan tertentu saja di pesisir Jakarta Utara seperti Rawa Buaya jika ada tanggul yang jebol.044. model ini berbasiskan pada titik (points) dengan nilai koordinat (x. markedly higher than the usual. Kemudian pada masa perjuangan hingga Indonesia merdeka hingga sekarang lebih dikenal dengan nama Kota Metropolitan Jakarta.y) untuk membangun obyek spasialnya.2 Model Data Vektor Model data vektor merupakan model data yang paling banyak digunakan. 673 Rukun Warga dan 7.4. 5. Sejarah kota Jakarta terkait erat dengan perjuangan bangsa yang telah ada sejak tanggal 22 Juni 1527.022 jiwa terdiri dari 1.057.040. Ada pun banjir karena pasang laut hanya melanda Penduduk sebanyak 1. Batavia. Dimulai dengan nama "Gemeente dan membentuk grid yang homogen.2.2 Jakarta Barat Wilayah merupakan kotamadya salah satu Jakarta bagian Barat yang . also the inundation of low land that may result therefrom.4.175 jiwa Perempuan.513 Rukun Tetangga serta dihuni lebih oleh kurang Technical Dictionary Irrigation and Drainage.847 jiwa laki-laki dan 914. 65 Kelurahan.

106'58'18 Bujur Timur dan 5'19'12 Lintang Selatan.4. Pada awalnya. serta menerima dan menciptakan cookies.37 km2 atau 22. menciptakan halaman web yang dinamis.5 Jakarta Pusat Wilayah administratif luas 48. Luas wilayah Jakarta Selatan sesuai dengan keputusan Gubernur KDKI Nomor 1815 tahun 1989 adalah 145.705 jiwa. wewenang dan kewajiban Walikotamadya adalah 2. Script PHP adalah bahasa program yang berjalan pada sebuah webserver. pada Ms Windows. bahwa tugas. Saat itu muara Ciliwung merupakan Bandar Pelabuhan Kerajaan Tarumanegara dibawah pimpinan Raja Purnawarman. atau sering disebut server-side.41dan 65 kelurahan yang berada di belahan selatan banjir kanal dengan jumlah penduduk mengolah dengan apapun. 394 RW dan 4662 RT. 2. Walikotamadya yang bertanggungjawab langsung kepada Gubernur KDKI Jakarta Berdasarkan 1. 44 Kelurahan. Jumlah penduduk terpadat berada di Kecamatan Tebet dan yang terjarang adalah Kecamatan Cilandak. dan bahkan PHP bisa melakukan lebih dari itu. tipe yaitu 2.4 Jakarta Selatan Wilayah Jakarta Selatan terletak pada 106'22'42 . Lerdoft pada bulan Agustus-September 1994.4.memiliki kedudukan setingkat dengan Kotamadya Tingkat II.3 Jakarta Utara Wilayah Jakarta Utara merupakan bagian dari pemerintah daerah Khusus Ibukota Jakarta yang pada abad ke 5 merupakan pusat pertumbuhan pemerintah kota Jakarta yang terletak dimuara sungai Ciliwung di daerah Angke.17 Jakarta km2 Pusat dengan mempunyai kondisi topografi relatif datar dan dibagi menjadi 8 Kecamatan. Oleh karena itu. 5 Tahun 1974 tentang pokok-pokok pemerintah di daerah.5 Hypertext Prepocessor ( PHP ) PHP diciptakan oleh programmer unix dan Perl yang bernama Rasmus 2. PHP dapat berjalan pada semua jenis system operasi. Solaris dan OpenBSD). Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam wesite pribadinya memonitor dengan siapa saja tujuan yang untuk pernah mengunjungi website-nya. antara lain pada Linux dan varian Unix (HP-UX.2 Tahun 1961 tentang Pemerintahan DKI Jakarta dan Penjelasan Undang-undangan No. PHP dapat melakukan apa saja yang bisa dilakukan program data CGI lain. Penetapan Presiden RI No. menjalankan Pemerintahan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam wilayah.893.4. Mac .

Caudium. Xitami. Output yang dihasilkan PHP bukan hanya HTML. Kemudian sejalan dengan sedang giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman "Java" ) pada masa itu. Pada di tampilkan setiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. webserver antara lain Apache. selain itu PHP juga dapat berjalan pada beberapa jenis penulssian script php. tiap akhir baris harus selalu diberi tanda titik koma (. Microsoft IIS. Netscape dan Iplanet Server. namun juga dalam bentuk gambar. personal webserver.). Javascript adalah bahasa yang berbentuk kumpulan skrip .dan masih banyak lagi. ?>  <script language="php"> echo ("tulis pake ini jika html editor Anda tidak mengenali PHP"). System kerja dari PHP diawali dengan permintaan yang beasal dari halaman website oleh browser. maka Netscape memberikan nama "JavaScript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995. Output yang lain denganjenis teks dapat berupa file XHTML dan XML. Omnihttpd dan masih banyak lagi.?>  <?php echo("ini juga\n"). Pada masa itu bahasa ini banyak dikritik karena kurang aman.6 Javascript Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995.3: Cara Kerja PHP [7] Ada empat macam cara penulisan kode PHP. Untuk menambahkan baris komentar pada PHP caranya adalah dengan meletakkan komentar tersebut di sebelah kanan tanda // jika komentar satu baris dan di antara /* dan */ jika komentarnya lebih dari satu baris.%> Penulisan yang paling sering digunakan adalah cara pertama dan kedua. </script>  <%echo ("kalau yang ini mirip dengan ASP"). 2. file PDF. Pada awalnya "LiveScript" bahasa yang ini dinamakan sebagai berfungsi bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. serta gambar animasi menggunakan Libswf dan Ming. antara lain :  <?echo("ini adalah script PHP\n"). Pada Microsoft saat sendiri yang bersamaan untuk yang mencoba ini mengadaptasikan teknologi mereka sebut sebagai "Jscript" di browser Internet Explorer 3. pengembangannya yang terkesan buru buru dan tidak ada pesan kesalahan yang Gambar 2.

1 Perencanaan Storyboard Untuk mendesain interface digunakan storyboard yang disusum secara berurutan. yang artinya di sisi browser bukan disisi server web. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman untuk memberikan kemampuan tambahan terhadap bahasa HTML dengan mengijinkan pengeksekusian perintah perintah di sisi user. PERANCANGAN DAN ANALISIS internet bahasa ini adalah bahasa skrip pertama untuk web.yang pada fungsinya berjalan pada suatu dokumen HTML.1: Tahapan Pembuatan webGIS 3. Javascript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil halaman web yang berisi skrip dari Javascript dan tentu saja terselip di dalam dokumen HTML. Gambar 3. layar demi layar. Tiap layar diberi penjelasan spesifikasi tentang apa yang akan ditampilkan pada layar tersebut. 3.2 Menentukan Wilayah Pada tahapan ini merupakan titik awal dari proses untuk mengembangkan suatu aplikasi GIS. sepanjang sejarah III. Dimana pada suatu aplikasi GIS harus terdapat peta suatu .

2 Kebutuhan Software  Quantum GIS biasa disingkat QGIS adalah sebuah Aplikasi GIS crossplatform Linux.1 Kebutuhan Software 4.dbf) untuk ditampilkan sebagai informasi. Umumnya untuk menirukan peta tersebut menggunakan raster file berformat . Dimana QGIS ini mencakup pemetaan. teknik membuat peta melalui proses komputer.shp yang nantinya memiliki sebuah database file (. 800 MHZ FSB)   Memory 4 GB RAM Hard disk 322 GB Hardware dan dilakukan terbagi menjadi dua. dapat Sedangkan untuk vektor .3 Pengumpulan Data Spasial dan NonSpasial Kemudian pada tahap ini penulis melakukan pengumpulan data-data yang terkait dalam pengembangan suatu aplikasi GIS. layer jaringan jalan. analisis pasial. layer Jakarta Timur. 3. 4.daerah tertentu dan informasi yang akan ditampilkan dan diperlihatkan. menghasilkan ekstensi . dan beberapa _tus desktop GIS lainnya. 3. Mac).4 Digitasi Peta Tahap digitasi peta merupakan  SVG View berfungsi untuk menampilkan peta pada halaman web. Proses ini sebenarnya seperti menirukan peta yang sudah ada tetapi masih berbentuk raster file untuk dijadikan vektor file. layer jaringan sungai. Software ini banyak digunakan oleh pengembang web karena fiturfiturnya yang menarik dan kemudahan penggunaannya.1 Kebutuhan Hardware Perangkat keras yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah komputer dengan spesifikasi :  Intel Core 2 Duo processor 16500 (2. Pengumpulan data-data yang IV. Dimana penulis mendapatkan data spasial sebanyak tujuh buah layer. Sedangkan yang kedua yaitu pengumpulan data non-spasial. layer Jakarta Barat. layer Jakarta Selatan. layer Jakarta Utara. Hasil dan Pembahasan 4. yang pertama mengumpulkan data spasial untuk wilayah DKI Jakarta ini.1. Layer-layer tersebut antara lain. penulis memperoleh data tersebut melalui sumber yang ada. Windows.1.  Dreamwaver merupakan software yg berfungsi sebagai penyunting halaman web. dan layer Jakarta Pusat.1 GHz.jpg meskipun banyak format lainnya yang bertipe file file gambar.

PHP. Pada gambar 4. Seperti Quantum GIS.5. aktifkan apacheserver dan mysql pada xampp control panel application seperti pada gambar 4.2: Tampilan Menu Peta Kemudian saat memilih bagian wilayah kecamatan yang terkena banjir.2 Uji Coba Aplikasi jalan dan aliran sungai yang ditampilkan pada peta.1: XAMPP Control Panel Apabila apache tersebut sudah diaktifkan.2 menunjukkan menu peta yang ada pada aplikasi ini.1 Gambar 4.3: Tampilan Informasi Banjir dan Curah Hujan komputer masukkan http://localhost/prediksi banjir. maka selanjutnya yang dilakukan adalah menuju ke browser. Untuk melakukan pengujian program yang perlu dilakukan dalam adalah menginstal software-software yang diperlukan.4 dan gambar 4.dimana masing-masing Selain melihat informasi berupa tabel. dapat juga dilihat informasi banjir dan curah hujan secara gra_k seperti yang terlihat pada gambar 4. Dan dapat dilihiat juga bagian .4. Yakin buka internet dan explorer pada alamat Gambar 4. Dalam menu peta dapat dilihat hasil dari data spasial. maka akan muncul informasi banjir dan curah hujan selama 6 tahun terakhir seperti yang terlihat pada gambar 4. Dapat dilihat untuk wilayah kecamatan yang terkena banjir ditunjukkan dengan warna biru. Setelah itu. SVG View. wilayah diberikan warna yang berbeda. dan Javascript pada komputer yang akan menjalankan program ini.3 Gambar 4.

1 Kesimpulan Sistem informasi geogra_ 5. akan dilakukan pembulatan ke atas. Mengingat fungsi dan keuntungan penggunaan GIS yakni yang menggabungkan antara analisis keruangan Dalam grafik apabila angka dan temporal diharapkan dapat dibelakang koma berkisar di atas 5. tidak dilakukan pembulatan. mendapatkan lokasi wilayah banjir yang paling baik dari sisi potensi bencana alam dan memperkirakan potensi bencana itu di masa yang akan datang. merupakan sebuah alat bantu manajemen berupa informasi berbantuan komputer yang berkaitanerat dengan sistem pemetaan dan analisis terhadap segala sesuatu serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi. maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.4: Tampilan Grafik Banjir Jakarta.diambil setelah melakukan tahapan implementasi dan pengujian. maka aplikasi ini dapat menerapkan teknologi web GIS. KESIMPULAN DAN SARAN 5.2 Saran Data yang digunakan dalam aplikasi ini masih berupa data statis.baik data spasial maupun Gambar 4. Dimana apilikasi ini dapat menyajikan bentuk data spasial yang dari wilayah yang terkena banjir di DKI Gambar 4. serta wilayah yang ditampilkan masih terbatas dalam bagian kecamatan yang ada di DKI Jakarta. Dimana hanya menampilkan data banjir dan curah hujan dalam tahun. Adapun kesimpulan yang dapat Karena perintah dalam pemrograman yang dipakai rumit dan membutuhkan banyak . Selain itu. Dimana aplikasi berbasis web ini bisa mengurangi berbagai kekurangan yang dapat terjadi dalam penyimpanan dan pengolahan data.5: Tampilan Grafik Curah Hujan data temporal. Berdasarkan analisa dan pembahasan yang bab sebelumnya. Namun jika angka dibelakang koma berkisar di bawah 5. pada aplikasi ini tidak terdapat perintah untuk mengupdate. V. Sehingga dapat menghasilkan informasi dari wilayah-wilayah yang disajikan pada peta web GIS tersebut.

[5] Rajabidfard._ Ph. Sweden. Application to natural hazards. 2007. Alamsyah. Oleh karena itu masih banyak dki jakarta daerah rawan banjir. Geospatial Information Research: Bridging the Paci_c and Atlantic University of Gävle. J. 2004. Yuliano. mulai dari data shp. Perangkat lunak yang digunakan Williamson. The University of Melbourne. dan sebagainya. G. SDI Hierarchy and Future Directions. [2] J. 2000a.D.com. Victoria: Spatial Data Research Group. kemungkinan pengembangan yang dapat dilakukan. "Spatial Data Infrastructures : Concept._ 2003. Department of sebaikanya framework seperti chameleon supaya wilayah yang terkena banjir dapat dilihat lebih detail. Davoine dan H. and I.P. dissertation. Abbas.tahapan. [4] E. _Pengantar javascript. Melbourne. Universitas Indonesia. Spatial Data Infrastructures:An Initiative To Facilitate Spatial Data Sharing. Department of Geomatics. [7] T._ Master's thesis. The University of Melbourne. dissertation. GEOGRAFI MUHAMMADIYAH SURAKARTA." Melbourne._ FAKULTAS UNIVERSITAS Ph. 2000b. [3] A. Victoria: Spatial Data Research Group. DAFTAR PUSTAKA [1] A. P-A. _A web-based multimedia framework for di_using spatio-temporal information: Geomatics. 2008.D. Sekarwiri. _Pengenalan php. Map Object.ilmukomputer._ www. Salah satunya adalah dengan menambahkan suatu daerah yang lebih detail serta penamabahan fitur admin untuk memproses data yang ingin diubah. Pratomo. _Hubungan antara kualitas hidup dengan sense of community warga . Martin. [6] —. _Analisis kerentanan banjir di daerah aliran sungai sengkarang kabupaten pekalongan provinsi jawa tengah dengan bantuan sistem informasi geografis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful