BAB 1.

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Gelombang adalah bentuk dari getaran yang merambat pada suatu medium. Pada gelombang yang merambat adalah gelombangnya, bukan zat medium perantaranya. Satu gelombang dapat dilihat panjangnya dengan menghitung jarak antara lembah dan bukit (gelombang tranversal) atau menhitung jarak antara satu rapatan dengan satu renggangan (gelombang longitudinal). Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang dalam waktu satu detik. Cepat rambat gelombang pada dawai dapat diukur dengan sonometer. Senar atau dawai banyak digunakan sebagai sumber bunyi, seperti pada gitar dan biola. Sonometer adalah alat untuk menunjukkan hubungan antara frekuensi yang dihasilkan oleh getaran pada dawai dan ketegangan, panjang dan massa per satuan panjangnya. Sonometer dapat digunakan untuk menyelidiki dan menentukan hubungan factor-faktor yang mempengaruhi capat rambat gelombang paada dawai, sahingga cepat rambat gelombang pada dawai yang digetarkan dapat diperhitungkan besarnya.

1.2 Rumusan Masalah 1.2.1 Bagaimana hubungan antara beban yang digunakan dengan cepat rambat gelombang? 1.2.2 Bagaimana hubungan frekuensi dengan cepat rambat gelombang? 1.2.3 Bagaimana mengukur cepat rambat gelombanng?

1.3 Tujuan 1.3.1 Mengetahui hubungan antara beban yang digunakan dengan cepat rambat gelombang? 1.3.2 Memgetahui hubungan frekuensi dengan cepat rambat gelombang? 1.3.3 Mengetahui mengukur cepat rambat gelombanng?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful