P. 1
Pompa Hidram

Pompa Hidram

|Views: 232|Likes:
Published by Irkhos Azir

More info:

Published by: Irkhos Azir on Jun 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2015

pdf

text

original

USUL PROGRAM PENGABDIAN DIPA

Pemanfaatan Pompa Hidram Sebagai Solusi Kesulitan Air di Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong

Oleh: Irkhos, 197908202005011003 Ketua Tim Pengusul Nama, NIP Anggota Tim Pengusul

Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Bengkulu 2011

1

Alamat : Jurusan Fisika i.Si. SH. Bidang Penerapan Ipteks : MIPA 3. S. S.- Bengkulu. 3 Bentiring k.000. Telp/Faks/E-mail : 073620919 j. Jumlah Anggota : 3 orang a. Telp/Faks/E-mail : 085266581304 4. Nama Anggota III : Sutarno. Jabatan : Lektor g. MS NIP.Si.Si NIP. M.Si b. Fakultas/Jurusa : MIPA/Fisika h. Disiplin Ilmu : Fisika Instrumentasi e. Jenis Kelamin : Laki-laki c. M.000. Rejang Lebong 6. Rida Samdara. Drs Rizwar. Alamat Rumah : Griya Azzhra Permai no. Judul Sebagai Kecamatan Rejang : Pemanfaatan Pompa Hidram Solusi Kesulitan Air di Bermani Ulu Raya Kabupaten Lebong 2. 197908202005011003 Menyetujui. Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat UNIB Slamet Muljono. Bermani Ulu Raya Kab.Si. S. Jumlah belanja yang diusulkan : Rp 5. M. M.HALAMAN PENGESAHAN 1. Pangkat/Golongan : Penata/IIIb f. MS NIP. S.Pd 5. Juni 2011 Mengetahui. Lokasi Kegiatan : Kec. Nama Anggota II : Dra. M.Si. NIP : 197908202005011003 d. Nama Lengkap : Irkhos. Ketua Tim Pengusul : a.S c. 196112091987031001 Irkhos.Si b. Dekan Ketua Tim Pengusul. 195804111984031002 2 . Nama Anggota I : Suhendra.

Sedangkan pada musim kemarau. baik kuantitas maupun kualitasnya. namun sektor pertanian belum optimal meningkatkan taraf hidup masyarakat. Mata pencarian penduduk sebagian besar adalah petani. kecamatan Kota Padang dan kecamatan Curup Utara bercocok tanam hanya pada musim penghujan. 2006). ada juga yang bermata pencaharian sebagai pedagang. dengan luas wilayah sekitar 1. sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Lebong dan propinsi Jambi. Palawija banyak ditanam di lereng bukit Kaba.515. Pendahuluan Kabupaten Rejang Lebong adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu. Air sebagai komponen sumber daya alam yang sangat penting maka harus dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Perkebunan rakyat yang terdapat di kabupaten ini adalah perkebunan kopi dan karet. PNS dan lain-lain.378 jiwa. Kabupaten Rejang Lebong dengan ibu kotanya Curup. petani tidak bisa mengolah lahan pertanian mereka disebabkan oleh kesulitan air untuk 3 . Beberapa daerah di kabupaten Rejang Lebong seperti di kecamatan Bermani Ulu Raya. Penyebab utamanya adalah belum terkelolanya pengairan bagi pertanian warga. dan bermanfaat bagi kehidupan dan perikehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya agar tetap berfungsi secara ekologis. sebagian lagi merupakan petani pembuat gula aren. guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan (Edward. sebelah selatan berbatsan dengan kabupaten Kepahiang dan kabupaten Empat Lawang. terletak di pegunungan Bukit Besar dan berjarak 85 km dari kota Bengkulu. Meskipun sebagian besar penduduk di Kabupaten Rejang Lebong bermata pencaharian sebagai petani.Pemanfaatan Pompa Hidram Sebagai Solusi Kesulitan Air di Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong 1. Batas geografis kabupaten Rejang Lebong adalah. Hal ini berarti bahwa penggunaan air untuk berbagai manfaat dan kepentingan harus dilakukan secara bijaksana dengan memperhitungkan kepentingan generasi masa kini dan masa depan. sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Bengkulu Tengah dan sebelah timur berbatasan dengan kota Lubuk Linggau dan kabupaten Musi Rawas. Untuk itu air perlu dikelola agar tersedia dalam jumlah yang aman.76 kilo meter persegi yang didiami oleh 246.

Guna mendapatkan air bersih warga terpaksa membuat semacam bak dari karung plastik untuk menampung air hujan. Teknologi pompa hidram tidak memerlukan bahan bakar sebagai sumber energi. Pompa hydram bekerja dengan menggunakan tenaga air itu sendiri. Sumber air berada cukup jauh dari lokasi perkebunan warga.pertanian mereka. Pompa hydram adalah pompa tanpa bahan bakar solar dan juga tidak menggunakan motor listrik untuk menyedot air. 2. biaya pembuatan relatif terjangkau oleh masyarakat. Irigasi yang ada belum mampu menjangkau seluruh lokasi pertanian warga. yaitu efek water hammer yang terjadi karena ada perbedaan ketinggian. Kondisi ini berlangsung lama dari tahun ketahun sehingga perlu upaya yang serius dan tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Kesulitan air yang terjadi setiap tahun khususnya dimusim kemarau berakibat pada gagal panen. 4 . kemudian memompa air tersebut ke tempat yang lebih tinggi. Pompa hydram harus dipasang di tempat yang lebih rendah dari sumber airnya. Warga dibeberapa kecamatan tersebut kesulitan mendapatkan air bersih. Perumusan Masalah Kesulitan air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan terlebih lagi untuk pertanian selalu dirasakan oleh beberapa kecamatan di kabupaten Rejang Lebong seperti di kecamatan Bermani Ulu Raya. Teknologi tepat guna pompa hidram merupakan solusi alternatif terhadap permasalahan kesulitan air untuk bidang pertanian. hasil pertanian menurun. Pompa Hidram sebagai teknologi tepat guna dapat dijadikan solusi alternatif bagi permaslahan kesulitan air. karena letak sumber mata air jauh dari pemukiman penduduk serta belum optimalnya pengelolaan irigasi yang semakin memperparah pasokan air untuk kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan bidang pertanian. Penerapan teknologi tepat guna pompa hidram dapat membantu para petani untuk memenuhi kebutuhan air dengan cara mengalirkan air dari sumber yang relatif jauh dengan memanfaatkan energi potensial sumber air yang akan dialirkan tersebut (Detail pompa hidram pada lampiran). kecamatan Kota Padang dan kecamatan Curup Utara setiap tahunnya.

3. Tinjauan Pustaka 3. Gambar Desain penempatan pompa hidram Pompa hidram hanya dapat diaplikasikan pada aliran sumber air yang memiliki kemiringan yang cukup.2. 2008). Mekanisme Palu Air Bagian kunci dari Hidram adalah dua buah klep. Air masuk dari terjunan melalui pipa masukan. sebab pompa ini membutuhkan energi terjunan air minimal satu meter agar bisa dimanfaatkan untuk mengalirkan air. klep pembuangan terbuka sedangkan klep penghisap tertutup. Proses pengaliran air menuju ke tempat yang lebih tinggi dapat terjadi karena adanya palu air. Pompa hidram berdasarkan prinsip palu air yang terjadi ketika aliran air berhenti secara tiba-tiba sehingga perubahan momentum massa air akan meningkatkan tekanan secara tiba-tiba. Pompa Hidram Pompa hidram adalah suatu alat untuk mengalirkan air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi secara kontinyu menggunakan energi potensial sumber air yang akan dialirkan.3. yaitu klep pembuangan dan klep penghisap.1. Air yang masuk memenuhi 5 . Peningkatan tekanan air tersebut dapat mendorong air melalui pipa penyaluran ke tempat yang lebih tinggi (Suarda.

Perbandingan diameter pompa. Begitulah energi hantaman yang berulangulang mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi (Crowley. Kinerja Pompa Hidram Kinerja pompa hidram akan optimal jika memenuhi prosedur yang ditetapkan. diikuti dengan turunnya klep pembuangan karena arah tekanan air tidak lagi ke klep pembuangan tetapi berbalik ke arah pipa masukan. Ketinggian terjunan sumber air yang akan dialirkan ke pompa hidram berpengaruh terhadap kemampuan pompa menyalurkan air untuk ketinggian tertentu. massa air dan udara dalam tabung kompresi akan menekan klep penghisap untuk menutup kembali.rumah pompa mendorong ke atas klep pembuangan hingga menutup. 2002) 3. Pada volume tertentu pengisian air dalam tabung kompresi optimal. Dengan tertutupnya kedua klep. sementara sebagian yang lain mendorong klep penghisap masuk ke dalam tabung pompa sekaligus mendorong air yang ada dalam tabung pompa untuk keluar melaui pipa penyaluran. Untuk beda tinggi terjunan 1 meter akan mampu memompa air setinggi 5 meter dari rumah pompa ke tempat tandon air. disebabkan beban klep terlalu berat atau debit air yang masuk pompa kurang. Klep pembuangan tidak mau turun atau membuka. maka aliran air dalam rumah pompa berbalik berlawanan dengan aliran air masuk. Untuk mengalirkan air hingga ketinggian lebih dari 50 meter dengan jarak lebih dari 500 meter.3. Kinerja pompa hidram akan optimal jika dilakukan perawatan rutin yaitu menjaga agar saringan air yang masuk ke pipa masukan tidak rusak sehingga tidak ada sampah yang 6 . Palu air terjadi. pada saat yang bersamaan sebagian air keluar melalui pipa pembuangan. Dengan tertutupnya klep pembuangan mengakibatkan seluruh dorongan air menekan dan membuka klep penghisap dan air masuk memenuhi ruang dalam tabung kompresi di atas klep penghisap. 1937). karena beban klep terlalu ringan. sebagian debit keluar lubang pembuangan. pipa masukan dan pipa keluaran akan berpengaruh terhadap kinerja pompa (Leonardo. dimana air dengan tenaga gravitasi dari terjunan menghantam arus balik tadi. Beberapa permasahan yang mungkin timbul dalam pengoperasian pompa hidram antara lain: Klep pembuangan tidak dapat naik atau menutup. maka diperlukan terjunan air sumber sekitar 10 meter.

yang bisa menyebabkan klep pembuangan berhenti bekerja -membuka-metutup. 2009). Khalayak sasaran Yang menjadi khalayak sasaran dalam pengabdian kepada masyarakat ini sebanyak 20 orang yang merupakan perwakilan masing-masing desa di kecamatan Bermani Ulu Raya kabupaten Rejang Lebong provinsi Bengkulu beserta aparat desa se-kecamatan Bermani Ulu Raya kabupaten Rejang Lebong. fluktuatif. Tujuan kegiatan Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan teknologi pompa hidram sebagai teknologi alternatif yang lebih ekonomis. 7 . dipakainya sumber air umum tersebut membuat debit air berubah-ubah. mengembangkan pengelolaan/penyediaan air irigasi yang ekonomis. Perwakilan Masyarakat yang dilibatkan dalam kegiatan pengabdian ini akan disiapkan menjadi pelopor bagi masyarakat di desanya masing-masing. Cara membuat klep pembuangan bekerja lagi adalah dengan cara memukul as klep (Pratomo. 4. efisiensi biaya untuk membeli energi seperti listrik atau BBM. Dapat pula dipergunakan sebagai penyuplai air kebutuhan industri dan rumah tangga termasuk air minum dengan menggunakan filtrasi. efisien. Dengan berfungsinya Hidram maka lahan-lahan yang dulunya tidak terjangkau irigasi dapat dipergunakan untuk budidaya tanaman. 6. efektif. dan efisien serta meningkatkan ketersediaan air untuk bidang pertanian. Manfaat Kegiatan Manfaat kegiatan pengabdian ini adalah sebagai solusi kesulitan air bidang pertanian. Selain harus menjaga air yang mengalir terbebas kototan/sampah dengan cara membuat saringan. 5.masuk ke pompa. dan efektif melalui pemanfaatan teknologi pompa hidram pada daerah yang memiliki sumber air permukaan.

Pembinaan Pada tahapan ini merupakan tahapan pembinaan untuk menjaga kesinambungan pemanfaatan teknologi pompa hidram. Instalasi pompa hidram Pada tahapan ini dilakukan simulasi pemasangan jaringan pipa. 8 . 2. 4. Penentuan lokasi dan peserta kegiatan pelatihan Pemilihan lokasi pengabdian dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa daerah yang akan dijadikan lokasi pengabdian merupakan daerah yang kesulitan air. 5. Metoda Penerapan Ipteks Beradasarkan maslaha yang akan diselesaikan maka kegiatan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut : 1. desain pompa hidram. desain denah lokasi pemasangan pompa hidram serta perhitungan kemampuan pompa 3. dan pemasangan pompa. Pelatihan perancangan teknologi tepat guna pompa hidram Pada tahapan ini. Peserta kegiatan pengabdian diberikan bimbingan dalam pemanfaatan dan perawatan teknologi tepat guna pompa hidram. memiliki lahan pertanian yang luas serta jauh dari sumber air. kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan pemanfaatn teknologi tepat guna pompa hidram yang meliputi pengenalan teknologi sederhana pompa hidram. Peserta yang akan dilibatkan pada kegiatan pengabdian merupakan utusan masing-masing desa se-kecamatan Bermani Ulu Raya. Evaluasi Pada tahapan ini dilakukan evaluasi keberhasilan terhadap setiap tahapan kegiatan pengabdian.7.

Tersedianya SOP perancangan dan penggunaan pompa hidram 3 Instalasi pompa hidram Prototype pompa hidram telah berhasil dirancang 4 Pembinaan Peserta dapat memanfaatkan pompa 9 . Rancangan Evaluasi Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pengabdian ini. Peserta yang akan mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang yang akan dijadikan pelopor penerapan teknologi tepat guna pompa hidram di desanya masing-masing. 2. 10. pembinaan dan evaluasi. 3. maka dilakukan evaluasi untuk setiap tahapan kegiatan. Pemerintah kecamatan dan desa yang akan dijadikan lokasi pengabdian. Indikator pencapaian setiap tahap disajikan dalam tabel 1. No 1 Kriteria Kegiatan Penentuan lokasi dan peserta kegiatan pelatihan Indikator Pencapaian 1. pelaksanaan monitoring dan evaluasi.8. pelaksanaan pelatihan. Pemerintah kecamatan dan desa berperan sebagai fasilitatorn kegiatan yang ikut terlibat dalam koordinasi. Dosen-dosen UNIB yang menjadi anggota tim pengabdian. Tersedianya denah lokasi yang memenuhi kriteria penerapan teknologi tepat guna pompa hidram 2. Perwakilan masyarakat yang merupakan utusan dari masing-masing desa se-kecamatan lokasi kegiatan. Peserta pelatihan mampu menerapkan teknologi tepat guna pompa hidram 2. Daftar peserta yang akan mengikuti pelatihan 2 Pelatihan perancangan teknologi tepat guna pompa hidram 1. Tim bertugas melakukan koordinasi awal. Keterkaitan Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan berbagai pihak antara lain : 1.

000 400.000 900. Bahan dan peralatan Penerapan Ipteks Pipa paralon ¾ inci 25 m Pipa paralon 1. 25. Jenis Pengeluaran Volume Harga Satuan Jumlah Honorarium Ketua Pelaksana Anggota Jumlah A 1 org x 4 bln 3 org x 4 bln Rp. Rp.000 Rp.000 200. 75.000 Rp.000 Rp.000 Rp. Draft laporan b. Laporan akhir Tempat kegiatan Universitas Bengkulu Kecamatan Bermani Ulu Raya 1 Kecamatan Bermani Ulu Raya Kecamatan Bermani Ulu Raya Kecamatan Bermani Ulu Raya Kecamatan Bermani Ulu Raya 1 Universitas Bengkulu Universitas Bengkulu 2 3 4 2 3 4 1 Bulan ke 2 3 4 2.000 Rp. 25. Jenis kegiatan Persiapan a. 12. 50. Rp. 8.500. 25. 1.000 50.25 10 m inci Pipa paralon 3 inci 2m knee 1/2 inch besi 8 buah T 1/2 inch besi 8 buah tusen klep kuningan 8 buah Perekat paralon 8 buah Bak sumber 2 buah Bak penampungan 2 buah Rp.000 200. 4. Menyusun rencana pelaksanaan b. Pelatihan perancangan teknologi tepat guna pompa hidram b. Rp. Rp. Instalasi pompa hidram c.000 Rp. Rp.000 Rp.hidram secara berkelanjutan 5 Evaluasi Kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan baik 11. Evaluasi pertahap Pelaporan a.000 Rp.000 200. 600. Rp. 15.000 200. 6. Pembinaan d. 150. 9. 10. 1. 2. Jadwal Pelaksanaan No. Penentuan lokasi dan peserta kegiatan pelatihan Pelaksanan a. 100. 10 . Rencana anggaran belanja No. 2. 3. Rp.000 Rp.000 Rp.000 200. 100. 1.000 250.000 150. 1.000 Rp.000 B. A.000 Rp. 25. 5. 3. Rp. 7. Rp.

000 Rp. 70.000 Jumlah C D 1.000. 56. 630. 70.000 Rp.000 Rp. 1. 5.000. Pemantauan Internal Pemantauan Internal 1 kali Jumlah D Rp. 2. Rp.000 Rp. 40. 6.000 Rp. Total biaya yang dibutuhkan (A+B+C+D) = Rp. 3. 99.000 Rp.000 200 10. 1 roll film + cuci cetak Rp. 2.000 Perjalanan dan lain-lain Transportasi 4 org x 4 bulan Pelaksana Flashdisk 2 GB 1 buah Kertas HVS 80 gr Foto copi laporan Penjilidan laporan Dokumentasi 2 rim 7 exp. Rp.000 (lima juta rupiah) 11 .000 Rp. 4. x 40 7 exp. 250.000 250.000 75.000 Rp. 400. Rp.10.000 Rp.250. 250.000 35. 1.000 99. Rp. 100. 5. 75.000 Rp.000 Rp. 4 kali Rp. Sewa kamera digital Jumlah B C. Rp.

W. Ph. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin.Universitas of Nigeria.. M & Irawan. Iversen. IKG.1 pp:10-14 12 . Yogyakarta. H. Hydraulic rams furnish water supply to country homes. 2002. Suarda. Design and Construction of a Hydraulic Ram Pump. Nigeria. El.. Sudarto C. CAKRAM.. Daftar Pustaka Widarto. Leonardo. C. 1975.LAMPIRAN-LAMPIRAN 1. Journal of Fluids Engineering: 191-196. 1937. 2000. & FX. Crowley. L. Teknologi Tepat Guna: Membuat Pompa Hidram. Popular Mechanics: 437-477. Kanisius. vol. 2008. 2 no.A. Kajian eksperimental pengaruh tabung udara pada head tekanan pompa hidram. An analysis of the hydraulic ram.

Alamat pos-el II.Si. NIP 4. Judul penelitian 1. Bidang Ilmu Tahun Masuk Tahun Lulus Irkhos. 2005 Juni 2011 Irkhos. Jl. Rancang Bangun Alat Ukur Kekentalan Fluida (Mandiri) Karakterisasi Mutu Minyak Nilam di Propinsi Bengkulu (Mandiri) Aplikasi Fuzzy Logic Untuk Kontrol Temperatur Fluida (Mandiri) Karakterisasi Briket Cangkang Sawit Sebagai Energi Alternatif (Mandiri) Peningkatan Kualitas Perendangan Kopi menggunakan Teknologi Sistem Siklus Tertutup dan Kedap (Mandiri) Pemurnian Air Menggunakan Metode Destilasi Untuk Mengatasi Kesulitan Air Bersih di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan (DIPA Unib) Peningkatan Kualitas Buah Tanaman Pisang dengan Teknik Kondomisasi di Dusun I Talang Pauh Bengkulu Utara Kotamadya Bengkulu (Mandiri) Bengkulu. Nomor telepon/Faks. Alamat Kantor 9. 4. Tahun 2011 2011 2010 2007 2007 2007 8. M. Nomor telepon/faks. Jabatan Fungsional 3.Si. Identitas diri 1. Tempat dan Tanggal Lahir 5. 10. Nama Lengkap dan Gelar 2.Si Lektor 197908202005011003 Maliki Air. 197908202005011003 13 . M. Melati 2. Ketua. 4. Program 1. Riwayat pendidikan No. Alamat Rumah 6. Ketua Tim Pengusul I. 2. Nama Perguruan Tinggi 2.Si NIP. Nomor HP 8. Kandang Limun Bengkulu 085266581304 Gedung T Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNIB (0736) 20919 Psw 208 irkhosazir@gmail. Riwayat Hidup Ketua dan Anggota Tim Pengusul 2. 6.2. 20 Agustus 1979 Gg. Pengalaman penelitian dan pengabdian yang relevan No. S.com S1 UNDIP Fisika 1998 2008 S2 ITB Fisika Instrumentasi 2003 2011 S3 - III. S. 3. 3.1. 5. 7.

197109281999031002 14 . Nama Lengkap dan Gelar 2. Tahun Masuk 4. Tahun Lulus Suhendra. NIP 4. 7. Alamat Kantor 9. Nomor telepon/Faks. Juni 2011 Anggota 1. Judul penelitian Karakterisasi Mutu Minyak Nilam di Propinsi Bengkulu Karakterisasi Briket Cangkang Sawit Sebagai Energi Alternatif Pemurnian Air Menggunakan Metode Destilasi Untuk Mengatasi Kesulitan Air Bersih di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan Peningkatan Kualitas Buah Tanaman Pisang dengan Teknik Kondomisasi di Dusun I Talang Pauh Bengkulu Utara Kotamadya Bengkulu Tahun 2011 2007 2007 4. MT NIP. 28 September 1971 Perumnas Medan Baru RT 13 Kandang Limun 085279385128 Gedung T Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNIB (0736) 20919 Psw 208 hendraunib@gmail. 2. Alamat pos-el II. Nomor telepon/faks. S.com S1 UNSYIAH Fisika 1990 2006 S2 ITB Fisika 2000 2003 S3 - III. Bidang Ilmu 3.Si. S.2. Nomor HP 8. Jabatan Fungsional 3.Anggota Tim Pengusul 1 I. Tempat dan Tanggal Lahir 5. Program 1. Riwayat pendidikan No. Nama Perguruan Tinggi 2. Pengalaman penelitian dan pengabdian yang relevan No. 10. 3. 2005 Bengkulu. 1. MT Lektor Kepala 197109281999031002 Takengon.Si.2. Alamat Rumah 6. Identitas diri 1. Suhendra.

Riwayat pendidikan No. Alamat Kantor 9.197109281999031002 15 . 3. Bidang Ilmu 3. Alamat pos-el II. S. Judul penelitian Karakterisasi Mutu Minyak Nilam di Propinsi Bengkulu Karakterisasi Briket Cangkang Sawit Sebagai Energi Alternatif Pemurnian Air Menggunakan Metode Destilasi Untuk Mengatasi Kesulitan Air Bersih di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan Peningkatan Kualitas Buah Tanaman Pisang dengan Teknik Kondomisasi di Dusun I Talang Pauh Bengkulu Utara Kotamadya Bengkulu Tahun 2011 2007 2007 4. MT Lektor Kepala 197109281999031002 Takengon. Program 1.2. Tahun Lulus Suhendra. 28 September 1971 Perumnas Medan Baru RT 13 Kandang Limun 085279385128 Gedung T Jurusan Fisika Fakultas MIPA UNIB (0736) 20919 Psw 208 hendraunib@gmail. Nomor telepon/Faks. Pengalaman penelitian dan pengabdian yang relevan No. Tempat dan Tanggal Lahir 5. Identitas diri 1.com S1 UNSYIAH Fisika 1990 2006 S2 ITB Fisika 2000 2003 S3 - III.. 10. 2. Nama Lengkap dan Gelar 2. Juni 2011 Anggota 2. 7.Si. Jabatan Fungsional 3. 2005 Bengkulu. Anggota Tim Pengusul 2 I.Si. Tahun Masuk 4. Alamat Rumah 6.3. NIP 4. Nomor telepon/faks. MT NIP. Nomor HP 8. Nama Perguruan Tinggi 2. 1. Suhendra. S.

Jabatan Fungsional 3.Anggota Tim Pengusul 3 I. Sutarno.Pd NIP. Alamat pos-el II. 10. Nomor HP Alamat Kantor M. 24 September 1980 Perumnas Griya Azzahra Blok No.Si.Pd Asisten Ahli 198009242006041002 Pacitan. 8. M. Sutarno. Tahun Lulus S1 UNILA Fisika 1999 2003 S2 UPI Pendidikan Fisika 2008 2010 S3 - III. Alamat Rumah Nomor telepon/Faks. 7. 3 RT 22 Kandang Limun Bengkulu 38123 085267897088 Gedung Dekanat Jurusan PMIPA Prodi Fisika FKIP UNIB msutarno_unib@yahoo.com 9. Juni 2011 Anggota 3. Identitas diri 1. 1. Tempat dan Tanggal Lahir 5. NIP 4. Tinggi 2.2.Si. 198009242006041002 16 .3. Judul penelitian Revitalisasi UKM Nilam di Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara Peningkatan Mutu Batu Bata Tahan Gempa Di Mukomuko untuk Meningkatkan Nilai Tambah Usaha Batu Bata Tahun 2010 2006 Bengkulu. M. S. 6. Nomor telepon/faks. Riwayat pendidikan No. S. Nama Lengkap dan Gelar 2. 2. Bidang Ilmu 3. M. Pengalaman penelitian dan pengabdian yang relevan No. Tahun Masuk 4. Program Nama Perguruan 1.

Pipa keluaran H. pada saat yang bersamaan sebagian air keluar melalui pipa G. Dengan tertutupnya kedua klep. Bagian kunci dari Hidram adalah dua buah klep. massa air dan udara dalam tabung kompresi akan menekan klep penghisap untuk menutup kembali. Pipa pembuangan D. Dengan tertutupnya klep pembuangan mengakibatkan seluruh dorongan air menekan dan membuka klep penghisap dan air masuk memenuhi ruang dalam tabung kompresi di atas klep penghisap. maka aliran air dalam rumah pompa berbalik berlawanan dengan aliran air masuk. Bak penampungan Prinsip Kerja Pompa Hidram Prinsip kerja dari pompa Hidram dapat dilihat dari gambar irisan pompa hidram. Bak Penampungan air sumber B. yaitu: klep pembuangan dan klep penghisap. klep pembuangan terbuka sedangkan klep penghisap tertutup. Pipa masukan C.Gambaran Penerapan Iptek Gambar Teknologi tepat guna pompa hidram Keterangan Gambar A. Tabung udara G. Pada volume tertentu pengisian air dalam tabung kompresi optimal. Klep pembuangan E. Klep penghisap F. Air yang masuk memenuhi rumah pompa mendorong ke atas klep pembuangan hingga menutup. Air masuk dari terjunan melalui pipa B. diikuti dengan turunnya klep 17 .

Hantaman -ram.palu air (water hammer) itu terjadi. dimana air dengan tenaga gravitasi dari terjunan menghantam arus balik tadi. Begitulah energi hantaman yang berulang-ulang mengalirkan air ke tempat yang lebih tinggi.pembuangan karena arah tekanan air tidak lagi ke klep pembuangan tetapi berbalik ke arah pipa input B. sementara yang 1/3 debit mendorong klep penghisap masuk ke dalam tabung pompa sekaligus mendorong air yang ada dalam tabung pompa untuk keluar melaui pipa output G. 18 . 2/3 debit keluar lubang pembuangan.

Lokasi pelaksanaan kegiatan Kegiatan pengabdian dilaksanakan di kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebang.2. 19 . Jarak antara Universitas Bengkulu dengan Kecamatan Bermani Ulu Raya sekitar 85 km.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->