1

YUNANI DAN ALEXANDER THE GREAT Bangsa Sparta dan Athena tak jelas dari mana asalnya. Adapun dewa-dewa Yunani adalah: Zeus,adik perempuannya yaitu Hera yang diperisteri. Hades adalah dewa dunia bawah dan isterinya bernama Persephone. Demeter dewi kesuburan; Apollo ‘Raja pemanah’ serta pelindung puisi dan music.Athena adalah dewi pelindung seni dan kerajinan serta dewi kebijaksanaan. Aphrodite dewi cinta; Ares dewa perang. Artemis dewa perburuan; Hephaestes dewa api dan ‘Master of Craft’; Eileithia dewi kelahiran anak. Ini merupakan dewa-dewi nasional, sebab setiap polis aau negara kota memiliki dewanya sendiri. Orangorang diluar Yunani semuanya dianggap barbar. Polis atau negara kota yang terkenal adalah Athena, Sparta, Corinthia, dan Thebes diantara beratus negara kota yang kecil-kecil. Mengapa demikian, karena wilayah Yunani tediri dari pegunungan-pegunungan, serta banyak pulau. Yang mengikat pereka sebagai bangsa Yunani adalah ‘Olympic Games’ yang diselenggarakan empat tahun sekalidi bukit Olympia sejak 776 BC serta festival keagamaan di Delphi yang diselenggarakan tiga tahun sekali. Masyarakat Athena adalah demokratis, sedang masyarakat Sparta adalah militeristik, hingga tak ada waktu luang untuk memikirkan hal-hal diluar kepentingan militer. Anak yang lahir yang laki-laki sejak umur 7 tahun diambil dari rumah masuk ke camp dan umur 10 tahun mulai mendapat latihan yang berat. Umur 30 sampai 60 tahun seorang pria harus masuk wajib militer. HOMER(US) DAN HESIOD(US) DARI ABAD KE-8 BC Kesuasateraan yang terkenaladalah wiracarita yang dicipta oleh seniman Homer dan Hesiod. Homerus (sekitar 750 BC) menicptakan Iliad dan Odyssey. Iliad menggambarkan perang-perang yang terjadi di Yunani,sedangkan Odyssey menggambarkan ketika seorang pahlawan sepulang dari Troy yang telah dihancurkan dengan penuh mengalaman yang aneh-aneh. Pahlawan itu bernana Odysseus. Sedangkan Hesiod (c. 725 BC) menulis tentang Works and Days of Hesiod yang berupa puisi tentang karya-karya Hesiod selama lima jaman, aitu jalan keemasan, jaman perak, dan seterusnya sampai pada semasa hidupnya, higga ini meurpakan sejarah. MENGHADAPI PERSIAN WAR (490 – 478 BC)

dan dalam bidang sejarah tampil Herodotus. Sopocles. Polyclitus dengan karya Doryphorus dan Diadumenes. Praxiteles menciptakan Hermes. Dari sebelah utara Yunani. dan Aristoteles. Callicrates mendirikan temple dengan Athena Nike yang menggambarkan sang dewai sedang mencoba sandal. Pada tahun 499 Yunani tampil melawan tetara Persia. . Raja yang terkuat adalah Darius dan Xerxes. Alexander mampu menundukkan raja Darius III dari Persia pada tahun 337 BC. Kemudian di Plataea tentara Persia dilumatkan pada tahun 479 BC. Tetapi di Thermopylae Persia dipukul oleh tentara Sparta. Tetapi Yunani juga demikian halnya. Socrates. tampillah Alexander dari Macedonia. Adapun dalam bidang patung dan arsitektur tampil pematungpematung Myron dengan karyanya yang terkenal Discobulus. Empedocles. Dia adalah bapak dari ‘disiplin sejarah’. semula bisa mengalahlakan Athena dam Sparta. Dalam bisang kesuasteraan tampil Aeschylus. Ia berhasil menyatukan orang-orang Yunani dan Persia. kemudian bisa menaklukkan Yunani serta mapu menundukkan Mesir dan Asia Barat. Euripides. Juga figur-figur Caryatides berupa tiang-tiang yang berbentuk wanita. Adapun dalam bidang arsitektur telah tercipta Parthenon (bangunan keagamaan hanya tinggal tiang-tiangnya. Dia adalah figur yang luar biasa. serta Kekaisaran Persia berakhir. SENIMAN SENI PATUNG.2 Pada akhir abad ke-5 Persia merupakan kekaisaan yang besar dan kuat. dengan dalil ‘Apakah peristiwa-peristiwa masa lampua telah memberi kemunculan atas peristiwaa-peristiwa masa kini?’ Sedangkan Thucydides telah memberikan ‘scientific history’ sejarah yang ilmiah. Protagoras. Juga terdapat Hermaphrodite yang sedang berbaring. Plato. ALEXANDER THE GREAT 356 – 323 BC (MACEDONIA) Ketika Yunani mulai melemah. Aristophanes. Democritus. PEMIKIR. Kemudian Xerxes tampil dengan 200. Patung-patung itu sangat realistis. DAN ARSITEKTUR ATHENA Di Athena mulai timbul pemikir-pemikir filsafat seperti Anaxagoras.000 tentera. Ketika Persia bangkit lagi. karena dihancurkan oleh tentera Persia). karena ia teah mengalami senidiri dari perang Peloponesus. dan pada tahun 490 BC Darius di Teluk Marathon terjadi pertempuran yang sengit dan tentera Persia kalah. Dibawah pimpinan Themistocles tentara Persia di Tanjung Salamis dapat dihacurkan.

Terjadilah perpaduan antar Barat dengan Timur. Peran wanita mulai tampil. . Akhirnya Kekaisaran jatuh ke kepada Antigone yang mendapat bagian Macedonia serta negara-negara kota Yunani. Ia memadukan antara demokrasi Yunani serta olygarkhy dari Timur.Ini dikarenakan kebudayaan Romawi semula merupakan kebudayaan kaum barbar. Sejak kemenangannya atas Persia ini dia mendapat julukan The Great.Teksbooknya banyak dipelajari pada masa itu. Macedonia merupana sebuah monarkhi yang sangat kuat. Disamping itu bila ada kebudayaan yang berasal dari Yunani biasanya disebut sebagai Greco. Dari Polis (Hellas. Masyakat Hellenistic. Berat jenis benda. Archimedes (287 – 212 BC) percaya bahwa pengetahuan hanya dapat ditekuni dengan mathematika.3 bahkan juga menganjurkan pernikahan antara orang-orang Macedonia termasuk Yunani dengan wanita-wanita Persia. Untuk tidak membingungkan. Genius dari Yunani boleh dikatakan hilang. Ia diminta untuk mmbuktikan mahkota raja Hiero itu adalah emas murni atau berampur perak. PERKEMBAGAN ILMU Euclid (c. atau Yunani. 300) adalah pengembang ilmu geometry. budaya Yunani biasa disebut budaya Hellas atau Hellenis. ketika kebudayaan Romawi bercampur dengan Yunani dalam sejarah disebut sebagai Greco-Roman. Seleucus mendapat bagian wilayah yang terbentang dari Asia Minor dan Mesopotamia. Tetapi kemakmuran tidak sampai rakyat kecil. Sepeninggal Alexander kekuasaan kekaisaran perlu dibagi-bagi (perebutan tahta) kepada para jenderal-jenderalnya. sebagai contoh adalah Cleopatra. sedangkan kebudayaan yang diciptakan oleh Alexander disebut sebagai Hellenistis. Adapun Ptolemy mendapat bagian dari Mesir. dan sebagian dari Sysia. Peniggallannya yang sampai sekarang masih bisa kita nikmati adalah kota yang bernama Alexandria. Dari tahun 430 sampai 145 BC sebagian besar dari Jagat Hellenistic berada di bawah pemerintahan Romawi. padahal itu merupakan perpaduan antara Yunani (Barat) dan Persia (serta Timur). atau Greek) kemudiaan pada masa Alexander berubah menjadi cosmopolitan. Ia berhasil mendirikan 20 kota yang tersebar dari sungai Nil sampai ke sungai Indus. Terjadilah perpaduan antara Yunani dengan ‘barbarian’. atau Greek. Palestina. Sebab pada suatu ketika. Sebab kadang-kadang orang yang tidak tahu kebudayaan Alexander juga disebut kebudayaan Yunani.

4 Erastothenes (275 – 195 BC) dalam bidang geografi. Euthydemus membuat yang paling terkenal adalah kepala raja Bactria. Hiasan-hiasan pada altar Pergamum sangat mengesankan. Herophilus (awal abad ke-3 BC). 250) serta politikus. The Sleeping Hermaphrodite sangat sensual dan romantis. 400 BC) berjasa dalam bidang kedokteran. yang menggambarkan seorang ayah dan dua orang anaknya sedang dibelit ular. Pericles telah mencanangkan Athena sebagai The School of Hellas. . SENI RUPA Gaya seni rupa masa Hellenistic lain dari gaya Hellenic. Capuan Venus (300 BC) sangagt mengesankan. I sebenarnya telah mendahului Vasco da Gama yang mengatakan bahwa orang dapat pergi ke India dari Spanyol dengan mengelilingi Afrika. Ototototnya serta ekspresi wajahnya yang luar biasa. Hellenistic memiliki genius-geniusnya sendiri. Juga patung Laocoon. Patung Nike dan Samothrace sekarang disimpan di Museum Louvre. Karyanya yang terkenal adalah Lives. Smpah kedokteran sampai sekarang tetap dipegang teguh. Polybius (198 – 117) menulis entang Yunani yang ditaklukkan oleh Romawi. Tokoh sejarah adalah Hieronymus (c. Tiang-tiangnya dari tempel bergaya Corinthian. Patung wanita tua juga digambarkan sangat realistis. Oleh para sejarawan masa kini dia hnya dikalahkan oleh Thucydides. Kecenderungannya menuju ke realism. Tetapi pada satu abad kemudian The School of Hellas sudah tak berdaya lagi. behasil mendapatkan sIstem syarat dan sirkusi darah. Hippocrates (c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful