BAB I PENDAHULUAN

A.

Latar Belakang

Dalam rangka mencapai standar kompetensi siswa sekolah menengah pertama (SMP) khususnya dalam penguasaan ilmu pengetahuan alam (IPA) sebagai bagian dari kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perlu dilaksanakan program kegiatan pengembangan laboratorium IPA sebagai sarana bagi siswa dalam pelaksanaan praktikum di sekolah yang menunjang pengembangan sikap ilmiah dan pemecahan masalah sebagi karakteristik mata pelajaran IPA. Berdasarkan analisis masalah yang dihadapi guru dan siswa SMPN 2 Satu Atap Pagedongan, dalam penguasaan standar kompetensi IPA khususnya yang berkaitan dengan pemecahan masalah melalui metode ilmiah, maka SMPN 2 Satu Atap Pagedongan merasa perlu adanya suatu program kerja laboratorium IPA sebagai salah satu upaya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam penguasaan standar kompetensi tersebut. Program kerja yang dilaksanakan merupakan kegiatan terstruktur baik dalam perencanaan, pengorganisasian, penyediaan, pemanfaatan dan

perawatan alat dan bahan praktikum, pengelolaan ruang laboratorium, evaluasi maupun penyusunan laporan program kerja laboratrium IPA.

B.

Dasar Pemikiran a. Pasal 12 ayat (1) danPasal 30 UU No. 20 Tahun 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional. b. Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana. c. VIsi, Misi serta Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara d. Visi, Misi, Tujuan, dan Program Kerja SMPN 2 Satu Atap Pagedongan

1

5. Membantu sekolah dalam program pemberdayaan sarana dan prasarana sekolah.C. Sebagai wahana dalam pembelajaran melalui pendekatan ilmiah berdasarkan fakta dan data yang diperoleh. Menunjang materi pembelajaran dalam kegiatan tatap muka di dalam kelas melalui kegiatan praktikum sebagai upaya pembuktian teori-teori ilmiah. khususnya dalam perawatan dan penambahan fasilitas pokok dan fasilitas pendukung yang terdapat di dalam laboratorium IPA agar fungsi laboratorium IPA dapat berjalan seusai dengan yang diharapkan. 2. secara khusus tujuan program laboratorium IPA antara lain: 1. Tujuan Program Kegiatan Program kegiatan laboratorium IPA bertujuan untuk membantu guru dan siswa dalam melaksanakan praktikum IPA sekaligus membantu pihak sekolah dalam pemberdayaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah. Memotivasi siswa dalam belajar IPA dengan melaksanakan kegiatan praktikum. 2 . 4. 3. Mengembangkan keterampilan dasar bereksperimen melalui praktikum sebagai salah satu tuntutan dalam pembelajaran IPA.

KONDISI RIIL DAN UPAYA PERBAIKAN Identifikasi antara kondisi ideal. Kondisi Ideal Sekolah memiliki ruang laboratorium IPA standar (ukuran 12 m x 9 m) Lab IPA memiliki alat dan bahan lengkap sesuai ketentuan standar minimal sarana lab Tersedianya air bersih dan pembuangan limbah yang memadai Alat dan bahan tertata dengan baik Tersedianya meja praktikum yang mampu menampung 5 -7 siswa per kelompok Memiliki tenaga pengelola lab yang memadai Administrasi lab terlaksana dengan rapi Lab termanfaatkan optimal untuk kegiatan praktikum Memiliki tata tertib untuk mengatur kegiatan di lab Kondisi Riil Sekolah belum memiliki ruang laboratorium standar. ruang lab berukuran (9 m x 7 m) Alat dan bahan belum lengkap Upaya Perbaikan Pengajuan Proposal Pembangunan Ruang Lab IPA Pengajuan kebutuhan alat dan bahan praktikum sesuai Identifikasi kebutuhan Pembangunan instalasi air bersih dan pembuangan limbah Penataan alat dan bahan Pembuatan meja praktikum 2. Mengoptimalkan guru IPA yg ada untuk membantu pengelolaan lab Perbaikan administrasi Optimalisasi pemakaian lab Menyusun tata tertib lab 9. 3 . 8.BAB II IDENTIFIKASI KONDISI IDEAL. Belum tersedia instalasi air bersih dan pembuangan limbah yang memadai Alat dan bahan belum tertata dengan baik Meja praktikum masih menggunakan meja siswa di kelas Baru memiliki satu orang kepala lab tanpa laboran Administrasi belum terlaksana dengan rapi Kegiatan di lab belum optimal Belum memiliki tata tertib lab 6. 4. 5. 3. 7. No 1. kondisi riil saat ini dan upaya perbaikan yang diperlukan untuk mencapai kondisi ideal sebagai acuan perumusan program kerja di sajikan dalam tabel berikut.

di antaranya: 4 . Fasilitas yang dimaksud dalam hal ini adalah ruang penyimpanan khusus. Penataan Alat Dan Bahan Penataan alat dan bahan Praktik IPA sangat bergantung pada fasilitas yang ada di laboratorium dan kepentingan pemakaian laboratorium. maka disusun program kerja dengan prioritas sebagai berikut. kondisi riil dan upaya perbaikan. A. Penataan Ruang Laboratorium Denah Ruang Laboratorium IPA C. dan rak-rak. dan tempat-tempat penyimpanan seperti lemari. ruang persiapan. Pengajuan Proposal Pembangunan Lab IPA Proposal pembangunan ruang Lab IPA disusun dan diajukan kepada pihakpihak terkait. B. Untuk menata alat dan bahan praktik IPA ada beberapa hal yang perlu dilakukan.BAB III RENCANA KEGIATAN LABORATRORIUMI IPA Berdasarkan identifikasi kondisi ideal.

Mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan kelompok mata pelajaran (fisika. 2. Untuk keperluan pencatatan alat dan bahan laboratorium ini diperlukan format atau buku perangkat administrasi yang meliputi: 1. 3. dan kimia) atau sesuai dengan katalog yang dirujuk. Membersihkan ruang laboratorium beserta tempat-tempat penyimpanan alat dan bahan yang tersedia. dan tempat penyimpanan. ukurannya.1. D. 3. misalnya lemari. 6. Daftar alat dan bahan sesuai dengan LKS Program semester kegiatan laboratorium Jadwal kegiatan laboratorium Untuk memudahkan pengisian dan pemantauan. 2. maka akan disusun sistem data base administrasi alat dan bahan laboratorium dengan microsoft acces. mereknya. jumlahnya. Pengertian pengadministrasian adalah pencatatan namaalat/bahan. nomor kode. jumlahnya. pemeliharaan. Pengadministrasian Alat dan Bahan Sebagai upaya memudahkan pengecekan. dan rak. penggunaan. biologi. sifat fisiknya. 2. Mendata dan memeriksa alat dan bahan dalam hal macamnya. 5. laci. 5 . harganya.dansebagainya. 3. pengadaan. semua fasilitas serta alat dan bahan di laboratorium harus diadministrasikan. dan terutama pertanggungjawaban. Buku inventaris Kartu stok Kartu permintaan/peminjaman alat/bahan Buku catatan harian Kartu Alat/bahan yang rusak Kartu reperasi Format label Buku lainnya yang dapat dijadikan sebagai pelengkap perangkat administrasi di atas antara lain: 1. 7. 4.

2. Setelah selesai penyusunan daftar alat / bahan. Sebelum pengusulan pengadaan alat dan bahan tersebut dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut: 1. 3. Tata tertib siswa Sebelum Praktikum 1. atau habis dipakai diperlukan pengadaan. 5. Percobaan/praktikum apa yang akan dilakukan Alat dan bahan yang akan disediakan/dibeli (dengan spesifikasi jelas) Ketersediaan dana Prosedur penyediaan/pembelian Pelaksanaan penyediaan/pembelian Prosedur pengadaan alat dan bahan biasanya dimulai dengan penyusunan daftar alat dan bahan yang akan disediakan/dibeli. artinya didahulukan alat dan bahan yang paling penting dan mendesak untuk disediakan.E. Siswa tidak diperkenankan masuk ke ruang Laboratorium tanpa seijin guru. hilang. kemudian alat dan bahan disusun berdasarkan priotitas. a. Tata Tertib Laboratorium IPA Agar kegiatan laboratorium dapat berjalan dengan tertib maka disusun tata tertib sebagai berikut. 6 . Pengadaan Alat dan Bahan Untuk melengkapi atau mengganti alat dan bahan yang rusak. Daftar alat dan bahan harus dilengkapi dengan spesifikasi alat dan bahan. Daftar alat dan bahan yang akan disediakan/dibeli dibuat berdasarkan program semester/program kegiatan laboratorium atau berdasarkan analisis LKS. F. Daftar alat yang akan dibeli dipisahkan dari daftar bahan. 4. daftar ini diserahkan oleh penanggungjawab laboratorium kepada kepala sekolah. Daftar pengusulan diperoleh dengan dari masing-masing guru laboratorium mata pelajaran yang dikoordinasikan kepala selaku penanggungjawab laboratorium.

3. tertelan bahan kimia) harap segera melapor kepada guru. 16. hendaknya digunakan bahan yang seminim mungkin/ secukupnya. kecuali untuk praktikum. 8. Dilarang mencorat-coret bangku/ruang laboratorium. tertusuk. Bagi yang memakai kerudung. 13.2. Bagi siswa putri yang memiliki rambut panjang harap diikat dengan rapi. Apabila dibutuhkan menimbang. maka yang bersangkutan wajib menggantinya 15. Sebelum memasuki ruangan. Dalam melakukan praktikum. terbakar. kerudung harap rapi. Segera laporkan kepada guru bila alat yang dipakai membutuhkan perbaikan. Jika dalam praktikum terjadi kecelakaan (kena pecahan kaca. 14. 9. 11. 10. timbangan dilarang dibawa ke meja praktikum. Dilarang bermain-main/bersenda gurau saat melakukan kegiatan praktikum. Berdoalah terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan praktikum. 7. 12. Siswa tidak diperkenankan membawa makanan/minuman ke ruang Laboratorium. Selama Praktikum 6. penimbangan dilakukan di meja timbang. Dilarang mencicipi/memakan sesuatu dalam praktikum kalau guru tidak menyuruh untuk melakukannya. bersihkan sepatu pada keset yang tersedia. 4. Label/ etiket bahan yang rusak/ hilang harap segera dilaporkan kepada guru. Bacalah petunjuk praktikum dengan baik dan dengarkan petunjuk guru sebelum memulai kegiatan praktikum. Jika dalam praktikum siswa merusakkan/memecahkan alat. Siswa tidak diperkenankan membawa alat-alat/bahan praktikum ke luar ruangan Laboratorium tanpa seijin guru. 17. Alat-alat/ bahan praktikum harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan atau sesuai anjuran guru. 7 . 5.

9. meja praktikum harus dalam keadaan bersih. Awasilah siswa yang sedang melaksanakan kegiatan Lab. kontak listrik dicabut. Tata tertib Guru 1. 4. 19. Etiket pada botol harus benar dan jelas. 23. 24. Beritahukanlah pada siswa pengunaan alat listrik. Berilah peringatan. 20. 10. Tinggalkan ruangan laboratrium dengan tertib dan tenang. Sebelum meninggalkan ruang Laboratorium. 22. Berikanlah penjelasan setiap alat yang masih asing. Alat pemadam kebakaran harus selalu siap pakai. bersih dan siap pakai. Setelah selesai praktikum. dan larangan agar kegiatan berhasil sesuai tujuan.Setelah Praktikum 18. Berdoalah setelah selesai melakukan kegiatan praktikum. kursi diletakkan diatas meja. alat-alat/ bahan hendaknya dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan lengkap. Berilah penjelasan kepada siswa sehingga siswa mau menghayati tata tertib laboratorium bagi siswa. Dilarang membuang sisa bahan praktikum dalam selokan. 8. 2. rapih dan nyaman untuk kegiatan. 21. 6. Cucilah tangan setelah selesai melakukan kegiatan praktikum. 7. Usahakanlah agar laboratorium tetap bersih. tertib. 5. 8 . dan bahan berbahaya bagi siswa. kran air dan gas ditutup rapat. Siapkanlah alat dan bahan yang akan dipakai untuk kegiatan. b. buanglah pada ember yang tersedia. 3. Berusahakah agar siswa penuh disiplin. petunjuk. mudah rusak. Jagalah kebersihan dan buanglah sampah pada tempatnya.

dan guru harus mampu menggunakan isi kotak P3K itu. tidak gaduh. Guru harus mengatur suasana kegiatan dalam laboratoraium IPA dinamis. 16. Matikanlah semua lampu yang tidak digunakan. tidak merugikan pemakai yang lain. 15. Guru bertanggung jawab atas keberesan dan kebersihan.11. apabila akan meninggalkan Laboratorium. 12. dan seefisien mungkin. 9 . Kotak P3 K selalu tersedia dan terawat. Usahakan agar laboratorium digunakan sesuai dengan jadwal. Menuliskan catatan penting tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan pada buku kegiatan harian lab yang tersedia. dan tertib. 14. 13.

Eko Rudiono. S. 100. Maret Atik Hastuti.Pd.Pd. 25.Rp.Rp.000. Juli 2012 Juli 2012 Rutin Juni 2013 Rp. S. 2. 750. S. S. 3. 5.000. alat dan bahan Pembenahan Administrasi Pengadministrasian Kegiatan Lab Penyusunan daftar kebutuhan alat dan bahan praktikum Pengadaan Alat dan bahan Penyusunan tatib Penanggungjawab Eko Rudiono. Maret Atik Hastuti. 100.- Rp. 8. 5. Guru Mapel Waktu Pelaksanaan Agustus 2012 Juli 2012 Juli – Agustus 2012 Rutin Juli 2012 Estimasi Dana Rp.000. Eko Rudiono.Pd.Rp. S.Rp.- 6. PPenyusunan laporan Eko Rudiono.000. 4. 200. Perawatan rutin alat dan ruang 9.Rp.Pd.Pd.Pd.000. Program kerja Penyusunan proposal pembangunan lab IPA Penataan ruang. Eko Rudiono. S.000. S.Pd.000. 150.Time Schedule Pelakasanaan Program Kerja Tahun Pelajaran 2012/2013 No 1. Maret Atik Hastuti.Pd.000. 7.- 10 . S. 10.

Orang-orang atau petugas yang terlibat langsung dalam organisasi laboratorium IPA adalah sebagai berikut: 1. Mengarahkan kegiatan d. b. Mengkoordinasikan kegiatan e. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat dan bahan lab. Memelihara dan perbaikan alat-alat lab. Perencanaan pengadaan alat-alat lab. d. Mengevaluasi kegiatan 2. Penanggung jawab pengelolaan Lab. Kepala Sekolah: Tugas-tugas kepala sekolah: a. Mengorganisasikan laboratorium IPA berarti menyusun kelompok orang atau petugas dan sumberdaya yang lain untuk melaksanakan suatu rencana atau program guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan cara yang paling berdaya guna terhadap laboratorium IPA. e. barang. Kepala Laboratorium Tugas kepala laboratorium: a. 11 . Melaksanakan koordinasi dengan urusan kurikulum dan sarpras c. Mengawasi kegiatan f. Menyusun jadwal dan tata tertib lab. f.BAB IV STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM IPA Organisasi laboratorium IPA adalah suatu sistem kerjasama dari kelompok orang. Mengkoordinasikan penggunaan Laboratorium b. Mengorganisasikan kegiatan c. atau unit tertentu tentang laboratorium IPA. untuk mencapai tujuan.

Mengkoordinir penggunaan alat-alat praktikum b. Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium b. Inventarisasi dan pengadministrasian peminjaman alat-alat laboratorium e. Bertanggung jawab terhadap alat-alat yang digunakan pada saat praktikum. 12 . Memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium c. Bertanggung Jawab terhadap keselamatan alat dan siswa saat praktikum.g. j. Mengkoordinir guru-guru IPA dalam penggunaan lab dan alat-alat lab. Guru IPA Tugas Guru IPA: a. Laboran Tugas laboran: a. k. h. i. Penyusunan laporan pelaksanaan pengelolaan lab. Membantu Kepala lab menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium 4. Melaksanakan laporan penggunaan alat lab baik yang masih bagus maupun yang sudahrusak e. Melakukan koordinasi dengan guru lain yang akan menggunakan lab. d. Ikut bertanggung jawab terhadap sarana yang ada di lab. Inventarisasi dan pengadministrasian peminjam alat-alat lab. Menjaga kebersihan laboratorium d. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan administrasi yang menyangkut penggunaan lab. 3. Membantu guru menyiapkan alat dan bahan praktikum f. c. Melaksanakan laporan/ mengkoordinir laporan l.

PdSi. Eko rudiono.PdI.Pd. 2. S. S.Pd. Guru IPA 1. S.Pd. S. S. S. 13 .STRUKTUR ORGANISASI LABORATORIUM IPA SMPN 2 SATU ATAP PAGEDONGAN Kepala Sekolah Sutarno. Urusan Sarpras Nur Supriyanto Kepala Laboratorium Eko Rudiono.Pd. Laboran Maret Atik Hastuti. Urusan Kurikulum Heti Kusumaningtyas. Maret Atik Hastuti.

Kesimpulan Pelaksanaan program kerja laboratorium IPA di SMPN 2 Satu Atap pagedongan ini diharapkan menjadi solusi dalam menyiasasti besarnya tanggungjawab yang diemban oleh mata pelajaran IPA di sekolah. Saran Laboratorium sebagai salah satu tempat bagi siswa dalam mempelajari IPA merupakan suatu bagian dari pengembangan sarana penunjang dalam peningkatan hasil belajar siswa. olehkarena itu penggunaan laboratorium dalam pembelajaran IPA sangat diperlukan demi kemajuan pendidikan. Dengan adanya pelaksanaan program kerja ini diharapkan nilai-nilai ilmiah dari pembelajarn IPA yang dipelajari siswa tidak hanya sekedar menjadi pengetahuan atau hapalan tetapi hendaknya menjadi suatu bekal di tengah-tengah kehidupan sehari-hari. B. Guru hendaknya memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman dalam memanfaatkan laboratorium dan semua fasilitas yang ada di dalamnya.BAB V PENUTUP A. Penggunaan laboratorium sebagai bagian dalam pembelajaran memerlukan perencanaan dan pengetahuan yang memadai dalam pemanfaatannya. 14 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful